10 Oleh Oleh Khas Sumedang Bikin Semua Senang


Reni  July 30, 2022  0 Comment

Berbicara mengenai oleh oleh khas Sumedang pasti terlintas dalam pikiran tahu Sumedang. Padahal salah satu daerah yang berada di Propinsi Jawa barat ini memiliki sederat oleh oleh  khas Sumedang yang wajib banget kamu cobain. Oleh oleh bervariasi, mulai buah dari hasil panen petani setempat hingga camilan yang membuat mulut nggak berhenti ngunyah. Apa saja? berikut daftarnya

1. Tahu Sumedang

tahu sumedang
detik.com

Meski di beberapa kota dapat dengan mudah kita jumpai penjual Tahu Sumedang, tapi rasanya kurang afdol tanpa mencoba di daerahnya sendiri. Tahu Sumedang tentu menjadi oleh oleh andalan khas Sumedang. Rasanya yang gurih dengan tekstur yang tak biasanya ini banyak diburu oleh wisatawan.

Yang membuat Tahu Sumedang spesial yakni penggunaan kedelai lokal sebagai bahan  bakunya. Kadar air dalam tahu juga mengandung banyak mineral. Dan tentu saja rasa dan teksturnya membuat siapa saja nggak berhenti mengunyahnya.

Tahu kah kamu, bahwa tahu Sumedang dirintas oleh seorang Imigran warga Tingkok bernama Ongkiono dan istrinya. Tahu Sumedang mulai dirintis sejak tahun 1917. Usaha Tahu kemudian diteruskan oleh keturunannya hingga beberapa generasi.

Tahu Sumedang bisa kamu beli dalam bentuk gorengan yang biasanya disajikan bersama cabe rawit hijau. Ketika digigit ledakan rasa pedas ini pas banget dengan rasa tahu Sumedang yang gurih. Apalagi kalau dinikmati hangat. Dijamin pasti ketagihan, deh.

Gotravelly

Ketagihan Makan Sop Ayam Di Warung Sop Ayam Pecok & Ayam Goreng Mbok Mlenuk

Staycation Di Lava View Lodge, Pemandangannya Juara

2. Salak Bongkok Sumedang

salak bongkok sumedang
travel,okezone,.com

Berbeda dengan salah pondoh atau salak Bali, Salah bongkok yang menjadi oleh oleh khas Sumedang ini ukurannya lebih besar. Rasanya yang cenderung asam manis ini terasa pecah di mulut. Segernya bener bener nampar.

Sesuai dengan namanya, salah berasal dari Desa Bongkok yang berada di kecamatan Paseh. Jika di tanam di daerah lain maka rasanya akan berbeda. Jadi kalau kamu berkunjung ke Sumedang , jangan lewatkan Salak Bongkok untuk dijadikan oleh oleh.

3. Sawo Citali Sumedang

sawo citali sumedang
kompasiana.com

Daerah Sumedang dikenal memiliki tanah yang gembur penghasil beberapa varietas tanaman yang tak banyak dijumpai di daerah lain. Nggak hanya umbi, Salak dan jeruk, di Sumedang juga penghasil Sawo Citali. Sesuai dengan namanya, Sawo Citali yang dikenal sebagai salah satu rekomendasi oleh oleh khas Sumedang ini berasal dari daerah Citali di Kecamatan Situraja, Sumedang.

Yang membuat Sawo Citali begitu spesial dibandingkan sawo dari daerah lain yakni tektsturnya yang lebih lembut. Rasanya lebih lumer di mulut. Rasa manis di mulut terasa pas di lidah. Untuk mendapatkan sawo bagus, pilih sawo dengan kulit yang mulus dengan sedikit getah.

4. Oncom Sumedang

oncom sumedang
jeryanuar.web.id

Di daerah lain banyak ditemui pembuat oncom, tapi oncom khas Sumedang ini berbeda. Jika oncom di darah lain dibuat dengan menggunakan ampas tahu sebagai bahan utamanya, oncon Sumedang  menggunakan campuran ampas ketela dan juga kacang tanah dalam adonannya.

Oncom lebih enak disajikan hangat, meski demikian kamu bisa membawanya sebagai oleh oleh khas Sumedang yang tentu memiliki rasa yang spesial.

Oncom Sumedang selain digoreng, kamu juga mengkreasikan menjadi hidangan lain dengan rasa lezat. Selamat mencoba!

5. Tape Singkong Sumedang

Oleh Oleh Khas Sumedang
libur.co

Daerah Jawa barat memang dikenal sebagai penghasil tape singkong yang enak, salah satunya adalah daerah Sumedang. Tapenya memiliki rasa manis dan tektur yang lembut. Singkong ini bisa kamu makan langsung atau bisa kamu jadikan olahan jajanan manis. Seperti tape singkong coklat, tape singkong keju atau menjadi bahan dasar kue.

Harga tape singkong yang dijual cukup bervariasi. Ada yang dijual dengan tempat berukuran sedang dan ada pula yang dijual dengan ukuran jumbo.

6. Emplod Khas Sumedang

emplod khas sumedang
shopee.co.id

Kudapan yang satu ini jangan lewatkan untuk dijadikan oleh oleh khas Sumedang. Camilan dengan rasa gurih dan renyah ini bikin siapa saja nggak berhenti ngunyah.

Emplod terbuat dari singkong kemudian dicampur dengan parutan kelapa, garam dan minyak goreng. Jajanan sederhana ini banyak dijumpai di toko oleh oleh di Sumedang. Emplod biasanya dibandrol dengan harga Rp. 20.000 dengan ukuran setengah Kilogram. Wah lumayan murah, ya.

7. Opak Ketan

opak ketan sumedang
bukalapak.com

Opak ketan menjadi alternatif pilihan oleh oleh khas Sumedang. Opak khas Sumedang sendiri dikenal sebagai camilan favorit di daerah Jawa barat.

Sesuai dengan namanya opak ketan khas Sumedang menggunakan bahan dasar ketan. Ketan yang sudah diolah kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Hasilnya gurih nikmat.

Begitu terkenalnya opak ketan hingga pemerintah Sumedang mendirikan Tugu Opak sebagai ikon kotanya. Opak ketan ini dapat dengan mudah kamu jumpai di toko oleh oleh di daerah Sumedang.

8. Sale Pisang Manis

sale pisang manis
masakandapurku.com

Sale pisang manis khas Sumedang ini teksturnya renyah ketika digigit. Rasanya manis gurih. Sale pisang ini banyak diburu pelancong untuk dijadikan oleh oleh.

Yang menjadikan Sale pisang Sumedang begitu khas adalah adanya taburan gula di permukaan sale. Hal ini bukan hanya menambah manis rasa sale pisang tapi juga membuatnya awet untuk dibawa keluar kota.

Jika sale pisang biasanya memiliki tekstur yang lembek dan sedikit lengket di tangan. Sale pisang ini tekturnya renyak banget. Kombinasi renyah dan manis pisang membuat siapa aja nggak berhenti ngunyah. Kalau ke Sumedang pastikan kamu bawa oleh oleh yang satu ini dalam jumlah banyak, ya. Selain untuk teman dan kerabat, simpan juga di rumah karena rasanya memang seenak itu.

9. Ubi Cilembu

ubi cilembu sumedang
bisnis.tempo.co

Satu lagi oleh oleh Khas Sumedang yang wajib banget kamu bawa pulang tak lain tak bukan yaitu Umbi Cilembu. Umbi dengan rasa manis semanis madu ini memiliki tekturs yang lembut ketika di oven.

Banyak supermaket modern saat ini yang menjual ubi cilembu. Karena memang rasanya sangat manis. Ketika di oven lebih lama, ada rasa karamel yang meleleh di lidah. Enak banget dibuat camilan sehat dan kaya serat.

Sesuai dengan namanya, Cilembu merupakan salah satu desa di Sumedang. Cilembu yang di tanamdi daerah lain memiliki rasa berbeda meski yang di tanam dengan varietas yang sama. Menurut penelitian, hal ini dikarenakan faktor tanah yang berada di daerah Cilembu membuatnya terada beda dan lebih manis.

10. Jeruk Cikoneng

jeruk cikoneng
sumedangtandang.com

Tak banyak orang ketahui bawah Sumedang salah satu penghasil jeruk dengan varietas unggulan yakni jeruk Cikoneng. Sesuai dengan namanya jeruk dengan ukuran besar ini berasal dari desa Cikoneng. Jeruk  dengan rasa manis ini biasanya tumbuh di pekarangan penduduk.

Untuk mendapatkannya hanya pada musim tertentu yakni pada saat musim panen yang biasanya jatuh di bulan April hingga Juni. Warna daging buah yang berwarna merah ini membuat siapa saja ingin mencobanya.

Banyak sekali oleh oleh  khas Sumedang yang bias kamu bawa selain tahu Sumedang.  Mulai dari buah buah buahan hingga camilan khas tradisional Sumedang yang semuanya pasti bikin siapa saja senang. Yuk, jelajahi alam Sumedang dan jangan lupa bawa oleh oleh khasnya.



Leave a Reply