Nggak Hanya Danau Toba, Nih 10 Tempat Wisata di Sekitar Pulau Samosir


prita  February 7, 2021  0 Comment

Pulau Samosir merupakan sebuah pulau besar yang berada di tengah Danau Toba yang indah. Pulau ini ternyata menyimpan keindahan alam yang mampu membius semua orang untuk datang kesana. Tak hanya wisata alam, pulau ini juga kaya akan wisata sejarah dan budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bila kamu berencana untuk menghabiskan waktu berlibur di Pulau Samosir, tak ada salahnya untuk mendatangi Tempat wisata di sekitar Pulau Samosir dengan keindahahan yang begitu rupawan.

10 Tempat Wisata di Sekitar Pulau Samosir :

1. Bukit Holbung

Bukit Holbung
pegipegi.com

Tempat wisata di Pulau Samosir yang pertama adalah Bukit Holbung. Bukit yang berada di Desa Janji Marhatan, Pulau Samosir ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati indahnya pemandangan Danau Toba.

Bukit Holbung ini memiliki keindahan alam yang sangat asri dimana kamu bisa melihat aktivits nelayan yang sedang mencari ikan di kawasan Danau Toba. Atau kamu bisa menikmati indahnya pemandangan Pulau Samosir. Saat musim hujan, bukit ini akan dipenuhi oleh rumput hijau yang lebat, tak heran jika masyarakat setempat menyebutnya sebagai Bukit Teletubbies nya Pulau Samosir.

Review wisata

Backpacker Ke Samosir

Nasi Biryani Medan Selera, Nggak Ada Tandingannya!

2. Pusuk Buhit

Pusuk Buhit
marketeers.com

Tempat wisata di Pulau Samosir yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Pusuk Buhit. Pusuk Buhit ini juga menawarkan keindahan panorama Danau Toba yang menawan.

Selain menawarkan pemandangan alam kawasan Danau Toba dan perbukitan yang cantik, Pusuk Buhit ini juga dipercaya sebagai tempat asal muasal orang Batak yang ada saat ini. Disini kamu akan menemukan artefak-artefak kuni seperti totem-totem dan ukiran-ukiran patung yang menceritakan sejarah dari Orang Batak.

Baca juga :  Terpukau Keindahan 10 Wisata Alam Terbaik di Jimbaran Bali

3. Bukit Beta

Bukit Beta
inews.id

Bukit Beta juga menjadi salah satu tempat wisata di Pulau Samosir yang cukup banyak diincar oleh wisatawan domestic dan mancanegara. Bukit ini berada di Tuktuk Siadong yang mana kawasan ini terkenal karena keindahan alamnya yang memukau siapapun yang datang kesana.

dikenal dengan nama Bukit Beta dan menjadi salah satu spot foto favorit banyak orang, termasuk menjadi tempat favorit untuk melakukan foto pre-wedding. Bukit ini menawarkan indahnya pemandangan persawahan warga hingga perbukitan lainnya. Bukit ini terbilang masih sangat asri, sehingga sangat cocok dijadikan destinasi untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

4. Desa Lumban Suhi Suhi

Desa Lumban Suhi Suhi
tripelaketoba.com

Tempat wisata di Pulau Samosir yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang ingin hunting kain ulos khas Batak. Kain Ulos merupakan kain tenun tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Batak yang popularitasnya telah mendunia.

Saat berlibur ke Pulau Samosir, sempatkan untuk datang ke Desa Lumban Suhi Suhi. Di desa ini, kamu akan menemukan banyak sekali pengrajin kain Ulos tradisional. Mereka menjajakan kain Ulos ini dalam berbagai rentang harga. Desa Lumban Suhi Suhi ini memang menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang ingin berburu Kain Ulos di Pulau Samosir.

5. Desa Tomok

Desa Tomok
mediaindonesia.com

Tempat wisata di Pulau Samosir yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Desa Tomok. Desa ini menjadi destinasi yang tepat bila kamu ingin mengenal lebih dalam seputar budaya Batak, selain Pusuk Buhit.

Di desa ini kamu akan menemukan rumah-rumah adat khas Batak yang dilengkapi dengan dekorasi boneka sigale-gale. Jika kamu berkunjung pad saat-saat tertentu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan dan upacara khas Batak di desa ini. Terlebih lagi, kamu juga bisa berkunjung ke berbagai tempat bersejarah yang ada di desa ini, seperti Museum Batak dan Komplek pemakaman raja-raja Batak kuno.

Baca juga :  10 Wisata Alam di Selandia Baru Tawarkan Aktifitas Liburan Seru

6. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun Binangalom
pariwisatasumut.net

Bila kamu penggemar wisata air terjun, maka tempat wisata di Pulau Samosir yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Air terjun ini bernama Air Terjun Situmurun Binangalom yang berlokasi di Desa Binangalom, Samosir.

Air terjun ini terkenal memiliki pemandangan yang sangat indah karena aliran airnya langsung mengalir deras menuju Danau Toba. Fenomena unik ini tentu menjadikan Air Terjun Situmurun Binangalom ini menjadi destinasi wisata yang cukup banyak menarik wisatawan untuk datang. Tentu saja untuk menikmatinya kamu harus naik kapal di Danau Toba agar bisa melihat air terjun ini secara jelas.

7. Air Terjun Binanga Bolon

 Air Terjun Binanga Bolon
pariwisatasumut.net

Tak hanya Air Terjun Situmurung Binangalom saja yang menjadi salah satu tempat wisata di Pulau Samosir yang cukup menarik untuk dikunjungi, ada juga air terjun bernama Binanga Bolon yang memiliki pemandangan tak kalah indah.

Air Terjun Binanga Bolon ini berada di Kabupaten Simalungun, tepat di tepian Danau Toba. Untuk mencapai ke air terjun ini memang sedikit dibutuhkan perjuangan, namun panorama yang ditawarkan tentu sangat menawan sehingga rasa lelah selama perjalanan akan terbayar. Air terjun ini juga menjadi destinasi wisata di Samosir yang cukup menarik banyak wisatawan.

8. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni
daaruttauhiid.org

Pulau Samosir memang berada di tengah Danau Toba, namun siapa sangka jika di pulau ini juga terdapat danau yang tak kalah cantik? Danau ini bernama Danau Sidihoni yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Pulau Samosir yang cukup tersohor.

berada di Desa Salaon Roba ini seringkali dijuluki sebagai Danau diatas Danau. Danau ini memang tidak terlalu luas, namun danau ini memegang peranan penting bagi warga setempat karena airnya dimanfaatkan sebagai kebutuhan sehari-hari.

Baca juga :  Cerita di Wisata Air Terjun Pengantin Ngawi

Meskipun Pulau Samosir dikelilingi air tawar yang sangat melimpah dari Danau Toba, namun air masih menjadi kendala, apalagi saat musim kemarau, sangat sulit untuk menemukan air bersih di pulau ini. Untuk itu, dengan adanya Danau Sidihoni ini selain bisa menjadi sumber air untuk penduduk sekitar dan juga menjadi tempat wisata di Pulau Samosir yang indah.

9. Pantai Bebas Sukkean

Pantai Bebas Sukkean
pariwisatasumut.net

Tempat wisata di Pulau Samosir selanjutnya adalah Pantai Bebas Sukkean. Di pulau ini memang banyak sekali bisa ditemukan pantai berpasir putih dan salah satunya adalah pantai ini.

Pantai yang berada di Onan Runggu ini memiliki pasir putih yang lembut berpadu dengan indahnya Danau Toba yang jernih dan airnya berwarna kahijauan. Pantai ini memiliki perairan yang dangkal dan sangat cocok untuk berenang atau sekedar berendam. Istimewanya lagi, Pantai Bebas Sukkean ini memiliki suasana yang tenang dan asri karena jauh dari hiruk pikuk pengunjung dan masih terjaga kealamiannya.

10. Pulau Tao

Pulau Tao
pariwisatasumut.net

Tempat wisata sekitar Samosir yang terakhir adalah Pulau Tao. Pulau Tao ini menjadi salah satu pulau yang berada di kawasan Danau Toba yang tidak telalu besar namun cukup indah.

Untuk menuju kesana, kamu bisa berangkat dari dermaga kapal Simanindo di Samosir, dari sana pun kamu bisa melihat deretan pulau-pulau kecil di Danau Toba dan salah satunya adalah Pulau Tao ini. Pulau seluas 1 hektar ini tidak berpenghuni dan hanya ditumbuhi oleh pepohonan kelapa dan tumbuhan tropis lainnya. Wisatawan biasanya hanya melihat indahnya pulau tersebut dari kejauhan atau jika kamu berani, kamu bisa mendatangi pulau tersebut.



Leave a Reply