11 Makanan Khas Samarinda Paling Rekomended + Pilihan Oleh Oleh


Reni  May 15, 2018  0 Comments

Apakah Anda berencana untuk berlibur dan juga mengunjungi kota Samarinda di akhir pekan Anda? Nah jika demikian halnya, maka tentu saja Anda tidak boleh melewatkan beragam cita rasa kuliner dan juga makanan khas samarinda yang bisa mengisi perut Anda ketika lelah berjalan- jalan dan sekaligus juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh khas dari kota Samarinda. Nah yuk simak beberapa makanan khas samarinda yang sangat disukai oleh kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Samarinda.

Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang

jualamplangkukumacan.blogspot.co.id

Nah makanan khas samarinda pertama yang bisa Anda cicipi atau Anda jadikan sebagai cemilan teman perjalanan Anda menyelusuri keindahan kota Samarinda adalah kerupuk amplang.

Kerupuk yang satu ini terbuat dari ikan dengan bentuk yang sangat unik, namun tentu saja soal rasa Anda tidaklah perlu khawatir, karena rasa kerupuk ikan yang satu ini sangat gurih dan rasa ikannya sangat terasa, karena bahan bakunya yang paling dominan adalah ikan yang diberikan dengan sedikit saja campuran tepung.

Kerupuk amplang ini juga saat ini bisa dengan mudah Anda temukan dibeberapa daerah dipulau Jawa, hanya saja jika langsung membelinya dari kota asalnya akan terkesan lebih berbeda.

Ikan Bakar Sulawesi, Kuliner Khas Sulawesi Dan Seafood Wajib Coba Di Salatiga

Dibikin Ketagihan Sama Pedas Dan Segarnya KFC Green Chilly Crunch

Lempok Durian

Lempok Durian

youtube.com/channel/UCdH9T0Aic65PkGV5cNddXug

Nah bagi Anda pecinta durian tentu saja Anda juga bisa menikmati atau juga menjadikan makanan khas samarinda yang satu ini sebagai oleh- oleh untuk sanak keluarga Anda. Makanan tersebut adalah lempok durian atau juga dikenal dengan dodol durian.

Sesuai dengan namanya dimana makanan yang satu ini terbuat dari bahan baku berupa durian yang masih segar. Anda bisa menikmatinya dengan secangkir kopi atau teh hangat disore hari. Makanan yang satu ini juga memiliki ketahanan yang lama sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh- oleh.

Baca juga :  Oleh Oleh Khas Gorontalo yang Paling Terkenal

Roti Pisang

Roti Pisang

cookpad.com

Apakah Anda sudah pernah menikmati lezat dan juga enaknya roti pisang? Nah jika Anda berkunjung ke kota Samarinda, maka Anda akan menemukan makanan khas samarinda barupa roti pisang. Roti pisang yang satu ini berbeda dengan roti pisang pada umumnya.

Sesuai dengan namanya dimana roti pisang ini menggunakan buah pisang sebagai bahan utama pembuatannya. Buah pisang tersebut dipotong bulat dan juga kecil- kecil dan juga dibentuk bulat pipih. Tahukah Anda jika jenis pisang yang digunakan dalam pembuatan roti pisang ini adalah dengan menggunakan pisang talas atau juga pisang raja.

Selain pisang dimana bahan campuran lainnya juga menggunakan tepung terigu serta santan dan telur yang juga dilengkapi dengan sedikit garam dan gula sebagai penambah rasa manis dan gurih.

Pepes Kepiting

Pepes Kepiting

indoresep.web.id

Nah mungkin Anda hanya pernah mencicipi pepes ikan saja, namun tahukah Anda jika di Samarinda ada makanan khas samarinda yang sangat unik dan juga sangat lezat rasanya yaitu pepes kepiting. Jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting soka yang dimasak dengan menggunakan bumbu khusus seperti cabai, daun kemangi, serai dan juga rempah- rempah khas Samarinda lainnya.

Uniknya lagi pepes kepiting ini juga akan dibakar setelah dikukus terlebih dahulu sehingga rasanya sangatlah nikmat.

Gapit Pisang

Gapit Pisang

jelajah-erwin.blogspot.co.id

Olahan atau juga makanan khas samarinda lainnya yang terbuat dari bahan dasar pisang adalah gapit pisang. Sesuai dengan namanya dimana pisang tersebut akan dijepit pada saat proses memasaknya.

Adapun pisang yang digunakan dalam pembuatan kuliner yang satu ini adalah pisang sanggar, pisang kapok dan juga pisang kapok. Hanya saja pisang yang digunakan haruslah pisang yang tidak terlalu matang alias pisang setengah matang. Proses pembuatan pisang ini yaitu dengan cara dipanggang.

Baca juga :  11 Makanan Khas Madiun Terkenal Paling Lezat Rekomended Banget

Ayam Cicane

Ayam Cicane

wisataku.id

Nah ingin mencicipi makanan khas samarinda yang gurih dan juga lezat, maka Anda bisa menikmati ayam cicane ini. Sesuai dengan namanya dimana bahan baku pembuatan kuliner yang satu ini terbuat dari ayam kampung dengan dimasak menggunakan bumbu- bumbu yang sangat khas seperti kemiri, jahe dan juga lengkuas. Jika semua bagian ayam sudah merata maka ayam akan dipanggang lalu digoreng.

Gence Ruan

Gence Ruan

satenyaayam.blogspot.co.id

Ternyata masih banyak sekali kuliner dan juga makanan khas samarinda yang bisa Anda santap langsung dikotanya dan juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh. Nah kali ini adalah makanan yang disebut dengan gence ruan.

Makanan yang satu ini merupakan incaran para wisatawan yang berkunjung ke Samarinda. Bahan utama dari hidangan yang satu ini adalah ikan gabus. Ikan gabus tersebut akan dibakar, namun sebelum dibakar ikan akan terlebih dahulu dilumuri dengan garam dan setelah dibakar ikan gabus akan disiram dengan bumbu khusus.

Sate Payau

Sate Payau

resephariini.com

Makanan khas samarinda yang tidak kalah lezatnya adalah berupa olahan daging rusa. Makanan yang satu ini bisa dikatakan langka karena menggunakan daging rusa sebagai bahan utamanya. Hanya saja Anda masih bisa menemukan beberapa tempat yang masih menjual sate payau ini.

Sate yang satu ini sangatlah sederhana, dengan menggunakan bumbu atau juga rempah- rempah khas kota Samarinda lalu dibakar. Sate ini juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh karena tahan hingga dua hari.

Bobongko

Bobongko

gramrix.com

Menikmati keindahan kota Samarinda dan juga mencicipi beraneka raga cita kuliner atau makanan khas samarinda tentu saja menjadi dambaan bagi setiap orang. Nah untuk memulai hari- hari Anda dikota Samarida maka tidak ada salahnya bukan jika Anda menikmati sarapan yang sangat lezat yaitu bobongko.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Makanan Khas Jakarta Dengan Sejuta Rasa

Bobongko ini berwarna hijau yang biasanya juga dibalut dengan menggunakan daun pisang, dengan tekstur yang sedikit kenyal. Biasanya bobongko ini juga bisa Anda nikmati dengan siraman kuah yang manis. Nah bobongko ini terbuat dari bahan dasar berupa tepung beras yang dimasak dengan menggunakan santan dan juga duberikan rempah- rempah sehingga cita rasanya juga pedas dan gurih.

Pulut Nasi

Pulut Nasi

fzmenu.blogspot.co.id

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan kota Samarinda dan juga membeli bekal atau juga oleh- oleh maka makanan khas samarinda yang satu ini sangat cocok untuk Anda beli yaitu pulut nasi.

Pulut nasi ini menggunakan nasi sebagai bahan utama pembuatannya dan juga dimasak dengan santan serta juga diberikan taburan garam dan juga beberapa rempah lainnya seperti cabai sehingga memberikan sensasi yang sedikit pedas pada pulutnya.

Biasanya pulut ini akan dimasak dengan cara dikukus selama dua jam lamanya sehingga akan tahan lama dan tidak mudah basi. Biasanya pulut nasi ini juga dilengkapi dengan sambal yang dicampur dengan kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan.

Sambal Raja

Sambal Raja

atapermana.blogspot.co.id

Ada oleh- oleh yang unik yang bisa Anda bawa pulang jika Anda berkunjung ke kota Samarinda ini, yaitu Anda bisa membeli sambal raja. Tahukah Anda jika pada zaman dahulu sambal raja ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan raja- raja saja, namun sekarang siapapun bisa dengan mudah untuk mencicipi kelezatannya.

Nah sambal raja ini terbuat dari beberapa jenis sayuran seperti terong, kacang panjang, bawang merah yang sudah diiris- iris dan juga akan disiram dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan diberikan berupa irisan telur yang sudah direbus. Nah itu dia beberapa makanan khas samarinda yang bisa Anda nikmati bersama keluarga dan dijadikan sebagai oleh- oleh.



Leave a Reply

One Response
  1. jessie says:

    makanan yg enak dapat di rasa kan di kota Samarinda