11 Tempat Wisata di Oman, Pesonanya Bikin Hati Tentram


Reni  June 5, 2019  0 Comment


Tempat Wisata Negara Oman kini sedang banyak dicari oleh para wisatawan mancanegara dikarenakan keindahan negara Oman yang sudah semakin terkenal. Hampir seluruh manusia menyadari bahwa alam timur tengah seperti pada negara Oman sangat cantik dan juga mudah untuk diakses. Dengan memiliki beragam kebudayaan dan arsitektur yang khas menjadikan Oman sebagai destinasi wisata oleh para wisatawan mancanegara. Penasaran dengan apa saja tempat wisata di Oman?

Berikut ini adalah tempat wisata di Oman ter-recommended khusus untuk Anda!


1. The Royal Opera House Muscat

The Royal Opera House Muscat

cntravellerme.com


Anda pasti sudah tak asing lagi dengan rumah opera seperti Sydney Opera House ataupun London Opera House. Ternyata, di Oman pun ada lho tempat yang seperti itu! Tempat ini adalah The Royal Opera House Muscat yang merupakan tempat bagi digelarnya beragam peragaan kesenian seperti seni musik, seni tari, seni lakon, dan berbagai kebudayaan dari Oman lainnya.
The Royal Opera House Muscat ini terletak di Shati Al Qurm pada distrik Muscat. Bangunan dari rumah opera ini sangat khas dan kental dengan arsitektur khas budaya timur tengah. Dengan kapasitas bangunan yang mampu untuk menampung 1.100 pengunjung, semakin membuat tempat ini ramai ketika dikunjungi. Bangunan ini dibangun pada masa Kerajaan Sultan Qaboos. Disini juga dilengkapi dengan taman yang luas dan indah. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai seni teater dan juga musik.

Gotravelly

Es Pisang Ijo Alaska, Bukannya Es Pisang Ijo Asli Dari Makasar?

Ketagihan Gurihnya Roti Canai Malaysia


2. Nizwa

Nizwa
fodors.com


Di negara Oman banyak sekali kota-kota yang lengkap dengan arsitektur yang menarik perhatian. Misalnya saja pada kota Nizwa. Kota ini selalu menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan mancanegara dikarenakan suasana kota yang indah, tenang, dan damai. Kota ini juga memiliki gelar Ibukota Budaya Islam dikarenakan selain karena kentalnya budaya Islam disini, para masyarakat pun menjunjung tinggi budaya, kesenian, dan pengetahuan dari agama Islam.
Jika Anda mencari tempat untuk berfoto yang terbaik, maka Nizwa sangatlah cocok untuk mempercantik foto-foto indah liburan Anda. Disini banyak sekali spot-spot foto yang sangat menarik dan eye catching. Di kota Nizwa juga terdapat beberapa bangunan bersejarah yang indah, misalnya Nizwa Fort. Selain terkenal dengan keindahan bangunan-bangunannya, kota Nizwa juga terkenal dengan wisata kuliner dan wisata belanjanya.

Baca juga :  6 Air Terjun Indah di Turki, Menakjubkan!


3. Salalah

Salalah
timeoutdoha.com


Tempat wisata menarik lainnya yang ada di Oman adalah Salalah. Salalah merupakan gurun pasir yang sangat unik dikarenakan memiliki seperti permadani hijau, aliran sungai, dan air terjun yang nampak menyinari dan menyegarkan suasana dari gurun yang identik dengan kesan gersang. Biasanya, fenomena seperti ini terjadi ketika musim hujan.
Musim hujan di Oman yaitu antara bulan Juli-September. Maka, pada waktu ini lah Anda berkesempatan untuk menyaksikan indahnya suasana gurun Salalah yang dilengkapi dengan berbagai ornamen hijau alam yang menyegarkan. Salalah juga biasa disebut sebagai oase milik negara Oman. Disini juga biasanya diadakan kegiatan Festival Khareef yang pada pelaksanaannya para penduduk menari ditengah hujan dengan gembira.


4. Jebel Akhdar

 Jebel Akhdar
whywander.com


Tempat wisata menarik lainnya yaitu Jebel Akhdar yang terletak di pegunungan Al Hajar yang membentang di barat laut dan tenggara Negara Oman. Tempat ini merupakan salah satu dari banyaknya tempat wisata di Oman yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena berdekatan dengan kota Nizwa dan hanya memerlukan waktu tempuh 45 menit menggunakan kendaraan. Disini, terdapat berbagai hal menarik yang bisa Anda coba, seperti melihat, merasakan, dan berbelanja delima, kenari, apricot, dan hasil pertanian khas Oman lainnya.


5. Bahla Fort

Bahla Fort
easyvoyage.co.uk


Sedari tadi sudah dibahas mengenai wisata alam, nah kini Bahla Fort merupakan solusi lainnya jika Anda ingin menikmati suasana perkotaan di Oman. Bahla Fort merupakan destinasi wisata yang terdapat di dalam kota yang berupa benteng dengan jumlah empat. Benteng ini terletak di Jebel Akhdar dan dibangun pada abad ke 13 dan 14. Benteng ini sudah dinaungi oleh UNESCO sebagai bangunan bersejarah di dunia. Sebelumnya, benteng ini kurang terawat dan diminati. Akan tetapi, ketika UNESCO menaunginya dan menobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia, maka Bahla Fort menjadi semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara.

Baca juga :  10 Negara Tujuan Ekowisata Paling Populer di Dunia


6. Masjid Agung Sultan Qaboos

Masjid Agung Sultan Qaboos
kontraktorkubahmasjid.com


Tempat Wisata Negara Oman terkenal lainnya yaitu Masjid Agung Sultan Qaboos. Masjid ini sudah tersohor akan keindahannya yang dilengkapi dengan bangunan besar nan megah yang terletak di distrik Muscat, Oman. Masjid ini diresmikan tahun 2001 oleh Sultan Qaboos.
Salah satu keistimewaan yang terdapat di masjid ini adalah adanya karpet buatan tangan terbesar dan sudah tercatat sebagai rekor dunia. Sejak karpet di masjid ini tercatat dalam rekor dunia, Masjid Agung Sultan Qaboos semakin banyak dibanjiri oleh para wisatawan dan peziarah yang penasaran dengan karpet buatan tangan terbesar di dunia tersebut.


7. Sur Turtles

 Sur Turtles
outlookindia.com


Jika Anda mengunjungi Oman bersama dengan anak-anak, maka Sur Turtles merupakan destinasi wisata Oman yang cocok untuk Anda kunjungi. Sur Turtles merupakan pantai yang berdekatan dengan lembah Bani Khalid, Pelabuhan Sur. Disini, Anda akan menjumpai banyak kapal cantik yang menghiasi sepanjang bibir pantai ini.
Keistimewaan yang dapat Anda rasakan ketika mengunjungi pantai ini adalah, Anda bisa melihat penyu secara dekat dan nyata. Bahkan, jika Anda beruntung maka Anda bisa menyaksikan penyu-penyu tersebut sedang bertelur dan anak-anak penyu yang baru menetas. Peristiwa menarik ini bisa Anda manfaatkan sebagai ajang untuk memberikan edukasi terhadap anak Anda mengenai pengenalan pada hewan laut secara langsung dan menyenangkan.


8. Kota Tua Muscat

Kota Tua Muscat
roughguides.com


Muscar sebagai kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Oman dan sebagai kota utama, membuatnya semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Disini, Anda bisa menikmati keindahan alam yang dipadukan dengan megahnya bangunan-bangunan khas Timur Tengah. Pada Kota Tua Muscat ini juga terdapat beragam destinasi wisata kuliner khas Oman yang lezat. Banyak juga penjual yang menjajakan barang dagangan dengan harga terbaik disini. Barang yang dijual biasanya berupa hasil kerajinan tangan ataupun oleh-oleh khas dari Oman lainnya. Dengan dipenuhi oleh para warga yang ramah, membuat kota Muscat semakin menarik untuk dikunjungi.

Baca juga :  8 Minuman Khas Arab, Kaya Rempah Dan Menyehatkan


9. Gurun Wahiba

Gurun Wahiba
tipswisataluarnegeri.blogspot.com


Gurun Wahiba atau Wahiba Sand merupakan salah satu gurun yang terdapat di Oman dan menjadi destinasi wisata favorit. Disini, Anda bisa memacu adrenalin dengan mengelilingi gurun menggunakan kendaraan bermotor dan sand surfing dari puncak gurun. Gurun ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan.
Gurun wahiba memiliki ketinggian 100 meter yang berbentuk bukit dan biasa dijadikan perkemahan padang pasir di Oman. Keistimewaan dari gurun ini adalah memiliki pasir yang beraneka warna dengan unta-unta yang mengelilingi gurun ini. Suasana ini semakin menambah kesan istimewa karena unta-unta tersebut bisa Anda naiki dengan menyewanya. Tentunya pemandangan gurun akan terasa lebih indah dengan menunggangi unta.


10. Musandam Fjords


Musandam merupakan semenanjung yang terdapat di utara Oman yang memisahkannya dengan Uni Emirat Arab. Wilayah ini termasuk wilayah terpencil, namun memiliki pemandangan yang spektakuler. Jika Anda berkunjung kesini, Anda bisa melakukan travelling menarik seperti menaiki perahu, menjelajah pantai, melihat lumba-lumba, dan scuba diving.


11. Misfat Al Abryeen

Misfat Al Abryeen
pinkjinn.com


Misfat Al Abryeen merupakan salah satu desa kecil yang terdapat di pegunungan Oman. Desa ini memiliki beragam bangunan tradisional khas Oman yang didominasi dengan nuansa coklat dan jingga. Desa ini sangat cocok dikunjungi untuk Anda yang menyukai suasana Oman yang tradisional. Anda bisa menikmati keindahan seluruh penjuru desa ini dengan menaiki menara yang terdapat disana. Desa ini menjadi salah satu Tempat Wisata Negara Oman terbaik untuk dikunjungi.



Leave a Reply