7 Minuman Khas Nusa Tenggara Pelepas Dahaga Sejukkan Jiwa


sisil angelin  January 28, 2021  0 Comment

Jika membahas Indonesia memang tidak pernah ada habisnya dari wisata, kuliner, budaya, dan tradisi tentunya berbeda-beda daeri setiap daerah yang ada di Indonesia. kali ini GoTravelly bakal bahas 7 Minuman Khas Nusa Tenggara yang belum banyak diketahui masyarakat lokal, dan mancanegara. Minuman Khas Nusa Tenggara yang kita bahas dibawah ini memang unik, segar, kaya manfaat, dan pastinya wajib kalian coba saat berada di Nusa Tenggara. Dari pada penasaran langsung aja yuk simak artikel dibawah ini!

1. Brem

minuman brem
shopee.com

Minuman khas Nusa Tenggara yang pertama kita bahas ini adalah Brem, dan minuman yang satu ini sering disajikan saat ada acara adat orang nusa tenggara. memang tampilan dari Brem ini mirip sekali dengan alkohol, Ternyata Brem ini bukan minuman beralkohol loh guys! Brem ini terdiri dari ketan yang di Fermentasi kan sehingga memberikan rasa yang segar, namun Brem juga ada yang mengandung alkohol, karena saat frementasinya itu cukup lama jadi ketan itu akan menimbulkan alkohol.
Untuk menemukan Brem ini sangat mudah, dan Brem biasanya dijual dipinggir jalan. beberapa rumah makan juga menyedakan Brem. Untuk kalian yang gak suka alkohol, bisa memesan Brem yang tidak mengandung alkohol ya! Selamat mencoba!

Review kuliner

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

Sembalun Surga Tersembunyi Di Pulau Lombok

2. Serbat Jahe

serbat jahe
bukalapak.com

Serbat Jahe ini adalah minuman dari Lombok, dan Serbat Jahe memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat Serbat Jahe yaitu mengurangi peradangan, memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan berat badan, mengilangkn mual, dan menghangatkan tubuh saat udara dingin. Serbat Jahe ini sebenarnya terdiri dari beberapa bahan alami yaitu jahe yang dijadikan bubuk, dan gula merah giling yang akan dicampur menjadi 1. sehingga menciptakan rasa manis, hangat, dan segar saat kita meminumnya. Untuk menemukan Serbat Jahe ini sangat mudah loh guys! kalian bisa membelinya ditoko oleh-oleh ataupun mini market yang ada di Nusa Tenggara.

Baca juga :  Keunikan Rasa 5 Minuman Khas Maluku Bikin Lidah Bergetar

3. Es Sarang Burung

es sarang burung
sajiansedap.grid.id

Tampilan dari Es Sarang Burung memang sangat menggoda, dan menyegarkan. Es Sarang Burung yng terdiri dari agar-agar yang diserut sehingga sekilas mirip dengan sarang burung, akan dicampur dengan buah leci, sirup, biji selasih, es batu, dan air ini memang sangat menyegarkan dinikmati saat udara panas di siang hari. Nah untuk menemukan Es Sarang Burung sangat mudah kalian bisa membelinya di Rumah makan, restoran, atau pedagang kaki lima. Karena minuman khas yang satu ini memang menjadi minuman kesukaan orang Nusa Tenggara. Jadi saat kalian berlibur ke Nusa Tenggara pastiin cobain Es Sarang Burung yang segar!

4. Tuak Manis

tuak manis
geosiar.com

Untuk kalian yang sudah pernah mencoba Brem dan saat mencoba Tuak Manis pasti kalian akan menyebut ‘Rasanya sama ya!’. Padahal Tuak Manis ini memliki bahan dasar yang berbeda dengan Brem yang menggunakan ketan, Sedangkan Tuak Manis mengguakan Aren yang menggeluarkan air berwarna putih memiliki tekstur yang kental, dan akan disajikan menjadi minuman yang menyegarkan. Namun ada juga yang memfermentasikan Tuak Manis loh, Hal ini agar mengeluarkan alkohol pada Tuak Manis. Namun Untuk kalian yang ingin Tuak Manis yang tidak mengandung alkohol bisa langsung memesannya ya. Untuk menemukan Tuak Manis sangat mudah, karena dipinggir jalan Tuak Manis ini sangat menjamur, dan minuman khas Nusa Tenggara ini memang sangat disukai orang Nusa Tenggara.

5. Es Tape

es tape ntt
jejakpiknik.com

Es Tape atau Populer dengan sebutan Es Poteng ini memang menjadi minuman tradisional khas Nusa Tenggara yang paling disukai masyarakat Nusa Tenggara, dan Es Tape ini juga menjadi buruan traveler lokal saat berada di Nusa Tenggara loh! Karena tampilan Es Tape ini sangat menggoda, cantik, dan terlihat sangat segar! Nah 1 gelas Es Tape ini terdiri dari Es serut, susu kental manis, tape, gula, air, dan potongan roti yang menambah kelezatan secangkir Es Tape.
Untuk kalian yang ingin mencoba Es Tape ini bisa menemukannya dipedagang kaki lima yang ada dipinggir jalan, dan beberapa rumah makan juga menjual Es Tape loh. Untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi! minuman khas Nusa Tenggara yang satu ini memang memiliki rasa manis, segar, dan sangat nikmat jika diminum saat udara yang panas di Nusa Tenggara.

Baca juga :  Racikan 7 Teh khas Indonesia Memiliki Aroma Dan Rasa Berbeda

6. Burung Reket Bereng

burung reket bereng
dapursasak.com

Burung Reket Bereng adalah bubur ketan hitam yang menjadi minuman terkenal dibeberapa daerah di Indonesia. Burung Reket Bereng ini terdiri dari ketan hitam, gula merah cair, es batu, susu kental manis, dan guyuran santan yang menambah kelezatan semangkuk Burung Reket Bereng. Untuk menemukan Burung Reket Bereng cukup mudah, kalian bisa membelinya dipenjual pinggir jalan, dan beberapa rumah makan di Nusa Tenggara juga menyediakan menu minuman Burung Reket Bereng loh. Nah dai pada penasaran langsung saja yuk cobain Burung Reket Bereng. Dijamin nagih! karena rasanya itu manis, gurih, dan segar. Sangat nikmat diminum saat udara panas di Nusa Tenggara.

7. Kopi Sumba

kopi sumba
kopitubruuk.blogspot.com

Minuman khas Nusa Tenggara yang terakhir ini adalah Kopi Sumba. Jika kamu pencita kopi tentunya sudah tidak asing dengan jenis Kopi Sumba, Yups kopi yang satu ini masuk kedaftar kopi terenak di Indonesia loh, dan Kopi Sumba ini diolah dengan cara tradisional yaitu menggunakan lesung. Yang unik dari pengolahan Kopi Sumba adalah potongan jahe yang akan dimasak bersamaan dengan Kopi Sumba, sehingga menciptakan aroma yang sedap, dan Kopi Sumba memiliki rasa yang sedikit pahit serta asam. Untuk kalian yang suka dengan aroma, dan rasa kopi yang strong Kopi Sumba ini rekommended banget untuk kalian coba! Nah untuk menemukan Kopi Sumba cukup mudah kok guys! beberapa cafe di Nusa Tenggara menjual secangkir Kopi Sumba.

Itulah 7 Minuman Khas Nusa tenggara yang wajib kalian coba, dan pastinya bikin jelajah kuliner kalian di Nusa Tenggar kali ini berkesan, Nah menurut kalian 7 Minuman Khas Nusa tenggara yang ada diatas yang mana yang paling enak, dan yang mana yang ingin kalian coba saat berada di Nusa Tenggara? Kalian bisa jawab di kolom komentar yang ada dibawah ya! Semoga info ini bermanfaat untuk kamu yang lagi cari Minuman Khas Nusa tenggara. Selamat mencoba, dan dijamin setelah jelah kuliner di Nusa Tenggara diatas ini traveling kalian berkesan, menjadi liburan yang tak terlupakan!



Leave a Reply