Ketagihan Gurihnya Roti Canai Malaysia

roti canai malaysia

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
12 Feb 2020


Ketagihan Gurihnya Roti Canai Malaysia
Aroma mentega berpadu dengan tekturs kulitnya yang lembut dalam cocolan kare santan membuat siapa saja ketagihan

Pagi itu tetiba saya kangen dengan hangatnya roti canai Malaysia. Aroma mentega roti yang asli dari India ini berhasil  mengajak kaki untuk segera bergerak, mengajak badan yang sedari tadi rebahan untuk segera starter kendaraan menuju tempat penjual roti canai Malaysia.

Beruntung saya yang tinggal di Gresik, ada penjual roti canai Malaysia yang letaknya juga tak jauh dari rumah. Berjarak sekitar 4 KM saja. Jadi nggak perlu jauh jauh ke Malaysia apalagi ke India untuk menikmatinya. Roti canai Malaysia ini jualanya berdekatan dengan pintu masuk pelabuhan Gresik.  

Mendekati kedai roti canai Malaysia, aroma mentega menguar di udara. Bikin nggak tahan liur yang ngeces sedari tadi. Ditambah hawa dingin hujan bikin menambah nafsu makan.

roti canai malaysia





Sampai di sini sudah ada beberapa pembeli yang mengantri untuk dibawa pulang. Ada juga yang menikmatinya bersama teman. Ada juga yang datang bersama dengan keluarga.

Kedai roti canai ini sedikit berbeda. Tidak ada tempat duduk dan kursi. Tempat duduknya berupa lesehan di tempat yang agak tinggi. Tempat duduknya berada persis disebelah tempat pembuatan roti canai. Jadi selagi menunggu kita bisa melihat proses pembuatan roti canai. Dan yang nggak bikin nahan tentu saja aroma mentega yang super gurih.

roti canai malaysia


Roti canai Malaysia di Gresik ini menghadirkan beberapa rasa. Ada canai rasa original, canai telur dan canai tampal. Ketiga canai ini dihidangkan bersama dengan kuah kari.

Juga tersedia beberapa roti canai manis, seperti roti canai boom (mentega + susu), roti canai planta (mentega + gula), canai milo, canai pisang, canai keju, canai pisang keju, canai meises dan canai tissue.

Untuk minumannya ada minuman dingin dan hangat. Teh tarik, Milo tarik, milo, teh, kopi dan kopi susu. Yang jadi favourit disini tentu saja teh tarik.

Saya memesan 1 roti canai original, 2 roti canai telur dan 2 roti canai boom. Untuk minuman saya memesan 2 teh tarik.

roti canai malaysia


sambil menunggu antri melayani beberapa pembeli, saya menikmati waktu dengan melihat langsung proses pembuatan roti canai. Menjadi kesenangan tersendiri bagi saya melihat proses pembuatan roti canai. Jadi tepung yang sudah diuleni, dipipih seperti martabak hingga melebar. Kulit yang sudag pipih kemudian diisi sesuai dengan pesanan. Satu adonan pipih diisi dengan telur, sedangkan satunya diisi dengan potongan mentega dan ditamahkan susu kental manis. Adonan kemudian ditutup kembali membentuk segi empat. Dan digoreng dengan sedikit minyak diatas penggorengan berukuran besar.

roti canai malaysia

roti canai malaysia



Khusus untuk roti canai dengan rasa original, setelah selesai digoreng roti ditepuk tepuk dengan kedua tangan sehingga menghadirkan roti dengan tekstur yang soft. Sedangkan untuk roti canai dengan isian telur dan roti canai boom tanpa ditepuk.

Roti canai original dan roti canai telur datang bersama semangkok kecil kuah kare. Sedangkan untuk roti boom dihidangkan tanpa kuah kare.

Selagi hangat, saya cocol roti canai original kedalam kare. Tekstur roti canainya lembut. Nggak kriuk. Rasanya plan gurih. Roti canai terasa lebih nonjok ketika dicocol kedalam kare. Rasa karenya gurih dengan bumbu yang tidak terlalu tebal. Kuah  kare santan rasanya mirip seperti gule tapi teras lebih ringan bumbunya. Santannya juga tidak terlalu tebal. Ada rasa ketumbar dan jintan di dalamnya. Matching bangat, rasa gurih roti canai berpadu dengan karenya.

roti canai malaysia

roti canai malaysia

roti canai malaysia


Roti canai telur tersa lebih menantang karena didalam roti dimasukkan telur utuh. Rasanya, tentu saja lebih enak dan lebih guih dianding dengan roti canai yang original. Dicocol dengan karepun tambah lebih enak.

Terakhir saya lahap roti canai yang boom. Hmmmm aroma menteganya terasa banget. Rasa gurih mentega yang dimasukkan kedalam roti canai nampar banget. Lumer terasa gurih menteganya. Enaknya dobel dobel. Ada sensasi rasa manis juga karena di mixed dengan susu kental manis. Enak!

roti canai malaysia


Oh ya tips dari saya, kalau datang kemari pesan roti canai dengan cocolan kare dan juga roti canai yang manis. Nikmati dulu yang pakai kare baru nikmati yang manis. Nikmati keduanya selagi hangat. Dijamin kamu bakan ketagihan datang kemari.

Setelah menikmati rasa kare dan gurih manis roti canai, waktunya nyruput teh tarik. Menikmati roti canai tanpa teh tarik terasa ada yang kurang. Nah, tek tarik disini warnanya beda ya, kalau biasanya teh tarik berwarna coklat tua dengan campuran warna putih susu. Teh tarik disini warnanya orange. Rasanya juga beda, lebih ringan, nggak terasa banget rasa teh nya.

roti canai malaysia


Selain roti canai Malaysia dan teh tarik. Di sini juga tersedia nasi lemak dan juga nasi uduk. Saya sendiri kurang tahu rasanya, karena saya sudah kenyang. Next time, kalau saya kesiini bakalan saya coba nasi lemaknya, apakah sama dengan nasi lemak yang Malaysia? tunggu review saya selanjutnya  ya….

Opening Hours
06.00 - malam (22.00)
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY