Yuk Bun, Ajakin Si Kecil Liburan Ke 5 Wisata Edukasi di Jakarta


Fida  August 20, 2022  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Saat berlibur bersama keluarga maupun anak anak, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mengunjungi wisata edukasi. Selain dapat melepas penat, pengunjung tentu akan disuguhkan dengan banyak pengetahuan, informasi, serta hal baru. Di Jakarta, ada cukup banyak pilihan wisata edukasi yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Tidak perlu bingung, inilah daftar 5 rekomendasi wisata edukasi di Jakarta yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Kidzania Jakarta

Wisata Edukasi di Jakarta
niaharyanto.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Kidzania bukan? Kidzania merupakan salah satu wisata edukasi di Jakarta yang populer dan bisa kamu datangi. Tidak hanya di Jakarta, Kidzania juga dapat kamu jumpai di kota lainnya seperti Surabaya.

Tempat yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai wisata edukasi karena di Kidzania, anak anak bisa bermain sambil belajar. Kidzania jug memberikan kesempatan bagi anak anak untuk mencoba berbagai aktivitas dan peran diantaranya menjadi teller dan customer service di Bank Kidzania, menjadi penata rambut dan ahli kecantikan di Salon Kidzania, dan mencoba aktivitas lainnya di Baking Center, Bread House, Chocolate Factory, Car Dealer, Burger Shop, Dental Clinic, Fire Station, dan masih banyak lagi.

Selain dapat mencoba berbagai peran, anak anak juga akan diberikan kostum dan pakaian sesuai peran yang sedang dilakukan. Salah satu contohnya adalah saat beraktivitas di Fire Station, anak anak akan mengenakan pakaian seperti petugas pemadam kebakaran. Seru sekali ya?

Untuk datang dan menikmati berbagai aktivitas seru di Kidzania, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk mulai dari Rp 235.000,- per setengah hari untuk anak anak dan Rp 205.000,- per setengah hari untuk orang dewasa. Kidzania Jakarta dapat kamu kunjungi di Mall Pacific Place, jalan Jendral Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Gotravelly

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

Museum Macan: Museum Yang Masuk Dalam World Greatest Place 2018

2. Taman Mini Indonesia Indah

taman mini indonesia indah
travel.kompas.com

Saat berbicara tentang wisata edukasi di Jakarta, beberapa dari kamu tentu akan terlintas untuk menunjungi Taman Mini Indonesia Indah atau yang bisa disingkat dengan TMII bukan? TMII menawarkan area yang luas dan dilengkapi dengan berbagai informasi sehingga pengunjung tidak hanya dapat berwisata, tetapi juga dapat mengedukasi anak anak.

Di Taman Mini Indonesia Indah, pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya pengetahuan seperti ilmu sains, ilmu sosial, serta ilmu biologi dan kebudayaan. Pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya rumah adat dari berbagai daerah, hingga karya seni yang akan membuatmu kagum dan terpukau. Rumah adat yang disuguhkan sangatlah beragam dan berasal dari berbagai daerah seperti Kalimantan, Bali, Sulawesi, dan masih banyak lagi. Selain menikmati megah dan uniknya rumah adat, pengunjung juga sekaligus dapat mengetahui pakaian adat dari masing masing daerah. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengetahui sejarah dari daerah tersebut dengan bertanya ke setiap penjaga rumah adat. Seru sekali, ya?

Pengunjung dapat berwisata sekaligus mengetahui banyak hal di Taman Mini Indonesia Indah. Untuk masuk dan menyusurinya, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000,- per orang. Kamu dapat menghabiskan waktu berlibur sekaligus mengedukasi anak anak di Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

3. Sea World Ancol

sea world ancol
travel.kompas.com

Ingin mengunjungi salah satu wisata edukasi di Jakata? Sea World Ancol menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Sea World Ancol dikenal sebagai salah satu destinasi wsiata yang cocok dikunjungi sebagai sarana pendidikan, konservasi, dan juga hiburan. Di Sea World Ancol, pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya biota alam.

Sea World Ancol menyuguhkan sekitar 11.500 ekor biota ait laut dan 7.300 ekor biota air tawar. Menarik sekali bukan? Pengunjung tidak hanya dapat menjumpai ikan, tetapi juga beberapa hewan reptil. Selain menikmati keindahannya, pengunjung juga akan mendapat banyak pengetahuan serta hal baru di Sea World Ancol. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di kawasan Jalan Lodan Timur, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Untuk menyusuri salah satu wisata edukasi di Jakarta ini, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 110.000,- per orang untuk weekday dan Rp 130.000,- per orang untuk weekend. Selain dapat mengetahui banyak hal baru, mengunjungi Sea World Ancol juga dapat menjadikan liburanmu semakin berkesan.

Pengunjung dapat mencoba berfoto dengan berbagai biota yang disuguhkan. Tidak hanya itu, pengunjung juga diperkenankan untuk mencoba sensasi fun diving dengan biaya tiket sekitar Rp 650.000,- per orang. Tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur di Sea World Ancol?

4. Kebun Binatang Ragunan

kebun binatang ragunan
travel.detik.com

Kebun binatang memang dikenal sebagai destinasi wisata sekaligus tempat edukasi yang disukai oleh anak anak. Kebun Binatang Ragunan juga menjadi salah satu wisata edukasi di Jakarta yang cocok dipilih sebagai tujuan berlibur bersama keluarga. Sesuai dengan namanya, di tempat ini pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya hewan atau binatang.

Kebun Binatang Ragunan dapat kamu kunjungi di kawasan Ragunan, Pasari Minggu, Jakarta Selatan. Untuk masuk dan menikmati luasnya area kebun binatang, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk terlebih dahulu. Kamu tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk yang ditawarkan sangatlah terjangkau. Anak anak dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000,- per orang, sedangkan untuk orang dewasa dikenakan Rp 4.000,- per orang.

Beberapa hewan yang dapat kamu jumpai di Kebun Binatang Ragunan diantaranya tapir, singa, harimau sumatra, harimau putih, babirusa, dan beberapa hewan reptil lainnya seperti ular, kura kura, komodo, king kobra, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga dapat melihat berbagai jenis burung hingga ikan. Lengkap sekali, ya?

Kebun Binatang Ragunan juga menawarkan berbagai aktivitas seru yang dapat dicoba seperti menunggangi kuda, menaiki gajah, menaiki unta, menyewa sepeda, hingga melihat pertunjukan atau atraksi hewan. Menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak anak di Kebun Binatang Ragunan ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

5. Museum Wayang

museum wayang
travel.detik.com

Selain mengunjungi kebun binatang, kamu juga dapat datang ke Museum Wayang yang juga merupakan salah satu wisata edukasi di Jakarta. Sesuai dengan namanya, museum yang satu ini menampilkan banyak wayang seperti wayang kulit, wayang janur, wayang rumput, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dari Indonesia, kamu juga dapat menikmati suguhan wayang yang berasal dari berbagai negara seperti dari Kamboja hingga Republik Rakyat Tiongkok. Pengunjung dapat berwisata sekaligus mengetahui banyak hal baru saat datang ke Museum Wayang. Salah satu wisata edukasi di Jakarta ini dapat kamu kunjungi di Jalan Pintu Besar Utara No 27, Pinangsia, Jakarta Barat.

Nah, itulah daftar beberapa tempat wisata edukasi di Jakarta yang bisa kamu datangi. Menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak anak di salah satu tempat di atas tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.



Leave a Reply