11 Roti Khas Italia Rasanya Delizioso!


prita  August 15, 2022  0 Comment

Roti khas Italia menjadi salah satu kuliner khas yang wajib untuk dicoba saat berkunjung kesana. Roti Italia memang mempunyai benyak bentuk dan nama yang beragam, hal tersebut karena penyajian setiap rotinya berbeda. Biasanya di Italia roti disajikan dengan cara diiris, diberi topping atau isian yang nikmat. Tak heran, jika kamu singgah di restoran Italia, kamu akan disuguhi dengan sajian roti yang nikmat.

Ternyata, hal tersebut merupakan cara agar pengunjung tidak merasa bosan saat menunggu hidangan utama. Selain itu, sajian roti juga bisa menahan rasa lapar pengunjung. Nah, jika kamu penasaran apa saja jenis roti Italia yang enak, berikut ini adalah daftarnya.

Roti Khas Italia

1. Bisciola

Bisciola
cookist.it

Roti khas Italia yang pertama wajib untuk kamu coba adalah bisciola. Bisciola merupakan makanan penutup khas Valtellina yang merupakan sebuah lembah di wilayah Lombardy yang berbatasan dengan Swiss.

Bisciola merupakan roti yang berisikan buah kering, seperti ara dan kismis, kacang-kacangan yang berupa kenari, hazelnut atau kacang pinus dan dibuat dengen mentega dan telur. Mungkin biciola bukan menjadi salah satu jenis roti yang cocok dinikmati saat diet, namun roti ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan roti buah yang lezat.

Gotravelly

Subway Hadir Lagi Di Indonesia, Restoran Sandwich Yang Sering Muncul Di Adegan Drama Korea!

Ice Cream Pak Ateng Kuliner Legendaris Yang Populer Di Blitar

2. Biscotti

Biscotti
sugarspunrun.com

Bisa dibilang, posisi roti khas Italia yang satu ini agak membingungkan karena secara tekniks biscotti ini masuk dalam jenis biskuit. Bicotti merupakan biskuit almond Italia yang berasal dari Kota Prato di Tuscany.

Baca juga :  11 Makanan Khas Jawa Barat Ini Enak Banget Rekomended

Biscotti merupakan roti yang terbuat dari tepung, telur, gula, kacang pinus serta almond yang tidak dipanggang maupun dikuliti. Resep tradisional untuk membuat roti ini biasanya tidak menggunakan ragi atau lemak dan dimasak dua kali.

3. Friselle

Friselle
greatitalianchefs.com

Roti khas Italia yang memiliki cita rasa tak kalah nikmat berikutnya adalah friselle. Friselle merupakan jenis roti biscotti yang diproses dengan dua kali panggang. Roti ini berasal dari daerah di Puglia.

Roti ini memiliki ukuran kecil dan dipanggang setengah matang kemudian dikeluarkan dari oven dan dibelah dua. Selanjutnya, dipanggang lagi hingga keras dan kering. Tekstur friselle lebih seperti cracker dan tahan lama. Biasanya friselle ini direndam dalam air atau diberi siraman minyak zaitun serta diberi tambahan tomat untuk dijadikan makanan berat.

4. Pane Carasau

Pane Carasau
buonissimo.it

Pane Carasau merupakan roti pipih bulat yang bentuknya lembaran dengan tebal kurang dari satu milimeter sehingga tampak seperti kertas. Lapisan roti ini memiliki diameter sekitar 40 sentimeter yang kemudian dipotong menjadi empat bagian dalam ukuran besar bentuk segitiga.

Roti khas Italia yang satu ini juga sering dikenal dengan sebutan carta musica atau kertas musik, hal ini karena bunyi roti saat dikunyah yang terdengar seperti suara kertas. Roti ini memiliki cita rasa yang netral dan menjadi pas untuk disantap dengan semua makanan. Carasau ini juga cocok untuk dipilih menjadi bahan alternatif saat akan membuat lasagna yang berbeda.

5. Pane Casareccio

Pane Casareccio
agrodolce.it

Roti khas Italia yang satu ini mungkin menjadi roti yang paling umum ditemukan, yaitu pane casareccio. Umumnya, orang Italia membeli roti ini dalam bentuk setengah atau satu roti utuh dari toko roti. Bahkan, kamu bisa memilih roti asin, tawar, gandum durum, gandum utuh, roti sereal hingga jenis lainnya.

Baca juga :  10 Makanan Khas Kashmir, Aroma Dan Rasanya Bikin Lidah Bahagia

Pane Casareccio ini menjadi jenis roti yang paling sempurna untuk dicelupkan dalam sup sayuran merupun diiris kemudian diberi taburan atau potongan keju. Kulit roti ini merupakan keistimewaannya karena roti ini memiliki kulit yang keras juga renyah, namun tetap lembut di bagian dalamnya.

6. Panettone

Roti Khas Italia
biancolievito.com

Selain Pane Casareccio, Panettone merupakan roti khas Italia yang tak kalah terkenal. Panettone merupakan jenis roti manis khas Italia yang berasal dari Milan dan roti ini biasa disajikan saat liburan Natal.

Panettone dapat dijumpai dalam beragamvariasi, sementara untuk panettone terdiri dari manisan jeruk, lemon zest, citron dan ada yang plain maupun diberi cokelat. Tak hanya rotinya yang tersedia dalam berbagai macam versi, tapi juga cara menikmatinya. Roti ini biasanya disajikan dalam bentuk irisan serta ditemani minuman panas. Namun, di sebagian wilayah Italia lainnya, roti ini dinikmati dengan tambahan crema di mascarpone.

7. Borlengo

Borlengo
lacucinaitaliana.com

Roti khas Italia yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah Borlengo. Borlengo merupakan roti yang tipis dan mirip dengan crepe. Jenis roti ini bisa dijumpai di beberapa daerah di Italia, seperti Modena yang dekat dengan Bologna.

Borlengo termasuk dalam roti cucina povera, artinya dapur yang miskin karena hanya berbahan air dan tepung. Hal tersebut karena roti ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan saat pengepungan Kastil Monteballaro yang terjadi di tahun 1200an.

8. Tigella

Tigella
tortelliniandco.com

Tigella merupakan salah satu jenis roti khas Italia yang tak kalah unik karena memiliki bentuk cakram. Tekstur di bagian luarnya renyah sedangkan di bagian dalamnya lembut. roti ini dipanggang menggunakan cetakan tanah liat khusus.

Biasanya, roti ini diberi olesan yang dibuat dari lardo, bawang putih, rosemary serta keju Parmigiano-Reggiano. Sering kali, cetakan mempunyai simbol dekoratid pada kedua sisinya. Simbol ini akan timbul saat roti dipanggang.

Baca juga :  6 Kuliner Khas Balangan Rasanya Nendang!

9. Ciabatta

Ciabatta
cookpad.com

Roti khas Italia yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah ciabatta. Ciabatta merupakan roti yang cukup populer secara internasional dan dibuat oleh seorang pembuat roti di Verona pada tahun 1982.

Jika kamu pernah mencicipi panini, panini tradisional khas Italia adalah sandwich yang dipanggang dan dibuat dari roti ciabatta yang kecil. Ciabatta sendiri disebut memiliki kemiripian dengan baguette khas Perancis. Padahal, kedua roti ini memiliki perbedaan saat dicium dan dicicipi rasanya.  Produksi ciabatta pertama terjadi di tahun 1982 dan dibuat oleh Arnaldo Cavallari. Ia menamakan roti ini ciabatta polesana karena diambil dari nama Polesine, yaitu daerah tempat ia tinggal. Jika kamu ingin mecicipi ciabatta dengan nama khusus, maka kamu wajib mencoba ciabatta al latte, yaitu variasa ciabatta yang resepnya menggunakan susu.

10. Schiacciata

Schiacciata
monterinaldi.it

Schiacciata merupakan salah satu roti khas Italia yang diproduksi di daerah Tuscany dan Umbria. Roti ini dibuat dari tepung, ragi, minyak zaitun, gula dan bir.

Schiacciata memiliki arti kata ditekan. Disebut demikian karena pada proses pembuatannya adonan ditekan dengan jari saat dimasukkan ke dalam loyang atau wajan. Roti ini memiliki tekstur yang renyah, namun lembut dan moist. Topping apapun bisa digunakan untuk roti ini. Kamu bisa menambahkan tomat, keju, bawang putih hingga oregano.

11. Focaccia

Focaccia
cookidoo.international

Roti khas Italia yang terakhir adalah focaccia. Focaccia ini merupakan salah satu roti yang paling banyak digemari dan seringkali diberikan rasa dengan bumbu.

Nama focaccia ini berasal dari bahasa Laitn dan memiliki arti perapian. Jika dipanggang dengan benar, akan muncul bintik-bintik pada roti ini. Dalam proses pemanggangan dengan cara Romawi asli, roti ini dimasak di bara perapian.



Leave a Reply