7 Tempat Wisata di Mandailing Natal, Sumatera Utara


prita  March 17, 2021  0 Comment

Mandailing Natal atau yang biasa disingkat Madina merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Selama ini Mandailing Natal memang jarang terdengar sebagai tempat berlibur karena kalah dengan kota-kota lain di Sumatera Utara, seperti Medan, namun kota kecil ini ternyata menawarkan sederet wisata alam yang memanjakan mata, bahkan masih banyak wisata yang masih tersembuyi dan belum dijelajahi.

Wisata di Madina memiliki banyak sekali pilihannya dan menarik untuk dijelajahi. Kabupaten ini memiliki situs budaya, wisata bersejarah, spot foto yang instagrambale, pantai, air terjun, gunung hingga taman nasional yang harus dijelajahi. Untuk itu, jika kamu adalah seorang pecinta alam, rasanya berkunjung ke Mandailing Natal bisa menjadi pilihan berlibur yang pas, mengingat masih jarang wisatawan yang menjelajah keindahan panorama alamnya.

Sekilas Tentang Mandailing Natal

Sebelum membahas lebih jauh soal wisata di Madina, baiknya kamu tahu terlebih dahulu dimana kota ini berada. Mandailing Natal ini menjadi salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara  yang mana lokasinya berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat.

Sebelum menjadi Kabupaten, Mandailing Natal ini dulunya masuk dalam wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan. Namun, setelah terjadi pemekaran, dibentuklah menjadi Kabupaten Mandailing Natal yang diresmikan pada tahun 1999.  Sekarang, kabupaten Mandailing Natal ini telah dihuni oleh sekitar 430.894 jiwa dan menjadi salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang cukup banyak dikunjungi sebagai tempat berlibur. Nah, buat kamu yang penasaran dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Madina,

Baca juga :  10 Wisata Dekat Malioboro, Seru dan Ada yang Bikin Kaget!

Berikut ini adalah wisata di Madina yang layak untuk kamu kunjungi

1. Desa Tradisional Sibanggor

Desa Tradisional Sibanggor
backpackerjakarta.com

Wisata di Madina pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Desa Tradisional Sibanggor. Desa ini memang memiliki daya Tarik tersendiri bagi wisatawan karena memiliki pemandangan yang istimewa.

Desa ini memiliki ciri khas karena memang masih mempertahankan tradisionalnya sampai saat ini. Penduduk desa ini masih belum mengenal produk modern karena tidak mau ada perubahan. Hal tersebut yang membuat budaya di desa ini masih tetap bertahan dan lestari sampai sekarang. Selain budayanya, desa ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Kamu pun bisa mencoba berkunjung ke pemandian air panas yang ada di desa ini.

review wisata

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

Wisata Ekonomis Nan Romantis Giant Hill Circuit Sumatera Utara

2. Taman Nasional Batang Gadis

Taman Nasional Batang Gadis
akurat.co

Wisata di Madina yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Taman Nasional Batang Gadis. Di taman nasional ini hidup beragam flora dan fauna yang pastinya bisa membuatmu terpukau.

Taman Nasional Batang Gadis ini menjadi habitat macan Sumatera, kijang, beruang hingga monyet. Hewan liar tersebut hidup dalam lingkungan yang sangat mendukung. Terlebih lagi adanya alam hijau degan beragam pepohonan besar yang membuatnya terlihat sangat asri. Taman nasional ini juga memiliki tumbuhan sekitar 240 macam tumbuhan mulai dari yang kecil sampai besar dan sangat beragam.

3. Gunung Sorik Marapi

 Gunung Sorik Marapi
pendaki.id

Kalau kamu suka mendaki, wisata di Madina yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Gunung Sorik Marapi menawarkan jalur pendakian yang cukup sulit, namun memiliki pemandangan yang sangat indah jika kamu berhasil menaklukannya.

Gunung Sorik Marapi ini memiliki ketinggian mencapai 2.145 meter diatas permukaan laut. Saat berada di puncaknya, kamu bisa melihat indahnya kawah biru yang menjadi daya Tarik utama gunung ini. Kawah biru di puncak gunung ini memang cukup terkenal di kalangan para pendaki karena memang sangat indah. Jika kamu adalah pendaki pemula, gunung ini juga sangat cocok untuk kamu kunjungi, namun kamu harus menyiapkan tenaga ekstra dan persiapan yang matang. Seperti membawa bekal air minum dan makanan berat yang cukup agar tidak kelaparan saat menuju puncaknya.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Kota Lhasa, Tibet Yang Menggetarkan Jiwa

4. Payabulan

Payabulan
bangmamad.com

Selain Gunung Sorik Marapi yang memukau, Payabulan juga menjadi salah satu Wisata di Mandailing Natal yang wajib untuk dikunjungi. Payabulan merupakan sebuah dataran tinggi dan lembah yang berada di kaki Gunung Sorik Marapi.

Payabulan memiliki panorama yang sangat memukau dan eksotis, mirip dengan lukisan pemandangan yang cantik. Karena keindahannya, maka tak heran jika wisata ini selalu dikunjungi oleh wisatawan untuk sekedar bersantai sambil melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Selain sebagai tempat wisata, Payabulan juga menjadi spot terbaik untuk fotografi hingga melakukan sesi foto prewedding.

5. Pantai Natal

Pantai Natal
beritatagar.id

Bila kamu suka berkunjung ke pantai, kawasan Mandailing Natal juga memiliki wisata pantai yang tak kalah cantik, lho. Pantai ini bernama Pantai Natal dan menjadi salah satu wisata di Madina yang cukup populer.

Pantai Natal menjadi destinasi wisata favorit warga setempat karena suasananya yang asri dan pemandangannya yang indah. Deburan ombak di pantai ini sangat syahdu dan semilir angina membuat berlibur di pantai ini seolah menjadi pilihan yang pas. Pantai Natal juga telah dikelola dengan baik sehingga memiliki sejumlah fasilitas memadai, seperti toilet, mushola hingga ruang ganti. Pantai ini juga memiliki sejumlah wahana permainan yang bisa digunakan secara gratis bagi wisatawan yang membawa anak-anak untuk berlibur disini.

6. Air Terjun Sigala-gala

Air terjun Sigala-gala
mhdsulaimanborotan.wordpress.com

Wisata di Mandailing Natal yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang suka berwisata ke air terjun. Air terjun Sigala-gala ini menjadi salah satu wisata yang cukup populer di Mandailing Natal karena keindahan panoramanya.

Terlebih lagi, air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Air terjun Sigala-gala ini berada di sebuah batuan yang terbelah, yang mana jika difoto dari jarak jauh akan terlihat seolah air terjun ini turun dari langit. Ditambah lagi dengan pemandangan hutan disekeliling air terjun ini yang tampak memukau dan masih asri.

Baca juga :  7 Kebun Bunga Matahari Paling Indah di Indonesia Bikin Greget Pingin Foto Kece

Sayangnya, untuk mencapai air terjun ini dibutuhkan perjuangan ekstra karena perjalanan menuju kesini tidak mudah. Kamu harus berjalan kaki di jalan yang cukup terjal dan tentunya dibutuhkan tenaga ekstra untuk tiba disana. Namun, sesampainya disana semua rasa lelah akan hilang seketika setelah kamu melihat indahnya pemandangan air terjun ini. Bahkan kamu pasti langsung tergoda untuk berenang di kolam alaminya.

7. Bukit Muhasabah

Bukit Muhasabah
startfmmadina.com

Wisata di Mandailing Natal yang terakhir adalah Bukit Muhasabah. Bukit yang berada di Sipaga-paga ini merupakan sebuah bukit indah dengan bebatuan putih yang sangat cantik. Ditambah lagi dengan pemandangan yang dapat dilihat dari atas bukit tersebut yang sangat indah.

Sesuai dengan namanya, bukit ini serig dijadikan untuk bermuhasabah, merenung dan bertafakur alam. Disini telah disediakan tempat duduk uni yang dibuat dari batu putih. Bukit Muhasabah ini tak hanya menjadi wisata alam yang indah, namun juga bisa menjadi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Bukit ini juga bisa menjadi destinasi menarik untuk menyaksikan fenomena matahari terbenam atau sunset.

Demikianlah 7 tempat wisata di Madina yang wajib kamu kunjungi saat berlibur kesana. Lengkap sekali kan? Segera agendakan perjalanan kamu menuju Mandailing Natal, yuk.



Leave a Reply