5 Kuliner Kota Paser, Kalimantan Timur


Fida  September 11, 2022  0 Comment

Paser merupakan sebutan bagi salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Daerah yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata, tetapi juga beragam kuliner lezat dan menggugah selera. Terdapat beberapa pilihan kuliner Kota Paser yang unik dan menarik untuk kamu coba. Tidak perlu bingung, inilah daftar 5 rekomendasi kuliner Kota Paser yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Dempo’ Duyan

dempo duyan
kaltimtoday.co

Pernahkah kamu mendengar sebutan kuliner Dempo’ Duyan? Dempo’ Duyan merupakan salah satu kuliner Kota Paser yang populer dan menarik untuk kamu coba. Dilihat dari tampilannya saja, kuliner yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan makanan lainnya.

Dempo’ Duyan disajikan dengan dibungkus menggunakan daun pisang. Jika dilihat sekilas, tekstur Dempo’ Duyan dapat dikatakan hampir mirip dengan dodol, tetapi sebenarnya berbeda. Jika dodol dibuat menggunakan tambahan gula dan garam, namun tidak dengan kuliner yang satu ini. Dempo Duyan dibuat menggunakan bahan utama buah durian.

Dempo’ Duyan dibuat secara tradisional oleh masyarakat Paser. Bahan bahan serta proses pembuatan kuliner yang satu ini dilakukan secara turun temurun. Banyak yang mengira bahwa bahan utama pembuatan kuliner ini berasal dari pohon durian yang sengaja ditanam di kebun, tetapi sebenarnya Dempo’ Duyan dibuat menggunakan bahan utama durian yang tumbuh di dalam hutan Paser.

Kuliner yang satu ini memiliki tekstur serta cita rasa yang khas dan tidak dapat kamu jumpai di daerah lainnya. Tampilannya yang unik dan menarik juga menjadikan Dempo’ Duyan banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan untuk dipilih sebagai oleh-oleh. Saat berkunjung ke kota Paser, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba lezatnya Dempo’ Duyan.

Gotravelly

Omah Madhang Saridjoyo, Restoran Berkonsep Jadul Tawarkan Menu Khas Jawa

Cobain Kuliner Jadul Di Warung Yale Yale, Bikin Ketagihan

2. Deli Tekalo

Kuliner Kota Paser
kaltimtoday.co

Tidak hanya Dempo Duyan, Deli Tekalo juga menjadi rekomendasi kuliner kota Paser yang bisa kamu coba. Deli Tekalo juga biasa disebut dengan sayur tekalo. Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan tekalo bukan? Tekalo adalah sebutan lain bagi kecombrang. Tekalo sendiri sudah digunakan sebagai bumbu tradisional untuk memasak oleh masyarakat Paser sejak ratusan tahun lalu.

Lezat dan uniknya hidangan yang satu ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Deli Tekalo juga sempat menjadi nominasi makanan tradisional populer di Anugrah Pesona Indonesia 2018.

Saat mencoba kuliner Kota Paser yang satu ini, akan dimanjakan dengan cita rasa yang mirip sayur asam. Terdapat beberapa bahan utama yang digunakan seperti ikan beong serta timun padi. Proses membuatnya yang mudah juga menjadikan kuliner yang satu dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Jika tidak ingin membuatnya, kamu juga dapat membeli Deli Tekalo di restoran atau rumah makan di Kota Paser.

Untuk menambah aroma sedap dan menggugah selera, jangan lupa ditambahkan beberapa bahan untuk membuat Deli Tekalo yakni lengkuas, kunyit, bawang merah, garam, dan juga serai. Setelah matang dan memiliki aroma yang khas, hidangan yang satu ini siap disajikan. Segarnya Deli Tekalo tentu akan membuat siapapun ketagihan.

3. Pisang Rimpi

pisang rimpi
cookpad.com

Pecinta olahan pisang? Kamu dapat mencoba lezat dan uniknya pisang rimpi. Pisang rimpi merupakan salah satu olahan kuliner kota Pasir yang dibuat menggunakan bahan utama buah pisang. Kuliner yang satu ini dikenal dengan rasanya yang manis dan legit.

Pisang gepok merupakan pisang yang dipilih untuk diolah menjadi kuliner pisang rimpi. Proses pembuatannya adalah dengan cara mengasap pisang di atas bara atau arang kayu hingga berwarna kecoklatan. Proses pembuatannya yang masih sangat alami dan tradisional menjadikan pisang rimpi memiliki aroma sedap dan khas.

Setelah diasap hingga matang dan manis, pisang kemudian dapat langsung disajikan atau melalui proses penggorengan terlebih dahulu. Seperti pisang goreng pada umumnya, pisang rimpi juga digoreng dengan menggunakan tambahan tepung. Seiring perkembangan zaman, olahan pisang rimpi dijual dengan berbagai varian rasa yang dapat dipilih sesuai selera seperti vanila, coklat, madu, dan lain-lain. Kamu tidak perlu khawatir karena pisang rimpi dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 5.000,- per bungkus.

Hidangan yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati saat bersantai dan disajikan bersama dengan satu cangkir teh atau kopi. Saat berkunjung ke kota Paser, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu lezat dan uniknya pisang rimpi.

4. Sambal Acan

sambal acan
cookpad.com

Rekomendasi kuliner Kota Paser berikutnya yang dapat kamu coba adalah sambal acan. Kuliner yang satu ini dikenal sangat khas dan berhasil membuat masyarakat lokal maupun wisatawan ketagihan akan kelezatannya. Sambal yang satu ini tidak hanya menawarkan rasa pedas, tetapi juga segar dan asam.

Sambal acan dibuat menggunakan tambahan buah-buahan lokal seperti terong asam, binjai, dan juga mangga asam. Biasanya, buah-buahan yang ditambahkan untuk membuat sambal acan dipilih sesuai musim. Oleh karena itu, tidak heran jika kamu dapat mencoba lezatnya olahan sambal acan dengan rasa asam yang berbeda-beda.

Sambal acan biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga juga cocok dipilih sebagai oleh oleh. Kamu tidak perlu khawatir karena sambal acan dijual dengan ukuran kemasan yang sangat bervariasi. Menikmati sambal acan paling lengkap jika dihidangkan bersama dengan satu porsi nasi hangat. Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, kamu membutuhkan beberapa bahan untuk membuat sambal acan diantaranya tomat, bawang putih, cabe merah, cabe keriting, cabe rawit, dan juga terasi yang sudah dibakar.

5. Ponta

ponta
libur.co

Satu lagi rekomendasi kuliner Kota Paser yang tidak boleh kamu lewatkan yakni ponta. Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan kuliner ini bukan? Ponta merupakan hidangan tradisional Paser yang masih banyak diburu hingga saat ini.

Bahan utama pembuatan ponta adalah padi ketan. Padi ketan muda yang baru dipetik kemudian dipisahkan dari tangkainya dengan cara diserut. Langkah selanjutnya adalah padi akan melalui proses sangrai hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah matang, padi kemudian ditumbuk untuk memisahkan dan membuang bagian kulitnya. Setelah itu, olahan ponta siap disajikan.

Kuliner yang satu ini biasa disajikan bersama dengan gula merah serta serutan kelapa muda. Dengan begitu, ponta akan memiliki cita rasa yang lebih manis dan gurih. Selain dapat dinikmati langsung, ponta juga dapat diolah menjadi kolak. Tertarik untuk mencoba lezatnya kuliner Kota Baru yang satu ini?

Nah, itulah daftar 5 rekomendasi kuliner Kota Baru yang dapat kamu coba. Beberapa kuliner dengan cita rasa khas di atas tentu sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Kotabaru.



Leave a Reply