10 Obyek Wisata di Sekitar Kaliurang, Keindahan Di Kaki Gunung Merapi


prita  December 8, 2020  0 Comment

Kaliurang adalah sebuah kawasan di Yogyakarta yang lokasinya berada di kaki Gunung Merapi. Kondisi alamnya masih asri ditambah dengan udaranya yang sejuk karena berada di kawasan pegunungan dan jauh dari polusi di kota, membuat kawasan ini menjadi destinasi favorit banyak wisatawan. Kaliurang memiliki pemandangan alam yang sangat indah san tentunya berbagai tempat wisata yang menarik. Nah, jika kamu berencana berlibur ke Jogja, tak ada salahnya untuk berkunjung ke kawasan Kaliurang. Ada apa saja wisata di Kaliurang? Berikut ini adalah 10 Wisata di sekitar Kaliurang tawarkan beragam wisata alam

1. Bukit Klangon

Bukit Klangon
genpi.co

Bukit Klangon menjadi salah satu obyek wisata sekitar Kaliurang yang patut untuk kamu kunjungi. Bukit Klangon ini adalah sebuah bukit dengan pemandangan Gunung Merapi yang megah.

Diatas bukit ini terdapat sebuah gardu pandang setinggi 5 meter yang terbuat dari bambu. Gardu pandang ini sangat kokoh dan kuat meskipun dinaiki oleh banyak orang dan menjadi spot favorit pengunjung saat datang kesini.

Dari atas gardu pandang ini kamu bisa melihat dengan jelas Gunung Merapi saat cuaca cerah, apalagi jika kamu datang pada pagi hari, kamu tentu akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Tak hanya keindahan pemandangan Gunung Merapi, Bukit Klangon ini juga memiliki lintasan sirkuit downhill untuk pembalap sepeda gunung.

Gotravelly

Offroad Seru Dan Mengedukasi Di Merapi Lava Tour

Museum Ullen Sentalu

2. Merapi Park

Merapi Park
kissparry.com

Obyek wisata sekitar Kaliurang yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Merapi Park. Merapi Park ini adalah sebuah taman wisata yang di dalamnya terdapat puluhan spot foto serta miniature landmark terkenal di dunia.

Misalnya seperti Big Ben London, Menara Eiffel, Menara Pisa hingga Ptaung Liberty. Kamu pun seolah diajak berkeliling dunia dalam sehari. Tak hanya berbagai landmark terkenal dunia, Merapi Park juga ditumbuhi dengan rerumputan hijau yang terhampar diseluruh taman. Hal ini membuat taman ini tampak terlihat segar, apalagi dengan megahnya Gunung Merapi yang terlihat pada salah satu sisi sehingga menambah keindahan dari Merapi Park ini.

3. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar
alodiatour.com

Untuk kamu yang suka pergi ke air terjun, obyek wisata sekitar Kaliurang yang satu ini juga wajib kamu kunjungi. Air terjun ini bernama Air Terjun Tlogo Muncar yang berada di kawasan Tlogo Putri.

Air terjun yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Kaliurang ini memiliki pemandangan alami dan hijaunya hutan yang segar. Dengan ketinggian mencapai 45 meter, air terjun ini tentu memiliki debit air yang deras, jernih dan segar. Ditambah lagi dengan lokasinya yang berada di ketinggian 878 meter diatas permukaan laut.

4. Tlogo Putri

Tlogo Putri
tuguwisata.com

Berada di lokasi yang sama dengan Air Terjun Tlogo Muncar, obyek wisata sekitar Kaliurang yang wajib kamu kunjungi ini dikenal dengan nama Tlogo Putri. Tlogo Putri ini merupakan sebuah wisata yang sudah ada sejak dulu dan sampai saat ini masih sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Wisata Tlogo Putri ini menawarkan keindahan alam yang berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut. Kamu pun bisa menikmati rimbunnya pepohonan yang rimbun di kawasan ini sehingga udara terasa lebih sejuk.

Tak hanya itu, wisata ini juga menawarkan telaga dengan wahana air yang sangat lengkap, seperti kano dan bebek air. Sementara di pinggir telaga, kamu bisa duduk sambil berpiknik bersama teman-teman atau keluarga sambil menikmati indahnya pemandangan di depanmu.

5. Taman Wisata Kaliurang

 Taman Wisata Kaliurang
travelspromo.com

Obyek wisata sekitra Kaliurang yang menarik selanjutnya adalah Taman Wisata Kaliurang. Taman ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, terutama oleh anak-anak pasalnya terdapat banyak wahana permainan yang bisa mereka gunakan.

Misalnya seperti flying fox, rumah pohon hingga berbagai permainan outbond. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengajak anak-anak bermain ayunan, perosotan dan kolam renang yang menjadi fasilitas di taman ini. Taman ini juga ditumbuhi oleh berbagai pepohonan hijau yang rimbut sehingga membuatnya terasa lebih teduh dan sejuk.

6. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
liburananak.com

Jika kamu gemar berkunjung ke museum, kamu tak perlu khawatir karena terdapat obyek wisata sekitar Kaliurang yang berupa museum, yaitu Museum Gunung Merapi. Masuk ke dalam museum ini kamu akan disambut dengan replika Gunung Merapi yang sangat besar lengkap dengan asap di puncaknya dan suara gemuruh yang menggema.

Museum ini menyimpan jejak keganasan wedhus gembel yang telah menerjang rumah-rumah penduduk di sekitar lereng Merapi. Kamu bisa melihat peralatan masak yang hangus, sepeda motor yang hangus dan berbagai peninggalan lainnya. Kamu pun bisa berkeliling ruangan yang bisa mengedukasi karena terdapat cerita kehidupan yang sangat menarik dan berharga.

7. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
njogja.co.id

Obyek wisata sekitar Kaliurang berikutnya juga masih berupa museum, yaitu Museum Ullen Sentalu. Museum ini pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia oleh National Geographic pada tahun 2015 karena keindahannya.

Berlokasi di kaki Gunung Merapi, museum ini memiliki arsitektur bangunan dan interior yang sangat unik. Ditambah lagi dengan suasana alamnya yang sejuk dan rindang sehingga menambah kenyamanan pada museum ini.

Museum Ullen Sentalu ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah dan busaya Jawa, khususnya seputar keluarga Keraton Yogyakarta dan Keraton Solo yang unik. Selama berada disini pun kamu akan dipandu dengan tour guide yang ramah dan berpengalaman sehingga kamu bisa menangkap informasi dengan jelas dan tentunya bisa menambah wawasan kamu.

8. The Lost World Castle

the lost world castle
travelspromo.com

Obyek wisata sekitar Kaliurang yang satu ini wajib kamu kunjungi jika kamu adalah pecinta selfie. The Lost World Castle merupakan tempat wisata dengan berbagati spot foto yang unik dan instagramable.

Wisata ini memiliki bangunan berupa kastil yang memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bakunya. Kastil ini pun menjadi spot foto yang cukup menarik banyak pengunjung juga. Selain itu, kamu bisa menemukan spot dengan Pohon Sakura yang membuatmu seolah berada di Jepang. Tak hanya itu, ada juga kawasan Suku Indian dengan tenda-tendanya yang khas lengkap dengan perapian beserta patung Dinosaurus yang juga sangat menarik untuk dikunjungi.

9. Rumah Hobbit Kaliurang

Rumah Hobbit Kaliurang
kartanesia.com

Tak perlu jauh-jauh ke New Zealand untuk melihat rumah Hobbit, pasalnya di Yogyakarta kamu bisa menemukan rumah Hobbit ini. Obyek wisata sekitar Kaliurang ini pun dibuat sangat mirip dengan Desa Shire dalam film “The Lord of The Rings”.

Wisata ini berada tepat di depan The Lost World Castle dan berada tersembunyi di sebuah bukit buatan setinggi lima meter. Konsep hijau di sekitar rumah Hobbit ini sangat terasa karena di hijaunya rerumputan disekitar serta pepohonan yang rimbun menutupinya. Ditambah lagi dengan udara khas pegunungan yang sejuk tentu mampu membuat pengunjung ingin berlama-lama berada disana.

10. Stonehenge

stonehenge
gudeg.net

Obyek wisata sekitar Kaliurang yang terakhir adalah Stonehenge. Stonehenge ini merupakan replika Stonehenge yang berada di Inggris, namun tetap membuatmu seolah berada di Inggris.

Tumpukan batu-batu ini berada diatas rerumputan yang hijau nan luas sehingga sangat kontras. Bentuk bebatuan ini pun sangat unik sehingga menjadikannya sebuah spot foto yang instagramable banget.



Leave a Reply