5 Kuliner Enak di Pasar Klewer Favorit Warga Lokal


Fida  August 22, 2021  0 Comment

Kuliner Enak di Pasar Klewer dikenal menawarkan banyak kuliner favorit lokal setelah berbelanja. Seperti kita ketahui Solo menjadi salah satu daerah yang kerap didatangi oleh wisatawan karena menawarkan banyak tempat wisata, kuliner, serta budaya yang khas. Pasar Klewer menjadi salah satu pasar yang cukup populer di Solo. Anda dapat membeli berbagai kebutuhan hingga oleh-oleh khas Solo. Selain itu, beberapa kuliner enak di Pasar Klewer juga sayang untuk dilewatkan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar rekomendasi 5 kuliner enak di Pasar Klewer yang dikenal menawarkan cita rasa lezat dan bisa Anda coba.

1. Selat Solo

 Selat Solo
resepkoki.id

Salah satu kuliner enak di Pasar Klewer yang sayang untuk tidak Anda coba adalah Selat Solo. Selat Solo menjadi kuliner khas Solo yang cukup populer dan bisa Anda jumpai di berbagai daerah di Solo, salah satunya di kawasan Pasar Klewer. Banyak yang menyebut kuliner ini dengan sebutan bistik jawa. Selat solo merupakan kuliner yang terdiri dari berapa isian seperti rebusan wortel, mentimun, buncis, kentang goreng, dan ditambah dengan telur pindang serta irisan daging. Berapa bahan isian tersebut kemudian disiram dengan kuah semur.

Saat ingin mencoba kuliner ini di daerah Pasar Klewer, Anda dapat datang ke Depot Sasmito. Depot yang satu ini sudah cukup populer dan dikenal menawarkan selat Solo dengan cita rasa lezat. Meskipun termasuk salah satu tempat terkenal untuk mencoba lezatnya selat Solo, tetapi menu yang satu ini dijual dengan harga cukup terjangkau.

Tidak hanya lezat, selat Solo juga sangat menyehatkan karena terdiri dari beberapa sayuran serta protein dari daging. Tampilannya yang tampak segar serta aroma yang menggugah selera menjadikan siapapun tertarik untuk mencobanya. Salah satu kuliner enak di Pasar Klewer yang satu ini tentu sayang untuk tidak Anda coba saat berkunjung ke Solo.

Baca Juga

Serabi Solo Rahayu Di Gresik, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

Ayam Bakar Wong Solo: Ayam Bakar Legendaris Khas Jawa Tengah

2. Sate Buntel

Sate Buntel
kompas.com

Saat ingin mencoba salah satu kuliner enak di Pasar Klewer, sate buntel menjadi menu tempat yang bisa Anda pilih. Sate yang satu ini memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan sate pada umumnya. Sate buntel dibuat dengan menggunakan bahan utama daging kambing yang diolah dengan cara di cincang kemudian di buntel atau dibungkus dengan lemak kambing yang tipis. Setelah terbungkus rapi kemudian ditusuk menggunakan tusuk sate. Sebelum dinikmati, sate terlebih dahulu dibakar dan dibubuhi kecap manis.

Tidak hanya tampilannya yang unik, sate ini juga menawarkan cita rasa lezat sehingga banyak disukai oleh warga lokal maupun wisatawan. Anda akan dimanjakan dengan tekstur daging yang empuk saat mencobanya.

Saat berkunjung ke kawasan Pasar Klewer, ada beberapa kedai yang menawarkan menu sate yang satu ini. Biasanya sate buntel dijual dengan harga yang berkisar Rp 25.000,- hingga Rp 35.000,- per dua tusuk. Kalau Anda ingin mencoba sate buntel di tempat yang populer, Anda dapat datang ke sate kambing Bu Hj Bejo yang berlokasi di sekitar 1,5 km dari Pasar Klewer. Saat berkunjung ke Solo, kuliner yang satu ini tentu sangat menarik untuk Anda coba. Tidak sedikit wisatawan yang membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

3. Tengkleng

Tengkleng
food.detik.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner tengkleng yang menjadi salah satu kuliner enak di Pasar Klewer. Tengkleng Bu Edi menjadi salah satu tempat makan yang cukup populer di kawasan Pasar Klewer. Warung tengkleng yang satu ini juga menjadi langganan Presiden Joko Widodo.

Tengkleng Bu Edi menawarkan citarasa lezat dengan tekstur daging yang empuk dan lembut. Anda dapat merasakan langsung sensasi daging yang lepas dari tulang belulangnya. Hidangan yang satu ini dapat dinikmati langsung maupun ditambah dengan nasi hangat. Tengkleng Bu Edi menawarkan kuah yang enak dan sedap. Rempah yang digunakan juga sangat khas dan berbeda dengan olahan kuliner lainnya. Untuk mencoba lezatnya tengkleng di warung ini, pengunjung harus rela mengantri panjang.

Harga tengkleng yang ditawarkan mulai dari Rp 25.000,- untuk porsi kecil dan Rp 50.000,- untuk porsi besar. Kuliner ini juga sangat cocok dicoba bagi Anda pecinta pedas. Tampilannya yang sangat menggugah selera menjadikan kuliner yang satu ini sangat sayang untuk tidak dicoba saat berkunjung ke Solo.

4. Brambang Asem

Brambang Asem
jateng.tribunnews.com

Salah satu kuliner enak di Pasar Klewer yang bisa Anda coba adalah brambang asem. Beberapa dari anda mungkin masih asing dengan sebutan kuliner yang satu ini. Di beberapa daerah lainnya, kuliner brambang asem tentu sulit dijumpai karena termasuk kuliner langka. Namun Anda dapat membeli brambang asem di kawasan Pasar Klewer tepatnya di brambang asem Bu Suparni. Penjual brambang asem yang satu ini termasuk legend karena sudah berjualan lebih dari 40 tahun di Pasar Klewer. Jika dilihat sekilas, tampilan penyajian brambang asem memang mirip dengan pecel yakni ditempatkan dengan wadah pincuk yang terbuat dari daun pisang.

Kuliner yang satu ini memiliki banyak isian diantaranya rebusan kecambah, daun ubi jalar, mie goreng, dan juga tempe gembus. Bagi Anda yang tidak tahu tempe gembus, tempe gembus merupakan ampas tahu yang memiliki rasa seperti campuran tahu dan oncom. Semua bahan tersebut ditaruh diatas pincuk dan disiram dengan kuah sebelum disajikan. Kuah brambangasem memiliki cita rasa pedas dan asam.

Kuliner yang satu ini cukup populer dan disukai oleh warga lokal hingga wisatawan yang datang ke Solo. Meskipun termasuk kuliner khas, satu porsi brambangasem hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 5.000,- saja. Cukup terjangkau bukan? Kuliner enak di Pasar Klewer yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba saat datang ke Solo.

5. Pecel Gendar

Pecel Gendar
shopee.co.id

Ada cukup banyak pilihan kuliner enak di Pasar Klewer yang bisa Anda coba, salah satunya adalah pecel gendar. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan pecel pada umumnya. Yang membedakan pecel gendar dengan pecel pada umumnya adalah adanya tambahan isian yakni gendar.

Gendar dapat diolah menjadi kerupuk dengan cara memotong tipis-tipis dan menggorengnya. Tetapi pada kuliner pecel gendar, gendar diolah dengan cara dikukus dan dipotong tebal. Kuliner pecel gendar dikenal nikmat karena perpaduan gendar dan bumbu pecel yang menghasilkan cita rasa lezat. Tekstur gendar yang dikenal kenyal tentu sangat unik jika dinikmati bersama dengan bumbu pecel.

Gendar dipilih sebagai pengganti nasi pada kuliner yang satu ini. Meskipun memiliki cita rasa lezat, anda dapat mencoba Kuliner enak di Pasar Klewer yang satu ini dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- saja per porsi. Kuliner legendaris khas Solo yang satu ini sayang untuk dilewatkan saat datang ke daerah Pasar Klewer.



Leave a Reply