5 Kebun Raya di Inggris, Alternatif Liburan Anti-Mainstream


Jehan  November 17, 2022  0 Comment

Apakah kamu sedang mencari ide berlibur untuk ke Inggris?

Saat kamu berkunjung ke negara kerajaan tertua di Eropa ini, kamu akan disuguhkan dengan banyak destinasi wisata yang beragam di Inggris.

Biasanya para wisatawan akan memilih destinasi yang cukup mainstream seperti berkunjung ke tempat bersejarah, wisata alam, atau wahana hiburan.

Jika kamu adalah tipikal orang yang menyukai hal berbeda, kamu harus coba mengisi liburanmu dengan berkunjung ke kebun raya di Inggris.

Kebun raya sangat cocok dikunjungi sebagai salah satu destinasi liburan untukmu yang menginginkan pengalaman baru di kala berlibur. Saat kamu pergi ke kebun raya, kamu tidak sekadar berlibur dengan bermain saja, melainkan kamu akan mengenal banyak hal baru dengan cara yang menyenangkan.

Apa kamu siap berlibur dengan cara anti-mainstream saat ke Inggris?

Berikut 5 rekomendasi kebun raya di Inggris yang dapat kamu kunjungi saat berlibur:

1. The Royal Botanical Gardens Kew

the royal botanical gardens kew
visitworldheritage.com

The Royal Botanical Gardens Kew merupakan salah satu kebun raya di Inggris yang dikelola oleh departemen lingkungan. Letaknya berada di Kew, Richmond, London TW9 3AE.

Kebun raya dengan luas sekitar 120 hektar ini memiliki berbagai macam jenis tanaman di dalamnya. The Royal Botanical Garden Kew menjadi salah satu tempat penjagaan atau konservasi jenis tanaman yang hampir punah dan langka.

Saat ini kebun raya memiliki koleksi lebih dari 50.000 tanaman hidup yang masuk ke dalam situs warisan dunia milik UNESCO.

Jika ingin berkunjung ke kebun raya ini, kamu bisa melakukan reservasi terlebih dahulu melalui halaman web The Royal Botanical Gardens Kew. Kebun raya ini tidak sulit untuk dicapai, dari pusat kota London kamu hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Kamu juga bisa mengakses kendaraan umum, seperti kereta api atau bus untuk sampai ke kebun raya ini.

Gotravelly Review

Baca juga: Pantai Wedi Ireng, Pantai Berpasir Hitam Dan Putih

Baca juga: Jajanan Antimainstream Harga Mahasiswa: Tahu Walik & Rujak Cireng

2. Kebun Raya Sheffield

sheffield botanical gardens
expedia.co.uk

Saat berkunjung ke kebun raya Sheffield kamu bisa berkeliling ke 18 area penanaman tanaman yang berbeda. Selain itu taman raya ini juga memiliki beberapa bangunan lain yang bisa kamu kunjungi.

Apa bila kamu berkunjung ke kebun raya ini, kamu bisa mampir dan mengambil foto bersama patung beruang yang menjadi ikon dari Sheffield. Selain itu kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan berkeliling ke taman Himalaya dan taman Marnock.

Kebun raya ini juga bisa menjadi tempat beristirahat yang menenangkan untukmu. Berteduh di bawah pohon sembari menikmati udara segara dari tanaman sekitar akan menjadi pengalaman terbaik saat berkunjung ke kebun raya Sheffield.

Apabila kamu ingin ke kebun raya ini, kamu bisa menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 30 menit atau bersepeda 10 menit untuk sampai ke kebun raya dari pusat kota. Selain itu, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti bus dari halte Clarkehouse Road dan Ecclesall Road.

3. Cambridge University Botanic Gardens

cambridge university botanic garden
botanic.cam.ac.uk

Kebun raya yang dibangun sejak tahun 1762 ini berada di pusat kota, tepatnya di situs New Museums. Tanaman yang ada di kebun raya Cambridge University ini difungsikan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa kedokteran.

Kebun raya Cambridge memiliki koleksi tanaman sekitar 8000 spesies yang beragam. Kebun raya ini dibangun di atas tanah dengan luas sekitar 40 hektar.

Di tahun 2019 kebun raya menerima sebuah penghargaan akreditasi konservasi internasional (BGCI). Tidak hanya itu, kebun raya Cambridge juga diakui untuk memimpin pengelolaan koleksi tanaman hidup untuk mendukung penelitian kelas dunia.

Jika kamu berkunjung ke kebun raya ini, kamu bisa mampir ke toko taman dan kafe, labirin rumput, serta taman sekolah yang disediakan di sana. Selain itu kebun raya Cambridge juga memiliki beberapa macam taman, yakni Autumn Garden, Bog Garden, Rose Garden, dan Bee Borders Jika kamu beranjak dari pusat kota, kamu bisa berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai ke kebun raya ini.

4. Westonbirt, The National Arboretum

Westonbirt the national arboretum
costwolds.com

Kebun raya di Inggris yang satu ini adalah rumah bagi 2500 spesies tanaman yang beragam dari berbagai penjuru dunia. Selain itu kebun raya Westonbirt juga memiliki 5 koleksi pohon nasional.

Tempat ini akan menjadi lokasi sempurna untukmu yang ingin bersantai dan rehat sejenak dari padatnya aktivitas. Ketika kamu berkunjung ke sini kamu bisa mampir ke kanopi di STIHL Tree Top Walkway. Selain itu kebun raya juga menyediakan kafe dengan pilihan menu hidangan lezat yang akan menemanimu beristirahat.

Westonbirt akan memberimu petualangan yang menyenangkan dengan perpaduan tanaman yang ada di sana. Terlebih jika kamu berkunjung di musim gugur, kamu harus ke Acer Glade di Old Arboretum dan Maple Loop di Silk Wood.

Menghabiskan waktu di kebun raya ini tidak akan membosankan. Kamu bisa menikmati koleksi nasional maple yang ada di kebun raya selama musim gugur.

5. Winterbourne House & Garden

winterbourne house & garden
growingevents.co.uk

Winterbourne merupakan kebun raya dan rumah yang dibangun pada tahun 1903. Tempat ini merupakan rumah dan taman pribadi miliki John MacDonald Nicolson.

Namun setelah John meninggal, pada 1944 taman ini diwariskan ke Birmingham University. Hingga saat ini taman Winterbourne menjadi kebun raya milik universitas yang dimanfaatkan sebagai ruang belajar serta konservasi yang penuh dengan sejarah.

Winterbourne menjadi salah satu vila serta taman pinggiran kota awal abad ke 20. Dibangun oleh seorang pelopor perancanaan kota bernama Nettlefold.

Pada tahun 2008 taman ini terdaftar sebagai Grade II oleh English Heritage. Pembangunan Winterbourne terinspirasi dari realita yang didapat dari kota-kota kecil di Inggris.

Jika kamu perhatikan dengan lebih saat berkunjung ke Winterbourne kamu akan merasakan suasana yang menenangkan dan penuh inspirasi seni yang terpancar melalui desain kebun raya di setiap sudut bangunannya.

Ketika kamu berkunjung ke kebun raya Winterbourne yang terletak di kampus Birmingham di Edgbaston ini, ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk sampai ke sini.

Jarak kebun raya ini tidak terlalu jauh, hanya beberapa mil dari pusat kota. Perlu kamu tahu, jika kamu membawa kendaraan pribadi mobil tempat parkir yang tersedia di sana sangat terbatas. Di khawatirkan kamu tidak akan mendapat lahan parkir saat sampai di lokasi.

Untuk menghindari ketidaknyamanan tersebut, kamu bisa datang ke Birmingham menggunakan transportasi umum seperti kereta dari Birmingham New Street di jalur lintas kota ke stasiun universitas.

Namun apabila kamu memilih bis untuk datang ke Winterbourne, kamu bisa menaik bis X20, X21 dan X22 yang akan berhenti tepat di tikungan kebun raya.

Bagaimana, apakah kamu sudah menentukan kebun raya mana yang akan kamu kunjungi saat datang ke Inggris?

Jika kamu memutuskan berkunjung ke kebun raya di Inggris, kamu bisa bersiap dengan memastikan waktu kunjunganmu melalui halaman websiter dari masing-masing kebun raya ya!



Leave a Reply