10 Wisata Pemancingan di Bandung Paling Seru


Reni  October 17, 2022  0 Comment

Memancing adalah suatu kegiatan seru yang bisa dijadikan sebagai hobi, olahraga, atau sekedar keseruan untuk mengisi waktu luang. Kegiatan ini bisa dilakukan di sungai, laut, atau kolam pemancingan. Bagi Anda yang berdomisili di Bandung dan mengaku gemar memancing ada sejumlah tempat pemancingan yang wajib dikunjungi. Langsung saja berikut ini rekomendasi 10 wisata pemancingan di Bandung:

1. Pemancingan Saung Wargi

pemancingan saung wargi
tempatwisatadibandung.info

Spot memancing pertama yang nyaman di Bandung adalah Pemancingan Saung Wargi yang beralamat di Jalan Jayagiri, Lembang, Bandung. Di sini Anda disediakan saung-saung yang menyerupai tempat makan ikan yang umumnya ada di rumah makan Sunda. Sangat estetik. Keberadaan saung ini menjamin kenyamanan Anda memancing tanpa perlu khawatir tersapu panas matahari atau diguyur hujan. Jadi bisa mancing kapan saja Anda punya waktu luang.

Di spot wisata pemancingan ini terdapat beberapa kolam yang berisi bermacam jenis ikan. Ada ikan bawal, mujair, ikan mas, dan juga gurame. Ikan yang berhasil Anda pancing boleh dibawa pulang atau langsung dimasak untuk santap siang di sana.

Gotravelly

Terpesona Oleh Keindahan Kawah Putih Ciwidey Yang Magis

Nikmatnya Batagor & Cuankie Serayu, Bikin Rela Ngantri

2. Imah Seniman

imah seniman
hotelmurah.com

Rekomendasi wisata pemancingan di Bandung selanjutnya Imah Seniman yang beralamat di Jalan Kolonel Masturi No 8 Gudang Kahuripan, Bandung. Untuk Anda yang ketinggalan alat pancing tidak perlu khawatir karena di sini terdapat tempat sewa alat pancing dengan biaya terjangkau.

Sebenarnya Imah Seniman bukan tempat khusus pemancingan melainkan kampung wisata yang dibuka untuk umum. Terdapat banyak arena seru seperti kolam renang penginapan, permainan outbond, spa, kafe, dan kolam pemancingan menjadi salah satu arena favorit. Untuk ikan yang dipancing boleh dibawa pulang dengan membayar seharga berat ikan.

3. Waduk Saguling

waduk saguling
ayobandung.com

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi memancing dengan suasana dekat dengan alam, maka wajib datang ke Waduk Saguling. Wisata pemancingan di Bandung ini beralamat di Saguling, Bandung Barat ini menjadi bendungan favorit warga Bandung untuk memancing. Pasalnya dibutuhkan teknik dan trik khusus sampai berhasil mendapat banyak ikan.

Spot memancing di waduk ini dimulai dari pinggir waduk hingga tengah waduk yang membutuhkan perahu untuk mencapainya. Di sekitar waduk Anda bisa menjumpai petak-petak tambak yang dimanfaatkan para petani untuk memelihara ikan. Menyuguhkan pemandangan yang indah tiada duanya.

4. Situ Umar

Wisata Pemancingan di Bandung
mamansoleman.net

Pemancingan Situ Umar berada di kawasan Lembang, Bandung Barat. Spot wisata pemancingan ini buka tiap hari Selasa hingga Kamis dan khusus hari Minggu biasanya diadakan lomba.

Terdapat dua jenis kolam pemancingan yang disediakan. Ada kolam umum yang dibuka tiap waktu operasional dan kolam galatama yang dibuka di hari tertentu saja. Ikan yang diperoleh bisa dibawa pulang dengan biaya mancing dihitung per kg.

5. Kolam Retensi Sirnaraga

kolam retensi sinaraga
jabar.anatarnews.com

Wisata pemancingan di Bandung satu ini termasuk yang populer. Meski termasuk spot memancing baru tapi tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di sini Anda bisa memancing dan memanjakan diri melakukan aktivitas yang lain contohnya menaiki pelampung.

Kolam Retensi Sirnaraga berada di lokasi strategis. Yakni tepat berada di depan TPU Sirnaraga. Tempat pemancingan ini sebenarnya merupakan rem air aliran Sungai Citepus. Akan tetapi, di samping kolam dapat digunakan untuk memancing santai.

6. Pemancingan Alam Endah

pemancingan alam endah
jabar.tribunnews.com

Tempat wisata pemancingan lainnya yang tidak kalah seru adalah Pemancingan Alam Endah. Tempat pemancingan ini berada di Kecamatan Pedalangan. Sejauh mata memandang Anda akan mendapati panorama yang hijau asri. Hal ini karena di sekitaran tempat memancing ditumbuhi pepohonan rindang yang menenangkan.

Memancing dengan tenang dan nyaman, kiranya gambaran suasana itulah yang bisa Anda dapatkan di tempat ini. Kolam pemancingan di sana berisi aneka macam ikan, sebut saja mulai dari ikan bawal, ikan patin, dan ikan mas. Besar tarif memancing di Pemancingan Alam Endah ditentukan dari hasil tangkapan ikan Anda.

7. Kolam Pemancingan Brigif 15 Kujang

kolam pemancingan brigif 15
bebeja.com

Untuk Anda yang senang memancing mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama wisata pemancingan di Bandung satu ini. Kolam Pemancingan Brigif 15 Kujang beralamat di Baros Cimahi Tengah Kota Cimahi. Di kolam pancing ini Anda berkesempatan mendapat ikan-ikan berukuran besar. Di mana salah satu tangkapan yang menjadi incaran para pemancing adalah ikan mas cirata.

Kolam pemancingan ini bukan setiap hari mulai dari pagi hari hingga petang. Ukuran kolam memang tidak terlalu besar yakni hanya 100 m x 25 m. Kolam yang masih berada di kawasan Brigif kepunyaan TNI AD ini memanfaatkan air limbah dari penduduk setempat. Meski air limbah tapi tetap aman. Pasalnya air yang dialirkan ke kolam sebelumnya diendapkan lebih dulu kemudian disaring dalam kolam dengan ukuran 50 m x 25 m.

8. Kolam Pancing Tumaninah

kolam pancing tumaninah
tigaribu.net

Rekomendasi wisata pemancingan yang tak kalah seru selanjutnya adalah Kolam Pancing Tumaninah. Kolam pemancingan ini beralamat di desa Cipageran, Cimahi Utara, Bandung. Tepatnya di Jalan Puri Cipageran Indah 1 No 82. Banyak teman mancing yang datang ke sana karena dinilai memiliki spot memancing yang menarik. 

Dijamin selalu ada banyak ikan dan tidak membosankan. Anda bisa mendapat banyak ikan dengan joran sekaligus merasakan sensasi seru mancing yang tidak terlupakan. Memancing sembari liburan di tempat ini, mengapa tidak?

9. Pemancingan Mengger

pemancingan mengger
infobdg.com

Pemancingan Mengger adalah tempat wisata pemancingan di Bandung yang cukup populer. Lokasinya mudah ditemukan yakni berada di Jalan Mengger, Bandung Selatan atau tepatnya ada di belakang Universitas Telkom. Lokasi pemancingannya bisa ditempuh dengan melalui jalanan perkampungan yang jauh dari kesan keramaian.

Untuk Anda yang gemar memancing memang tidak salah datang ke tempat ini. Isi waktu liburan Anda dengan bersabar menunggu umpan disambar ikan-ikan. Namun, pastikan Anda pandai-pandai memilih waktu ya. Karena tempat ini memang terkenal sehingga banyak dikunjungi orang.

10. Pemancingan Cipaku

pemancingan cipaku
kompasiana.com

The last but not the least, Pemancingan Cipaku menjadi spot memancing yang tak kalah membuat penasaran. Memang benar spot memancing ini berada di tempat yang sedikit nyempil tapi nyatanya banyak dicari. Tepatnya Pemancingan Cipaku beralamat di Jalan Cipaku Indah X Nomor 2-4, Ledeng, Cidadap, Bandung.

Untuk bisa menikmati keseruan memancing di Pemancingan Cipaku Anda tidak perlu membayar mahal, cukup sepuluh ribu rupiah saja. Dengan harga tersebut Anda akan mendapat alat pancing dan umpan gratis. Kolam pancing di sana lebar, bersih, dan bagus. Tak heran jika banyak pemancing datang dan datang lagi ke Pemancingan Cipaku.

Itulah 10 wisata pemancingan di Bandung yang direkomendasikan untuk Anda. Jika Anda benar-benar ngaku hobi mancing tidak ada salahnya berkunjung ke salah satu dari 10 tempat yang direkomendasikan. Memancing bersama keluarga atau sahabat tentu menambah keseruan tersendiri. Kira-kira akhir pekan nanti tempat pemancingan mana yang ingin Anda kunjungi?



Leave a Reply