8 Wisata Kuliner Balikpapan, Bikin Lidah Bergoyang!


Jehan  September 9, 2023  0 Comment

Wisata Kuliner Balikpapan – Saat kita berkunjung ke suatu daerah, tentu saja mencoba kulineran khas menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan begitu saja termasuk di Balikpapan.

Saat sobat GoTravelly datang ke kota perminyakan yang ada di Indonesia ini, tidak perlu heran jika berbagai macam jenis kulineran di sana banyak yang serupa dengan makanan khas Makassar.

Balikpapan merupakan kota pendatang yang memang banyak dihuni oleh suku Bugis dan Bone. Oleh karena itu, kuliner yang terdapat di sana pun didominasi dengan cita rasa dari dapur Nusantara Makassar.

Meski begitu, kota yang penuh dengan para pendatang tersebut memiliki selera rasa yang kaya yang sangat layak dicoba. Penasaran di mana saja tempat kuliner yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke sana? yuk, cari tahu di bawah ini!

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Balikpapan

1. RM Haur Gading

rm haur gading wisata kuliner balikpapan
instagram.com

Salah satu lokasi wisata kuliner di Balikpapan berikut ini akan menyambutmu dengan sajian hidangan laut yang menggoda. RM Haur Gading menjadi tempat favorit pecinta ikan laut. Lokasinya dekat dengan Pasar Inpress, jadi kamu bisa menyempatkan waktu untuk mengenal lokalitas lebih jauh sembari menikmati kulinerannya di sana.

RM Haur Gading menyediakan berbagai jenis hasil laut, seperti kerang, udang, cumi, berbagai jenis ikan, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa memesan hidangan laut tersebut untuk diolah menjadi sajian berbagai macam menu dengan resep yang lezat. Selamat mencoba!

Baca juga :  10 Kuliner Khas Indonesa dari Olahan Daging Kambing

Lokasi Restoran

Marga Sari, Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Utara 76123, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 09:00 – 17:00 WITA.

2. Pisang Gapit Kebun Sayur Nenek Bahari

pisang gapit makanan khas balikpapan
instagram.com

Saat kamu berkunjung ke Balikpapan, mungkin akan sedikit sulit menemukan makanan khas mereka karena memang kota tersebut ramai dengan pendatang. Namun, Pisang Gapit inilah yang menjadi kuliner khas milik Balikpapan.

Saat mendengar nama makanan yang satu ini, mungkin kamu pernah menemukannya sebagai salah satu menu makanan khas dari Sulawesi juga. Tapi ternyata sajian pisang Gapit juga dimiliki oleh Balikpapan.

Rasa dan proses pembuatannya pun berbeda. Balikpapan memiliki resep autentiknya sendiri yang tidak kalah enak. Pisang Gapit dari Balikpapan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki selera rasa legit.

Lokasi Restoran

Jalan Marga Sari, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 10:00 – 21:00 WITA.

3. Depot Miki

Wisata kuliner selanjutnya yang cocok kamu datangi saat ingin mencari makan di Balikpapan adalah Depot Miki. Rumah makan ini menjadi tempat favorit yang banyak dipilih orang saat ingin menikmati sarapan di pagi hari.

Suasana depot yang selalu ramai dengan para pelanggan menjadi salah satu bukti jika tempat makan ini menyajikan kuliner yang enak. Ada berbagai macam menu yang dapat kamu pilih saat ke Depot Miki. Menu-menu yang tersedia di sana adalah pilihan yang cocok untuk sarapan, seperti nasi kuning, bubur, nasi tim, nasi soto, dan masih banyak lagi lainnya.  

Lokasi Restoran

Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:30 – 16:00 WITA.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Cirebon Alam, Sejarah dan Religi

4. Kedai Kopi Mantaw Canton

kedai kopi mantaw canton
google.com

Jika datang ke Balikpapan, Kedai Kopi Mantaw Canton ini harus kamu masukkan ke dalam daftar wisata kuliner yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Kedai kecil nan sederhana ini menawarkan berbagai macam menu yang cocok dinikmati setiap saat.

Sesuai dengan nama tempatnya, menu favorit yang banyak dipesan saat pelanggan datang adalah kopi dan mantounya. Selain itu, ada juga menu lain, seperti dimsum, cakwe, bakpao, nasi kuning, bubur, dan masih banyak lainnya.

Lokasi Restoran

Jalan Jenderal Sudirman No. 101, Klandasan Ilir, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76113, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 07:00 – 15:00 WITA.

5. Gado Gado Madura

gado gado madura kuliner balikpapan
facebook.com

Gado gado di Balikpapan, tapi kok Madura? ternyata saat kamu datang ke Balikpapan, kamu juga akan bertemu dengan para pendatang dari Madura termasuk kulineran dari mereka juga. Menu yang satu ini akan berbeda dengan gado-gado yang akan kamu temukan saat berada di pulau Jawa.

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang mirip dengan rujak. Bumbu pasta yang digunakan untuk Gado Gado Madura dicampur dengan sedikit petis. Perpaduan segala macam bahan untuk menu kuliner ini menghasilkan rasa yang unik. Yakin, kamu tidak ingin mencoba Gado Gado Madura?

Lokasi Restoran

Jam Operasional

6. Restoran Dandito

restoran dandito
instagram.com

Rumah makan yang satu ini memiliki menu spesial kepiting yang terkenal dikalangan para pecinta hidangan laut. Jika sobat GoTravelly suka dengan olahan kepiting, maka Restoran Dandito harus masuk ke dalam daftar wisata kulineranmu saat ke Balikpapan.

Restoran Dandito memiliki kualitas ikan segar, sehingga akan sangat nikmat untuk menyantap berbagai macam menu yang ada di sana. Suasana rumah makan yang nyaman dan pelayanan yang baik akan memberimu pengalaman bersantap ria terbaik.

Baca juga :  10 Rekomendasi Rumah Makan di Palu Dengan Hidangan Istimewa

Lokasi Restoran

Jalan Marsma R Iswahyudi No. 70, Gn. Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 08:00 – 21:00 WITA.

7. Jhony Konro (Sop Konro BCA)

Salah satu tempat wisata kuliner di Balikpapan yang hidden gem tapi ramai dicari oleh para pecinta kuliner adalah Sop Konro BCA atau Jhony Konro. Lokasi rumah makan ini berada di sebelah gedung BCA dan masuk ke dalam gang kecil.

Menu yang tersedia di sana adalah hidangan dengan bahan dasar daging sapi, seperti Sop Konro, Sop Saudara, Sop Paru, Sop Lidah, Coto Makassar, dan Paru Goreng. Rumah makan ini terkenal dengan menu andalan Sop Konronya yang memiliki cita rasa lezat menggoda. Jika tertarik ke rumah makan ini, bersiaplah untuk antri ya sobat GoTravelly!

Lokasi Restoran

Jalan Gajah Mada, Klandasan Ilir, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Jam Operasional

Senin – Sabtu, pukul 09:00 – 22:00 WITA.

8. Coto Makassar H. Kasim

coto makassar h kasim
instagram.com

Rekomendasi terakhir untuk wisata kuliner Balikpapan yang bisa sobat GoTravelly coba selanjutnya adalah Coto Makassar H. Kasim. Rumah makan ini berada di kawasan pesisir pantai sehingga akan memberimu suasana berkuliner yang berbeda.

Menu makanan yang tersedia di Coto Makassar H. Kasim, serupa dengan rumah makan Jhony Konro sebelumnya. Meski menu yang tersedia merupakan kuliner khas Makassar, tapi menu Coto di sini berbeda.

Jika memesan menu Coto Makassar di H. Kasim, kamu akan disuguhkan sebuah hidangan dengan kuah yang cenderung lebih kental dengan warna yang sedikit pekat. Selain itu, sebagai pelengkapnya, bukan dengan buras melainkan kupat.

Lokasi Restoran

Jalan Jenderal Sudirman No. 69, Klandasan Ilir, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76112, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:30 – 11:00 WITA.

source: https://www.youtube.com/@Hermantochannel

Sobat GoTravelly, itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner Balikpapan yang bisa kamu pilih. Tempat makan manakah yang menarik perhatianmu dan ingin kamu coba? yuk, bagikan pengalaman serta simak berbagai macam informasi menarik lainnya bersama GoTravelly.



Leave a Reply