11 Oleh Oleh Khas Banten Incaran Wisatawan Wajib Bawa Pulang


Fida  September 30, 2021  0 Comment

Banten menjadi salah satu kawasan dimana Anda dapat berkunjung dan menikmati berbagai wisata yang ditawarkan. Tidak hanya mengunjungi tempat wisata indah, Anda juga dapat membeli oleh oleh khas Banten untuk dibawa pulang. Oleh oleh khas Banten memang cukup beragam mulai dari makanan hingga berbagai jajanan.

11 Oleh Oleh Khas Banten :

1. Sate Bandeng

Sate Bandeng
travel.kompas.com

Saat berencana membeli salah satu oleh oleh khas Banten, sate bandeng dapat menjadi rekomendasi tepat untuk Anda coba. Sate bandeng merupakan salah satu kuliner khas yang sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Banten.

Anda tidak perlu khawatir saat mengkonsumsinya karena sate bandeng tidak memiliki duri sama sekali. Cita rasanya yang lezat menjadikan kuliner ini banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan untuk dibawa pulang. Makanan yang satu ini juga cukup tahan lama hingga beberapa hari.

Gotravelly

Menikmati Sensasi Letupan Endog Bader, Salah Satu Kuliner Khas Gresik

Otak Otak Bandeng Bu Muzanah, Pusat Oleh Oleh Khas Kota Gresik

2. Sambel Burog

Sambel Burog
icmibanten.org

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar sebutan kuliner Sambel Burog? Sambel Burog merupakan salah satu oleh oleh khas Banten yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Tidak hanya namanya saja yang unik, sambel yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar kulit melinjo.

Anda akan dimanjakan dengan cita rasa pedas serta khas saat menikmatinya. Selain cocok untuk dikonsumsi langsung, sambel burog juga banyak diburu sebagai oleh-oleh bagi wisatawan. Saat berkunjung ke Banten, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba lezat dan uniknya sambel burog.

Baca juga :  Ragam Oleh Oleh khas Jawa Timur, Cocok Dibawa Pulang

3. Ceplis

Ceplis
food.detik.com

Beberapa dari Anda tentu masih asing mendengar sebutan jajanan ceplis. Ceplis merupakan salah satu oleh oleh khas Banten yang dibuat dengan bahan dasar melinjo. Soal cita rasa, jajanan yang satu ini menawarkan rasa yang cukup mirip dengan emping.

Hal yang membedakan emping dan ceplis adalah bentuk dan juga teksturnya. Jika emping dibuat pipih dan bulat, ceplis memiliki bentuk yang lebih kecil dan seperti bola. Anda dapat menikmatinya dalam berbagai varian rasa. Gurih dan renyahnya ceplis sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Banten.

4. Emping

Emping
korankaltim.com

Emping menjadi salah satu oleh oleh khas Banten yang cukup populer di kalangan wisatawan. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Banten.

Emping tentu cocok dinikmati khususnya bagi Anda pecinta olahan melinjo. Tidak hanya lezat saat dinikmati langsung, emping juga biasa dipilih sebagai teman makan soto, sate, dan berbagai makanan lainnya. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang khas serta tekstur yang renyah. Saat berkunjung ke Banten, tidak ada salahnya untuk memilih emping sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Keripik Singkong

 Keripik Singkong
merdeka.com

Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Banten yang sayang untuk dilewatkan salah satunya adalah keripik singkong. Anda akan dengan mudah menjumpai keripik singkong di berbagai toko oleh oleh di Banten. Selain dijual dengan kemasan praktis, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Makanan yang satu ini menawarkan tekstur yang renyah serta cita rasa yang gurih. Keripik singkong dibuat dengan menggunakan bahan dasar singkong yang diiris tipis, kemudian dikeringkan dan digoreng. Adanya tambahan bumbu juga menghasilkan cita rasa manis dan gurih. Kripik singkong tentu menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari oleh oleh khas Banten.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Tenggarong Ada Jajanan Hingga Kain Tenun

6. Keripik Getas

Keripik Getas
bumbumasakmu.blogspot.com

Pernah mendengar sebutan Keripik Getas? Keripik Getas merupakan salah satu oleh oleh khas Banten yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa serta tekstur yang khas saat mengkonsumsi Keripik Getas.

Keripik Getas dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Banten. Selain dijual dengan kemasan praktis, keripik yang satu ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Saat berkunjung ke Banten, tidak ada salahnya untuk memilih keripik yang satu ini untuk dibawa pulang.

7. Kue Kacang Ijo

 Kue Kacang Ijo
bukalapak.com

Tidak hanya banyaknya varian keripik, kue kacang ijo juga menjadi salah satu oleh oleh khas Banten yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini dibuat dengan bahan dasar kacang hijau. Kacang hijau yang ditambahkan dengan berbagai bahan kemudian diolah menghasilkan cita rasa kue kacang ijo yang lezat dan khas.

Anda dapat membeli kue kacang ijo di berbagai toko oleh oleh di Banten. Kue yang satu ini biasa dijual dalam kemasan toples serta memiliki harga yang tidak mahal. Tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya kue kacang ijo saat berkunjung ke Banten.

8. Kue Gipang

Kue Gipang
tokopedia.com

Berbicara tentang oleh oleh khas Banten, kue gipang tentu menjadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ketan. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang sedikit lengket dan cita rasa manis saat mengkonsumsinya.

Kue gipang biasa dijual di berbagai toko oleh-oleh di Banten. Tidak jarang jajanan yang satu ini diburu oleh warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Banten. Saat berkunjung ke daerah Banten, maka tidak ada salahnya untuk mencoba lezat dan uniknya kue gipang.

Baca juga :  7 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Belitung

9. Rengginang

Rengginang
inilahbanten.co.id

Rengginang tentu menjadi salah satu jajanan yang sudah tidak asing dan banyak dijumpai di berbagai daerah. Jajanan yang satu ini juga merupakan salah satu oleh oleh khas Banten yang bisa dengan mudah anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Banten.

Rengginang biasa dijual siap makan maupun dalam keadaan mentah. Anda dapat membelinya dengan harga yang cukup terjangkau serta kemasan praktis sehingga mudah untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tidak hanya teksturnya yang renyah, cita rasanya yang gurih dan khas juga menjadikan jajanan yang satu ini banyak diminati oleh semua kalangan.

10. Kerupuk Ikan

toko oleh oleh terdekat
bukalapak.com

Saat bingung menentukan oleh oleh khas Banten untuk dibawa pulang, Anda dapat membeli kerupuk ikan. Kerupuk ikan biasa dijual dalam keadaan siap makan maupun mentah. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh hingga pasar tradisional di Banten.

Kerupuk ikan khas Banten menawarkan cita rasa yang gurih serta tekstur yang sangat renyah. Tidak heran jika makanan yang satu ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

11. Bakso Ikan

Bakso Ikan
alkirasasi.wordpress.com

Selain kerupuk ikan, bakso ikan juga menjadi salah satu oleh oleh khas Banten yang bisa dipilih untuk dibawa pulang. Sesuai dengan namanya, bakso ikan dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan yang dihancurkan. Adanya tambahan bumbu serta bahan lainnya menghasilkan cita rasa lezat pada makanan yang satu ini.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Banten, tidak ada salahnya mencoba bakso ikan untuk dikonsumsi langsung maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh.



Leave a Reply