12 Minuman Khas Irlandia Dengan Kesegaran Menggoda


prita  January 2, 2022  0 Comment

Irlandia adalah salah satu negara di Benua Eropa yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Negara yang indah ini tak hanya menarik perhatian wisatawan karena keindahannya, namun juga karena ragam kuliner yang lezat, seperti minuman khasnya. Minuman khas Irlandia memang menjadi salah satu yang terbaik di dunia, maka tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Irlandia ingin mencobanya. Apa sajakah minuman khasnya? Berikut adalah daftarnya.

1. Guinness

Guinness
eatthis.com

Minuman khas Irlandia yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Guinness. Bisa dibilang minuman ini cukup populer dibandingkan dengan minuman lainnya, bahkan minuman ini tak hanya terkenal di Irlandia saja, melainkan di negara lainnya.

Guinness merupakan bir yang bisa kamu temukan di bar-bar yang ada di Irlandia. Minuman ini pertama kali dibuat oleh St James’ Gate di Dublin pada tahun 1759. Sampai saat ini, minuman ini masih sangat populer. Guinness ini memiliki cita rasa bagaikan kopi, namun tidak terlalu pahit.

Gotravelly

Nongkrong Di Bean Bag Ala Navila Cafe & Resto

Sri Istana Ayam Goreng, Tawarkan Menu Ayam Goreng Lembut Nan Nikmat

2. Kopi Irlandia

Kopi Irlandia
thekitchn.com

Selain Guinness, minuman khas Irlandia yang patut untuk kamu cicipi selanjutnya adalah kopi Irlandia. Kalau kamu pecinta kopi, minuman ini pastinya wajib untuk kamu coba.

Kopi Irlandia ini memiliki ciri khas rasa yang agak pahit berpadu dengan gula karamel dan wiski yang berapi-api. Ketiganya berpadu sempurna dengan lapisan krim kocok diatasnya. Minuman ini pertama kali dibuat oleh Joe Sheridan yang merupakan seorang juru masak di Bandara Shannon pada tahun 1943. Selayaknya minuman klasik kebanyakan, kopi Irlandia ini juga telah mengalami banya modifikasi yang tak disukai oleh banyak orang. Namun, tak ada salahnya kamu untuk mencicipi kopi Irlandia asli yang menggabungkan wiski Irlandia, gula dan krim kocok.

3. Redbreast

Redbreast
whiskygirl.nl

Minuman khas Irlandia yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Redbreast. Redbreast ini merupakan salah satu wiski yang cukup strong dan sangat cocok bagi kamu yang suka minum minuman beralkohol.

Redbreast ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu tajam, namun sangat lembut dan cenderung manis sehingga cocok untuk kamu yang pemula dalam minuman beralkohol. Redbreast ini juga bisa kamu temukan di banyak bar di Irlandia.

4. Tullamore DEW

Tullamore DEW
theumbrellaproject.co.uk

Tullamore DEW adalah minuman khas Irlandia selanjutnya yang menarik untuk kamu coba. Minuman wiski ini juga tak kalah populer dari minuman alkohol lainnya di Irlandia. Tullamore DEW adalah merk wiski terlaris kedua setelah Guinness di Irlandia yang bahkan telah menembus angka penjualan hingga lebih dari 950.000. Minuman ini pertama kali didirikan di Tullamore di sebuah tempat penyulingan tua di tahun 1829 oleh Daniel E. Williams.

5. Bailey’s Irish Cream

Bailey's Irish Cream
whisky.my

Minuman khas Irlandia yang satu ini juga wajib untuk kamu coba, yaitu Bailey’s Irish Cream. Bailey’s Irish Cream ini adalah salah satu minuman beralkohol yang memiliki cita rasa lezat nan lembut.

Menariknya, minuman ini juga diperkaya dengan kakao, vanilla dan karamel sehingga menciptakan rasa toffee yang khas juga nikmat. Bailey’s Irish Cream ini bisa disajikan dengan diberi tambahan es agar terasa lebih nikmat. Bailey’s Irish Cream ini juga bisa menyatu dengan cokelat panas, kopi bahkan koktail berbasis krim.

6. Irish Mint Honey

Irish Mint Honey
jamesonwhiskey.com

Rupanya minuman khas Irlandia didominasi dengan minuman beralkohol ya dan salah satu yang cukup populer adalah Irish Mint Honey. Irish Mint Honey ini dibuat dari kombinasi wiski, madu dan berbagai tumbuhan.

Minuman ini memiliki ciri khas berupa warnanya yang kuning tua. Sementara untuk cita rasanya agak kompleks karena menghadirkan aroma madu hangat yang dipadukan dengan ragam rempah yang cukup kuat.

7. Jamaican Irish Moss

Jamaica Irish Moss
en.wikipedia.org

Minuman khas Irlandia yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Jamaican Irish Moss. Minuman ini adalah salah satu minuman tradisional yang menyehatkan bagi tubuh karena dibuat dari lumur Irlandia jenis ganggang merah atau yang juga dikenal sebagai carragen.

Selain dari carragen, Jamaican Irish Moss ini juga dibuat dari santan, biji rami, pala, ekstrak vanila, gula dan rum putih Jamaika. Minuman ini memiliki cita rasa Nutty dan manis dengan tekstur yang mirip sengan minuman protein atau milkshake.

8. Bulmers

Bulmers
thejournal.ie

Tak hanya minuman beralkohol saja yang bisa kamu temukan sebagai minuman khas Irlandia, lho. Kamu juga bisa menemukan salah satu minuman yang non alkohol yang bis kamu coba bernama Bulmers atau yang juga dikenal dengan Magner.

Minuman ini sangat sempurna bagi kamu yang menyukai minuman manis. Bulmer ini merupakan minuman dari sari buah apel yang diproduksi di Tipperary dari 17 varietas apel yang berbeda. Bulmers sangat cocok dinikmati saat siang hari dimana cuaca sedang panas. Tak hanya segar, minuman ini juga memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh.

9. Micil Poitin

Micil Poitin
amazon.co.uk

Minuman khas Irlandia berikutnya adalah Micil Poitin. Minuman ini mungkin tidak terlalu populer karena poitin adalah minuman yang diproduksi secara ilegal selama lebih dari 200 tahun dalam pot kecil.

Secara tradisional, poitin disuling dari biji-bijian malt, seperti barley dan gandum. Beberapa tahun berikutnya, orang-orang menggunakan kentang, whey, buah bit dan gula dalam pembuatan poitin ini.

10. Irish Wake Cocktail

Irish Wake Cocktail
flavorverse.com

Irish Wake Cocktail ini adalah salah satu minuman khas Irlandia yang cukup populer karena dinikmati saat tradisi “wake” yang terkenal dimana orang menghormati orang meninggal.

Irish Wake Cocktail ini dinikmati pada tengah-tengah ritual tersebut. Minuman ini terbuat dari kombinasi rum emas, rum putih, curacao biru, sari jeruk dan tambahan es. Minuman ini memiliki cita rasa yang manis dan segar.

11. Misty Mint

Misty Mint
dailyrecord.co.uk

Misty Mint ini merupakan salah satu minuman khas Irlandia yang dinikmati saat St Patrick’s Day. Sesuai dengan namanya, minuman ini memiliki rasa mint dengan sedikit alkohol yang manis.

Misty Mint ini juga diberi tambahan rum putih sebagai bahan utamanya sehingga rasanya sangat nikmat dan berpadu sempurna dengan mint. Minuman ini memang sangat pas dinikmati saat musim panas karena kamu bisa menambahkan es ke dalamnya. Minty Mint ini memiliki cita rasa cenderung manis dan sering disajikan bersamaan dengan ayam atau domba panggang. Minuman ini bisa disajikan dengan diberi hiasan tongkat mint yang tertutup cokelat atau tongkat permen bergaris hijau dan merah.

12. Irish Shandy

Minuman Khas Irlandia
diffordsguide.com

Minuman khas Irlandia yang terakhir adalah Irish Shandy. Irish Shandy ini merupakan minuman yang terbuat dari campuran bir dan jeruk nipis atau lemon.

Menariknya, minuman ini memiliki berbagai variasi yang berbeda tergantung dari tempat asalnya. Irish Shandy ini juga tersedia yang non-alkohol yang dikenal dengan nama Rock Shandy. Minuman ini dibuat dari lemon dan soda jeruk sehingga tidak ada alkohol di dalamnya. Irish Shandy ini memiliki cita rasa lemon yang kental, manis juga menyegarkan sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati minuman non-alkohol atau beralkohol rendah.



Leave a Reply