Keunikan Rasa 5 Kuliner Khas Tabalong


Fida  February 2, 2022  0 Comment

Tabalong dikenal sebagai salah satu daerah yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Daerah yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata, tetapi juga berbagai kuliner lezat yang menarik untuk dicoba. Ada banyak pilihan kuliner khas Tabalong yang memiliki cita rasa lezat dan digemari oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.Saat berkesempatan datang ke Tabalong, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba salah satu dari beberapa rekomendasi kuliner khas Tabalong berikut ini.

1. Amparan Tatak

amparan tatak
tribunnewswiki.com

Saat berkunjung ke kawasan Tabalong, salah satu kuliner yang populer dan menarik untuk kamu coba adalah amparan tatak. Amparan tatak dikenal sebagai salah satu kuliner khas Tabalong yang tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal tetapi juga banyak diburu oleh para wisatawan.

Amparan tatak dikenal dengan bentuk serta tampilannya yang unik. Makanan yang satu ini didominasi oleh warna putih dengan tampilan yang berlapis. Di lapisan paling atas, kamu dapat mencoba lezatnya bagian berwarna putih yang memiliki tekstur lembut dan dibuat dari santan. Mirip dengan lapisan paling atas, di bagian paling bawah juga terdapat adonan berwarna putih yang dibuat dari campuran tepung beras, gula, dan juga pisang. Jika dilihat dari teksturnya, lapisan paling bawah memiliki tekstur yang lebih keras jika dibandingkan dengan bagian atas.

Amparan tatak biasa disajikan oleh masyarakat Tabalong sebagai makanan untuk menyambut tamu. Tetapi selain itu, masyarakat juga biasa menyajikan kuliner yang satu ini sebagai menu berbuka puasa. Amparan tatak dikenal cukup mengenyangkan dan cocok untuk dinikmati saat bersantai.

Saat berkunjung ke kawasan Tabalong, tidak ada salahnya jika kamu mencoba berburu dan menikmati lezatnya kuliner amparan tatak. Cita rasa dan kelezatan yang ditawarkan tentu akan membuat kamu ketagihan setelah mencobanya.

GoTravelly

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Carrot Coffee: Tawarkan Sensasi Nongkrong Dengan Pemandangan Gedung Pencakar Langit

2. Bingka Kacung

bingka kacung
bukalapak.com

Tidak kalah menarik dengan kuliner khas Tabalong sebelumnya, bingka kacung juga dikenal sangat khas dan populer yang bisa kamu coba. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memiliki tampilan yang tidak jauh dengan bingka pada umumnya. Tetapi jangan salah, bingka kacung memiliki cita rasa yang berbeda dengan bingka lainnya.

Bingka kacung dikenal sebagai salah satu kue tradisional yang disukai oleh masyarakat lokal Tabalong. Selain itu, banyak wisatawan yang datang dan penasaran untuk mencoba lezatnya kuliner yang satu ini. Penamaan bingka kacung berasal dari nama pembuatnya yakni Pak Kacung. Menarik sekali bukan?

Bingka kacung dibuat dengan menggunakan bahan utama kentang. Makanan yang satu ini dikenal memiliki keunikan tersendiri sehingga dijual dengan harga yang sedikit mahal jika dibandingkan dengan bingka pada umumnya. Hidangan yang satu ini diolah dengan cara dipanggang dan memiliki bentuk khas yakni dicetak berbentuk segi enam seperti kelopak bunga.

Bingka kacung juga menjadi salah satu kuliner khas Tabalong yang dapat dengan mudah dijumpai saat bulan Ramadan tiba. Selain bulan Ramadan, kamu tetap dapat menjumpai hidangan ini tetapi sedikit jumlahnya. Tidak hanya cita rasanya yang lezat dan khas, bingka kacung juga dikenal memiliki tekstur yang lembut dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

3. Gangan Paliat

gangan paliat
tribunnewswiki.com

Ada cukup banyak pilihan rekomendasi kuliner khas Tabalong yang sayang untuk tidak dicoba, salah satunya adalah gangan paliat. Sebutan dari makanan yang satu ini berasal dari daerah pembuatannya yakni di Desa Paliat.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan kuliner gangan paliat diantaranya ikan tauman, ikan gabus, atau udang. Sedangkan berbagai bumbu yang perlu disiapkan untuk membuat olahan makanan yang satu ini diantaranya santan, cabai merah, bawang merah, kunyit, jahe, kemiri, laos, serai, dan juga air perasan jeruk purut.

Saat mencoba hidangan ini, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa lezat serta aroma yang menggugah selera. Tidak hanya kuahnya yang khas, kamu juga dapat menikmati lembut dan gurihnya daging ikan atau udang. Selain cocok untuk dinikmati langsung, hidangan yang satu ini juga cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat.

Saat berkesempatan datang ke daerah Tabalong, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu lezatnya kuliner khas Tabalong yakni gangan paliat. Makanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai restoran atau tempat makan di Tabalong. Tetapi selain itu, bagi kamu yang hobi memasak, gangan paliat tentu dapat dinikmati dengan cara dibuat sendiri di rumah. Tertarik untuk membuatnya?

4. Kerupuk Ikan Tenggiri

kerupuk ikan tenggiri
merdeka.com

Salah satu dari banyaknya kuliner khas Tabalong yang bisa kamu coba adalah kerupuk ikan tenggiri. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan tenggiri. Daging ikan tenggiri juga dikenal dengan sebutan bontosan.

Cara membuat kerupuk ikan tenggiri adalah dengan cara menghaluskan daging ikan yang kemudian dicampur dengan tepung beras. Setelah tercampur, langkah selanjutnya adalah membentuk adonan seperti kapsul dan membungkusnya dengan daun pisang atau plastik. Setelah terbungkus rapi, adonan kemudian diolah dengan cara dikukus. Tidak berhenti sampai disitu, adonan yang telah dikukus kemudian diiris tipis dan dijemur di bawah terik matahari. Setelah kering, kerupuk ikan tenggiri siap digoreng hingga matang.

Salah satu kuliner khas Tabalong yang satu ini juga cocok untuk dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kamu dapat membeli kerupuk ikan tenggiri dalam keadaan mentah atau siap dikonsumsi. Kerupuk ikan tenggiri juga biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga tidak heran jika banyak diburu oleh wisatawan.

Tidak hanya dikenal menawarkan cita rasa lezat serta tekstur yang renyah, makanan yang satu ini juga memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat berkunjung ke Tabalong dan ingin mencoba salah satu kuliner yang ditawarkan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba lezatnya kerupuk ikan tenggiri.

5. Sayur Parung

Kuliner Khas Tabalong
traveling.bisnis.com

Rekomendasi kuliner khas Tabalong yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Sayur Parung. Pernahkah kamu mendengar sebutan kuliner yang satu ini sebelumnya? Sayur Parung merupakan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama cempedak. Sebelum diolah, cempedak terlebih dahulu harus melalui proses pemanggangan. Setelah dipanggang, cempedak kemudian dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam santan. Beberapa bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat Sayur Parung diantaranya bawang merah, garam, dan juga terasi.

Nah, itulah daftar 5 rekomendasi kuliner khas Tabalong yang dikenal menawarkan cita rasa lezat dan khas. Dari rekomendasi di atas, kuliner manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba?



Leave a Reply