7 Jajanan Khas Banten Dengan Tampilan Dan Rasa Unik


Fida  September 13, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan berbagai keragaman budaya hingga kuliner. Saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, tentu sangat disayangkan bagi Anda jika tidak mencoba kuliner khasnya. Berbagai daerah di Indonesia menawarkan kuliner dengan cita rasa serta bumbu rempah yang khas seperti jajanan khas Banten.

Selain kuliner, Anda juga dapat memutuskan untuk mencoba berbagai pilihan jajanan saat berkunjung daerah-daerah di Indonesia. Selain dikenal dengan cita rasanya yang lezat, berbagai jajanan juga memiliki tampilan yang menarik serta nama-nama yang unik. Tidak jarang jajanan modern maupun tradisional dipilih untuk dinikmati langsung maupun sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Beberapa jajanan tradisional sudah cukup sulit dijumpai untuk saat ini. Saat berkunjung ke Banten, Anda juga dapat mencoba berbagai pilihan jajanan khas Banten yang sayang untuk dilewatkan. Berikut daftar pilihan Jajanan khas Banten yang dapat dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh

1. Kue Pasung

Kue Pasung
senengpiknik.com

Salah satu jajanan khas Banten yang sayang untuk tidak Anda coba adalah kue pasung. Kue yang satu ini dikenal memiliki dua adonan yang berbeda yakni menggunakan tepung beras dan gula serta tepung sagu dan santan. Anda tentu dapat menikmati sensasi perbedaan dua adonan tersebut dalam sekali gigitan.

Kue Pasung memiliki ukuran yang kecil dengan bentuk kerucut yang khas. Bentuk kue yang unik tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mencobanya. Adanya tambahan buah nangka juga menjadikan kue yang satu ini semakin sedap dan lezat dinikmati. Saat berkunjung ke Banten, anda dapat dengan mudah menjumpai kue yang satu ini di berbagai pasar tradisional.

paket wisata murah

Nongkrong Santai Di Komies Foodtruck Jombang

Langgeng Jaya Bakso & Mie Ayam Mulyosari

2. Ketan Bintul

Ketan Bintul
travel.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan ketan bintul? Ketan bintul merupakan salah satu jajanan khas banten yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Hidangan yang satu ini sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadan tiba.

Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan dan disajikan dengan taburan serundeng kaya rempah. Teksturnya yang kenyal dengan citarasa gurih menjadikan hidangan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba. Ketan bintul biasa dijual bersama dengan semur daging. Saat berkunjung ke Banten, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya makanan yang satu ini.

3. Kue Jojorong

Kue Jojorong
idntimes.com

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Banten yang sayang untuk tidak Anda coba, salah satunya adalah kue jojorong. Kue yang satu ini memiliki tampilan serta bentuk yang cukup unik dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Daun pisang yang digunakan dibentuk menyerupai mangkuk.

Jika dilihat sekilas, kue yang satu ini memiliki kemiripan dengan bubur sumsum. Kue jojorong juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras serta gula merah. Saat bagian atas kue dibelah dengan sendok, maka bagian dalam kue berupa lelehan gula merah dapat Anda nikmati. Saat berkunjung ke Banten, tidak ada salahnya untuk mencoba kue yang satu ini. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai pasar tradisional atau dapat melakukan pemesanan di beberapa toko kue di Banten.

4. Kue Cucur

Kue Cucur
jabar.idntimes.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan kue cucur. Kue yang satu ini sudah cukup populer dan dikenal sebagai salah satu jajanan khas Banten. Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung terigu, tepung beras, dan gula merah.

Kue cucur menawarkan cita rasa khas yakni perpaduan antara gurih dan manis. Kue cucur diolah dengan cara digoreng sehingga tidak heran jika tampilannya sedikit berminyak. Anda dapat dengan mudah menjumpai kue yang satu ini di berbagai pasar tradisional di Banten. Kue cucur dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

5. Kue Cuer

Kue Cuer
idntimes.com

Tidak hanya kue cucur, kue cuer juga menjadi salah satu jajanan khas Banten yang cukup populer dan banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras. Kue cuer memiliki warna khas yakni hijau yang berasal dari perasan daun suji.

Kue cuer biasa disajikan dengan diiris tipis dan dinikmati bersama dengan ampas kelapa. Hal itu tentu menjadikan cita rasa kue yang satu ini semakin gurih dan lezat. Teksturnya yang legit juga menjadikan Anda ketagihan setelah mencobanya. Meskipun cukup sulit dijumpai, Anda dapat membelinya di berbagai toko kue atau tempat pemesanan kue di Banten. Kue yang satu ini akan sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadan tiba.

6. Kue Apem

Kue Apem
merahputih.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan yang satu ini. Kue apem juga menjadi salah satu jajanan khas Banten yang cukup populer. Jika dilihat sekilas, tampilan kue apem memang tidak jauh berbeda dengan ketan bintul. Jika ketan bintul menawarkan cita rasa yang asin dan gurih, namun tidak dengan kue apem.

Kue apem menawarkan kita rasa manis yang berpadu dengan asam. Rasa asam yang ada pada kue ini berasal dari campuran tape singkong yang digunakan. Jajanan yang satu ini biasa dinikmati bersama dengan kinca atau gula merah yang dicairkan. Tidak hanya itu, beberapa orang juga tidak jarang mengganti kinca dengan susu kental manis atau sirup. Saat ingin membeli dan menikmati kue apem, anda dapat datang ke berbagai pasar tradisional di Banten.

7. Gipang

Gipang
bukalapak.com

Saat berbicara tentang pilihan jajanan khas Banten, gipang tentu menjadi salah satu yang menarik untuk Anda coba. Jajanan yang satu ini menawarkan citarasa lezat dengan tekstur yang khas.

Bahan dasar pembuatan jajanan yang satu ini adalah beras ketan yang dijemur. Olahan yang sudah berbentuk balok kemudian dilumuri dengan gula putih cair dan air dari buah asam yang mentah, hal itu bertujuan agar kue yang satu ini memiliki tampilan mengkilap. Sebelum disajikan, bagian atas gipang dilapisi dengan olahan kacang tanah yang digoreng dan dihaluskan. Teksturnya yang lengket dan renyah membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Kue yang satu ini menawarkan aroma yang khas dengan tampilan yang sangat menggugah selera. Anda dapat menjumpai jajanan yang satu ini di berbagai toko kue atau pasar tradisional di Banten.

Nah diatas merupakan pilihan berbagai jajanan khas Banten yang bisa Anda coba. Berbagai jajanan tersebut memiliki bentuk serta cita rasa khas yang ditawarkan. Dari ketujuh jajanan khas Banten di atas, jajanan manakah yang paling ingin Anda coba saat berkunjung ke Banten?



Leave a Reply