8 Gelato Legendaris di Italia Wajib Coba


prita  October 12, 2022  0 Comment

Gelato legendaris di Italia tentu bisa jadi salah satu jujugan wisata kuliner yang sayang sekali untuk dilewatkan. Gelato menjadi salah satu dessert khas Italia yang memiliki cita rasa beragam dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan es krim. Meskipun gelato dan es krim dibuat dengan bahan dasar yang sama, yaitu susu, krim, gula dan telur, namun kedua hidangan oenutup ini memiliki perbedaan, lho. Selain teksturnya yang berbeda, gelato memiliki persentase lemak lebih rendag dibandingkan es krim sehingga gelato cocok untuk kamu yang lagi diet.

Berasal dari Italia, gelato menjadi salah satu kuliner yang telah mendunia selain pizza dan pasta. Kalau kamu berkunjung ke Italia, tentu saja kamu harus mencicipi langsung gelato di tempat asalnya. Nah, dimana saja kamu bisa menemukan gelato legendaris di negara ini? Berikut adalah daftarnya.

1. Palazzo del Freddo di Giovanni Fassi, Roma

Palazzo del Freddo di Giovanni Fassi
anamericaninrome.com

Gelato legendaris di Italia yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Palazzo del Freddo di Giovanni Fassi yang berada di kota Roma. Kedai gelato yang satu ini memang cukup populer dan kerap menjadi jujugan wisatawan yang liburan ke Italia untuk mencicipi gelato dengan cita rasa otentik.

Kedai gelato ini didirikan di kota Roma pada tahun 1880 dan sampai saat ini masih menjadi favorit banyak orang. Bahkan, nama Fassi telah digunakan untuk membawa gelato Italia asli mereka ke seluruh dunia, tak heran kalau kamu akan menemukan Fassi Gelato ini di Korea dan Tiongkok.

Gotravelly

JI Gelato: Restoran Gelato Pertama Di Tanah Buton

Bvgil Gelato And Friends, Cafe Gelato Nikmat Dengan Ragam Pilihan Rasa

2. Old Bridge Gelateria, Roma

Old Bridge Gelateria
cityseeker.com

Masih di kota Roma, kedai gelato legendaris di Italia selanjutnya bisa kamu temukan di jantung kota Roma, tak jauh dari Vatikan, yaitu Old Bridge Gelateria. Diketahui, kedai gelato ini sudah beroperasi lebih dari 30 tahun lalu dan sampai saat ini masih sangat populer, baik itu di kalangan masyarakat Italia maupun wisawatan.

Old Bridge Gelateria ini seolah menjadi tempat menikmati dessert paling sempurna di kota Roma karena varian rasa gelatonya cukup beragam dan pastinya bisa membuatmu ketagihan. Jika ingin mencicipi, varian rasa buah raspberry-nya tentu menjadi yang paling rekomended untuk dicoba.

3. Vivoli, Florence

Vivoli
cntraveler.com

Tak hanya di Roma, kamu akan menemukan kedai gelato legendaris di Italia selanjutnya di Kota Florence, yaitu Vivoli. Vivoli pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1929 dan disebut sebagai gelateria tertua di kota Florence.

Vivoli juga dikenal sebagai salah satu kedai gelato yang paling populer di kota tersebut karena sampai saat ini rasa gelato yang ditawarkan tetap enak dan tidak berubah. Kamu bisa mencicipi berbagai varian rasa yang ditawarkan di kedai gelato ini dan cita rasanya juga terbilang cukup unik, mulai dari rasa jeruk, jahe hingga pistachio.

4. Gelateria Pepino, Turin

Gelateria Pepino
exclusivebrandstorino.com

Gelato legendaris di Italia selanjutnya bisa kamu temukan di kota Turin. Gelati Pepino merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi gelato sejak tahun 1884, dimana tahun tersebut Mr Domenico Pepino yang berasal dari Napoli membuka kedai gelato pertamanya di jantung kota Turin ini. Kemudian, di tahun 1929 Gelateria Pepino ini dibuka dan sejak saat itu menjadi salah satu kedai gelato terbaik di Italia.

Kedai gelato ini menawarkan rasa tradisional yang sampai saat ini masih dipertahankan, yaitu Gianduja, Pepino Cream, Violet, Mint, Hazelnut, Milk Cream, Coffee, Rose dan Vermouth. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi varian rasa lainnya yang tak kalah nikmat karena kedai ini seringkali membuat varian rasa baru sehingga pengunjung tidak pernah bosan.

5. Gelateria Rossi, Milan

Gelateria Rossi
tripadvisor.com

Banyak sekali kedai gelato di Milan yang menjadi favorit wisatawan. Namun, kamu bisa menemukan salah satu kedai gelato legendaris di Italia yang cukup populer dan sering dikunjungi wisatawan, yaitu Gelateria Rossi.

Gelateria Rossi ini sudah dibuka sejak tahun 1930 dan menjadi gelateria tertua di kota Milan. Kedai ini berlokasi di kawasan yang cukup strategis sehingga banyak dikunjungi wisatawan yang tengah berlibur di kota Milan. Pelayanan di kedai ini terkenal sangat cepat dan ramah. Tak hanya itu, disini juga kamu akan menemukan berbagai varian rasa gelato yang nikmat dan pastinya bisa menyegarkan tenggorokan setelah seharian berjalan-jalan di kota Milan.

6. Gelateria Nico, Venesia

Gelateria Nico
tripadvisor.com

Gelato legendaris di Italia selanjutnya bisa kamu temukan di kota Venesia. Gelateria yang dikenal dengan logo bergaris biru putih sederhana ini telah berusia lebih dari 100 tahun dan menawarkan pemandangan tepi laut yang indah di sisi selatan pulau utama.

Gelateria ini dibuka pertama oleh Nico di tahun 1920-an yang bermimpi untuk menciptakan gelato segar dengan kualitas tinggi. Menariknya, gelato disini paling nikmat jika dinikmati dalam coppa atau gelas kaca. Kemudian diberi isian buah segar di atasnya dengan tambahan biskuit renyah.  Istimewanya lagi, gelato diisini dimakan dengan sendok khas mereka, yaitu gianduiotto klasik, yaitu sebongkah cokelat dan gelato hazelnut dengan topping tumpukan krim kocok. Waktu terbaik untuk datang ke gelateria ini adalah saat sore hari karena kamu bisa menikmati matahari terbenam bersama segelas gelato.

7. Il Gelato Mennella, Napoli

Gelato Legendaris di Italia
tripadvisor.com

Kalau kamu sedang berlibur di Napoli, ada sebuah gelato legendaris di Italia yang sudah beroperasi sejak 50 tahun lalu, yaitu Il Gelato Mennella. Kedai gelato ini dikelola oleh keluarga dan diwariskan secara turun temurun sampai saat ini.

Generasi Menella saat ini memproduksi gelato disini setiapo hari menggunakan susu lokal premium dan bahan-bahan yang berasal dari Campania dan sekitarnya. Sehingga, bisa dipastikan kalau gelato disini selalu fresh setiap hari ya.

8. Cremeria Santo Stefano, Bologna

Cremeria Santo Stefano
tripadvisor.com

Cremeria Santo Stefano menjadi salah satu kedai gelato legendaris di Italia yang wajib untuk kamu kunjungi. Berlokasi di kota Bologna, kedai ini seolah menjadi sebuah permata kecil yang mencuri perhatian pasalnya kedainya memiliki dekorasi yang cukup cantik.

Gelateria ini memiliki pajangan bunga kering dan rempah-rempah yang menambahkan elemen desain warna-warni ke etalase kuno. Pilihan rasa gelato yang ditawarkan juga cukup banyak dan kamu harus bersabar karena antrian di kedai ini cukup panjang. Namun, pelayanannya terkenal sangat cepat juga ramah.

Demikianlah daftar kedai gelato atau gelateria paling legendaris di Italia yang patut untuk kamu sambangi saat berlibur di Italia. Cukup banyak dan hampir di seluruh kota di Italia memiliki gelateria yang legendaris. Kedai gelato yang legendaris memang dikenal menawarkan rasa gelato yang lebih otentik dan pastinya bisa membuatmu ketagihan dengan ragam pilihan rasanya. Selamat berlibur.



Leave a Reply