6 Makanan Khas Bantaeng Sulawesi Selatan Yang Unik Dan Enak!


Fida  November 23, 2021  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata dan mencoba kuliner lezat di berbagai daerah tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Bantaeng merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan dan dikenal menawarkan banyak tempat wisata serta kuliner lezat. Terdapat banyak makanan khas Bantaeng yang menarik untuk dicoba mulai dari makanan berarti hingga makanan ringan atau camilan. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, berikut daftar 6 rekomendasi makanan khas Bantaeng yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Kue Mangkok

kue mangkok
kompas.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Bantaeng yang menarik untuk kamu coba adalah kue mangkok. Makanan yang satu ini merupakan salah satu kue tradisional yang masih banyak diburu hingga saat ini. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal, beberapa wisatawan juga menyempatkan untuk berburu kue mangkok saat datang ke daerah Bantaeng.

Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memang memiliki bentuk menyerupai mangkok. Kue legendaris ini juga dapat dengan mudah dijumpai di pasar tradisional atau warung-warung di daerah Bantaeng.

Kue mangkok ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung beras, pengembang kue, gula, dan juga tapai singkong. Jajanan ini juga sangat menggugah selera karena berwarna-warni. Warna-warna tersebut berasal dari pewarna alami atau pewarna makanan. Tidak hanya dikenal unik dan lezat, kue ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp 1.000,- per biji. Selain dapat membelinya langsung, kamu juga dapat mencoba untuk membuat kue mangkok sendiri di rumah.

Gotravelly

JI Gelato: Restoran Gelato Pertama Di Tanah Buton

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

2. Keripik Talas Bantaeng

keripik talas
seringjalan.com

Rekomendasi makanan khas Bantaeng berikutnya adalah keripik talas Bantaeng. Daerah yang satu ini memang dikenal sebagai lokasi pengembangan beberapa jenis talas. Hal itu menjadikan masyarakat sekitar memanfaatkan talas dan diolah menjadi beberapa makanan ringan.

Keripik talas Bantaeng dikenal menawarkan tekstur yang renyah serta cita rasa gurih. Saat berkunjung ke daerah Bantaeng, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai keripik talas di beberapa tempat seperti toko kelontong atau toko oleh-oleh.

Tidak perlu khawatir karena keripik talas dijual dengan harga yang terjangkau. Selain terbuat dari talas, terdapat beberapa bahan tambahan lainnya seperti kapur siri, air, kunyit, garam, minyak goreng, dan juga bawang putih. Talas yang telah dibersihkan dan diiris tipis kemudian direndam dalam air kapur sirih. Hal itu bertujuan untuk mengurangi lendir pada talas. Adanya tambahan berbagai bumbu menghasilkan cita rasa yang lezat pada keripik talas. Kamu dapat memilih berbagai rasa yang ditawarkan mulai dari original hingga pilihan rasa lainnya.

3. Sup Ubi Tompong

sup ubi tompong
tagar.id

Makanan khas Bantaeng berikutnya yang menarik untuk kamu coba adalah sup ubi tompong. Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan sup ubi tompong? Makanan yang satu ini berasal dari daerah dusun Tompong di Bantaeng.

Makanan yang satu ini dibuat dari beberapa bahan seperti ubi, potongan daging, daun bawang, telur, bihun, bawang goreng, dan juga kaldu yang dimasak. Kelezatan makanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Sup ubi tompong tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja melainkan juga wisatawan yang datang ke Bantaeng.

Saat mencoba lezatnya sup ubi tompong, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang segar dan gurih. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak yang ketagihan setelah mencoba lezatnya sup ubi tompong. Saat berkesempatan berkunjung ke daerah Bantaeng, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba lezatnya sup ubi tompong. Kamu dapat mencoba makanan ini di salah satu tempat makan yang terletak di Jalan Pete Pete, Dusun Tompong, Bantaeng.

4. Jagung Marning

jagung marning
seringjalan.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan jagung marning. Jagung marning dikenal sebagai salah satu makanan khas Bantaeng yang menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama jagung berkualitas bagus.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan jagung marning adalah jagung, kapur sirih, air, garam, dan juga minyak goreng. Sedangkan bumbu halus yang digunakan dibuat dari bawang putih, bawang merah, garam, ebi, jahe, dan merica.

Makanan jagung marning biasa disajikan dengan berbagai pilihan rasa mulai dari original, pedas, asin, dan juga manis. Kamu dapat membeli camilan ini untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Jagung marning juga biasa dijual dengan kemasan praktis serta dikenal memiliki harga yang terjangkau. Kamu dapat membeli jagung marning di berbagai toko oleh-oleh di Bantaeng.

5. Kue Cucur

kue cucur
kompas.com

Kue cucur tentu menjadi salah satu makanan yang tidak asing lagi didengar bagi beberapa orang. Makanan yang satu ini mudah dijumpai di beberapa daerah dan dikenal sebagai salah satu makanan khas Bantaeng.

Kue cucur merupakan camilan tradisional yang masih banyak diburu hingga saat ini. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal, kue cucur juga berhasil membuat banyak wisatawan penasaran bahkan tidak jarang wisatawan membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Meskipun memiliki cita rasa lezat, tetapi kue ini dikenal memiliki harga yang terjangkau.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung terigu dan juga gula merah. Adanya gula merah bertujuan sebagai pemanis alami. Kue cucur memiliki bentuk khas yakni berbentuk lingkaran. Tidak hanya dikenal dengan cita rasa manis, kue ini juga memiliki tekstur yang khas dan lembut. Berkunjung ke kawasan Bantaeng, tidak ada salahnya untuk berburu kue cucur sebagai salah satu rekomendasi makanan khas Bantaeng yang menarik untuk dicoba.

6. Kentang Rebus khas Bantaeng

Makanan Khas Bantaeng
kompasiana.com

Rekomendasi makanan khas Bantaeng berikutnya adalah kentang rebus. Jika dilihat dari namanya, makanan yang satu ini memang tampak biasa saja. Tetapi olahan kentang rebus khas Bantaeng tentu sangat menarik untuk dicoba. Cara membuatnya adalah dengan merebus kentang yang telah dikupas dan dicuci. Setelah direbus hingga matang, kentang kemudian disajikan diatas piring bersama dengan parutan kelapa. Makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat.

Kentang yang digunakan untuk membuat kentang rebus khas Bantaeng adalah kentang yang berukuran sedang dan besar. Saat berkunjung ke daerah Bantaeng, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya olahan kentang yang satu ini.

Nah itulah daftar 6 rekomendasi makanan khas Bantaeng yang dikenal unik dan menarik untuk kamu coba. Diantara 6 makanan tersebut, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba saat berkunjung ke Bantaeng?



Leave a Reply