Serba Enak! 10 Street Food di Sydney Wajib Coba


Reni  November 17, 2019  0 Comment


Ketika berkunjung ke luar negeri, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah berwisata kuliner. Bila Anda sedang berlibur atau memiliki rencana melancong ke Australia, jangan sampai melewatkan street food Sydney yang menjadi jantung negara tersebut. Banyak sekali makanan kaki lima lezat yang bisa dicicipi di sana.

Meskipun tidak sedikit yang menyangsikan higienitas penganan yang dijajakan di pinggir jalan, namun tidak ada pula yang dapat menyanggah kelezatan dan keotentikan cita rasanya. Tidak jarang, makanan kaki lima suatu negara menjadi standar kuliner dari negeri tersebut. Lantas, apa saja jajanan pinggir jalan yang direkomendasikan di Sydney?

Street Food di Sydney


1. Pigs in Blanket

Pigs in Blanket
taste.com.au


Kuliner kaki lima pertama yang paling direkomendasikan adalah ‘Pigs in Blanket’ alias ‘Daging Babi Berselimut’. Daging babi yang telah diasap dan dibumbui dipotong menyerupai irisan sosis, kemudian dibungkus menggunakan pastry yang tebal tapi empuk dan renyah. Cita rasanya gurih dan cukup mengenyangkan perut, sehingga wajar bila menjadi favorit.
Tapi bagi pelancong muslim, tentu sajian populer yang satu ini tidak bisa dinikmati. Harga untuk seporsi penganan semi berat ini hanya $12. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai sudut Kota Sydney. Banyak sekali penjaja kaki lima yang menawarkan menu ‘Pigs in Blanket’ ini mengingat peminatnya pun juga tinggi.

Gotravelly

Serunya Wisata Lampion Di Malang Night Paradise

Hangatnya Steamboat Di Pappa’ Steamboat, Pilihan Pas Kala Hujan


2. Spring Rolls

Spring Rolls
Insatgram/ foodhubster


Bertetangga dekat dengan Benua Asia, tidak mengherankan jika kuliner street food Sydney pun menawarkan sebuah hidangan yang mirip. Namanya Spring Rolls, yang di Indonesia disebut sebagai Lumpia. Kudapan ini sejatinya berasal dari Tiongkok, kemudian menyebar ke berbagai daerah di Asia serta disesuaikan dengan cita rasa lokal.
Spring Rolls di Sydney sendiri sangat mirip Lumpia, di mana daging dan sayuran yang telah dibumbui kemudian dibungkus dengan kulit, lalu digoreng kering. Spring Rolls di sini disajikan bersama salad sayur dan juga saus tomat yang khas. Harga seporsinya mulai $3.90 di mana bergantung daging yang dipilih serta bahan pelengkapnya.

Baca juga :  Jelajah 20 Kota Terindah di Australia Bikin Betah


3. Bibimbap

Bibimbap
Instagram/ healthymoodsf


Australia merupakan salah satu benua yang terkena demam Korea sangat kuat. Tidak heran bila kuliner khas Korea kemudian menjadi salah satu menu street food wajib di Sydney. Bibimbap sendiri merupakan olahan nasi campur khas Korea. Isiannya terdiri dari berbagai sayuran segar, telur setengah matang, dan nasi pulen.
Bibimbap dinikmati bersama saus gochujang dengan cara diaduk hingga rata. Harga dari seporsi makanan berat Korea ini di Sydney mulai dari $7 dan semakin mahal menyesuaikan tambahan isi. Ada opsi ayam pedas Korea dan bulgogi sebagai lauk pendamping. Bibimbap tidak kalah sehat bila dibandingkan kimchi.


4. Chico Rolls

Chico Rolls
instagram/debbdesign


Kuliner street food Sydney yang satu ini merupakan hasil modifikasi dari Spring Rolls. Jika Spring Rolls menggunakan sayuran dan daging, berbeda dengan Chico Rolls. Penganan ini hanya menggunakan daging sebagai isian. Menggunakan daging has dalam, risiko kolesterol dapat dibuang jauh. Soal harga? Hanya $10 saja per porsi.


5. Barbeque Snags

Barbeque Snags
executivestyle.com.au


Sosis barbeque merupakan salah satu menu street food yang populer di Sydney. Dengan harga $17 per porsi, Anda sudah dapat menikmati sosis yang dibumbui dengan garlic butter kemudian dipanggang. Rasa gurihnya dominan dengan porsi mengenyangkan. Potongan sosis di sini cukup besar, sehingga tidak perlu khawatir kurang kenyang meski tanpa nasi.


6. Chiken Green Curry

 Chiken Green Curry
instagram/restaurant_thai_food


Penganan kaki lima yang satu ini diadaptasi dari Thailand, yaitu Chiken Green Curry. Bahan utamanya adalah daging ayam yang diolah menggunakan bumbu rempah dan susu. Hasilnya sebuah sajian berkuah dengan daging ayam empuk serta cita rasa yang meleleh di lidah. Sayangnya, agak sulit menemukan penjual Kari Ayam Thailand ini.
Penjual Chiken Green Curry umumnya warga pendatang di Sydney. Mereka menjajakan olahan berkuah ini mulai harga $27.5 per porsi. Meskipun bisa dibawa pulang, tetapi lebih nikmat jika menyantapnya langsung di tempat selagi panas dan fresh. Perlu diingat bahwa tidak ada menu nasi putih untuk menyantapnya.

Baca juga :  15 Wisata Kuliner Enak Di Temanggung


7. Carrot Halwa

Carrot Halwa
instagram.com/foode_stan_


Street food Sydney yang direkomendasikan selanjutnya adalah Carrot Halwa. Sesuai namanya, bahan utama dari penganan ini adalah wortel dan halwa. Wortel diserut hingga halus, kemudian dicampurkan dengan halwa. Kombinasi kedua bahan makanan ini menghasilkan cita rasa kudapan yang gurih, manis, dan segar.
Carrot Halwa sendiri merupakan kuliner asal India. Pendatang dari India yang bermukim di Australia memang cukup banyak, sehingga tidak mengherankan bila kulinernya pun turut terbawa kemari. Seporsi Carrot Halwa dapat Anda tebus seharga $5.20 saja. Beberapa penjaja berinovasi dengan menambahkan daging pada hidangan ini.


8. Halloumi Burgers

Halloumi Burgers
instagram/quadrillebooks


Burger yang satu ini merupakan menu yang tepat bagi para vegetarian. Bukan menggunakan daging, burger ini menggunakan keju halloumi yang terkenal akan gurih dan lezatnya sebagai isian. Kejunya diiris setebal daging dan dilengkapi dengan tomat dan buah kiwi, kemudian diberi tetesan olive oil. Sebuah menu burget diet yang lezat.
Bagi Anda yang ingin menikmati menu street food satu ini, silakan membayar seharga $17 per porsi. Ukuran rotinya berikut isian yang tidak pelit membuat penganan ini cukup mengenyangkan. Cukup banyak pedagang kaki lima di sepanjang jalanan Sydney yang menawarkan menu burger vegetarian ini.


9. Meat Pies

Meat Pies
instagram/thekitchenmuse


Pai daging. Siapa yang tidak meneteskan air liur mendengar soal kuliner yang satu ini? Makanan yang satu ini sangat digemari oleh wisatawan berkat cita rasanya yang otentik, lezat, dan membuat kenyang. Meat Pies sendiri terdiri dari sebuah pai berbentuk kotak dengan isian daging berbumbu yang didominasi rasa manis.
Kulit pai yang menjadi pelapis daging memiliki rasa gurih, sehingga pertemuan kedua rasa tersebut sangat pas, membuat kudapan itu tidak terlalu manis ataupun asin. Anda bisa menikmati Meat Pies dengan Mashed Potatoes. Harga menu yang satu ini mulai $6.40, tidak termasuk dengan menu pelengkapnya.

Baca juga :  10 Tempat Berenang di Alam Bebas Terbaik di Australia


10. Hamburger with Beetroot

Hamburger with Beetroot
instagram/leedining


Rekomendasi street food Sydney yang terakhir adalah Hamburger with Beetroot atau Hamburger dengan Akar Bit. Penambahan akar bit ketika mengolah daging burger membuatnya menjadi lebih juicy sehingga saat dimakan benar-benar meleleh di dalam mulut. Seporsi hamburger istimewa ini dibanderol dengan harga $8.9 saja.


Tips Berburu Kuliner Street Food di Sydney

Bila Anda ingin berburu kuliner tepi jalan di Sydney Australia, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan :

Bawa uang tunai sesuai mata uang Australia, tepatnya dolar Australia. Jangan hanya membawa pecahan nominal besar, tetapi juga pecahan kecil agar mudah saat bertransaksi.

Bagi Anda yang beragama muslim, silakan tanyakan terlebih dahulu soal kehalalan menu yang dijual sebelum membeli.

Berburu kuliner street food Sydney dijamin tidak akan membuat kantong Anda bolong. Sebab, olahan yang ditawarkan dibanderol dengan harga terjangkau. Meski begitu, soal rasa dan higienitas tidak perlu dipertanyakan sebab selalu menjadi prioritas utama pedagang kaki lima di sana. Jadi, kapan Anda berencana mencicipi deretan kuliner lezat di atas?



Leave a Reply