10 Kota Tua di Jerman Nan Cantik Bikin Betah jalan jalan seharian


prita  April 4, 2021  0 Comment

Jerman merupakan salah satu Negara di Benua Eropa yang cukup menarik banyak wisatawan dari berbagai Negara. Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Jerman, tentunya kamu akan menemukan banyak kota yang menarik dengan sejumlah bangunan bersejarah. Mulai dari galeri seni, museum restoran hingga bar yang asyik untuk dijelajahi. Nah, jika kamu berencana untuk liburan ke Jerman dan ingin menikmati suasana tempo dulu yang kental, Berikut ini adalah daftar Kota Tua di Jerman

1. Freiburg

Freiburg
theculturetrip.com

Kota tua cantik di Jerman pertama yang wajib dikunjungi adalah Freiburg. Freiburg merupakan sebuah kota yang berada di ujung barat daya Jerman dan menjadi salah satu kota pelajar tertua di Jerman.

Kota Freiburg dibangun pada abad ke-12 dan berkembang menjadi pusat perdagangan, intelektual dan religi di kawasan Rhein Hulu. Kota ini sangat terkenal dengan perguruan tinggi tertuanya dan katedral peninggalan abad pertengahan. Karena lokasinya diantara perbukitan Kaiserstuhl dan Black Forest, kamu akan menemukan sungai-sungai kecil di kota ini yang tampat seperto got dengan air jernih. Menurut legenda, jika kamu sekali melangkahkan kaki ke dalam sungai tersebut, kamu pasti akan menikahi orang asal Freiburg.

Review kuliner

Wisata Murah Meriah Danau Alam Jaya

AADK (Ada Apa Dengan Kopi) Coffe And Eatery

2. Lübeck

Lübeck
bbmri-eric.eu

Lübeck juga menjadi salah satu kota tua cantik di Jerman yang layak untuk kamu kunjungi. Kota Lübeck merupakan kota pelabuhan terbesar Jerman di Laut Baltik yang memiliki warisan arsitektur Gothik, tak heran jika kota ini masuk dalam daftar situs warisan dunia.

Lübeck memiliki bagian kota tua yang berada di dekat Sungai Trave. Jika kamu berjalan-jalan di sepanjang kota tuanya, kamu bisa merasakan udara khas laut yang sangat segar. Tak hanya itu, kamu juga akan siduguhi sejumlah bangunan yang menunjukkan kejayaan masa itu. Terdapat sekitar 1.800 bangunan yang dikategorikan monument bersejarah di kota Lübeck.

3. Fritzlar

Fritzlar
flyingthenest.tv

Kota tua cantik di Jerman yang tak kalah populer selanjutnya adalah Fritzlar. Fritzlar merupakan sebuah kota kecil yang berada di distrik Schwalm-Eder di utara Hesse.

Kota ini memiliki pusat abad pertengahan yang dikelilingi oleh menara penampungan, salah satunya adalah Grauer Turm, yaitu sebuah menara pertahanan perkotaan tertinggi yang tersisa di Jerman. Banyak sekali rumah di kawasan pusat kota, terutama di sekitar alun-alun yang berasal dari abad ke-15 sampai abak ke-17 yang masih terpelihara dengan baik sampai saat ini. Fritzlar juga didominasi oleh Gereja Romawi-Gothik yang sangat megah dan masih berdiri kokoh dari abad ke-14 sampai saat ini.

4. Quedlinburg

Quedlinburg
bulgarianonthego.blog

Jika berbicara soal kota tua cantik di Jerman, Quedlinburg tentu wajib masuk dalam daftar. Kota yang berada di Jerman bagian tengah ini juga telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1994.

Kota yang berada di Sungai Bode ini berada di Negara bagian Sachen-Anhalt. Kota ini memiliki sekitar 1.200 rumah tradisional dengan kerangka kayu khas Jerman yang dibangun pada aband ke-6. Jalanan di kota Quedlinburg ini juga dilapisi dengan batu sehingga nuansa kunonya sangat terasa.

5. Passau

Passau
velvetescape.com

Passau juga masuk dalam daftar kota tua cantik di Jerman yang sayang untuk dilewatkan. Passau merupakan sebuah kota di Lower Bavaria dan mendapat julan sebagai City of Three Rivers. Hal ini karena Danube bergabung di Passau oleh Inn dari selatan dan Ilz dari utara.

Sungai Ilz, Inn dan Danube bertemu di Passau dan mengelilingi bagian kota bergaya Barok yang telah berdiri sejak abad ke-17. Passau memiliki banyak gereja dan biara, salah satunya adalah Katedral St. Stephen.

6. Heidelberg

Heidelberg
hecrazytourist.com

Kota tua cantik di Jerman yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Heidelberg. Heidelberg berada di tepi Sungai Neckar dan sangat terkenal dengan kastil, kota tua dan universitas tua yang sangat terkenal di dunia.

Sejak abad ke-19, kota ini sudah banyak menarik perhatian banyak orang. Hal ini karena lokasinya yang berada di tepi Sungai Neckar, kemudian ada sebuah jembatan tua, istana dan kota tua yang tak kalah menarik untuk disinggahi. Sampai saat ini, Heidelberg juga masih sangat menarik untuk dikunjungi dan mampu menarik jutaan turis untuk datang setiap tahunnya.

7. Bamberg

Bamberg
theculturetrip.com

Kota tua cantik di Jerman yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Bamberg. Bamberg berada di tepi Sungai Regnitz yang juga dekat dengan pertemuan ke Sungai Main.

Bamberg merupakan salah satu kota yang tidak hancur saat Perang Dunia II karena terdapat artileri yang mencegah pesawat tempur mendekati kota ini. Jantung kota Bamberg berada di balai kotanya. Balai kota Bamberg ini didirikan disebuah pulau buatan diatas Sungai Regnitz dan dulunya menjadi perbatasan Antara pemukiman uskup dan kota yang dihuni oleh orang biasa. Nama Bamberg sendiri berasal dari nama wangsa Babenberg.

8. Görlitz

Görlitz
earthtrekkers.com

Görlitz merupakan sebuah kota kota di Jerman yang berada di tepi Sungai Neisse. Kota yang berada di Negara bagian Sachen ini terbelah sejak perbatasan Jerman dan Polandia diperbaharui setelah Perang Dunia II.

Görlitz menjadi kota yang berada di sisi paling timur Jerman yang terdapat bangunan-bangunan tua bergaya Renaissance, Gotik dan Barok. Ketiga gaya bangunan tersebut bisa kamu temukan bersebelahan di kota yang berada di perbatasan timur Jerman. Karena keindahannya, Görlitz kerap digunakan sebagai latar untuk pembuatan sejumlah film Hollywood.

9. Rothernburg ob der Tauber

Rothernburg ob der Tauber
holidaystoeurope.com.au

Rothernburg ob der Tauber juga menjadi salah satu kota tua cantik di Jerman yang wajib kamu kunjungi. Kota ini berada di distrik Ansbach, Bayern dan memiliki luas sebesar 41.45 kilometer persegi.

Rothernburg ob der Tauber sangat terkenal akan kota lamanya yang masih terjaga dengan baik. Pada abad pertengahan, kota ini merupakan kota bebas kerajaan. Disini kamu bisa temukan jalanan sempit berbatu yang diapit oleh rumah-rumah tradisional. Sebagian besar pusat kota dari abad pertengahan masih kokoh berdiri dan dikelilingi oleh tembok pertahanan.

10. Wismar

kota tua di Jerman
itinari.com

Kota tua cantik di Jerman terakhir adalah Wismar. Wismar merupakan sebuah kota yang berada di tepi Laut Baltik dan berada di Negara bagian Mecklenburg-Vorpommern.

Wismar memiliki persamaan dengan kota Lübeck, karena keduanya sama-sama berdiri sejak abad ke-12 dan masuk dalam kota perdagangan. Kedua kota ini juga berhubungan dengan laut dan masuk dalam Situs Warisan Budaya UNESCO. Wismar memiliki sejumlah daya Tarik sederet bangunan tua, seperti tiga buah katedral, pelabuhan dan pasar dengan bangunan tua terbuat dari bata merah.

Demikianlah 10 kota tua cantik di Jerman yang tak boleh kamu lewatkan saat liburan kesana. Kalau kamu pecinta kota tua, tak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu dari kota wisata tersebut. Selamat berlibur.



Leave a Reply