Backpacker Ke Samosir

pulau samosir

therika21 | Sightseeing
Samosir, Sumatera Utara, Indonesia | City Trip
26 Sep 2019


Backpacker Ke Samosir
Pertama kalinya menginjakkan kaki di Sumatera Utara dan pertama kalinya pula menginjakkan kaki di Pulau Samosir dan melihat keindahan Danau Toba.

How to Get There

Saya dan suami memang sudah berencana mengunjungi Pulau Samosir dari jauh-jauh hari. Kebetulan keluarga suami saya banyak di Sumatera Utara (Tanjung Morawa dan Kota Medan). Kami berangkat mengunjungi Samosir melalui Kota Medan dengan memesan travel menuju Pematang Siantar. Travel tersebut menjemput kami di tempat kami tinggal di Medan (Katamso Square), dan kami berangkat jam 5 pagi menuju Parapat. 

Perjalanan menuju Pematang Siantar sekitar 2 jam ya, menggunakan mini bus travel. Saya senang sekali karena armada travel nya masih baru dan sangat bersih. Penumpang pun hanya bertiga, karena memang tergolong travel baru. Tarif menuju Pematang Siantar dengan travel adalah 55.000 per orang. 

Sesampai nya di Pematang Siantar, supir travel tersebut mengantarkan kami mencari taxi menuju Pelabuhan Ajibata Parapat. Oh iya, taxi yg di maksud tidak seperti taxi2 di Jakarta yaa..taxi nya berupa mobil pribadi, yang mengambil penumpang di jalan. Tarif menuji Pelabuhan Ajibata 20.000 per orang. dan jarak ditempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Sesampainya di Parapat, Kami akan menyebrang ke Pulau Samosir melalui Pelabuhan Ajibata. Tarif penyebrangan kapal 12.000/org. Dan kami pun berangkat pukul 08.20 WIB menuju Pelabuhan Tomok Samosir.

Pelabuhan ajibata

Pagi hari di Pelabuhan Ajibata 

kapal penyebrangan menuju Pulau Samosir

Suasana di atas kapal penyebrangan menuju Pulau Samosir

pemandangan danau toba

Danau Toba di pagi hari

What to Do

Sesampai nya di Pelabuhan Tomok, kami menyewa motor untuk berkeliling Pulau Samosir. Kebetulan kami bertemu dengan Pak Sidabutar. Beliau orang nya baik dan lembut, walaupun berbadan besar dan bersuara besar. hahahaha. Kami menyewa motor dengan tarif 100.000 seharian. Awalnya kami diberi harga 120.000, tapi kami tawar jadi 100.000.

Tujuan pertama kami adalah Patung Sigale-Gale

Patung Sigale-Gale

Patung Sigale-Gale

Patung Sigale-Gale

Bersama suami... :)


Patung Sigale-Gale

Mumpung udah ga bocor foto2 lagi yaa..hihihi

anyway, Wisata Patung Sigale-Gale ini gratis ya, tapi nanti ada donasi nya ya..seikhlasnya, namanya juga donasi. Next, kami mengunjungi Makam Raja Sidabutar yang letaknya di belakang wisata Patung Sigale-gale

pulau samosir

Makam Raja Sidabutar

Masuk ke Makam Raja Sidabutar juga gratis, dan di pintu masuk, kamu akan di kasi kain ulos yg wajib kamu pakai, entah apa maksudnya, tapi itulah peraturannya. Dan ga lupa, ada donasi juga ya seikhlasnya.

Setelah itu, kami lanjut ke Museum Batak. Ketiga tempat ini ga jauh ya, dan masuknya gratis. 

Museum Batak

Museum Batak

fyi, untuk foto di sini bayar ya..10.000 untuk foto aja, kalau dicetak, 30.000.

Museum Batak

Museum Batak ini tempatnya di atas rumah panggung ya, dan musti buka sepatu kalau mau masuk. Di dalamnya banyak banget benda2 seni khas suku Batak Toba dan ada kamus aksara bahasa Batak Toba. Recomended nih utk kamu yg suka sejarah dan budaya.

Setelah itu, kami makan siang di Lapo persis depan pasar Tomok. Fyi, lapo itu makananan ga halal ya gaes. hehehe. Tapi tenang, buat kamu yg Muslim, di sana berderet makanan halal kok. Ada nasi padang, bakso, ayam goreng, nasi goreng, dll. Untuk di Lapo nya sendiri, kalau makan panggang itu 30.000 per porsi, dan kalau saksang, 25.000 per porsi. 

Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan menuju Huta Siallagan. huta siallagan

huta siallagan



huta siallagan

huta siallagan

nah..di Huta Siallagan itu ada Tour Guide nya yaaa...jadi kalo kamu bingung dan pengen tau lebih dalam, silahkan bisa hubungin tour guide nya. Fyi, aku ga pakai tour guide karena sudah baca sekilas di internet tentang Huta Siallagan ini. Huta Siallagan ini tempat persidangan utk penjahat jaman dulu, mereka biasanya dipenggal kepalanya.

Setelah mengunjungi Huta Siallagan, kami menjelajah Pulau Samosir, dan alamnya sangattt indah sekali, ini ada beberapa foto ya yang aku ambil. Ini aku foto di pinggir jalan ya..

pemandangan danau toba

pemandangan danau toba

pemandangan danau toba




Sekitar pukul 15.30 kami kembali ke Pelabuhan Tomok untuk menyebrang kembali ke Parapat dan menuju Medan. Karena ada 1 dan lain hal, kami memutuskan untuk tidak menginap. Semoga suatu saat bisa kembali lagi ke Samosir untuk menikmati kembali keindahan alamnya.

 

Tips and Trick

Tips menuju Pulau Samosir dan liburan di Pulau Samosir :

  1. Berangkat subuh jika kamu dari Kota Medan, atau berangkat tengah malam, supaya sampai di Pelabuhan pagi hari
  2. Jika kamu tidak bawa kendaraan, kamu bisa sewa motor di sana. Atau jika kamu punya motor, kamu bisa bawa menyebrang dr Pelabuhan Ajibata.
  3. Bawa snack/cemilan karena tidak ada mini market disana
  4. Jika kamu non-muslim, aku sarankan untuk makan di lapo, karena masakan asli dari daerahnya langsung :)
  5. Jika mau menginap, banyak sekali penginapan di Tuk-tuk, harga ulai dari 100-500rb
  6. Jaga etika dan sopan santun ya :)

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY