20 Kuil Terkenal di Korea Sering Dijadikan Lokasi Shooting Drama Korea


prita  November 12, 2021  0 Comment

Korea tak hanya melulu soal K-Pop dan K-Drama saja. Disini kamu juga bisa berwisata sejarah dan religi dengan mengunjungiKuil Terkenal di Korea. Ada sekitar 900 Kuil Buddha tradisional di Korea Selatan yang sampai saat ini masih terawat dan menjadi salah satu aset Negara. Tak hanya bersejarah dengan gaya bangunan yang indah, tak jarang kuil di Korea memiliki pemandangan yang indah. Jika kamu akan berlibur ke Korea, jangan lewatkan berkunjung ke kuil terkenal di Korea berikut ini.

1. Buseoksa

Buseoksa
koreantempleguide.com

Kuil terkenal di Korea yang pertama adalah Buseoksa. Kuil ini termasuk salah satu aset Negara yang masih dijaga hingga saat ini. Tak hanya itu, Boseoksa juga menjadi salah satu kuil terbesar di Korea Selatan yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Kuil ini sangat indah dikunjungi sepanjang tahun. Jika kamu berkunjung saat musim semi, kamu bisa melihat indahnya bunga-bunga yang bermekaran. Namun jika kamu menyukai pemandangan hijau yang lebat, kamu bisa datang saat pada museim panas. Jika kamu datang pada musim gugur, kamu bisa melihat dedaunan yang berjatuhan dengan indahnya dan saat musim dingin, pemandangan matahari terbenamnya sangat memanjakan mata. Kuil ini sangat populer di kalangan wisatawan Jepang dan Tiongkok.

Gotravelly

Korean Fantasy, Wisata Ala Korea Dari Ngancar, Kediri

Taman Korea Surabaya

2. Gangcheonsa

Gangcheonsa
mapio.net

Gangcheonsa juga menjadi salah satu kuil terkenal di Korea yang wajib untuk kamu kunjungi. Kuil ini menjadi salah satu kuil bersejarah yang menjadi aset budaya. Konon, kuil ini dulunya menjadi tempat tinggal 1.000 biksu.

Tak hanya itu, kuil ini juga berada di kawasan dengan pemandangan alam yang indah. Disini kamu bisa sekaligus berkunjung ke Gunung Geumseong, Air Terjun Yongso, Danau Gangcheon, Danau Damyang dan Taman Nasional Naejang yang indah.

3. Beopjusa

Beopjusa
whc.unesco.org

Kuil terkenal di Korea yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Beopjusa. Kuil ini memiliki lebih dari 60 bangunan dan 70 pertapaan di dalamnya. Namun, kuil besar ini pernah mengalami kebakaran pada saat invasi Jepang ke Korea Selatan di tahun 1592.

Sekarang, Beopjusa ini hanya memiliki 30 bangunan dengan banyak property budaya di dalamnya, termasuk pagoda tertinggi di Korea Selatan, yaitu pagoda kayu setinggi 22,7 meter yang juga menjadi asset Negara yang masih dijaga.

4. Suguksa

Suguksa
thesoulofseoul.net

Tersembunyi di distrik barat laut Eunpyeong-gu di Seoul, Suguksa merupakan salah satu kuil terkenal di Korea yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kuil ini memiliki warna emas yang akan terlihat semakin bersinar di bawah matahari sehingga membuatnya semakin istimewa.

Suguksa juga menjadi satu-satunya kuil emas di Seoul dari dua kuil emas di Korea Selatan. Kuil ini awalnya didirikan selama Dinasti Joseon oleh Raja Seo untuk menghormati putranya yang telah meninggal. Kuil ini dibangun pada tahun 1459 yang bertujuan untuk memberikan perawatan bagi anggota keluarga kerajaan yang menderita penyakit mental.

Kuil ini bisa dikunjungi sepanjang tahun. Namun, jika kamu berkunjung saat musim semi sebelum ulang tahun Buddha, kamu bisa melihat lentera teratai yang berkeliaran di sekitar kuil. Kamu juga bisa berjalan di sepanjang jalan Makam Kerajaan Seooreung.

5. Manggyeongsa

Manggyeongsa
pinterest.com

Kuil terkenal di Korea yang satu ini juga menjadi salah satu kuil terkenal di Korea. Kuil Manggyeongsa ini berada di Gunung Taebaek di ketinggian 1.460 meter di atas permukaan laut.

Sebuah legenda mengatakan jika patung batu dari Bodhisattva muncul di situs Kuil Manggyeongsa. Ketika Jajang, seorang biarawan dari Dinasti Silla mendengarnya, ia kemudian membangun kuil untuk mengabadikan patung tersebut. Kamu pun bisa menemukan sebuah mata air di dekat pintu masuk kuil tersebut yang dikenal dengan nama Dragon Spring.

6. Taeansa

Taeansa
en.trippose.com

Kuil Taeansa juga masuk dalam daftar kuil terkenal di Korea yang wajib untuk kamu kunjungi. Kuil Taensa ini terlihat sangat indah saat musim gugur karena hitan di sekitar kuil akan berubah menjadi merah dan kuning.

Memasuki kuil Taeansa kamu harus berjalan sejauh 2,3 kilometer yang mengarah ke kuil. Disini juga terdapat lembah sepanjang 1,8 kilometer yang akan terlihat indah di semua musim. Kuil Taeansa ini juga berada cukup dekat dengan lembah Gunung Dongli, Desa Gok-song Haneulnari yang hanya berjarak sekitar 5 kilometer.

7. Naksan

Naksan
trip.com

Kuil terkenal di Korea berikutnya adalah Kuil Naksan. Kuil Naksan ini berada di kawasan Yangyang, dimana biasanya wisatawan berdatangan untuk berlibur ke pantai saat musim panas. Namun, berkunjung ke Kuil Naksan ini juga bisa menjadi alternatif tujuan wisata yang cukup menyenangkan.

Kuil ini memiliki Patung Bodhisattva of Mercy setinggi 18 meter yang terbesar di wilayah ini dan tingginya yang menjulang seolah memandang ke orang-orang yang berada di pantai di bawahnya. Naksan ini dianggap sebagai salah satu dari delapan daerah indah di kawasan timur Korea yang mempu menarik perhatian banyak wisatawan. Disini banyak patung, peninggalan emas serta bangunan bersejarah dengan arsitektur yang luar biasa indah.

8. Cheoneunsa

Cheoneunsa
gurye.go.kr

Cheoneunsa merupakan salah satu dari tiga kuil terbesar di kawasan Gunung Jiri. Salah satu kuil terkenal di Korea ini pertama kali dibangun pada tahun 828 yang kemudian terbakar selama invasi Jepang ke Korea pada tahun 1592.

Kuil kemudian dibangun kembali pada tahun 1610 dan terbakar lagi pada tahun 1676. Cheoneunsa kemudian dibangun lagi pada tahun berikutnya dan terbakar lagi pada tahun 1773 hingga akhirnya dibangun kembali pada tahun 1775. Legenda mengatakan bahwa orang-orang yang membangun kembali kuil tersebut setelah tahun 1592, mereka membunuh ular besar yang terus muncul di sekitar sumber mata air terdekat. Saat mata air mongering dan candi terus terbakar, penduduk setempat percaya bahwa ular tersebut yang menjaga mata air tersebut.

Saat Wongyo Lee Gwang, seorang kaligrafer terkenal dari Dinasti Joseon, mendengar cerita tersebut, ia menuliskan “Cheoneunsa” dengan gaya flowy dan menggantungnya di kuil. Sejak saat itu belum ada kebakaran lagi di kuil tersebut.

9. Tapsa

Tapsa
koreantempleguide.com

Kuil terkenal di Korea yang patut untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Kuil Tapsa. Kuil yang berada di Jinan ini merupakan salah satu kuil paling unik di seluruh Korea karena menjadi rumah bagi 108 pagoda batu bulat yang dibangunoleh satu orang selama rentang waktu 30 tahun.

Mekipun pagoda dan atruktur terlihat rapuh, namun mereka berhasil berdiri lebih dari 100 tahun disini sehingga membuat seluruhnya terlihat menarik. Seluruh komplek kuil ini pun memang terlihat sangat indah dan unik, ditambah lagi dengan adanya landskap yang ditandai dengan tulisan Taman Provinsi Maisan sehingga membuat komplek ini terlihat semakin menakjubkan. Kuil Tapsa ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Jinan yang wajib untuk kamu kunjungi.

10. Guinsa

Guinsa
flickr.com

Kuil Guinsa juga layak untuk masuk dalam daftar kuil terkenal di Korea yang patut untuk kamu kunjungi. Kuil yang berada di Danyang ini berlokasi di atas gunung yang indah sehingga untuk melihat seluruhnya kamu harus sedikit mendaki.

Banyak orang yag berpikir jika kuil ini hanyalah satu kuil saja, namun sebenarnya kuil ini terdiri dari banyak kuil yang menjulang di atas yang lain. Kamu harus berjalan ke atas gunung dan kamu akan melihat langsung bagaimana bangunan bertingkat ini jauh lebih tinggi daripada bangunan pada umumnya. Kuil Guinsa ini memang wajib masuk dalam daftar rencana perjalanan kamu saat berlibur ke Danyang, Korea.

11. Baekyangsa

Baekyangsa
pinterest.com

Kuil terkenal paling indah di Korea berikutnya adalah Kuil Baekyangsa yang berada di Jangseong. Kuil ini tetap terlihat indah sepanjang tahun dan banyak di kunjungi oleh wisatawan. Meskipun begitu, banyak wisatawan yang tertarik untuk datang saat musim gugur tiba.

Saat musim gugur, kamu bisa melihat jalan setapak dan gunung berubah menjadi lebih hidup dengan daun berwarna kuning, orange dan merah. Bahkan, pada bagian belakang kuil ini memiliki pemandangan gunung besar yang indah. Kamu pun bisa mengikuti jalan setapak di sebelah sungai berliku ke pekarangan kuil untuk menikmati pemandangan yang sangat indah.

12. Mangwolsa

Mangwolsa
twitter.com

Kuil Mangwolsa merupakan sebuah kuil tertua di dalam Benteng Namhansanseong dan juga menjadi salah satu kuil terkenal paling indah di Korea. Kuil ini pernah digunakan untuk menampung tentara biksu Buddha yang mempraktikkan agama Buddha dan melindungi benteng dari penjajah.

Kuil yang telah berdiri sejak tahun 1624 ini menawarkan perspektif yang berbeda dengan peran yang dimainkan oleh para biksu Buddha dalam sejarah Korea. Kuil Mangwolsa ini tak hanya dikenal sangat bersejarah, namun kuil ini juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari lereng gunung di sekitarnya. Tak hanya itu, di lapangannya juga terdapat pagoda yang cantik dengan ukiran yang rumit sehingga banyak membuat pengunjungrela berputar-putar sejenak untuk menikmati keindahannya.

13. Haedong Yonggung

Haedong Yonggung
nickkembel.com

Bila kamu berkunjung ke Busan, ada salah satu kuil terkenal di Korea yang wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Haedong Yonggung. Kuil cantik ini dibangun menghadap ke laut sehingga membuat kuil ini semakin menawan.

Untuk menuju kesana, pengunjung harus menaiki tangga berliku sejumlah 108 anak tangga yang menwakili 108 agonies keinginan duniawi mengarah ke kuil ini. Haedong Yonggung ini sendiri memiliki arti Kuil Istana Naga Korea. Menariknya lagi, kamu bisa melihat patung-patung emas duduk di tebing batu dan lingkungan yang tenang dipadukan dengan alunan suara ombak membuat kuil ini menjadi salah satu destinasi wisata di Busan yang wajib untuk dikunjungi.

14. Dongguksa

Dongguksa
trip.com

Kuil terkenal di Korea yang satu ini juga cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Kuil Dongguksa. Kuil yang berada Desa Gunsan ini merupakan salah satu kuil yang paling menarik karena dibangun dengan gaya Jepang dan merupakan satu-satunya yang tersisa dari gaya tersebut di Korea.

Kuil Dongguksa ini didirikan oelh Biksu Jepang Woochida pada tahun 1913 dan sangat menarik untuk dikunjungi. Kuil ini merupakan kuil kerja dengan café di lapangan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Gaya Jepang pada bangunan ini terakhir dari kolonisasi Jepang di Korea. Untuk itu, kuil ini wajib untuk masuk dalam daftar rencana perjalanan kamu.

15. Nammireuksa

Nammireuksa
thesoulofseoul.net

Kuil Nammireuksa yang berada di Gangjin ini juga menjadi salah satu kuil terkenal paling indah di Korea. Meskipun kuil ini belum terlalu tua, namun memiliki daya tariknya tersendiri yaitu adanya patung Buddha kuningan yang tengah duduk terbesar di Asia.

Kuil Nammireuksa ini juga terkenal sangat indah karena memiliki biksu yang sangat mencintai bunga dan menanam jutaan semak azalea. Jika kamu datang saat musim semi, kuil ini akan terlihat berwarna warni bunga yang bermekaran dan membuatnya terlihat semakin indah. Tak hanya semak azalea, kuil ini juga memiliki tanaman Bunga Lily teratai Victoria besar yang tumbuh di kolam.

16. Hyangilam

Hyangilam
seoullikealocal.com

Kuil terkenal di Korea yang satu ini juga cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Kuil Hyangilam. Kuil yang berada di Jeollanam ini memiliki daya Tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang kesana.

Meskipun kuil ini pernah terbakar dan menghanguskan sejumlah bangunan kuil pada tahun 2009, namun kuil ini masih menarik untuk dikunjungi. Kuil Hyangilam ini memiliki pemandangan menuju pantai selatan dan Gunung Geumi yang indah. Tak heran jika kuil ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Jalur gunung untuk menuju ke kuil ini memang agak curam, namun banyak pengunjung yang tertarik untuk datang karena ingin melihat pohon camellia yang telah berusia 500 tahun di pintu masuk desa dan pemandangan matahari terbit dari laut selatan tentu menjadi hal yang patut untuk dinikmati. Tak hanya itu, kuil ini juga kerap menghelat Hyangilam Sunrise Festival setiap akhir tahun yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

17. Saseongam Hermitage

Saseongam Hermitage
en.wikipedia.org

Saseongam Hermitage merupakan sebuah kuil terkenal di Korea yang lokasinya berada di Lembah Gurye. Kuil ini berlokasi di sebelah barat Taman Nasional Jirisan sehingga memiliki pemandangan yang sangat indah.

Kuil Sseongam Hermitage ini berada di dekat puncak Gunung Osan yang indah. Disini kamu bisa mengelilingi kuil sambil menikmati keindahan pemandangan disekitarnya yang tenang. Kamu juga bisa mendaki ke kuil di dekat puncak gunung yang merupakan tempat pertapaan.

18. Tongdosa

Tongdosa
korea.net

Kuil terkenal di Korea yang satu ini dikenal cukup unik dan bersejarah, yaitu Kuil Tongdosa. Master Jajang yang melakukan perjalanan ke kuil Buddha di Yunjisi, Tiongkok dan memperoleh peninggalan Buddha bersejarah kemudian membawanya kembali ke Korea dan ditempatkan di Kuil Tongdosa yang didirikan pada tahun 643.

Disini kamu bisa melihat banyak peninggalan Buddha yang masih tersimpan rapi, seperti sebuah tulang dari tengkoraknya, jubbah dan mangkok mengemis yang diletakkan dalam batu kuno. Karena di kuil ini terdapat sisa-sisa Buddha, maka kamu tidak akan menemukan patung Buddha di aula atau di kuil ini. Namun, justru itulah yang membuat kuil ini unik. Kuil Tongdosa ini memiliki sekitar tiga lusin kuil dengan 19 pertapaan.

19. Boriam

Boriam
veltra.com

Kuil Boriam yang berada di tebing Chuwolsan, yaitu sebuah gunung yang terkenal dengan pemandangannya yang indah. Pemandangan yang ditawarkan oleh kuil ini mencakup formasi bebatuan yang aneh, jurang yang kasar dan sekilas ubin atap bangunan candi melalui cabang pinus. Dari kuil ini juga kamu bisa menikmati pemandangan Danau Damyang yang luas dan indah. Tak heran jika Kuil Boriam ini menjadi salah satu kuil terkenal di Korea.

20. Oeosa

kuil terkenal di Korea
destimap.com

Kuil terkenal di Korea yang terakhir adalah Oeosa. Kuil ini menawarkan pemandangan Danau Oeo dan tebing batu yang indah. Kuil ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Jinpyeong dari Dinasti Silla.

Ada sebuah legenda menarik dari penamaan kuil ini. Konon, saat Wonhyo Daisa dan Hyegong Sunsa, dua dari empat tokoh Buddha paling penting di Dinasti Silla sedang berlatih pertikai di kuil ini, mereka bersaing untuk menghidupkan kembali ikan dengan kekuatan Buddha mereka. Satu ikan hidup dan satu mati sehingga kedua biksu tersebut berpendapat bahwa ikan yang hidup adalah ikan yang dihidupkan kembali.



Leave a Reply