11 Air Terjun Bandung Indah Banget Paling Rekomended+ Rute Lokasi


sisil angelin  July 10, 2018  0 Comment

Berbicara mengenai topografi wilayah Bandung, bisa dikatakan jika wilayah ini memiliki topografi berupa pegunungan dengan kemungkinan besar juga memiliki air terjun yang sangat indah. Dalam bahasa lokal, air terjun dikenal dengan sebutan curug dan air terjun Bandung ini tersebar di berbagai wilayah, mulai dari Kabupaten hingga Kota Cimahi.

Untuk Kamu yang memang sedang travelling di Bandung, berikut ini beberapa wisata air terjun yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi untuk menghabiskan penat di kala libur telah tiba.

1. Curug Maribaya

Curug Maribaya

explorewisata.com

Berlokasi di Kampung Cikondang, Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Bandung, tempat wisata air terjun Bandung yang dikenal dengan nama curug Maribaya ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum sejauh 21km dari pusat kota.
Untuk rute perjalanannya, Kamu bisa melewati rute via Dago Ciumbeleuit. Berawal dari Dago, perjalananmu dilanjutkan ke Ciumbeleuit dan mengarah ke Punclut. Selanjutnya, Kamu bisa mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Lembang. Dari Lembang, Kamu bisa terus mengikuti jalan hingga tiba di Maribaya.

Air Terjun Mangku Kodeq Yang Memikat Hati

Menjelajahi Keindahan Air Terjun Madakaripura Bersama GoTravelly

2. Curug Citambur

Curug Citambur

wisatalova.com

Jika Kamu ingin merasakan sensasi hujan di perbatasan Bandung-Cianjur, Kamu bisa berkunjung ke air terjun Bandung yaitu curug Citambur. Dengan ketinggian lebih dari 100 meter, curug ini mampu menciptakan keunikan tersendiri layaknya hari sedang hujan terus menerus.
Bagi Kamu yang penasaran dengan nuansa curug ini, Kamu bisa memulai perjalanan dari Jakarta/Bekasi dengan melewati jalur Cariu. Dari sini, arahkan kendaraan ke Kota Cianjur ataupun terminal Pasirhayam. Dari terminal tersebut, ambil arah ke Cibeber kemudian di Sukanegara dan ambil jalan utama hingga tiba di Kecamatan Pagelaran. Tidak jauh dari SPBU Pagelaran, Kamu akan menemukan petunjuk jalan yang mengarah ke lokasi wisata. Ikuti petunjuk tersebut hingga Kamu tiba di air terjun Bandung curug citambur.

3. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat

Obyek wisata air terjun Bandung yang selanjutnya adalah curug Tilu Leuwi Opat yang berlokasi di kawasan Ciwangun Parongpong, Bandung. Dengan keindahan empat air terjun, empat sungai dan juga dua goa ini, menjadikan air terjun yang berlokasi 20km dari pusat kota ini menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi di saat liburan.
Jika Kamu ingin mengunjungi lokasi wisata ini, Kamu bisa memulai perjalanan dari Lembang yang mengarah pada jalur ke Parompong. Selanjutnya, Kamu bisa menuju arah curug Cimahi dengan melewati Universitas Advent. Ikuti jalan yang menurun dan belok ke kiri di mana Kamu menemukan jembatan, kemudian Kamu lurus menaiki jalan tersebut hingga menemukan tulisan Ciwangun Indah Camp. Dengan menempuh perjalanan sepanjang 1,5km, Kamu akan menemukan wisata air terjun Bandung ini di sebelah kiri.

Baca juga :  11 Tempat Wisata Slovakia Simbol Eksotisme Eropa Timur

4. Curug Penganten

Curug Penganten

Money.id

Bagi Kamu yang ingin menapaki kisah pilu sepasang pengantin, Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata air terjun Bandung yang dikenal dengan nama Curug Penganten. Berlokasi di Jalan Raya Cihanjung km. 5,56, pesona indah curug Penganten ini bisa Kamu nikmati dengan jalurnya yang sangat mudah.
Berawal dari daerah Cisarua Bandung, Kamu bisa menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 7 km dengan mengambil arah ke Parongpong. Lokasi wisata yang satu ini ada di dekat perumahan Wisata Alam Katumiri Parongpong. Untuk menjangkau air terjun Bandung ini, Kamu harus menempuh perjalanan 2 km dengan menyusuri jalan setapak melewati keindahan perkebunan warga.

5. Curug Malela

Curug Malela

explorewisata.com

Keindahan alam air terjun Niagara ternyata bisa Kamu dapatkan dengan mengunjungi curug Malela. Lokasinya yang ada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat ini berlokasi di ketinggian 1000mdpl.
Untuk Kamu yang memang ingin menjelajahi pesona air terjun Bandung yang satu ini, Kamu akan menempuh perjalanan setidaknya 3 jam dari pusat kota. Untuk jalurnya, Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dari kota Cimahi yang dilanjutkan ke Batujajar. Dari Batujajar, perjalananmu menuju ke daerah Cihampelas dan diteruskan ke Cililin dan Sindang Kerta. Kemudian, dari Sindang Kerta, Kamu akan menemukan petunjuk jalan yang mengarah ke Gunung Halu dan hanya dengan berjalan lurus, Kamu hanya memerlukan untuk berjalan kaki dalam menjangkau obyek wisata air terjun Bandung ini.

6. Curug Siliwangi

Curug Siliwangi

LiburMulu.com

Mengunjungi Bandung Selatan tidak akan lengkap jika Kamu tidak singgah di air terjun Bandung yang dinamai curug Siliwangi. Lokasinya yang tepat berada di Bumi Perkemahan Gunung Puntang, akan menawarkan keindahan alam beserta aktivitas menyegarkan yang layak untuk Kamu coba.
Jika Kamu penasaran dengan tempat wisata ini, Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Jika perjalananmu menggunakan kendaraan umum, maka trip menuju lokasi curug Siliwangi bisa ditempuh mulai dari Terminal Kebon Kalapa dengan naik bus jurusan Pangalengan dan turun di Cimaung.
Selanjutnya perjalananmu dilanjutkan dengan naik angdes ataupun ojek untuk mencapai lokasi wisata tersebut. sangat mudah bukan?

Baca juga :  7 Rekomendasi Seblak Paling Enak di Bandung

7. Curug Cinulang

Curug Cinulang

dkijakarta.co

Secara administratif, air terjun Bandung yaitu curug Cinulang ini berlokasi di desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung. Memiliki nama lain curug Sindulang, obyek wisata ini bisa dibilang sangat legendaris mengingat wisata ini sudah ada sejak zaman dahulu.
Bagi Kamu yang ingin bertandang ke lokasi ini, dari Cileunyi, Kamu bisa mengikuti jalan raya Bandung-Garut. Setelah memasuki jalan by pass Cicalengka, Kamu akan mendapati sebuah jembatan dengan petunjuk jalan yang mengarah ke Villa Aki-Enin yang berada di kiri jalan. Dengan mengikuti jalan tersebut, Kamu akan tiba di lokasi setelah menempuh perjalanan sepanjang 8km. Jangan takut nyasar, sebab pintu masuk wisata ini ada di pinggir jalan.

8. Curug Cilengkrang

Curug Cilengkrang

wisatalova.com

Lagi, air terjun Bandung yang sangat indah dan layak untuk dikunjungi saat berlibur di Bandung adalah curug Cilengkrang. Memiliki ketinggian 1800mdpl, curug yag dikelola oleh pihak Perum Perhutani PH Unit 3 Bandung Utara ini memiliki setidaknya 6 air terjun dengan ketinggian mencapai 3-10 meter.
Pesona indah curug yang ada di desa Cihanjuang Rahayu, Parongpong Lembang ini bisa ditempuh dengan perjalanan dari Jalan A.H Nasution yang berlokasi di KM 12 yang berada di sebelah timur alun-alun kecamatan Ujung Berung Bandung.
Selanjutnya, perjalanan diteruskan ke arah Jalan Cilengkrang hingga sampai di ujung jalan. Dari sini, dengan menempuh perjalanan sepanjang 7km lagi, Kamu akan menemukan kantor desa Cilengkrang yang kemudian dilanjutkan dengan menempuh perjalanan 3km hingga akhirnya tiba di pintu masuk air terjun.

9. Curug Dago

Curug Dago

tempatwisataseru.com

Dikenal sebagai bagian dari peninggalan kerajaan Thailand yang berupa sebuah onggakan batu prasasti, air terjun Bandung yang dalam hal ini adalah curug Dago ini berlokasi di wilayah yang cukup terpencil. Beralamatkan di Jalan Dago Pojok, Coblong, Kota Bandung, curug Dago ini memiliki ketinggian 800 mdpl. Untuk lebih jelasnya terkait dengan keindahan alam curug Dago, berawal dari arah Bandung, Kamu bisa menuju ke Simpang Dago yang pada perempatannya berdiri McDonal.
Selanjutnya, perjalanan bisa Kamu lanjutkan ke jalan Ir. H. Djuanda hingga sampai di terminal Dago yang ada di kanan jalan. Dengan terus menyusuri pada sisi kiri jalan, Kamu akan menemukan dua jalan menukik dan menurun yang akan lebih baik dilalui dengan jalan kaki, di mana bagian sisi kiri menuju ke Curug Dago dan sebelah kanan ke Tahura Djuanda. Ikuti jalan sebelah kiri hingga Kamu akan menemukan curug Dago.

Baca juga :  Kebun Binatang Bandung + Spot Foto

10. Curug Cimahi

Curug Cimahi

NativeIndonesia.com

Air terjun Bandung dengan ketinggian 75 meter ini berlokasi di tengah-tengah kota Bandung, tepatnya di 10km sebelah utara dari kota Bandung. Keindahan alam curug berupa vegetasi hijau dan terpaan air yang jatuh dari tebing ini bisa Kamu dapatkan dari sebuah tangga sekitar 500an.
Untuk rute menuju lokasi ini bisa ditempuh dari terminal Ledeng dengan menggunakan angkutan kota jurusan Ledeng-Sukasari. Sesampai di terminal sukasari atau tepatnya di depan Vila Istana Bunga, perjalanan bisa diteruskan dengan berjalan kaki selama 15-20 menit dan tibalah di lokasi wisata curug Cimahi.

11. Curug Omas

Curug Omas

YouTube.com

Memiliki ketinggian 30 meter dengan kedalaman 10 meter, air terjun Bandung yang dikenal dengan sebutan curug Omas ini memiliki air yang sangat jernih dan bersumber dari sungai Cikawari dan juga Cigulun.
Perjalanan ke lokasi bisa dilakukan dari stasiun Dago dengan menaiki angkot jurusan stasiun – dago hingga akhirnya tiba di pintu masuk Dago Pakar. Selanjutnya, Kamu bisa menyusuri jalan menuju lokasi yang sudah di paving blok dengan jarak kurang lebih 6km atau setara dengan 2 jam perjalanan kaki.
Pesona indah air terjun Bandung memang tidak bisa dielakkan dan pastinya juga bisa dijadikan sebagai referensi untuk Kamu yang sedang berwisata ke Bandung. Dengan mengunjungi wisata air terjun tersebut, sudah pasti Kamu bakalan merasa lebih fresh untuk kembali beraktivitas. Lantas, apakah Kamu tertarik untuk menjajaki lebih dalam obyek wisata tersebut? Kemasi barangmu dan kunjungi air terjun favoritmu di Bandung sekarang juga.



Leave a Reply