10 Tempat wisata di Samarinda, Pesonanya Tiada tara


Fida  December 19, 2020  0 Comment

Berlibur dan menikmati tempat wisata menjadi hal sangat menyenangkan yang bisa Anda coba. Saat berada di Kalimantan Timur, Samarinda bisa menjadi pilihan terbaik untuk berlama-lama dan menghabiskan waktu liburan. Ada cukup banyak tempat wisata di Samarinda yang menawarkan keindahan alam maupun kemegahan bangunan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut 10 Tempat wisata di Samarinda yang sayang untuk Anda lewatkan

1. Pulau Kumala

pulau kumala
tribunnewswiki.com

Salah satu tempat wisata di Samarinda yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan adalah Pulau Kumala. Beberapa dari Anda tentu tidak asing dengan sebutan pulau yang satu ini. Banyak yang menyebut bahwa pulau yang satu ini memiliki bentuk menyerupai perahu terbalik.

Pulau Kumala menjadi salah satu pulau di Samarinda yang sayang untuk dilewatkan karena pulau ini menggambarkan budaya khas Kalimantan seperti bangunan adat, candi dan juga patung lembu. Selain itu, ada banyak spot foto instagramable yang bisa digunakan oleh pengunjung. Menyewa kendaraan dan berkeliling di Pulau Kumala menjadi hal terbaik yang bisa Anda coba.

Gotravelly

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Romansa Hutan Pinus Samparona Baubau

2. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau
tempatwisataunik.com

Saat berada di Samarinda, Taman Rekreasi Lembah Hijau menjadi salah satu tempat wisata terbaik yang bisa Anda datangi. Salah satu tempat wisata di Samarinda yang cukup populer ini biasa dikunjungi oleh keluarga maupun anak-anak sekolah.

Ada banyak hal dan kegiatan yang bisa Anda lakukan selama berada di Taman Rekreasi Lembah Hijau. Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti camping ground, flying fox, kolam renang, gazebo, kolam pancing, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke tempat wisata yang satu ini pengunjung tidak dikenakan biaya mahal yakni hanya Rp 5.000,- per orang.

3. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda
bujangmasjid.blogspot.com

Salah satu tempat wisata di Samarinda yang sayang untuk dilewatkan adalah Masjid Islamic Center Samarinda. Tempat wisata religi yang satu ini cukup populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Masjid Islamic Center Samarinda telah dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan di tahun 2008.

Masjid Islamic Center Samarinda dibangun dengan sangat megah dan memiliki menara dengan tinggi 99 meter. Selain tinggi menara yang disesuaikan dengan jumlah Asmaul Husna, masjid yang satu ini juga memiliki menara lain dengan ukuran yang lebih pendek dan berjumlah enam yakni sesuai dengan rukun iman.

4. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda
dictio.id

Salah satu tempat wisata di Samarinda yang menawarkan keindahan alam adalah Kebun Raya Unmul Samarinda. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- per orang.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat berada di Kebun Raya Unmul Samarinda. Fasilitas seperti sepeda air dan juga andong bisa dinikmati untuk berkeliling di kawasan wisata ini. Hal menarik yang bisa dinikmati dari Kebun Raya Unmul Samarinda adalah adanya kebun binatang mini serta museum kayu.

5. Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung
ayotraveling.com

Saat bingung menentukan tujuan tempat wisata di Samarinda, Telaga Permai Batu Besaung bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda datangi. Lokasi dari Telaga Permai Batu Besaung memiliki jarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Samarinda.

Keindahan pemandangan serta sejuknya alam bisa Anda rasakan di kawasan wisata ini. Tinggi sungai yang berbeda-beda menjadikan kawasan ini memiliki air terjun mini yang sering digunakan untuk berenang maupun berendam di sekitarnya. Perairan yang dangkal menjadikan kawasan ini aman untuk kegiatan bermain air.

6. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang
nativeindonesia.com

Saat menginginkan berlibur ke salah satu tempat wisata di Samarinda, Desa Budaya Pampang bisa Anda datangi. Desa yang satu ini dihuni oleh suku Dayak Kenyah dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terlebih di hari libur.

Setiap hari Minggu, ada pertunjukan seni yang dibutuhkan untuk wisatawan yang datang dari luar kota maupun luar negeri. Pertunjukan tersebut dimulai pukul 13.00 hingga 15.00. Pada saat pertunjukan berlangsung, warga desa akan kompak mengenakan pakaian adat. Pengunjung yang penasaran juga bisa mencoba menyewa pakaian adat dan berfoto dengan rumah adat yang ada.

7. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah
travel.detik.com

Air Terjun Tanah Merah merupakan salah satu tempat wisata di Samarinda yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar kota. Tempat wisata alam yang satu ini beralamat di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda.

Air Terjun Tanah Merah memiliki ketinggian hingga 15 meter. Meskipun air yang mengalir dari ketinggian merupakan air jernih, tetapi jangan heran saat tiba di sungai dan berubah warna menjadi keruh. Hal itu dikarenakan tanah yang ada pada bawah air terjun merupakan tanah gambut. Jika tidak ingin bermain air atau basah-basahan, Anda bisa mencoba  duduk di gazebo dan menikmati keindahan alam yang ada.

8. Tjiu’s Palace Samarinda

Tjiu's Palace Samarinda
karamumus.samarindakota.go,id

Ketika Anda berada di Samarinda, tidak perlu bingung untuk menentukan tempat wisata. Salah satu tempat wisata di Samarinda yang menjadi favorit banyak orang adalah Tjiu’s Palace Samarinda. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Sultan Sulaiman No. 6, Sambutan, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Tjiu’s Palace Samarinda merupakan salah satu tempat wisata pemancingan yang cocok Anda kunjungi bersama keluarga, karena memiliki berbagai fasilitas yang menarik. Untuk bisa menikmati fasilitas di sini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk, namun Anda cukup membayar parkir. Tempat yang satu ini berbeda dengan pemancingan pada umumnya, karena di sini tersedia berbagai fasilitas menarik lainnya mulai dari kolam renang anak, wahana permainan sepeda air, lapangan futsal, hingga tempat pijat refleksi. Jika Anda ingin memancing tapi tidak memiliki alat pancing, tidak perlu bingung, karena di Tjiu’s Palace Samarinda juga menyediakan penyewaan alat pancing beserta umpannya. Kurang lengkap rasanya jika Anda berada di Samarinda tanpa mampir ke tempat wisata yang satu ini.

9. Jungle Water World

Jungle Water World
jungle-water-world.business.site

Liburan merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh banyak orang. Salah satu cara untuk mengisi waktu libur yakni dengan mengunjungi tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Samarinda adalah Jungle Water World. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan berbagai fasilitas menarik. Kolam wadah berhayut, merupakan salah satu kolam renang yang dapat menguji adrenalin Anda di Jungle Water World. Biasanya wisata yang satu ini dikunjungi oleh para siswa untuk melakukan outbond.

Untuk dapat merasakan indahnya Jungle Water World, Anda cukup datang ke lokasi yakni di Km. 24, Guntunglai, Jalan Bontang-Samarinda, Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sangat sayang rasanya jika Anda melewatkan tempat wisata di Samarinda yang satu ini begitu saja.

10. Penangkaran Buaya Samarinda

Penangkaran Buaya Samarinda
yuniarismablog.blogspot.com

Saat Anda ingin menghabiskan waktu libur di Samarinda, tidak perlu bingung karena Samarinda memikiki berbagai jenis tempat wisata, salah satunya Penangkaran Buaya Samarinda. Bagi Anda pecinta buaya, Anda akan sangat menyukai tempat ini, karena di sini Anda akan melihat langsung berbagai jenis buaya, mulai dari buaya siam, buaya muara, hingga buaya sepit. Berbagai buaya yang dirawat di penangkaran ini merupakan buaya yang bisa ditemukan di berbagai sungai di Kalimantan Timur.

Untuk dapat mencoba sensasi melihat berbagai jenis buaya, Anda bisa mengunjungi Penangkaran Buaya Samarinda yang berlokasi di Desa Pulau Atas, Kelurahan Makroman, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Untuk bisa masuk, Anda wajib membeli tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 15.000 per orang. Buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA.



Leave a Reply