20 Wisata Terkenal di El Salvador Tawarkan Pesona Amerika Tengah


prita  January 15, 2022  0 Comment

El Salvador adalah sebuah Negara yang berada di Amerika Tengah. El Salvador memang sebuah Negara kecil, namun wisata di El Salvador tak perlu diragukan lagi keindahannya. Negara ini dianugerahi dengan beberapa taman nasional yang indah serta hamparan pantai yang menawan. Nah, bila kamu tertarik untuk berwisata ke El Salvador, berikut ini adalah daftar wisata El Salvador yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. San Salvador

San Salvador
tripatini.com

Wisata di El Salvador yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah San Salvador. San Salvador merupakan kota terbesar di El Salvador yang juga menjadi ibukota Negara tersebut.

San Salvador tak hanya menjadi segala pusat pemerintahan dan ekonomi Negara tersebut, kota ini juga menawarkan deretan tempat wisata yang menarik perhatian banyak wisatawan. Seperti Istana Nasional, Plaza Civica, Katedral San Salvador dan berbagai bangunan indah lainnya.

Gotravelly

Berkunjung Ke Museum Angkut Batu, Museum Trasnportasi Pertama Di Asia Tenggara!

Nikmatnya Ragam Menu Aci Di Baso Aci Akang Waru, Bikin Nagih!

2. Santa Ana

Santa Ana
pixabay.com

Santa Ana merupakan sebuah kota terbesar kedua di El Salvador yang jaraknya berkisar 65 Kilometer dari San Salvador. Kota ini terkenal tak kalah indah dibandingkan dengan San Salvador karena dipenuhi dengan banyak bangunan, jalanan dan deretan pepohonan yang membuatnya semakin indah.

Disini kamu juga bisa menjelajah banyak sekali bangunan indah seperti Catedral de Santa Ana, Teatro de Santa Ana dan Balai Kota yang indah. Tak hanya itu, kota ini juga memiliki alun-alun megah di Parque Libertad. Tak heran jika Santa Ana juga menjadi salah satu tempat wisata di El Salvador yang menarik untuk dikunjungi.

3. Ruta de las Flores

Ruta de las Flores
lustforlifeandadventure.com

Kalau kamu suka menjelajah desa-desa tua dengan pemandangan yang indah, maka kamu wajib untuk mampir ke Ruta de las Flores. Ruta de las Flores ini merupakan salah satu tempat terbaik di El Salvador yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Diberi nama Ruta de las Flores karena sesuai dengan objek penghiasnya yaitu bunga berwarna-warni di sisi jalan. Bunga-bunga tersebut hanya akan mekar pada bulan Oktober dan Februari yang mana kemunculannya akan menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara. Di desa ini kamu tak hanya akan melewati pedesaan yang indah dengan jalan-jalan yang terbuat dari batu-batu bulat serta bangunan berwarna pastel, disini kamu juga bisa berkunjung ke pasar yang menjual makanan dan berbagai kerajinan tangan khas.

4. Suchitoto

Suchitoto
intrepidtravel.com

Wisata di El Salvador yang tak boleh di lewatkan selanjutnya adalah Suchitoto. Suchitoto ini berlokasi sekitar 50 kilometer di sebelah timur laut Kota San Salvador.

Kota indah ini dipenuhi dengan bangunan-bangunan colonial Spanyol dan setiap tahunnya diadakan berbagai macam festival seni dan makanan disini. Menariknya lagi, Suchitoto ini berada dalam zona migrasi burung sehingga jika kamu beruntung kamu bisa menyaksikan secara langsung 200 spesies burung yang mengunjungi kota ini.

5. Playa El Tunco

Playa el Tunco
moxon.net

Kalau kamu suka berwisata di pantai, maka Playa El Tunco menjadi destinasi wisata di El Savador selanjutnya yang wajib untuk kamu kunjungi. Playa El Tunco ini merupakan wisata favorit para backpacker dan peselancar, maka tak heran jika pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai ini memiliki pemandangan yang cantik dengan ombak yang besar sehingga sangat cocok untuk berselancar. Disini kamu bebas berselancar atau bermain air. Namun, jika kamu tak ingin bermain air, kamu bisa bersantai di tepi pantai atau berjalan-jalan menyusuri gua pantai saat air laut sedang surut. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk melihat indahnya panorama matahari terbenam di pantai ini karena sangat indah.

6. Playa El Esteron

Playa El Esteron
flickr.com

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke pantai yang tidak terlalu ramai dengan wisatawan, kamu bisa berkunjung ke Playa El Esteron. Wisata di El Salvador yang satu ini memang menawarkan pemandangan yang menawan dengan sedikit kerumunan sehingga suasananya sangat tenang.

Pasir membentang luas di pantai ini dengan ombak yang lembut sehingga menjadikan pantai ini memiliki keindahannya tersendiri. Tak hanya menawarkan keindahan pantai dan ombak yang tenang, Playa El Esteron ini juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Kamu bisa bersantai di tepi pantainya sambil menikmati minuman dingin atau menyewa hammock sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

7. Barra de Santiago

Barra de Santiago
flickr.com

Destinasi wisata menarik di El Salvador selanjutnya adalah Barra de Santiago. Barra de Santiago merupakan sebuah pantai dengan pasir putih yang luas.

Bisa dibilang pantai ini memiliki akses yang agak sedikit sulit namun itu akan menjadikan sebuah petualangan tersendiri. Pantai ini juga tidak memiliki penginapan atau tempat makan untuk kamu beristirahat, untuk itu kamu harus membawa perbekalan sendiri.

Di pantai ini kamu tak hanya bisa menikmati indahnya laut dengan gulungan ombaknya yang indah, namun kamu juga bisa berkunjung ke tempat penangkaran kura-kura dan merasakan pengalaman melepaskan kura-kura ke laut.

8. Ilopango Lake

Ilopango Lake
elsalvadorperspectives.com

Tak hanya pantai, El Salvador ternyata juga memiliki danau yang tak kalah indah, salah satunya adalah Ilopango Lake. Ilopango Lake ini memang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena sangat indah.

Danau Ilopango ini memiliki luas hingga 72 kilometer persegi dan berada di ketinggian mencapai 1.450 kaki. Danau yang memiliki kedalaman lebih dari 240 meter ini memiliki air yang sebening kaca serta pemandangan yang indah di sekitarnya. Tak heran jika danau ini menjadi salah satu destinasi wisata di El Salvador yang banyak dikunjungi. Penduduk setempat memanfaatkan danau ini untuk mencari ikan, namun wisatawan juga diperbolehkan untuk memancing atau berenang disini.

9. Coatepeque Lake

Coatepeque Lake
visitcentroamerica.com

Tempat wisata di El Salvador yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Coatepeque Lake. Danau cantik ini menempati urutan kedua sebagai danau terbesar di El Salvador dengan kedalaman mencapai 120 meter.

Danau indah ini memiliki air yang berwarna biru jernih dengan pemandangan di sekitar yang sangat asri berlatarkan lereng gunung terjal. Disini pengunjung bisa menjelajah indahnya danau menggunakan kayak atau perahu. Kamu pun bisa bermalam di danau ini karena banyak ditemukan penginapan dengan pemandangan yang langsung mengarah ke danau.

10. Suchitlan Lake

Suchitlan Lake
visitcentroamerica.com

Danau yang wajib untuk kamu kunjungi saat berada di El Salvador selanjutnya adalah Suchitlan Lake. Danau Suchitlan ini merupakan danau terbesar di El Salvador yang merupakan danau buatan manusia.

Danau ini dibuat setelah pembangunan Bendungan Cerron Grande di tahun 1976 dan sejak saat itu danau ini menjadi salah satu destinasi wisata di El Salvador yang cukup populer. Disini kamu bisa melintasi danau dengan menggunakan perahu. Tak hanya memiliki pemandangan yang indah, berkeliling di danau ini juga memungkinkan kamu untuk melihat satwa liar di sekitarnya seperti iguana, monyet dan kukang. Tak hanya itu, kawasan danau ini juga menjadi tempat terbaik untuk mengamati burung.

11. Laguna de Alegria

Laguna de Alegria
7s.laprensagrafica.com

Laguna de Alegria juga menjadi salah satu tempat wisata di El Salvador yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Berlokasi di Pegunungan Cerro Verde, Laguna de Alegria ini merupakan sebuah danau yang cantik yang dikelilingi oleh hutan dan lembah yang indah.

Danau kawah ini memiliki air berwarna hijau zamrud yang indah dan bisa membuat wisatawan betah berlama-lama disana. Danau in sangat mudah dijangkau melalui jalan darat dari desa terdekat, yaitu Alegria. Nama Alegria sendiri memiliki arti Happiness atau kebahagiaan.

12. Cerro Verde National Park

Cerro Verde National Park
peakvisor.com

Wisata di El Salvador yang patut untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Cerro Verde National Park. Taman nasional ini berada di Santa Ana dan sangat cocok bagi kamu yang pecinta gunung dan hobi mendaki.

Taman Nasional Cerro Verde ini memiliki tiga gunung berapi yang cukup menantang untuk ditaklukan, yaitu Gunung Izalco, Gunung Cerro Verde dan Santa Ana. Tak hanya itu, taman nasional ini juga menjadi salah satu taman nasional paling luas di El Salvador dengan anekaragam flora dan fauna. Bahkan, disini juga terdapat beberapa spesies burung-burung langka dan spesies ular yang tidak berbisa yang jarang ditemukan di Negara lain.

13. El Boqueron National Park

El Boqueron National Park
en.wikipedia.org

El Boqueron National Park merupakan salah satu wisata alam di El Salvador yang berlokasi di Calle al Parque Nacional El Boqueron, San Salvador. Menariknya, taman nasional ini berada di atas Gunung San Salvador yang ketinggiannya mencapai 5.905 kaki. Daya tariknya adalah terdapat kawah berdiameter lima kilometer ditambah lagi ada sebuah kawah kecil yang dijuluki Boqueroncito dan pemandangannya tak kalah indah. Untuk menjelajah Taman Nasional El Boqueron ini kamu harus mempersiapkan tenaga yang ekstra.

14. Montecristo National Park

Montecristo National Park
flickr.com

Destinasi wisata di El Salvador berikutnya juga tak kalah indah dan menawan, yaitu Montecristo National Park. Taman nasional ini terkenal memiliki pemandangan yang indah dan memiliki puncak tertinggi bernama El Trifino dengan ketinggian mencapai 2.418 meter di atas permukaan laut.

Taman Nasional Montecristo ini dipenuhi dengan Pohon Ek dan Pohon Laurel yang tingginya mencapai 30 meter. Tak hanya itu, disini juga terdapat lembah, jamur dan lumur yang menutupi hampir seluruh wilayah taman. Wisatawan yang ingin menjelajah taman nasional ini disarankan menggunakan pemandu agar tidak tersesat.

Disini kamu tak hanya bisa menikmati indahnya tanaman liar, namun kamu juga bisa melihat langsung beberapa satwa liar yang hidup di kawasan taman nasional ini, seperti trenggiling, puma, laba-laba, monyet, tupai, landak, rusa berekor putih hingga 300 spesies burung termasuk di dalamnya ada toucan hijau dan burung puyuh.

15. Parque National El Imposible

Parque National El Imposible
pinterest.com

Parque National El Imposible merupakan salah satu destinasi wisata di El Salvador yang wajib untuk dikunjungi. Salah satu taman nasional terbesar di El Salvador ini kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata bagi keluarga juga bagi kamu yang menyukai petualangan. Disini kamu bisa berkemah karena ada fasilitas menginap gratis yang telah disediakan bagi wisatawan. Dengan berkemah disini, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan satwa liar yang hidup di sekitar taman nasional ini. Terlebih, disini juga telah disediakan beberapa jalur hiking yang akan membawamu melewati titik pandang ngarai, air terjun, lubang berenang dan dan batu suku Maya.

16. Mount Izalco

Mount Izalco
pinterest.com

Mount Izalco atau Gunung Izalco ini masuk dalam daftar destinasi wisata di Elsalvador yang keindahannya tak perlu diragukan lagi. Gunung ini mendapat julukan sebagai Mercusuar Pasifik karena terus meletus sejak tahun 1770 hingga tahun 1958. Bahkan pada tahun 1966 juga mengalami letusan.

Gunung Izalco ini berlokasi di sebelah barat Negara El Salvador yang berada di sisi selatan gunung berapi Santa Ana. Gunung setinggi 1.950 meter di atas permukaan laut ini memiliki tanah yang subur, tak heran jika di sekitar gunung akan digunakan untuk menanam berbagai hasil perkebunan, seperti kakao, tebu dan kopi. Seperti kawasan pegunungan lainnya, di gunung ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan alamnya yang alami, udara yang sejuk dan berbagai hewan serta tumbuhan langka.

17. Puerta del Diablo

Puerta del Diablo
eltelegrafo.com.ec

Wisata di El Salvador yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Puerta del Diablo atau yang juga dikenal sebagai Devil’s Door. Puerta del Diablo ini merupakan sebuah formasi batuan yang terdiri dari dua batuan besar dan tinggi yang membentuk jendela di atas kota El Salvador yang indah.

Dari sini kamu bisa melihat indahnya pemandangan kota adat Panchimalco tepat di bawah, Danau Ilopango di sisi kiri dan Gunung Berapi San Vicente yang berada di depan. Jika kamu gemar panjat tebing, disini terdapat 60 rute panjat tebing dengan lapisan ritsleting, rappelling dan caving yang tak kalah seru.

18. Tazumal

Tazumal
visitcentroamerica.com

Tazumal merupakan sekelompok piramida langka yang tidak biasa dan konon didirikan sekitar ribuan tahun lalu. Piramida tertinggi di kawasan ini mencapai 23 meter dan menjadi salah satu tempat wisata menarik di El Salvador.

Kamu juga bisa berkunjung ke Museum Stanley H Boggs yang menampilkan artefak selama proses penggalian. Dengan berkunjung ke museum ini, kau akan tahu sekilas tentang masa lalu Tazumal. Bahkan, beberapa artefak bisa kamu temukan disini. Seperti patung, tembikar dan pembakar dupa. Salah satu barang yang paling terkenal di museum ini adalah patung Batu Kemenangan. Artefak ini membuktikan tentang hubungan El Salvador zaman sekarang dan kota yang sekarang dikenal sebagai Veracruz.

19. Joya de Ceren

Wisata El Salvador
gomundomaya.com

Joya de Ceren merupakan sebuah desa Maya yang sampai saat ini masih terpelihara dengan baik. Desa ini buru-buru ditinggalkan oleh penduduknya pada tahun 540 Masehi karena mereka melarikan diri dari letusan Laguna de Caldera.

Joya de Caren menawarkan warisan budaya yang kaya serta memiliki landmark yang menakjubkan. Tak hanya menjadi tempat wisata indah di El Salvador, Joya de Ceren ini juga menjadi satu-satunya Situs Warisan Dunia UNESCO yang berada di El Salvador.

20. La Palma

Wisata Terkenal di El Salvador
visitcentroamerica.com

Wisata di El Salvador yang terakhir adalah La Palma. Perjalanan kamu ke El Salvador tentunya belum lengkap jika belum berkunjung ke La Palma ini.

La Palma merupakan sebuah kawasan pedesaan kuno yang berada di gunung. La Palma ini berada di departemen Chalatenango yang tak hanya menawarkan pemandangan alam indah, namun juga sisi artistic yang menawan. Kota ini memang dikenal sebagai kota dimana seniman terkenal, Fernando Llort, mengajar. Kamu akan melihat banyak sekali graffiti dan mural yang menarik di dinding kota dan menjadikannya sebagai spot berfoto yang instagramable. Disini kamu juga akan menemukan banyak galeri seni dimana kamu bisa berkunjung dan melihat koleksi seni yang indah.



Leave a Reply