10 Oleh Oleh Khas Blora, Ada Kerajinan Hingga Jajanan


Fida  June 24, 2022  0 Comment

Blora merupakan sebutan bagi salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya banyak dikunjungi sebagai destinasi wisata, Blora juga memiliki berbagai kuliner yang wajib kamu coba. Berlibur ke Blora, tentu sayang rasanya jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh. Tidak perlu bingung, inilah daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Blora yang dapat kamu pilih untuk dibawa pulang.

1. Batik Blora

batik blora
semarangpos.com

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Blora yang sayang untuk kamu lewatkan adalah batik Blora. Batik yang satu ini dikenal sangat kasar sama memiliki motif khusus. Kamu dapat menikmati motif batik Blora yang bergambarkan tayub, barongan, serta pohon jati.

Selain motifnya yang unik, batik Blora juga dikenal memiliki warna-warna yang sederhana dan berbeda dengan batik batik lainnya. Hal itu dikarenakan batik ini memiliki prinsip mencerminkan kearifan lokal. Kamu dapat membeli batik Blora dengan harga yang sangat beragam. Selain dapat membelinya dalam bentuk lembaran kain, kamu juga dapat membeli batik yang siap pakai seperti pakaian.

Gotravelly

Pandanaran Hotel Yogyakarta : Hotel Dengan Rooftop Pool Dan Harga Terjangkau Di Tengah Kota

Warung Brongkos Handayani : Sajikan Kuliner Legendaris Khas Yogyakarta

2. Barongan khas Blora

barongan khas blora
kumparan.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan barongan? Barongan merupakan salah satu kesenian khas Blora yang dikenal mirip dengan reog. Saat datang ke Blora, akan ada banyak pengrajin souvenir dengan bentuk barongan. Bentuknya yang unik tentu menjadi daya tarik tersendiri sehingga souvenir barongan banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Blora untuk dibawa pulang.

Kerajinan barongan khas Blora dapat kamu beli dengan harga yang sangat beragam mulai dari Rp 15.000,- hingga ratusan ribu rupiah. Kamu juga dapat memilih berbagai bentuk yang ditawarkan seperti bentuk topeng manusia, kepala singa, dan masih banyak lagi. Oleh oleh unik yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Blora.

3. Dumbeg

dumbeg
rembangbicara.pikiran-rakyat.com

Dumbeg dikenal sebagai salah satu kuliner sekaligus oleh-oleh khas Blora yang sayang untuk tidak kamu coba. Makanan yang satu ini dikenal memiliki bentuk khas yakni berbentuk kerucut menyerupai terompet. Dumbeg juga dikenal unik karena dibungkus dengan menggunakan daun kelapa, janur, atau daun lontar. Bentuknya yang unik dan khas tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dumbeg dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya tepung beras, garam, serta gula merah, gula aren, dan juga gula pasir. Makanan yang satu ini juga termasuk salah satu makanan tradisional yang dapat dengan mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional di Blora.

4. Manco atau Peli Kipu

peli kipu
food.detik.com

Saat bingung menentukan pilihan oleh-oleh khas Blora yang cocok untuk dibawa pulang, kamu dapat membeli lezatnya manco atau peli kipu. Jajanan yang menawarkan cita rasa manis ini menawarkan tekstur renyah mirip dengan kerupuk.

Jajaran yang satu ini kamu dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Blora. Manco atau peli kipu tentu sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh karena biasa dijual dengan kemasan praktis dan menari. Selain itu, kamu juga dapat membeli jajanan ini dengan harga yang terjangkau.

5. Egg Roll khas Blora

egg roll blora
tokopedia.com

Jajanan egg roll tentu sudah tidak asing terdengar bukan? Jajanan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Blora yang dapat kamu coba. Tidak jauh berbeda dengan egg roll pada umumnya, egg roll khas Blora juga memiliki tekstur yang renyah dan empuk. Kamu juga dapat merasakan tekstur yang lembut di mulut.

Renyah dan manisnya jajanan yang satu ini menjadikan egg roll sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan jajaran ini sangat cocok diberi sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Egg roll khas Blora biasa dijual dengan harga berkisar Rp 15.000,- per kemasan. Cukup terjangkau bukan?

6. Abon Ikan Lele

abon ikan lele
tokomesin.com

Pernah mendengar sebutan abon ikan lele? Abon ikan lele dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Blora yang sayang untuk kamu lewatkan. Jika abon biasanya dibuat menggunakan bahan daging atau ayam, namun tidak dengan abon khas Blora yang satu ini. Sesuai dengan namanya, abon ikan lele dibuat menggunakan daging ikan lele.

Meskipun dikenal cukup unik dan berbeda dengan akun pada umumnya, tapi rasa abon yang satu ini tidak kalah lezat. Abon ikan lele sangat cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai abon ikan lele di berbagai toko oleh-oleh di Blora. Tertarik untuk mencobanya?

7. Kue Gendu

kue gendu
medianesia.id

Kue Gendu dikenal sebagai salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Blora yang tidak boleh kamu lewatkan. Kue yang satu ini dikenal dengan bentuknya yang unik dan mirip dengan ulat daun jati. Selain itu, kue gendu juga memiliki warna yang khas yakni berwarna kuning segar. Jika dilihat, kue gendu termasuk kue kering yang mirip dengan kastengel.

Kue yang satu ini juga sangat populer karena memiliki rasa durian yang menggugah selera. Bagi kamu pecinta buah durian, kue gendu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan. Kamu dapat menjumpai kue ini di berbagai toko oleh-oleh di Blora. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam tergantung ukuran kemasan.

8. Ungker khas Blora

ungker blora
cookpad.com

Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan makanan ungker bukan? Bongkar merupakan salah satu hidangan yang sekaligus karet dipilih sebagai oleh-oleh khas Blora. Hidangan yang satu ini juga populer sebagai salah satu hidangan ekstrem yang unik dan membuat beberapa wisatawan penasaran.

Ungker dibuat menggunakan bahan utama kepompong daun jati. Kepompong daun jati diolah menjadi makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga mengandung banyak manfaat. Olahan ungker dikenal kaya akan protein serta memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Kamu dapat membeli oleh-oleh yang satu ini di sekitar alun-alun kota.

9. Gembol Jati

gembol jati
bukalapak.com

Gembol Jati menjadi salah satu oleh-oleh khas Blora yang wajib kamu bawa pulang. Sesuai dengan namanya, oleh-oleh yang satu ini merupakan kerajinan tangan yang dibuat menggunakan bahan kayu jati. Ukiran demi ukiran yang dibuat untuk akan membuat kamu terkagum dan tertarik untuk membelinya.

Bentuk-bentuk yang ditawarkan juga sangat beragam seperti hiasan rumah, kursi, meja, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan untuk kerajinan yang satu ini juga sangat beragam tergantung ukuran serta tingkat kerumitan pembuatan.

10. Kaos Samin Surosentiko

kaos samin surosentiko
bukalapak.com

Saat berkunjung ke Blora, tentu sayang rasanya jika pulang tidak membawa oleh-oleh kaos. Kaos Samin Surosentiko menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk kamu pilih. Kaos dengan gambar pahlawan lokal Samin ini dikenal sangat khas dan unik.



Leave a Reply