10 Tempat Wisata di Sumatera Utara Yang Jarang Diketahui


sisil angelin  August 9, 2018  0 Comment

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi di pulau Sumatera yang memiliki luas sekitar72.981,23 km2. Dengan ibu kota Medan, provinsi yang didiami setidaknya ada tujuh suku yang mencangkup suku Jawa, Batak, Tionghoa, Melayu, Nias, Banjar dan Minangkabau ini memiliki ragam budaya dan bahasa yang sangat unik serta menarik untuk dieksplorasi lebih jauh. Kaitannya akan hal ini, di provinsi tersebut juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menariknya dan tempat wisata di Sumatera Utara ini bisa Kamu jadikan sebagai destinasi wisata di akhir pekan.

Untuk Kamu yang sedang ingin berjalan-jalan ke Sumatera Utara, berikut ini referensi tempat wisata di Sumatera Utara yang bisa dijadikan sebagai pilihan demi sebuah liburan yang berkesan. Meskipun tempat wisata ini bisa dibilang jarang diketahui oleh orang, namun keindahan alamnya sangat menakjubkan dan pastinya wajib Kamu eksplorasi lebih mendalam.

1. Air Terjun Sigura – Gura

Air Terjun Sigura – Gura

pardisinaga.com

Memiliki ketinggian sekitar 250 meter, tempat wisata di Sumatera Utara yang selanjutnya dikenal dengan sebutan Air Terjun Sigura – Gura ini memiliki sumber air yang berasal dari Sungai Asahan dengan bagian hulunya ada di Danau Toba. Tidak mengherankan jika air terjun ini memiliki arus yang sangat deras. Beberapa aktivitas yang bisa Kamu lakukan selama berlibur di air terjun yang tertinggi di Indonesia ini adalah berenang ataupun rafting.

review kuliner

Selasar Sunaryo Art Space

Liburan Keluarga Hits Di Ruang Publik Bandung , Teras Cikapundung!

Baca juga :  10 Pantai Terkenal di Italia dengan Air Laut Sebening Kristal

2. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

KSMTour.com

Berlokasi di kaki gunung kapur, tempat wisata di Sumatera Utara yang dikenal dengan sebutan Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini merupakan tempat wisata air panas dengan suhu yang mencapai 90 derajat. Untuk menikmati keindahan alam di lokasi wisata ini, Kamu bisa meluncur ke Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungan.
Untuk Kamu yang memang berencana berkunjung ke tempat wisata di Sumatera Utara ini, pastikan selalu membawa bekal, sebab belum tentu di lokasi wisata tersebut Kamu akan menjumpai tempat untuk membeli makanan. Sembari makan, Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya.

3. Air Terjun Sipiso – Piso

Air Terjun Sipiso – Piso

Pegipegi.com

Kembali lagi dengan air terjun di Sumatera Utara. Sebuah tempat wisata di Sumatera Utara yang dinamakan Air Terjun Sipiso – Piso ini terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo dan bisa ditempuh selama 2 jam dari Kebanjahe yang merupakan ibu kota Karo. Untuk mencapai dan menikmati keindahan air terjun tersebut, Kamu perlu menuruni anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 100 buah. Meskipun jauh, lelahmu akan terbayarkan dengan keindahan alam yang luar biasa menariknya.

4. Danau Linting

Danau Linting

enjoymedan.com

Salah satu keunikan tempat wisata di Sumatera Utara danau Linting ini terdapat pada air danaunya yang cenderung panas. Bagi Kamu yang penasaran dengan danau panas ini, Kamu bisa menuju ke desa Gunung Manumpak, serta desa Durian IV Mbelang yang mana lokasi wilayah ini ada di kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deliserdang. Perlu diperhatikan jika danau ini memiliki kedalaman kurang lebih 100 m, sehingga Kamu wajib untuk berhati – hati.
Keunikan lain yang bisa Kamu lihat dari tempat wisata di Sumatera Utara ini adalah air danaunya yang berwarna hijau tosca sebagai dampak adanya kandungan belerang di dalam air danau. Jika Kamu penasaran dengan pesona indah wisata tersebut, Kamu harus menempuh waktu setidaknya 2 jam dari Medan dengan kondisi jalan yang sungguh memprihatinkan.

Baca juga :  7 Wisata Pemandian Alami di Malang Segarkan Mata dan Jiwa

5. Pulau Nias

Pulau Nias

.fotografermedan.ne

Pulau Nias adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara dengan pesona alam dan budayanya yang sangat unik serta menarik. Ketika Kamu singgah di pulau Nias ini, Kamu akan menemukan sebuah budaya melompat batu dengan ketinggian 2 meter yang dilakukan oleh beberapa orang dengan maksud tertentu. Selain itu, di lokasi wisata ini juga memiliki pantai yang sangat cocok untuk aktivitas surfing dan pastinya juga sangat terkenal.

6. Istana Maimun

Istana Maimun

Pegipegi.com

Dikenal sebagai peninggalan dari kerajaan Deli, tempat wisata di Sumatera Utara yang disebut sebagai istana Maimun ini dibangun di atas lahan seluas 2,700 m2 dengan mengusung desain Melayu yang sangat kental. Ketika Kamu singgah di tempat wisata ini, banyak sekali peninggalan sejarah, mulai dari foto, perabotan hingga senjata yang dulu sempat digunakan untuk keperluan tertentu. Jangan sampai melewatkan untuk melihat singgasana Raja.

7. Kampung Madras atau Kampung Keling

Kampung Keling

id.wikipedia.org

Lokasinya ada diantara Medan Petisah dan juga Medan Polonia, tempat wisata yang sangat kental dengan nilai sejarah dan tradisinya ini pada awalnya dipenuhi oleh mereka yang notabene kaum India. Saat ini, banyak kaum Tionghoa yang menetap di tempat wisata di Sumatera Utara tersebut, sehingga banyak sekali ditemukan vihara. Menariknya lagi, di kampung ini juga terdapat vihara tertua yang dikenal dengan Sri Mariamman dan juga Vihara Gunung Kidul.

8. Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie

KSMTour.com

Sebuah peninggalan orang kebangsaan Tionghoa pada tahun 1926, tempat wisata di Sumatera Utara yaitu Rumah Tjong A Fie ini bisa Kamu jadikan sebagai referensi liburan akhir pekan. Dianggap sebagai peninggalan dari Tjong A Fie yang merupakak sosok dermawan, Kamu bisa menikmati bangunan khas Sumatera Utara yang sangat kental dengan budayanya.
Uniknya lagi, sosok Tjing A Fie ini merupakan sosok yang gemar membantu atas pembangunan beberapa orang, seperti halnya Kuil Hindu dan Budha, gedung balai kota, gereja, kuil dan masjid. Ragam tempat wisata di Sumatera Utara semacam inilah yang kemudian bisa Kamu jadikan referensi liburan.

Baca juga :  7 Tempat Wisata di Mandailing Natal, Sumatera Utara

9. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Penangkaran Buaya Asam Kumbang

ceritamedan.com

Untuk Kamu yang suka mejajal lebih dekat dengan salah satu predator, kini saatnya Kamu berkunjung ke tempat wisata di Sumatera Utara yaitu penangkaran buaya yang juga di dalamnya ada beberapa reptile mulai dari yang muda hingga yang tua dengan total lebih dari 2400 ekor. Untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan habitat aslinya, pihak wisata mendesain tempat yang sangat menarik.

menikmati ragam wisata di tempat wisata, pastikan untuk membayar Rp 5,000. Dengan nominal tersebut, Kamu bisa lebih hemat untuk menikmati ragam panorama yang ada di dalam penangkaran buaya yang dibangung pada tahun 1959 tersebut.

10. Danau Siombak

tempat wisata terdekat

KSMTour.com

Danau Siombak memiliki luas sekitar 40 hektar yang berada di Kelurahan Paya Pasir, Medan. Tempat wisata di Sumatera Utara ini tidaklah sepopuler dari Danau Toba meski begitu bagi yang sedang ingin bersantai sambil memancing, lokasi ini bisa menjadi lokasi yang sangat tepat. Tak hanya itu, disini juga terdapat banyak sekali wahana bermain anak sehingga cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga di akhir pekan.

Sumatera Utara yang bisa Kamu singgahi memiliki ragam pesona alam yang luar biasa indahnya. Berbagai pesona alam, mulai dari budaya, tradisi dan pesona alamnya. Dari sekian banyak yang ada, Kamu bisa memilih sesuai dengan rencana perjalanan liburan Kamu. Dengan demikian, perjalanan wisata yang Kamu lakukan akan menjadi lebih menyenangkan sekaligus lebih akrab dengan alam.



Leave a Reply