10 Tempat Wisata di Kuching Paling Rekomended Buat Liburan


Reni  September 10, 2018  0 Comment

Berkunjung ke tempat wisata di Kuching dapat menjadi tujuan liburan Anda selanjutnya. Bila Anda sedang merencanakan alternatif perjalanan liburan baru di Malaysia, maka kota Kuching dapat menjadi kota tujuan Anda. Untuk menuju ke kota ini, selain dengan menggunakan transportasi udara, Anda dapat juga mengendarai bus dari kota Pontianak. Kota Kuching yang merupakan ibukota Serawak ini memiliki banyak tempat wisata menarik untuk menghabiskan liburan Anda dengan menyenangkan, diantaranya :

1. Fort Margherita

Fort Margherita

ilovekch.com

Fort Margherita merupakan sebuah benteng yang dibangun sejak tahun 1879 oleh Charles Brooke. Benteng ini merupakan salah satu bangunan penting yang menjadi landmark di kota Kuching. Anda dapat berwisata sekaligus menambah pengetahuan tentang sejarah saat mengunjungi Fort Margherita. Nama Margherita sendiri berasal dari nama istri Charles Brooke yaitu Margaret Alice Lili de Windt. Setelah berkunjung ke Fort Margherita ini Anda dapat juga langsung melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Masjid Agung Kuching atau ke Main Bazaar untuk berbelanja oleh – oleh dengan naik perahu dan menyeberangi sungai Sarawak selama 10 menit. Bagi Anda yang tidak ingin naik perahu, Anda dapat naik taksi dengan waktu tempuh lebih lama yaitu sekitar 20 menit.

review kuliner

Menikmati Pemandangan Dari Sky Bridge Fenomenal Pulau Langkawi

2. Masjid Agung Kuching

Masjid Agung Kuching

bujangmasjid.blogspot.com

Malaysia memiliki kultur yang mirip dengan Indonesia, termasuk penduduknya yang sebagian besar menjadi pemeluk agama Islam. Untuk menemukan masjid di kota ini, Anda tidak akan kesulitan. Bagi Anda yang ingin melakukan wisata religi, Masjid Agung Kuching dapat menjadi pilihan yang menarik. Masjid Agung Kuching merupakan masjid agung lama yang sudah berdiri sejak tahun 1852. Meski sudah merupakan salah satu masjid paling tua, Masjid Agung Kuching memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya adala ribuan nisan kuno yang tersebar di halaman masjid yang merupakan lokasi perkuburan lama masyarakat di Kampong Air. Masjid Agung Kuching memiliki luas sekitar 4 hektar dengan daya tamping hingga 4000 orang jamaah. Bila Anda berjalan ke bagian belakang masjid, Anda dapat langsung melihat pemandangan sungai Sarawak.

3. Cat Museum

Cat Museum

zeotrip.com

Bila Anda merupakan pecinta kucing, tempat wisata di Kuching yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Cat Museum ini sudah berdiri sejak 1993 dengan luas 1.035 meter persegi yang terletak di bukit Siol. Di dalamnya ada koleksi lebih dari 4 ribu benda yang berhubungan dengan kucing. Salah satu yang menarik di sini adalah adanya mumi kucing Mesir. Ada pula koleksi tokoh kartun kucing, mulai dari Hello Kitty hingga Garfield. Di sini pengunjung juga diperbolehkan untuk melihat proses pembuatan perangko dan kartu pos, hingga pembuatan berbagai benda lain yang seluruhnya bertema kucing

4. Kuching Orchid Garden

Kuching Orchid Garden

mysarawak2.blogspot.com

Kuching Orchid Garden menjadi salah satu daya tarik wisata di kota Kuching. Tempat ini merupakan taman kota dengan berbagai macam bunga anggrek yang memiliki banyak koleksi yang terdiri atas lebih dari 112 spesies anggrek dengan jumlah tanaman mencapai 79 ribu. Sebagian besar koleksi anggrek di dalamnya merupakan spesies Borneo. Salah satu anggrek Borneo yang paling terkenal adalah Lady Slipper. Bila Anda penggemar atau pengoleksi tanaman anggrek, Anda tentunya tidak boleh melewatkan mengunjungi tempat wisata satu ini.

5. Chinatown

Chinatown

livingnomads.com

Chinatown merupakan salah satu tempat wisata di kota Kuching yang selalu ramai wisatawan. Anda tidak boleh melewatkan berkunjung ke sini saat berlibur di kota Kuching. Selain karena kelenteng – kelenteng yang kental dengan nuansa oriental, tetapi Chinatown juga memiliki daya tarik lain seperti barang – barang dengan harga murah, banyaknya penginapan / budget hotel hingga resto kaki lima dengan harga terjangkau. Untuk memasuki area Chinatown di kota Kuching ini ada dua gerbang masuk yang dapat Anda akses, yaitu di Jala Padungan dan di dekat Carpenter Street.

6. Gunung Mulu

Gunung Mulu

trip101.com

Gunung Mulu merupakan tempat wisata rekomended di Kuching selanjutnya. Gunung Mulu yang memiliki struktur pegunungan yang mirip dengan pengunungan Indonesia ini memiliki beberapa lokasi wisata menarik seperti gua dan formasi batu kapur yang indah. Bagi Anda yang menyukai berwisata di alam dan melakukan trekking di gunung, gunung Mulu dapat menjadi pilihan. Di sini juga ada objek wisata bukit Lambir yang memiliki air terjun dan berbagai satwa liar yang ekosistemnya dijaga dengan ketat. Lokasi gunung Malu juga sering menjadi lokasi kegiatan lintas alam bagi para pelajar.

7. Sarawak Old Museum

Sarawak Old Museum

CLADglobal.com

Sarawak Old Museum menjadi museum yang cukup tua di kota Kuching. Museum ini sudah dibangun sejak tahun 1891 dan masih terjaga hingga sekarang. Berwisata di museum dapat menjadi pilihan menghabiskan liburan Anda di Kuching. Museum ini memiliki banyak koleksi artefak hingga kerajinan tangan khas dari kota ini. Lantai dasar museum memiliki koleksi replika bermacam fauna, dari reptile, burung, hingga mamalia. Pada lantai satu menampilkan koleksi alat musik tradisional dan berbagai kerajinan tangan. Ada pula koleksi berbagai model perahu yang sering digunakan di Kuching. Jadi selain berwisata, juga dapat menambah pengetahuan di Sarawak Old Museum ini.

8. The Esplanade Kuching

The Esplanade Kuching

kimtojin.wordpress.com

Kota Kuching juga memiliki tempat wisata menarik yang letaknya di perairan yang dikenal dengan The Esplanade Kuching. Tempat wisata ini terletak di pusat kota Limbang, Malaysia, tepatnya berada di tepi sungai Sarawak. The Esplanade ramai dikunjungi saat sore, karena lingkungan sekitarnya tertata rapi menuju ke arah matahari terbenam sehingga pemandangan sunset di sini merupakan salah satu yang paling indah. Untuk mencapai area The Esplanade, Anda harus menyewa perahu kecil untuk menyeberangi sungai. Menikmati suasana sore hari di tepi sungai Sarawak dengan pemandangan sunset yang indah dapat menjadi pengalaman liburan baru untuk Anda.

9. Tua Pek Kong Temple

Tua Pek Kong Temple

cavinteo.blogspot.com

Tua Pek Kong Temple adalah kuil tertua yang ada di kota Kuching yang masih terawat hingga sekarang. Kuil tua ini berada di Jalan Abdul Rahman di kawasan Chinatown yang merupakan kawasan wisata religi yang cukup instagenic. Anda dapat dengan bebas memotret berbagai objek menarik di tempat ini. Bila Anda berkunjung ke kota Kuching, jangan lupa untuk menyempatkan mampur ke Tua Pek Kong Temple untuk pengalaman wisata yang lain dari biasanya.

10. Pantai Damai Santubong

Pantai Damai Santubong

dayuyuna.blogspot.com

Bila Anda ingin mengunjungi wisata alam di kota Kuching, Anda dapat berkunjung ke pantai Damai Santubong. Pantai ini merupakan salah satu tempat terbaik bagi Anda yang ingin bersantai di dekat laut. Pantai Damai Santubong memiliki pasit berwarna putih dengan pemandangan sekitar yang tidak kalah indah. Pantai ini juga banyak dijadikan tempat wisata oleh wisatawan karena merupakan tempat wisata cukup lengkap, di mana memiliki berbagai fasilitas penunjang seperti café, restoran, hingga penginapan yang ada di sekitar pantai. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Kuching yang memiliki pemandangan alam paling indah dan menyenangkan.



Leave a Reply