10 Jalur Pendakian di Bandung Mulai Yang Landai Hingga Ekstrem


Fida  March 14, 2022  0 Comment

Bandung dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyak sekali tempat wisata. Beberapa gunung atau bukit menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk dikunjungi khususnya bagi kamu yang hobi mendaki. Jalur yang landai hingga ekstrem tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung saat mendaki. Saat berlibur ke Bandung, inilah 10 rekomendasi destinasi pendakian di Bandung yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Gunung Malabar

gunung malabar
tempatwisatadibandung.info

Gunung Malabar menjadi salah satu destinasi pendakian di Bandung yang sayang untuk kamu lewatkan. Gunung yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu gunung terindah di Bandung. Dengan ketinggian puncak mencapai 2343 meter diatas permukaan laut, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang ditawarkan.

Untuk mendaki hingga ke puncak, pengunjung dapat memulai perjalanan dari daerah Pangalengan. Gunung Malabar juga dikenal memiliki puncak tertinggi pertama di kota Bandung. Selain dikenal menawarkan pemandangan yang indah, kamu juga dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar di jalur pendakian maupun di puncak Gunung Malabar. Menarik sekali bukan?

GoTravelly

Terpesona Oleh Keindahan Kawah Putih Ciwidey Yang Magis

Serunya Nongkrong Di Phinisi Resto Lakeside, Pemandangannya Juara

2. Gunung Tangkuban Perahu

gunung tangkuban perahu
news.detik.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi salah satu destinasi wisata pendakian di Bandung. Gunung yang satu ini terletak di daerah Lembang dan tidak jarang menarik perhatian wisatawan untuk datang dan menyusurinya.

Sesuai dengan namanya, gunung yang satu ini memiliki bentuk puncak yang sangat unik yakni berbentuk perahu terbalik. Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian mencapai 2084 meter diatas permukaan laut. Selain dikenal menawarkan keindahan alam yang luar biasa, ini juga sangat populer dengan Legenda Sangkuriang. Bagaimana, unik dan menarik untuk dikunjungi bukan?

3. Gunung Artapela

gunung artapela
iqbalsidiqblog.wordpress.com

Salah satu dari rekomendasi banyaknya jalur pendakian di Bandung yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Gunung Artapela. Gunung yang satu ini berlokasi di daerah Kertasari yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Pangalengan, Bandung.

Bagi pendaki pemula, Gunung Artapela juga sangat cocok untuk dikunjungi karena memiliki jalur pendakian yang cukup mudah dilalui. Tetapi meskipun begitu, Gunung Artapela menawarkan keindahan alam yang tidak kalah menarik dengan berbagai gunung di Bandung lainnya. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan banyaknya spot menarik dan instagramable. Tidak hanya masyarakat lokal Bandung, gunung ini juga menjadi destinasi pendakian favorit wisatawan yang datang dari berbagai daerah lainnya.

4. Gunung Burangrang

gunung burangrang
travel.detik.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan Gunung Burangrang? Gunung Burangrang dikenal sebagai salah satu destinasi pendakian di Bandung yang cukup populer dan menarik untuk kamu kunjungi. Gunung yang satu ini berlokasi di daerah Lembang dan populer dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Dengan puncak yang memiliki ketinggian mencapai 2050 meter diatas permukaan laut, kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang dapat dinikmati dari ketinggian.

Gunung Burangrang menjadi destinasi wisata yang tepat dikunjungi khususnya bagi kamu pecinta camping. Selain pemandangan yang indah, pengunjung yang datang juga akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan tenang. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur maupun menyegarkan pikiran.

5. Gunung Bukit Tunggul

gunung bukit tunggul
batcaveminis.blogspot.com

Rekomendasi destinasi wisata pendakian di Bandung selanjutnya yang cukup populer adalah Gunung Bukit Tunggul. Gunung yang satu ini dikenal menawarkan keindahan yang luar biasa dengan ketinggian puncak mencapai 2209 meter diatas permukaan laut. Karena ketinggiannya, gunung ini juga mendapat julukan sebagai salah satu gunung tertinggi di Bandung.

Gunung ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan belum banyak diketahui oleh para pendaki. Di sekitar Gunung Bukit Tunggul, kamu juga dapat mengunjungi destinasi wisata lainnya seperti Situ Sangkuriang hingga Kebun Kina. Menarik sekali bukan?

6. Gunung Batu

gunung batu
travel.detik.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan destinasi wisata Gunung Batu? Gunung Batu merupakan wisata alam sekaligus destinasi pendakian di Bandung yang dikenal menawarkan keindahan luar biasa. Dengan tinggi mencapai 1335 meter diatas permukaan laut, gunung ini sangat cocok didaki oleh para pendaki pemula.

Pendaki yang datang dapat melakukan berbagai kegiatan seru dan menarik untuk dicoba seperti camping hingga hammocking. Gunung ini juga menawarkan berbagai spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Sesuai dengan namanya, gunung ini terbentuk dari bebatuan yang padat dan kokoh. Karena belum banyak didatangi oleh wisatawan, maka tidak heran jika suasana serta pemandangan yang ditawarkan masih sangat alami dan bersih.

7. Gunung Tilu

gunung tilu
radarcirebon.com

Tidak perlu bingung menentukan destinasi pendakian di Bandung yang menarik untuk dikunjungi, kamu dapat datang langsung ke Gunung Tilu. Gunung yang satu ini dikenal menawarkan keindahan yang sangat luar biasa mencapai 1076 meter diatas permukaan laut.

Selain dikenal menawarkan indahnya pemandangan, gunung ini juga dikenal sebagai pusat rehabilitasi beberapa hewan seperti Owa Jawa dan juga Lutung. Gunung Tilu telah ditetapkan sebagai cagar alam sejak tahun 1978. Kawasan ini juga memiliki hamparan kebun teh yang populer dan dikenal indah. Menarik sekali bukan?

8. Gunung Manglayang

gunung manglayang
tourbandung.id

Tidak perlu bingung menentukan tujuan destinasi pendakian di Bandung yang cocok dipilih untuk menghabiskan waktu berlibur, kamu dapat memilih untuk mengunjungi Gunung Manglayang. Gunung Manglayang dikenal memiliki ketinggian mencapai 1818 meter diatas permukaan laut. Dari puncak gunung ini, kamu dapat menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan yakni indahnya perbukitan dan penghijauan.

Selain dapat menikmati indahnya pemandangan dari puncak, kamu juga dapat mencoba untuk mengunjungi destinasi curug serta hutan pinus yang terletak di lereng gunung. Lengkap sekali, ya?

9. Gunung Patuha

gunung patuha
pariwisataindonesia.id

Rekomendasi destinasi wisata pendakian di Bandung berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Gunung Patuha. Gunung yang satu ini berlokasi di Daerah Ciwidey dan dikenal sebagai salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan. Gunung Patuha juga dikenal sebagai salah satu gunung yang memiliki puncak tertinggi di Bandung yakni mencapai 2434 meter di atas permukaan laut.

Dari puncak gunung, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan kawah putih yang menakjubkan. Bagi kamu yang hobi berfoto, Gunung Patuha juga menawarkan banyak sekali spot menarik dan instagramable.

10. Gunung Palasari

Pendakian di Bandung
mapsus.net

Tidak perlu menentukan tujuan saat ini mengunjungi salah satu destinasi pendakian di Bandung, kamu dapat langsung menuju ke Gunung Palasari. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 1852 mdpl dan dikenal menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Meskipun memiliki puncak yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung lainnya, Gunung Palasari memiliki jalur yang cukup menantang. Oleh karena itu, maka cukup banyak pendaki yang merasa tertantang dan ingin mengunjungi Gunung Palasari.



Leave a Reply