Rasa Unik 5 Minuman Khas Sulawesi ini bikin Lidah Bergetar


sisil angelin  July 23, 2020  0 Comment

Sulawesi memang terkenal sekali dengan wisata-wisatanya yang indah seperti pantai, pegunungan, air terjun, danau, sungai, dan budayanya yang melekat memang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Sulawesi. Nah selain memiliki wisata yang asik untuk dikunjungi Sulawesi juga memiliki minuman khas yang sangat populer di Indonesia, dan menjadi minuman favorite orang Indoneasia loh. Mau tau apa saja minuman khas Sulawesi? simak artikel berikut ini kita akan bahas lengkap Minuman khas Sulawesi yang wajib kamu coba

1. Es Pisang Ijo

es pisang ijo
medium.com

Es Pisang Ijo minuman khas Sulawesi yang ada diurutan pertama ini memang sangat Populer di Indonesia, dan menjadi favorite masyarakat Indonesia. Es Pisang Ijo ini sangat nikmat jika diminum saat siang hari apa lagi saat udara panas. 1 buah Es Pisang Ijo ini terdiri dari Pisang Ijo yang dibalut dengan adonan tepung ketan berwarna hijau ,lalu dipotong-potong, kacang merah, mutiara, sirup, santan, es serut, susu, dan bubur sumsum. Kalian bisa bayang kan pisang ijonya yang kenyal, bubur sumsum yang lembut, kacang merah yang gurih, dan perpaduan sirup serta es yang manis memberi kan rasa segar pada satu kali tegukan.

Es Pisang Ijo ini cukup mudah ditemu kan saat berada di Indonesia ada banyak sekali cafe, restoran, dan kedai yang menjual Es Pisang Ijo. Namun jika kalian ingin merasakan Es Pisang Ijo yang asli dari Sulawesi kalian bisa menemukan nya di Kota Makassar.

Gotravelly

Ikan Asam Manis Khas Makassar Di Pandaan Jawa Timur

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

2. Pallu Butung

pallu butung
butonmagz.id/

Minuman khas Sulawesi yang ada di urutan kedua ini juga tidak kalah terkenal dari Es Pisang Ijo loh guys! 1 porsi Pallu Butung ini sebenar nya hampir sama dengan Es Pisang Ijo, yang membedakan nya hanyalah cara pengolahan pisangnya. Jika Es Pisang Ijo digulung dengan tepung ketan, nah berbeda dengan Pallu Butung pisang raja nya disajikan langsung tanpa digulung dengan tepung. Jadi kalian sekarang udah tau ya guys bedanya Pallu Butung dengan Es Pisang Ijo.

1 porsi Pallu Butung ini terdiri dari pisang raja yang sudah di potong-potong, bubur sumsum, sirup, susu, dan santan. Jadi saat masuk kemulut kalian akan merasakan manis, dan segar dari Pallu Butung. apa lagi lembut nya bubur sumsum yang ada di Pallu Butung menambah nafsu untuk meminum nya, ohya Pallu Butung ini porsinya cukup banyak, dan bikin kenyang guys. Pallu Butung sangat nikmat diminum saat siang atau sore hari. Untuk menemukan Pallu Butung cukup mudah ada di cafe, restoran, dan street food yang ada di Indonesia. Jika inging menemukan Pallu Butung di Sulawesi kalian bisa menemukan nya dipingir jalan saja loh, karena Pallu Butung ini sangat mudah di temukan di kota-kota yang ada di Sulawesi.

3. Sirup Pisang Ambon

Sirup Pisang Ambon
tokopedia.com

Jika kalian berada diluar Pulau Sulawesi tentu nya masih asing dengan ‘Sirup Pisang Ambon’, dan pasti nya belum pernah cobain Sirup Pisang Ambon. Jika selama ini kalian hanya pernah cobain sirup melon, strawberry, jeruk, mawar, coco pandan, dan anggur. Maka jangan lewat kan untuk mencicipi Sirup Pisang Ambon. Nah sirup khas Kota Makassar ini memang sangat unik dan menarik wisatawan untuk mencobanya. Sebenar nya Sirup Pisang Ambon terdiri dari Gula, air, dan perasa pisang ambon serta pewarna merah yang memberi kan kesan segar pada 1 gelas Sirup Pisang Ambon. Memang untuk menemu kan Sirup Pisang Ambon ini cupu susah, jadi jika kalian ingin mencoba Sirup Pisang Ambon kalian bisa mencari nya saat bulan puasa di Kota Makassar karena Sirup Pisang Ambon menjadi salah satu menu buka puasa yang wajib di nikmati untuk meredakan dahaga.
Sirup Pisang Ambon ini juga menjadi oleh-oleh khas Makassar loh, dan Sirup Pisang Ambon biasa nya di masukan kebotol kaca 600 ml. Jadi saat kalian berada di Kota Makassar jangan lewat kan untuk membeli Sirup Pisang Ambon yang hanya bisa kalian temukan di Makassar.

4. Sirup Markisa

Sirup Markisa
markisaku.com

Buah Markisa memang sangat banyak ditemukan di Sulawesi Selatan terutama di kawasana Tona Toraja, Gowa, Enrekang, dan Buah Markisa ini bisanya akan diolah masyarakat setempat menjadi Sirup yang di Pasteurisasi ( Diawetakan dengan cara tradsional) tentunya lebih lebih sehat dari pada pengawet yang ada dikemasan. Sirup Markisa memang sangat terkenal di Indonesia dengan rasanya yang segar, dan dipercaya untuk menghilangkan panas dalam. Sirup Markisa ini juga menjadi salah satu oleh-oleh yang selalu diburu wisatawan saat berada di Sulawesi.

Selain ke Sulawesi kalain juga bisa kok menemukan Sirup Markisa di beberapa kota yang ada di Indonesia, karena Sirup Markisa ini sangat populer, dan menjadi minuman segar yang disukai orang Indonesia. Sirup Markisa ini cocok banget untuk kamu yang tidak suka dengan rasa sirup yang manis.

5. Sarabba

Sarabba
cookpad.com

Jika kamu berada di Pulau Jawa dan sudah pernah mencoba Ronde maka sekilas rasa dari Sarabba ini hampir sama dengan ronde yang terdiri dari jahe. Nah yang membuat Sarabba berbeda adalah jahenya dicampur dengan merica bubuk, gula jawa, kayu manis, rempah-rempah dan uniknya lagi Sarabba diberi santan serta kuning telur ayam kampung. Sarabba ini biasanya dinikmati saat udara dingin, dan dipercaya bisa menghangatkan tubuh kalian saat berada diudara dingin. Selain bisa menghangatkan tubuh Sarabba juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan flu dan masuk angin. Untuk menemukan Sarabba kalian bisa menemukannya di cafe atau kedai yang ada di Kota Makassar.

Tertarik mencobanya? langsung aja ke Kota Makassar, disini kalian bisa menemukan Sarabba yang memiliki rasa manis, rempah yang strong, serta jahe yang bikin badan kalian berkeringat, dan bisa menghangatkan tubuh kalian saat udara malam yang dingin di Makassar.

Nah itulah 5 minuman khas Sulawesi yang wajib banget kamu cobain saat berada di Sulawesi. Gimana diatara 5 minuman khas Sulawesi yang ada diatas kalian pengen cobain minuman khas Sulawesi yang mana, dan jika kalian sudah pernah cobain 5 minuman khas Sulawesi yang ada diatas. Nah kalian bisa jawab dikolom komentar yang ada dibawah ya, Semoga info ini bermanfaat untuk kalian yang lagi berlibur di Sulawesi, dan ingin mencoba minuman khas Sulawesi. Selamat Mencoba!



Leave a Reply