7 Variasi Martabak di Indonesia Dengan Rasa Menggugah Selera


sisil angelin  October 12, 2021  0 Comment

Jika membahas kuliner di Indonesia memang tidak ada habis-habisnya buat pencinta kuliner di Indonesia tertarik untuk mencobanya, dan bahkan wisatawan mancanegara juga penasaran banget loh sama kuliner-kuliner yang beragam di Indonesia. Namun salash satu street food yang terkenal banget di Indonesia, dan bisa kalian temukan dimanapun berada adalah Martabak. Siapa disini yang suka banget sama martabak? sudah pasti suka banget ya guys… Tapi kalian tau gak sih kali martabak di Indonesia itu ternyata beragam, dan memiliki ciri khas tersendiri. Jadi untuk kalian yang penasaran dengan beraneka jenis martabak yang ada di Indonesia, wajib banget nih simak artikel GoTravelly kali ini yang bakalan bahas beranek jenis martabak di Indonesia. Daripada penasaran langsung aja yuk guys simak variasi martabak di Indonesia berikut ini

1. Martabak Manis

Martabak Manis
selerasa.com

Martabak yang akan kita bahas pertama ini memang sangat populer, dan menjadi salah satu martabak yang banyak disukai. Nama lain dari Martabak Manis adalah Terang Bulan, kenapa disebut terang bulan? karena bentuknya yang bundar, dan berwarna terang inilah yang membuatnya disebut terang bulan. Namun hanya sebagian daerah yang menyebut martabak manis dengan terang bulan. Jadi untuk kamu yang belum tau adonan martabak manis ini memang sangat kental, dan biasanya tersedia 2 varian jenis yang bisa kalian pilih ingin martabak manis tipis atau normal yang memiliki ketebalan sekitar 3 cm. Setelah memilih jenisnya kalian bisa memilih beraneka isian topping diantaranya ada keju, kacang tanah, meses cokelat, nuttela, oreo, ovomaltine, selai, wijen, susu, kitkat, milo, greentea, red velvet, tiramisu, dan masih banyak lagi varian rasa yang bisa kalian pilih. Namun uniknya seiring berjalannya waktu kini martabak manis juga tersedia beraneka varian rasa adonan seperti red velvet, green tea, pandan, oreo, dan masih banyak lagi pilihan adonan martabak manis kekinian yang bikin ngiler!

gotravelly

Martabak Telur Tegal Enaknya Ugal Ugalan

Martabak Hollania, Cuma Ada Di Jombang Jawa Timur!

2. Martabak Piring

Martabak Piring
travelingyuk.com

Martabak Piring ini memang masih asing dibeberapa daerah yang ada di Indonesia, dan Martabak Piring termasuk jajanan tempo dulu. Karena Martabak Piring ini memasaknya menggunakna cara yang masih tradisional yaitu dengan memasukan adonan kedalam piring seng, dipanggang diarang, dan setelah matang Martabak Piring ini memiliki tekstur yang sama dengan crepes. Sedangkan varian rasa Martabak Piring ini memang lebih sederhana daripada martabak manis pada umumnya. Yaitu menggunakan topping meses cokelat, kacang, keju, dan buah nangka. Jadi Martabak Piring ini salah satu kuliner tradisional asal Jawa Timur yang wajib dipromosikan diberbagai daerah. Karena rasanya unik, dan teksturnya yang gurih bikin siapa aja ketagihan untuk menjadikan martabak piring menjadi camilan.

3. Martabak Telur

Martabak Telur
pegipegi.com

Untuk kamu yang tidak suka dengan citarasa manis maka bisa memilih Martabak Telur untuk dijadikan camilan, ataupun lauk untuk makan bersama nasi putih hangat. Jadi ya guys Martabak Telur ini juga gak kalah dari martabak manis yang memiliki banyak penggemar, dan rasanya yang gurih serta asin ini juga menarik pencinta kuliner. Jadi martabak telur ini dipercaya menjadi salah satu kuliner yang berasal dari India, dan adonan yang elastis ini memang saat digoreng akan memberikan tekstur yang super gurih. Jadi selain memiliki luaran yang garing biasanya martabak ini akan diberi isian berupa telur, daun bawang, daging cincang, dan akan dimasukan kedalam adonan lalu dilipat sehingga saat dimasak isian telur itu akan menyatu dengan sempurna bersama adonan gurih ini. Namun seiring berjalannya waktu kini martabak telur kini memiliki banyak sekali varian isian diantaranya ada ayam, keju, jamur, mozzarella, jagung manis, dan masih banyak lagi varian isian yang ada pada Martabak Telur kekinian. Untuk makan Martabak telur ini biasanya menggunakan acar, cabai hijau, atau cuka hitam yang akan menjadi cocolan untuk makan martabak telur.

4. Martabak Aceh

Martabak Aceh
zuckici.com

Jika kalian berkunjung ke Aceh pastikan kalian mencicipi lezat, dan uninya Martabak Aceh. Jadi Martabak Aceh ini memiliki ciri khas didalam sajian bumbunya yang memadukan bumbu martabak India, dan martabak kubang yang memiliki ukuran tidak terlalu tebal. Yang membuat Martabak Aceh ini berbeda dari martabak telur adalah telur pada Martabak Aceh ini berada di luar, rasa rempahnya lebih strong, dan Martabak Aceh yang sudah matang ini akan dimakan bersama acar bawang merah ataupun kuah kari kambing yang kental. Jadi rasanya itu gurih, manis, asin, dan rempah yang melimpah pada sajian Martabak Aceh ini menjadi perpadauan yang sangat sempurna saat masuk kedalam mulut. Jadi tunggu apalagi yuk buruan cari Martabak Aceh!

5. Martabak India

Martabak India
pergikuliner.com

Jika membahas beberapa jenis Martabak tidak lengkap rasanya jika tidak membahas Martabak India, dan Martabak India ini memang memiliki ciri khas tersendiri pada rempah-rempahnya yang strong. Selain rempahnya yang melimpah Martabak India ini juga memiliki adonan yang sangat berbeda dari martabak telur lainnya, dan biasanya martabak India ini akan dimakan bersama acar serta saus kari yang super yummy. Namun untuk menemukan martabak India memang cukup susah makanya tak heran jika martabak India ini masih jarang diketahui masyarakat Indonesia. Namun jika kalian berada di Medan kalian bisa menemukan banyak sekali penjual yang menjajakan Martabak India, dan penjual martabak India ini memang keturunan India yang tingga di Medan. Sehingga rasa dari Martabak India ini persis dengan martabak yang ada di India guys! Nah untuk kalian yang penasaran dengan rasanya langsung aja yuk cobain betapa lezat, dan uniknya rasa martabak India ini.

6. Martabak Kubah Mesir

Martabak Kubah Mesir
lesirankotatua.blogspot.com

sekilas bentuknya sama dengan martabak India. Namun yang membuat Martabak Kubah Mesir ini berbeda adalah ketebalannya yang lebih tebal dari pada Martabak India. Selain ukuran Martabak Kubah Mesir ini juga memiliki bumbu yang jauh lebih soft dari pada martabak India yang kaya akan rempah. Namun pasti kalian berfikir jika Martabak Kubah Mesir ini berasal dari Mesir bukan? nah ternyata meskipun namanya ‘Martabak Kubah Mesir’ ternyata Martabak Kubah Mesir ini berasal dari Sumatera Bart, dan Martabak Kubah Mesir ini uniknya memiliki kulit lagi pada bagian dalamnya. Sehingga saat dimakan diluaran Martabak Kubah Mesir ini terasa gurih, dan didalamnya juga masuk merasakan tekstur yang gurih dicampur dengan telur yang dicampur dengan bumbu. Untuk menikamti Martabak Kubah Mesir biasanya menggunakan acar, dan cabai rawit.

7. Martabak Usus

martabak usus
.loveusaha.com

Jenis martabak yang akan kita bahas terakhir ini adalah Martabak usus yang bisa kalian temui di kota Gresik, Jawa Timu. Kulitnya sama dengan martabak pada umumnya, bertekstur renyah ketik digigit. Dalamnya berisi mie putih yang dipadu dengan tumisan usus dengan rasa gurih dan pedas. Rasanya, hmmmm jangan ditanya lagi, lemak banget!

itulah 7 macam jenis martabak di Indonesia yang wajib kalian coba, dan pastinya bikin kulineran kalian berkesan. Selamat mencoba!



Leave a Reply