20 Tempat Wisata di Laos Mulai Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam


prita  November 24, 2021  0 Comment

Tempat wisata di Laos yang patut untuk kamu kunjungi saat pandemi berakhir. Laos adalah salah satu negara yang berada di Asia Tenggara yang menarik untuk dikunjungi. Laos merupakan sebuah negara yang memiliki deretan wisata budaya, sejarah, religi dan alam yang pasti mampu membuatmu terpana saat berkunjung kesana.

Sayangnya, masih banyak wisatawan yang belum tahu keindahan wisata di Laos sehingga tidak banyak wisatawan yang memilih untuk berlibur kesana. Padahal, Laos memiliki banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Laos juga memiliki iklim tropis yang hangat sehingga bisa dikunjungi sepanjang tahun. Nah, kamu yang ingin berlibur ke Laos, berikut ini adalah daftar destinasi wisatanya yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Patuxai

Patuxai
en.wikipedia.org

Tempat wisata di Laos yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Patuxai. Patuxai ini merupakan landmark dari kota Vientiane, ibu kota dari Laos yang memiliki tampilan mirip dengan Arc de Triomphe di kota Paris.

Gerbang ini merupakan simbol perjuangan rakyat Laos setelah terbebas dari belenggu penjajahan Perancis selama lebih dari satu abad. Gerbang ini memiliki gaya perpaduan dari unsur Eropa dan Laos. Landmark ini pertama kali dibangun pada tahun 1962 dan sampai saat ini belum rampung karena kondisi ekonomi Laos yang belum stabil. Meskipun begitu, Patuxai tetap menjadi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke Laos.

Gotravelly

Mojosemi Forest Park

Nyobain Pentol Patas Viral Di Jombang, Cabangnya Dimana Mana!

2. Wat Phou

Wat Phou
pinterest.com

Wat Phou juga masuk dalam daftar tempat wisata di Laos yang layak untuk kamu kunjungi. Wat Phou sendiri memiliki arti “Kuil Gunung” yang dibangun pada akhir abad ke-10 hingga awal abad ke-11.

Usia Wat Phou sendiri bahkan lebih tua dari Angkor Wat yang dibangun pada abad ke-12. Meskipun sekarang Wat Phou telah menjadi reruntuhan kuno, namun keindahannya yang magis tetap menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung sekaligus berwisata sejarah. Sampai saat ini, Wat Phou masih menjadi tempat pemujaan bagi umat Buddha dan didedikasikan untuk Siwa, yaitu salah satu Dewa Hindu Trimurti. Wat Phou ini berlokasi di Champasak dan kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

3. Wat Muang Kang Temple

Wat Muang Kang Temple
blog.pergi.com

Masih di kota Champasak, tempat wisata di Laos yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Wat Muang Kang Temple. Wat Muang Kang Temple merupakan kuil aktif tertua di kota ini dan juga menjadi kuil paling populer di Laos Selatan.

Saat pertama kali memasuki kuil ini, kamu akan disambut dengan Ubosot, sebuah aula penahbisan bergaya Thailand yang tinggi dengan atap dan cincin pilar berwarna merah. Menariknya, kuil ini memiliki gaya bangunan yang merupakan perpaduan dari Laos, Tiongkok, Vietnam dan Perancis. Berlokasi di tepi Sungai Mekong, Wat Muang Kang Temple ini semakin terlihat megah meskipun ada beberapa bagiannya yang rusak.

4. Wat Xieng Thong

Wat Xieng Thong
iloveasiatour.com

Wat Xieng Thong merupakan salah satu kuil terbesar di Luang Prabang. Kuil ini menjadi simbol yang sangat oenting bagi sejarah karena memiliki struktur bangunannya memiliki karakteristik Lao abad ke-16 dengan ukiran yang rumit namun indah.

Wat Xieng Thong dulunya pernah menjadi tempat penobatan raja-raja Laos, namun sekarang kuil ini menjadi tempat berkumpul untuk perayaan tahunan di Luang Prabang. Menariknya, sampai sekarang kuil ini masih dalam bentuk aslinya karena selalu dilakukan perbaikan pada atap daan penyepuhan daun emas.

5. Buddha Park

Buddha Park
medium.com

Tempat wisata di Laos yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Buddha Park atau Taman Buddha. Taman yang juga dikenal dengan nama Xieng Khuan ini merupakan sebuah taman patung terbuka dengan patung-patung Buddha raksasa dan Dewa Hindu.

Buddha Park ini berlokasi di sekitar 25 kilometer tenggara Vientiane dan didirikan pada tahun 1958. Disini pengunjung tidak hanya bisa menemukan patung Buddha, namun juga dewa-dewa, setan hingga binatang Mitologi dari kedua kepercayaan tersebut. Taman ini menjadi salah satu tempat favotit pecinta fotografi karena sangat instagramable.

6. Pha That Luang

Pha That Luang
nationsonline.org

Pha That Luang juga masuk dalam daftar tempat wisata di Laos yang patut untuk kamu kunjungi. Pha That Luang ini terkenal dengan stupa emasnya yang indah dengan arsitektur megah bergaya tradisional Laos.

Pha That Luang ini berdiri di ketinggian 44 meter dengan puncak yang dilapisi emas asli dengan deretan menara yang dicat mengelilingi stupa utamanya. Pha That Luang ini terdiri dari beberapa komplek kuil namun hanya sebagian kecil saja yang bisa dijelajahi wisatawan.

7. Mekong Riverside Park

Mekong Riverside Park
mapio.net

Berada di Vientiane, Mekong Riverside Park ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Laos yang wajib untuk kamu kunjungi. Taman ini berada di samping Sungai Mekong yang indah dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dan suasana malam yang romantis.

Kawasan taman ini sering digunakan untuk joging, bersepeda, senam, bermain skateboard atau hanya sekedar bersantai. Bahkan, disini kamu juga akan menemukan fasilitas bermain untuk anak-anak dan fasilitas alat olahraga, lho.

8. Royal Palace Museum

Royal Palace Museum
madmonkeyhostels.com

Tempat wisata di Laos berikutnya adalah Royal Palace Museum yang berada di Luang Prabang. Destinasi wisata yang satu ini tak hanya menarik bagi kamu yang menyukai wisata sejarah saja, namun juga sangat cocok untuk kamu yang suka fotografi.

Royal Palace Museum ini dulunya merupakan Istana Kerajaan Laos, namun sekarang telah menjadi museum. Istana ini memiliki gaya bangunan Perancis yang mewah dengan patung-patung Lao. Tempat ini menyimpan banyak sekali harta berharga negara, seperti jaggery yang menjulang tinggi ke langit. Tak hanya itu, museum ini juga dikelilingi oleh taman yang cantik dengan pohon-pohon kultivar yang langka dan danau yang jernih.

9. Bolaven Plateau

Bolaven Plateau
wanderwithus.net

Laos tak hanya tentang candi dan kuil yang bersejarah saja, lho. Disini kamu juga bisa berkunjung ke sebuah wisata alam yang cukup populer karena menawarkan pemandangan yang luar biasa, yaitu Bolaven Plateau.

Bolaven Plateau ini merupakan sebuah dataran tinggi yang berada di Laos Selatan. Kawasan ini dipenuhi dengan desa-desa suku, perkebunan kopi dan beberapa air terjun paling indah di Laos. Pemandangan alam di Bolaven Plateau ini memang sangat indah, ditambah lagi dengan keindahan budaya yang masih kental sehingga membuat kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata di Laos yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

10. Mekong River

Mekong River
travelprofessionalnews.com

Tak hanya bisa bersantai di taman yang berada di tepian Sungai Mekong saja, kamu juga bisa lho menjelajahi indahnya Sungai Mekong ini. Sungai Mekong ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Laos yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Sungai Mekong ini memang menjadi salah satu sungai yang cukup populer karena disebut sebagai salah satu sungai terpanjang di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, Sungai Mekong ini melintasi beberapa negara. Kamu bisa menyusuri sungai ini dengan perahu tradisional dan melintasi berbagai kawasan menarik seperti Huay Xai di perbatasan Thailand Utara hingga Kota Luang Prabang di Laos.

11. Kuang Si Waterfalls

Kuang Si Waterfall
bestpricetravel.com

Tempat wisata di Laos selanjutnya bisa kamu temukan di Luang Prabang, yaitu Kuang Si Waterfalls atau Ait Terjun Kuang Si. Air terjun ini memang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan karena memiliki air berwarna hijau turquoise yang jernih.

Air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang lebat dan berundak. Disini kamu bisa berenang di air yang jernih bagaikan kolam renang dan berfoto di atas jembatan yang ada di tengah air terjun ini.

12. Kuang Si Falls Butterfly Park

Kuang Si Butterfly Park
mekongmoments.com

Berada sekitar 300 meter sebelum pintu masuk Kuang Si Waterfall, kamu akan menemukan Kuang Si Butterfly Park yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Laos. Tempat ini adalah sebuah taman kupu-kupu yang menjadi habitat banyak kupu-kupu cantik.

Taman kupu-kupu ini dijadikan sebagai pusat penelitian yang mempelajari seputar kupu-kupu, yanaman inang hingga pelestarian karena masalah lingkungan di Laos. Taman ini terbuka untuk umum dan sering kali dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi karena banyak sekolah-sekolah di Laos yang mengadakan field trip di taman ini. Setelah berkunjung ke taman kupu-kupu, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Kuang Si. Namun, jika kamu tidak ingin melanjutkan perjalanan, kamu bisa berhenti sejenak di café kecil yang ada disana sambil menikmati secangkir kopi yang nikmat.

13. Tad Sae Waterfall

Tad Sae Waterfall
tiket.com

Tempat wisata di Laos berikut ini juga menawarkan keindahan yang bisa membuatmu terpesona, yaitu Tad Sae Waterfall. Air terjun ini berada sekitar 12 mil dari Luang Prabang dan menjadi salah satu wisata yang cukup jarang dikunjungi.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim hujankarena saat musim kemarau air terjun ini debitnya tidak terlalu besar. Istimewanya lagi, Air Terjun Tad Sae ini menawarkan suasana yang tenang karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Tak hanya itu, di kawasan air terjun ini kamu bisa bertemu dengan banyak gajah lho. Kamu pun bisa merasakan sensasi berbeda berenang dengan gajah di sekitar air terjun ini.

14. Elephant Village Sanctuary

Elephant Village Sanctuary
laostravel.com

Masih berada di kawasan Tad Sae Waterfall, kamu bisa mengunjungi sebuah tempat wisata di Laos yang menawarkan pengalaman seru, yaitu Elephant Village Sanctuary. Elephant Village Sanctuary ini merupakan sebuah fasilitas pendidikan yang didedikasikan untuk rehabilitasi dan perlindungan gajah Asia di Laos.

Untuk berkunjung kesini kamu bisa mengikuti tiga pilihan paket tur, yaitu tur setengah hari, tur sehari dan tur dua hari. Selama mengikuti tur, kamu akan mengikuti banyak sekali kegiatan menarik seperti memandikan gajah, memberi makan gajah, mengunjungi rumah sakit atau museum gajah, trekking ke hutan dan mengunjungi Air Terjun Tad Sae.

15. Nong Khiaw

Nong Khiaw
wanderersandwarriors.com

Nong Khiaw atau yang juga dikenal sebagai Phadeng Peak oleh penduduk setempat ini juga layak untuk masuk dalam daftar tempat wisata di Laos. Nong Khiaw ini merupakan sebuah desa kecil yang berada di pegunungan Laos dan menawarkan suasana yang tenang juga pemandangan yang indah.

Kamu bisa menuju ke viewpoint dengan melalui jalur pendakian yang indah, namun tidak terlalu berat. Disarankan untuk berkunjung saat musim kemarau ya, karena jika kamu berkunjung saat musim hujan maka jalanan menuju puncak akan berlumpur dan membutuhkan tenaga ekstra. Sesampainya di atas, pemandangan yang ditawarkan sangat indah karena kamu bisa melihat awan diatas desa yang hijau. Ditambah lagi dengan pegunungan yang mengelilingi puncak ini sehingga terlihat semakin indah.

16. Phu Chi Fa

Phu Chi Fa
thailandhilltribeholidays.com

Tempat wisata di Laos yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Phu Chi Fa. Phu Chi Fa ini berada di pegunungan sebelah timur Chiang Rai di distrik Thoeng.

Puncak Phu Chi Fa ini berada di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut sehingga menawarkan pemandangan yang sangat indah. Di atas puncak pun udara yang ditawarkan sangat sejuk dan sangat cocok untuk berkemah. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menikmati keindahan matahari terbit di balik pegunungan dan suasana yang sangat tenang serta jauh dari kebisingan kota.

17. Pou Khao Khouay National Park

Phou Khao Khouay National Park
vietnam-guide.com

Phou Khao Khouay National Park ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Laos yang menarik untuk dikunjungi. Taman nasional ini memang terkenal sangat luas dan menawarkan pemandangan yang indah.

Sayangnya, masih jarang wisatawan yang datang ke taman nasional ini karena lokasinya yang berada sekitar 40 kilometer dari pusat kota Vientiane. Phou Khao Khiouay ini memiliki arti Gunung Tanduk Kerbau dan menawarkan pemandangan alam yang menawan. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat ragam flora dan fauna-nya yang unik, air terjun, sungai dan hutan pinus yang sejuk.

18. Vang Vieng

Vang Vieng
thenorthernboy.com

Tempat wisata di Laos yang satu ini juga tak kalah populer dengan pemandangan alam yang indah, yaitu Vang Vieng. Vang Vieng ini menawarkan pemandangan tebing kapur dan sawah yang indah di kawasan Laos Utara.

Salah satu tempat yang paling populer di Vang Vieng ini adalah Tham Poukham yang memiliki laguna biru yang jernih dan sangat cocok untuk berenang. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjelajahi gua batu kapur di atas laguna yang mana di dalam gua tersebut terdapat patung emas Buddha dan ragam formasi batuan yang unik. Disini kamu juga bisa menjajal untuk menaiki balon udara untuk bisa menikmati keindahan Vang Vieng dari ketinggian.

19. The Plain of Jars

The Plain of Jars
remotelands.com

Berlibur ke Laos rasanya belum lengkap jika belum berkunjung ke Xieng Khuang. Kawasan ini memang dikenal sebagai daerah yang memiliki pemandangan alam yang masih alami dan salah satu tempat wisata di Laos juga bisa kamu temukan disini, yaitu The Plain of Jars.

Plain of Jars ini merupakan sebuah kawasan yang kaya akan budaya dan sejarah namun dianggap cukup misterius karena banyak membuat wisatawan maupun arkeolog penasaran. Disini kamu akan menemukan ribuan guci batu yang tersebar di lapangan dan konon ribuan guci ini telah ada sejak 1.500 hingga 2.000 tahun lalu.

20. Mount Phousi

Tempat Wisata di Laos
hotels.com

Tempat wisata di Laos yang terakhir adalah Mount Phousi. Mount Phousi ini berada di Luang Prabang dan menjadi salah satu wisata populer karena menyuguhkan pemandangan yang epik.

Untuk menikmati keindahan pemandangan tersebut, kamu harus menaiki 300 anak tangga menuju puncaknya. Tentunya semua rasa lelah akan terbayar lunas saat tiba di puncak karena kamu akan disuguhkan dengan pemandangan gugusan pegunungan yang indah, hutan yang hijau dan sungai berwarna biru yang jernih. Menariknya lagi, gunung ini dianggap suci oleh masyarakat setempat, untuk itu Gunung Phousi ini dilindungi oleh UNESCO dan kamu akan menemukan banyak kuil kecil yang tersebar di pegunungan ini.



Leave a Reply