10 Wisata Budaya di Jawa Barat Yang Menyenangkan Untuk Dijelajahi


Fida  November 1, 2021  0 Comment

Saat berkunjung ke Indonesia, Anda tentu akan dimanjakan dengan banyaknya tempat wisata. Berbagai pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi diantaranya tempat wisata alam, wisata bersejarah, wisata religi, hingga wisata budaya. Wisata budaya Jawa barat memiliki banyak keaneragaman yang wajib banget untuk ditelusuri.

Mengunjungi wisata budaya di beberapa daerah di Indonesia tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba. Anda tentu dapat mengetahui hal baru serta menikmati budaya yang disuguhkan. Salah satu daerah dimana Anda dapat menikmati banyak wisata Budaya adalah di Jawa Barat. Berikut rekomendasi wisata budaya di Jawa Barat yang cukup populer

1. Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate
travel.detik.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu wisata budaya di Jawa Barat yakni Museum Gedung Sate. Museum yang satu ini berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai koleksi yang ditawarkan. Tidak hanya itu, adanya teater tertutup hingga virtual reality tentu menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan museum ini sayang untuk dilewatkan. Dengan banyaknya aktivitas menarik yang bisa Anda coba, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang.

Gotravelly

Kunjungan Ke Saung Angklung Udjo

Lawangwangi Creative Space

2. Keraton Kasepuhan Cirebon

 Keraton Kasepuhan Cirebon
news.detik.com

Salah satu wisata budaya di Jawa Barat yang sayang untuk dilewatkan adalah Keraton Kasepuhan Cirebon. Wisata budaya yang satu ini berlokasi di Jalan Kasepuhan Nomor 43, Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Tidak hanya wisatawan lokal saja, ada banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan ingin menikmati wisata budaya yang satu ini. Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000,- untuk pelajar dan Rp 15.000,- untuk umum. Menghabiskan waktu berlibur dengan menyusuri Keraton serta menikmati budaya yang ditawarkan tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba.

3. Museum Barli

Museum Barli
wisataidn.com

Salah satu wisata budaya di Jawa Barat yang cukup populer adalah museum Barli. Museum ini berlokasi di Jalan Profesor Dr Sutami nomor 91 Sukarasa, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Museum yang satu ini mengusung kehidupan dan karya seni pelukis terkenal di Bandung yakni Barli Sasmitawinata. Barli merupakan pelukis asli Bandung yang lahir pada tahun 1921. Menikmati berbagai lukisan indah yang dibuatnya dari waktu ke waktu. Museum Barli menempati bangunan bekas peninggalan Belanda.

4. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga
wisataidn.com

Salah satu wisata budaya di Jawa Barat yang cukup populer dan ramai didatangi wisatawan adalah Museum Sri Baduga. Museum yang satu ini berlokasi di Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Museum ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur saat berada di Jawa Barat. Anda dapat menyusuri luasnya museum sekaligus mempelajari budaya dan nilai-nilai sejarah. Museum Sri Baduga memiliki 3 lantai yang dapat diakses oleh pengunjung.

5. Situs Rumah Adat Cikondang

Situs Rumah Adat Cikondang
news.detik.com

Salah satu wisata budaya di Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi adalah Situs Rumah Adat Cikondang. Anda dapat mengunjungi wisata budaya yang satu ini di daerah Kecamatan Pengalengan, Bandung, Jawa Barat..

Pengunjung dapat mempelajari sejarah perjalanan kehidupan suku Sunda di lokasi wisata budaya yang satu ini. Bangunannya yang tampak unik menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya bangunan rumah, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai peralatan lengkap di dalam maupun luar rumah adat.

6. Rumah Adat Panjalin

Rumah Adat Panjalin
kumparan.com

Rumah Adat Panjalin menjadi salah satu destinasi wisata budaya di Jawa Barat yang cukup populer dan bisa Anda kunjungi. Tempat wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi di Desa Panjalin Kidul, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Rumah adat yang satu ini memiliki bangunan berbentuk panggung dan terbuat dari kayu. Diperkirakan Rumah Adat Panjalin telah dibangun sejak 300 tahun lalu oleh Raden Sanata. Rumah adat ini dibangun untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam. Sejak tahun 2012, tempat ini sudah tercatat sebagai salah satu warisan budaya tak benda Indonesia. Saat berkunjung ke Jawa Barat, tidak ada salahnya untuk datang dan menyusuri wisata budaya yang satu ini.

7. Gedung Indonesia Menggugat

Wisata budaya jawa barat
merdeka.com

Salah satu bangunan bersejarah sekaligus wisata budaya yang bisa Anda datangi adalah Gedung Indonesia Menggugat. Gedung yang satu ini beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan nomor 5, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Meskipun memiliki tempat yang nggak terlalu luas, tetapi Anda dapat menikmati sekaligus mempelajari banyaknya pengetahuan sejarah. Lokasinya yang bersih dan terawat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datangnya. Tidak hanya itu bentuk bangunan bergaya Eropa yang berpadu dengan budaya Indonesia juga dapat menjadi spot menarik yang dapat di manfaatkan untuk berfoto.

8. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman
javatravel.net

Keraton Kanoman menjadi salah satu tempat wisata budaya yang ramai didatangi wisatawan. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Kanoman nomor 40, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Lokasinya berada di dekat Pasar Kanoman dan cukup strategis sehingga sangat mudah untuk didatangi.

Selama berada di tempat wisata yang satu ini, Anda akan dipandu dan dijelaskan satu persatu mengenai bagian tempat di Keraton Kanoman. Beberapa titik di keraton ini menawarkan arsitektur bangunan yang unik dan menarik. Tempat ini menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat datang ke Jawa Barat.

9. Kampung Urug

Kampung Urug
jabarprov.go.id

Ada cukup banyak pilihan wisata budaya yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Kampung Urug. Kampung yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Kiarapandak, Sukajaya, Bogor, Jawa Barat.

Warga lokal yang ramah juga akan menyambut kedatangan wisatawan selama berada di sana. Kampung yang satu ini menawarkan banyak nilai budaya yang bisa Anda ketahui. Menghabiskan waktu menyusuri Kampung Urug menjadi salah satu hal menarik yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Jawa Barat.

10. Rumah Adat Citalang

Wisata budaya Jawa barat
kompasiana.com

Rumah Adat Citalang dikenal sebagai salah satu wisata budaya yang cukup populer. Tempat wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Anda akan disuguhkan dengan bentuk bangunan rumah adat yang masih asli dan terjaga. Meskipun sudah cukup lama ada, tetapi bangunan yang satu ini terlihat sangat terawat. Anda dapat berkunjung sekaligus mempelajari nilai-nilai budaya yang ditawarkan.

Nah itulah daftar 10 tempat wisata budaya di Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi. Dari tempat-tempat tersebut, wisata manakah yang tampak sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan?



Leave a Reply