Selain Kurma, Berikut 10 Oleh Oleh Khas Arab Terkenal


sisil angelin  August 3, 2019  0 Comment

Kurma jadi item yang paling sering dibeli sebagai oleh oleh khas Arab. Permintaannya terus meningkat menjelang momen-momen penting seperti ibadah haji. Walau kurma bisa dijumpai di Indonesia, banyak yang percaya kurma yang didatangkan dari Jazirah Arab memiliki kualitas bagus.Namun, kurma bukan satu-satunya barang yang bisa dibawa jamaah haji sebagai oleh-oleh. Anda dapat mengombinasikannya dengan 10 item di bawah ini!

1. Sajadah

Sajadah
image credit : https://decorindoperkasa.com

Sajadah yang dijual di sekitar Mekah dan Madinah berasal dari Saudi Arabia, Turki, hingga Tiongkok. Materialnya yang lebih tebal dan tahan lama membuat barang ini diburu jamaah haji sebagai oleh oleh khas Arab. Variasi harga dan bahannya pun bisa dicocokkan dengan anggaran Anda.

Misalnya saja sajadah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang dikenal akan motif kaligrafinya yang indah. Harga yang dipatok untuk jenis sajadah ini dipatok dari Rp35.000 hingga Rp350.000. Ada pula jenis-jenis sajadah lainnya yang jauh lebih murah seperti sajadah mini dan sajadah panjang. Bahkan ada sajadah musafir yang didesain sedemikian rupa untuk para pelancong.

Gotravelly

Shawarma Al-Siddiq Express, Mampir Karena Penjualnya Ganteng. Kalau Rasanya??

Halab Gate Shawarma & Kebab. Masih Enak Kebab Di Indonesia???

2. Kosmetik

Kosmetik
image credit : https://www.bukalapak.com

Jangan samakan alat rias dan kosmetik dari Saudi Arabia dengan produk yang Anda lihat di Indonesia. Parfum, lipstik hare, kuteks, dan celak mata yang dijadikan sebagai oleh oleh khas Arab ini digemari kaum Hawa karena mudah diaplikasikan. Harganya yang terjangkau pun tak akan memberatkan Anda.

Untuk celak mata hitam, misalnya, dibanderol dengan harga dari Rp3.500 hingga Rp17.000 per item. Jauh lebih murah dibandingkan kosmetik yang umumnya Anda temukan di toko-toko besar, bukan? Anda juga tak perlu mengkhawatirkan bahan-bahan yang dipakai untuk membuatnya. Sebagian besar alat rias di Saudi Arabia terbikin dari bahan halal dan terjamin kualitasnya.

3. Kacang Arab

Kacang Arab
image credit : https://www.tokopedia.com

Mudah menemukan kacang Arab, sebab biasanya sudah dibuat satu paket dengan kurma dan air zam-zam. Jenis kacang yang dikenal juga dengan nama chickpea ini tak sekeras kacang-kacang lain. Wajar saja kalau pada akhirnya banyak yang mengonsumsi kacang Arab sebagai camilan.

Menyoal harga, chickpea sebagai oleh oleh khas Arab dibanderol dengan harga Rp35.000 hingga Rp175.000 per kilogram. Selain warna kuning, chickpea tersedia juga dalam warna cokelat, hitam, serta merah. Menyantap kacang Arab secara teratur berkhasiat juga untuk kesehatan Anda, seperti pelancar sistem cerna hingga meringankan nyeri haid pada perempuan.

4. Abaya

Abaya
image credit : https://missabaya.com

Sejak beberapa tahun terakhir abaya menjadi jenis pakaian favorit kaum Hawa yang sering dikenakan untuk hari raya besar keagamaan maupun acara formal. Desain one piecemembuat abaya praktis Anda pakai. Variasi warna dan model abaya yang beragam pun bisa dipadu-padankan dengan kerudung.

Popularitas abaya menjadikannya sebagai oleh oleh khas Arab yang kerap masuk daftar titipan para jamaah haji. Uniknya lagi, ada jenis abaya khusus pria yang bisa Anda beli sekaligus, yakni dishdasha atau thobe. Ada pula bisht atau aba bisht yang umumnya dikenakan pejabat pemerintah hingga ulama di Timur Tengah untuk menutupi thobe.

5. Mukena

Mukena
image credit : https://shopee.co.id

Seperti sajadah, mukena yang diproduksi di Saudi Arabia berbeda dari yang Anda temukan di Indonesia. Perbedaan yang cukup mencolok terletak pada corak dan warnanya yang lebih beragam. Jenis kain yang dipilih untuk membuat oleh oleh khas Arab ini pun lembut serta terasa sejuk saat menyentuh kulit.

Jeddah adalah salah satu pusat perbelanjaan oleh-oleh yang wajib Anda kunjungi untuk mencari mukena berkualitas. Jika Anda hendak membelinya untuk kerabat, carilah warna atau motif yang sesuai. Membeli dalam kuantitas yang banyak pun akan membuat harga yang diberikan lebih murah. Pastikan jahitan dan jenis benang yang dipakai kuat untuk mengetahui ketahanan mukena.

6. Kacang almond

Kacang almond
image credit : https://www.tokopedia.com

Kacang merupakan salah satu komoditas utama di Timur Tengah. Selain menjadi bahan utama dalam sebagian besar makanan di sana, kacang asal Saudi Arabia juga dijual dengan harga bersahabat. Malah banyak jamaan haji yang sengaja memborongnya untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Almond adalah salah satu jenis kacang selain chickpea yang bisa Anda kemas sebagai oleh oleh khas Arab. Penjual almond dapat Anda temukan di sekitar Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi. Harga yang ditawarkan beragam dari Rp35.000 hingga Rp175.000 per kilogram. Jamaah bisa membeli almond yang sudah dikupas maupun yang masih diselimuti kulit keras.

7. Kismis

Kismis
image credit : https://lifestyle.okezone.com

Tahukah Anda kalau kismis asal Arab berbeda dari kismis dari negara lainya? Alih-alih berwarna cokelat kehitaman, kismis dari negara tersebut memiliki warna kekuningan dengan bentuk kisut. Penduduk lokal juga kerap memanfaatkannya sebagai bahan kue hingga pelengkap nasi kebuli.

Namun, Anda harus merogoh kocek lumayan dalam kalau ingin mengantungi oleh oleh khas Arab ini. Pasalnya untuk satu kilogram kismis harga yang dipatok berkisar dari Rp140.000 hingga Rp210.000. Di sisi lain, kismis Arab kaya akan benefit seperti melawan serangan radikal bebas, mencegah tumbuhnya sel-sel kanker, dan meredakan bau mulut.

8. Air Zam-zam

Air Zam-zam
image credit : https://www.tokopedia.com

Air yang dianggap sakral bagi umat Muslim ini tak boleh absen dari daftar oleh-oleh jamaah haji maupun umrah. Meminum air zam-zam dipercaya dapat memberikan manfaat bagi jasmani maupun rohani. Akan tetapi, hal tersebut harus dibarengi juga dengan aturan dan doa yang tepat.

Anda tak perlu cemas bakal kehabisan air zam-zam karena oleh oleh khas Arab ini mempunyai sumber yang tak akan pernah berhenti mengalir. Selain itu, untuk mendapatkannya pun Anda hanya perlu bawa tong atau botol kosong untuk diisi di sekitar Masjid Haram atau Masjid Nabawi. Sementara air zam-zam yang sudah dikemas dijual dengan harga Rp52.000 sampai Rp87.000 per botol.

9. Kopiah/peci

Kopiah
image credit : https://www.bukalapak.com

Kopiah atau peci merupakan atribut ibadah yang dianggap cukup penting bagi masyarakat Indonesia, khususnya laki-laki. Beberapa warga yang berkesempatan naik haji pun tak lupa membelinya sebelum mereka pulang. Menurut mereka, kopiah di Saudi Arabia berbeda dari yang ada di Indonesia.

Ketika hendak memborong oleh oleh khas Arab ini, Anda juga harus berhati-hati karena ada banyak jamaah yang memburunya. Apalagi harga peci atau kopiah terbilang murah, yakni Rp7.000 sampai Rp17.500 per buah. Periksa dulu jenis material dan benang yang dipakai produsen, ya. Jangan sampai Anda beli produk berkualitas rendah.

10. Lokum

Lokum
image credit : https://www.youtube.com

Membutuhkan manisan sebagai oleh-oleh sekaligus camilan selama menjelajah Saudi Arabia? Berarti Turkish delight atau lokum adalah solusi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, penganan ini menawarkan rasa beragam hingga bentuk unik.Oleh oleh khas Arab yang satu ini terbikin dari gula dan gel pati sebagai bahan-bahan utamanya. Ada juga lokum yang memanfaatkan bahan lain seperti kurma, pistachio, walnut,hingga hazelnut. Bentuknya sekilas mengingatkan beberapa orang dengan malban. Hanya saja lokum memakai parutan kelapa atau gula tepung di bagian luarnya.

Selamat berbelanja!



Leave a Reply