Gemulai 10 Tarian Tradisional India yang Mendunia


Fida  September 2, 2020  0 Comment

India menjadi salah satu negara yang dikenal kaya akan budaya. Salah satu budaya khas India yang dikenal adalah tarian. Ada banyak sekali seni tari khas India yang akan memanjakan penonton. Saat datang ke India, Anda bisa menikmati salah satu tarian khas yang ada di sana. Tidak perlu bingung, berikut Tarian tradisional India yang sangat unik dan menarik untuk disaksikan

1. Kuchipudi

Kuchipudi
indoindians.com

Di India, ada salah satu tarian yang para anggotanya sekaligus menyanyi yang disebut dengan Kuchipudi. Tarian yang satu ini berasal dari India Tenggara tepatnya di Andhra Pradesh. Tarian yang satu ini banyak dilakukan di kawasan kuil saat acara persembahan. Kekompakan setiap anggota yang bernyanyi sekaligus menari membuat kagum siapapun yang melihatnya.

Tarian yang satu ini biasa dilakukan oleh banyak laki-laki dan sedikit perempuan sebagai anggotanya. Namun saat ini tidak jarang juga Kuchipudi dimainkan oleh banyak wanita. Saat persembahan dan tarian ini berlangsung, ada serangkaian kegiatan lain seperti pembakaran dupa, penaburan air suci, hingga doa.

wisata terdekat

Jaisalmer City Trip: Mengunjungi Patwon Ki Haveli Yang Unik Nan Menawan

India Gate, Landmark Kota New Delhi Yang Penuh Sejarah

2.  Kathak

kathak
culturalindia.net

Berbicara tentang tarian tradisional India, Tari Kathak menjadi salah satu tarian khas yang bisa Anda saksikan di sana. Tarian yang satu ini sudah sejak lama ada yakni pada masa dinasti Mughal abad ke-17. Anggota yang menarikan tarian ini merupakan sekelompok pria dan wanita.

Seperti tarian pada umumnya, tari kathak juga memiliki ciri khas yang membedakan dengan tarian lain. Tarian yang satu ini terfokus pada gerakan kaki. Gerakan kaki yang rumit dan cepat menjadi daya tarik pengunjung untuk menyaksikan Tari Kathak. Selain itu, tarian yang satu ini juga memiliki pakaian khusus serta lonceng yang dipasang pada pergelangan kaki. Banyak yang mengatakan bahwa Tari Katak memiliki makna percintaan.

3. Bharatanatyam

bharatanatyam
indulgexpress.com

Selain Tari Kathak, India juga memiliki tarian khas yang disebut dengan Bharatanatyam. Dulunya, tarian yang satu ini hanya dimainkan oleh 1 orang wanita dan hanya dimainkan di kawasan kuil. Namun setelah memasuki abad ke-20, Tarian Bharatanatyam dipertontonkan secara umum.

Tarian yang satu ini memiliki gerakan yang sangat memukau penonton. Setiap gerakan yang dilakukan baik kaki maupun tangan yang meliuk-liuk memiliki makna atau cerita tersendiri. Saat menyaksikan tarian yang satu ini, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya setiap gerakan yang dilakukan oleh penari.

4. Kathakali

kathakali
keralatourism.org

India bagian barat daya memiliki tarian khas yakni Kathakali. Tarian yang satu ini dikenal identik dengan agama atau kuil. Kathakali dilakukan oleh sekelompok anak laki-laki dan orang laki-laki dewasa. Meskipun ada peran perempuan dalam tarian ini, tetapi tetap dilakukan oleh laki-laki.

Kathakali sangat menarik dan saya untuk tidak disaksikan. Pasalnya, tarian yang satu ini memiliki kostum yang sangat unik dan menarik. Kerumitan kostum hingga tata rias wajah menjadikan tarian ini  semakin indah saat disaksikan.

5. Manipuri

Manipuri
ghungroodance.com

Salah satu tarian tradisional India yang cukup dikenal adalah Manipuri. Daerah asal tarian ini adalah Manipur, yakni India bagian timur laut. Gerakannya yang lembut dan anggun menjadi daya tarik tersendiri bagi yang menyaksikan tarian ini. Pada awalnya, Tari Manipuri disebut dengan jogai yang berarti gerakan melingkar.

Tarian ini dilakukan oleh pria dan wanita. Wanita yang melakukan tarian ini harus lembut dan luwes dalam memperagakannya, sedangkan penari pria harus kuat dalam melakukan berbagai gerakan. Saat menyaksikan tarian yang satu ini, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya gerakan para penari.

6. Odissi

odissi
india.georgetown.edu

Tarian tradisional India memang sangat beragam dan sayang untuk tidak disaksikan. Odissi merupakan salah satu tarian khas yang berasal dari India Timur. Tarian yang satu ini dikenal dengan pemainnya yang mayoritas wanita.

Berdasarkan temuan arkeolog, tarian yang satu ini termasuk tarian tertua di India yang masih ada dan dilestarikan hingga saat ini. Dikenal dengan tarian yang sangat ekspresif, para penari memainkan tarian ini dengan penuh semangat. Tarian Odissi digunakan sebagai tarian untuk memuja Dewa Krisna dan tidak jarang dilakukan di kuil. Setiap gerakan yang dilakukan oleh para penari menjadi simbol dan memiliki arti tertentu.

7. Mohini Attam

 Mohini Attam
culturalindia.net

Mohini Attam menjadi salah satu tarian tradisional India yang cukup dikenal. Tarian yang satu ini berasal dari Kerala. Para anggota penari melakukan setiap gerakan yang mengandung makna salah satunya menceritakan tentang rasa cinta dan dedikasi terhadap dewa dewi.

Kostum atau pakaian yang digunakan oleh penari Mohini Attam juga sangat bagus dan sederhana. Selain itu, wajah penari juga dirias dengan gaya sederhana dan klasik. Saat menyaksikan tarian yang satu ini, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai gaya dan gerakan yang khas. Salah satu tarian tradisional india yang sayang untuk Anda lewatkan.

8. Ghoomar

Ghoomar
vogue.in

Saat berbicara tentang tarian tradisional khas India, Anda tentu tidak asing dengan Tari Ghoomar. Tarian yang satu ini sudah sejak lama ada dan dilestarikan di India serta dikenal oleh masyarakat luas. Tarian asal India Selatan ini biasa dipentaskan di Rajasthan.

Para anggota penari akan mengenakan kostum khusus yakni Sari yang merupakan pakaian khas India. Sari digunakan dengan warna yang berbeda-beda setiap anggota penari. Adanya musik dengan tema riang yang mengiringi tarian juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton. Tidak jarang juga para penari mengajak beberapa wisatawan untuk ikut menari. Tarian yang satu ini biasa dilakukan saat upacara adat atau penyambutan.

9. Garba

Garba
britannica.com

Garba menjadi salah satu tarian tradisional khas India yang sangat dikenal baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan asing. Tarian ini berasal dari Gujarat. Setiap gerakan yang dilakukan oleh para penari memiliki makna dan tujuan khusus.

Para penari garba akan menggunakan pakaian atau kostum khusus saat menari. Pakaian yang digunakan sangat berwarna-warni dan memiliki lapisan yang cukup rumit. Namun, hal itu pula yang membuat tarian ini semakin menarik. Tidak lupa berbagai aksesoris digunakan di tangan hingga kepala penari. Saat menyaksikan tarian ini, pengunjung akan dimanjakan dengan kekompakan para penari.

10. Kachi Godhi

 Kachi Godhi
flickr.com

Satu lagi tarian khas Rajasthan yakni Kachi Ghodi. Tarian yang satu ini biasa dilakukan pada acara-acara tertentu seperti upacara pernikahan. Dalam upacara pernikahan, tarian yang satu ini memiliki tujuan untuk menghibur dan menyambut pengantin pria.

Anda akan disuguhkan oleh gerakan lincah para penari yang memperagakan berbagai gerakan salah satunya pertarungan pura-pura. Selain itu, penyanyi yang mengiringi tarian ini juga membawakan lagu dengan makna khusus. Saat ini, Kachi Godhi menjadi profesi untuk beberapa orang. Pengunjung akan dibuat kagum saat menyaksikan tarian ini.



Leave a Reply