6 Jajanan Khas Blora Membuat Lidah Bergetar Bahagia


Fida  September 2, 2021  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba. Blora merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata serta kuliner lezat termasuk Jajanan Khas Blora. Tidak heran jika Blora banyak didatangi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Selain mengunjungi tempat wisata dan mencoba berbagai kuliner yang ditawarkan, Anda juga dapat mencicipi berbagai jajanan khas Blora. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, beberapa jajaran juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Berikut daftar 6 rekomendasi jajanan khas Blora yang sayang untuk dilewatkan.

1. Dumbeg

dumbeg
rembangbicara.pikiran-rakyat.com

Salah satu jajanan khas Blora yang sangat menarik untuk dicoba adalah dumbeg. Dilihat dari namanya saja, jajanan yang satu ini terkesan unik dan tidak mudah dijumpai di daerah lain.

Dumbeg merupakan salah satu jajanan pasar yang memiliki bentuk seperti terompet. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras serta diberi tambahan gula aren dan juga garam. Dumbeg bungkus dengan menggunakan daun lontar atau janur.

Jajanan yang satu ini memiliki tekstur yang mirip dengan dodol tetapi tidak terlalu kenyal. Jajanan tradisional yang satu ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, jajanan yang satu ini juga biasa dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Gotravelly

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

Warung Makan Pi’an, Tempat Makan Legendaris Wajib Coba Di Tegal!

2. Kue Gendu

kue gendu
dreamers.id

Jajanan khas Blora selanjutnya yang sangat menarik untuk dicoba adalah kue gendu. Kue yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan dikenal dengan cita rasanya yang lezat. Selain itu, bentuknya yang unik dan warnanya yang kuning segar menjadikan kue ini tampak menggugah selera.

Kue gendu juga disukai oleh banyak kalangan karena memiliki isian buah durian. Banyak yang menyebut kue ini dengan sebutan kue ulat karena bentuknya yang terinspirasi dari ulat daun jati. Kue gendu diolah dengan cara dipanggang dalam oven seperti kue kering pada umumnya. Bagi Anda pecinta buah durian, tentu sangat disayangkan rasanya jika tidak mencoba kue ini saat berkunjung ke Blora.

Anda dapat dengan mudah menjumpai kue gendu berbagai toko jajanan atau toko oleh-oleh di Blora. Konon katanya, kue ini juga sangat disukai oleh para atlet Asian Games 2018. Kue yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Blora.

3. Tape Sugihan

tape sugihan
perpus.jatengprov.go.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan tape. Jajanan yang satu ini cukup mudah dijumpai di berbagai daerah, salah satunya adalah Blora. Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Blora yang bisa Anda coba, tape Sugihan menjadi rekomendasi tepat yang sayang untuk dilewatkan. Jajanan yang satu ini sudah cukup populer dan mudah dijumpai di Blora. Salah satu tempat untuk membeli tape ini adalah di daerah Sugihan, Desa Mojowetan, Kecamatan Banjarja, Blora.

Meskipun termasuk jajanan tradisional, tetapi tape Sugihan masih banyak diburu hingga saat ini. Tidak hanya penduduk lokal saja, tapi ini juga diminati oleh para wisatawan yang datang ke Blora.

Bahan pembuatan jajanan ini tidak jauh berbeda dengan tape pada umumnya yakni menggunakan singkong. Singkong diolah dengan proses fermentasi. Jajanan ini juga dijual dengan harga sangat terjangkau yakni berkisar Rp 3.000,- hingga Rp 6.000,- per 10 bungkus. Cukup murah bukan? Saat berkunjung ke Blora, tidak ada salahnya untuk mencoba jajanan yang satu ini.

4. Manco

manco
timesindonesia.co.id

Jajanan khas Blora selanjutnya yang bisa Anda coba adalah manco. Manco menjadi jajanan sekaligus oleh-oleh yang banyak diminati oleh wisatawan. Jajanan yang satu ini juga biasa disebut dengan peli kipu. Manco dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan atau beras pulut. Beras tersebut kemudian diolah dengan berbagai tambahan bahan lainnya sehingga menghasilkan cita rasa lezat dan gurih.

Meskipun terkesan sangat tradisional, tetapi jajanan yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa yang unik dan lezat. Manco juga memiliki tampilan yang sangat menarik untuk dicoba.

Jajanan yang satu ini juga dapat dengan mudah dijumpai di pasar maupun toko oleh-oleh di Blora. Tidak perlu khawatir, Anda dapat membeli manco dengan harga terjangkau yakni berkisar Rp 8.000,- hingga Rp 20.000,- per bungkus. Saat berkunjung ke Blora, tidak ada salahnya untuk mencoba uniknya jajanan yang satu ini.

5. Egg Roll

egg roll
kompas.com

Egg roll menjadi salah satu jajanan yang banyak dijumpai di berbagai daerah. Jajanan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu jajanan khas Blora yang sayang untuk tidak dicoba. Anda dapat dengan mudah menjumpai egg roll di toko jajanan atau toko oleh-oleh di Blora.

Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama telur. Egg roll sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama dengan 1 cangkir teh atau kopi. Saat menikmati egg roll, Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang sangat renyah dan empuk. Tidak hanya itu, jajanan yang satu ini juga lembut di mulut. Perpaduan rasa manis dan gurih yang ditawarkan tentu sayang untuk tidak dicoba.

Jajanan yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga tidak sedikit wisatawan yang membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Meskipun menawarkan cita rasa lezat, Anda dapat membeli jajanan yang satu ini dengan harga terjangkau lo. Saat berkunjung ke Blora, tidak ada salahnya untuk membeli jajanan lezat yang satu ini.

6. Abon Lele

Jajanan Khas Blora
itrip.id

Pernah mencoba sensasi lezatnya abon lele? Abon lele dikenal sebagai salah satu makanan khas Blora yang sayang untuk tidak dicoba. Abon yang satu ini dapat dinikmati langsung sebagai jajanan khas Blora atau dinikmati sebagai lauk bersama dengan satu porsi nasi.

Jika biasanya abon dibuat dari daging sapi, abon lele menawarkan cita rasa yang tidak kalah lezat. Teksturnya yang khas juga menjadikan abon lele sangat menarik untuk dicoba. Wisatawan yang datang ke Blora juga biasa membeli abon lele sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Cita rasa gurih yang ditawarkan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Abon lele juga biasa dijual dengan kemasan praktis dan dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh di Blora. Saat berkunjung ke Blora, abon lele tentu sayang untuk tidak dicoba.

Nah, itulah daftar 6 jajanan khas Blora yang sangat menarik untuk dicoba. Jajanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba saat datang ke Blora?



Leave a Reply