10 Tempat Bersejarah di Bandung Menyimpan Sejuta Cerita


prita  December 30, 2020  0 Comment

Dikenal dengan sebutan Kota Kembang, tempat bersejarah di Bandung memang memiliki sejuta cerita yang mampu membius siapapun untuk datang berkunjung. Lokasi Bandung yang dikelilingi oleh pegunungan tentu membuat kota ini dianugerahi udara yang sejuk dan banyak wisata alam yang memesona. Namun tak hanya wisata alam, Bandung juga merupakan salah satu kota penting dan bersejarah di Indonesia yang menjadi saksi kemerdekaan Indonesia. Untuk itu, kamu bisa menemukan banyak sekali bangunan-bangunan penting yang menyimpan banyak cerita seputar Bandung di masa lampau. Jika kamu seorang pecinta wisata sejarah, berikut adalah 10 Bangunan bersejarah di Bandung yang tak boleh dilewatkan begitu saja

1. Gedung Sate

gedung sate
radarcirebon.com

Gedung Sate menjadi bangunan bersejarah di Bandung pertama yang harus kamu kunjungi. Gedung bersejarah ini memang dikenal menjadi ikon kota Bandung dan rasanya belum ke Bandung jika belum melintasi gedung ini.

Gedung Sate ini dibangun pada tahun 1920 dan pernah menjadi lokasi pertempuran saat pejuang melawan pasukan Inggris. Meskipun sekarang kamu hanya bisa menikmati gedung bersejarah ini dari luar, dikarenakan gedung ini telah berfungsi seabagai Kantor Gubernur Jawa Barat, kamu pun bisa mengunjungi museum yang ada disana. Di museum tersebut terdapat sebuah wahana virtual reality yang akan membawamu seolah sedang naik balon udara mengelilingi Gedung Sate tersebut.

Gotravelly

Rabbit Town : Wisata Selfie Kekinian Di Kota Bandung. Cocok Untuk Semua Kalangan Dan Usia

Lawangwangi Creative Space

2. Monumen Bandung Lautan Api

monumen bandung lautan api
twitter.com

Bangunan bersejarah di Bandung yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Monumen Bandung Lautan Api. Monumen yang berada di Jalan BKR Ciateul ini selalu dipadati pengunjung saat akhir pekan atau saat musim liburan. Kebanyakan dari mereka menjadikan monumen ini sebagai background foto yang menarik.

Monumen Bandung Lautan Api ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bandung saat mereka berperang melawan serangan tentara sekutu demi mempertahankan kota mereka. Peristiwa ini kemudian dikenal sebagai peristiwa Bandung Lautan Api. Kamu pun bisa mengunjungi monument ini secara gratis dan jangan lewatkan pemandangan saat sore hari karena sangat indah.

3. Museum Konferensi Asia Afrika

museum konferensi asia afrika
chwred97.blogspot.com

Museum yang satu ini juga tak kalah ikonik dengan Gedung Sate karena sama-sama memiliki sejarah penting tak hanya bagi kota Bandung, namun juga bagi Indonesia. Museum ini dulunya digunakan oleh perkumpulan warga elit Eropa yang tinggal di Bandung bernama Societeit Concordia.

Bangunan museum ini memiliki sudut yang menghadap ke Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga, yang mana dulunya sudut tersebut berbentuk sudut kaku yang kemudian direnovasi menjadi melingkar seperti saat ini. Gedung ini terkenal bersejarah karena menjadi saksi dan menyimpan benda-benda bersejarah dari Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

4. Gedung Merdeka

gedung merdeka
blog.airpaz.com

Jika berbicara soal bangunan bersejarah di Bandung rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi gedung yang satu ini. Gedung ini dikenal dengan nama Gedung Merdeka dan berlokasi di sebelah Museum Konferensi Asia Afrika.

Gedung Merdeka ini menjadi saksi sejarah berlangsungnya Konferensi Asia Afrika di tahun 1955. Gedung ini dibangun pada tahun 1940 dan dikenal sangat besar sehinga mampu menampung 1200 orang. Saat penjajahan Jepang, gedung ini menjadi pusat kebudayaan dan tempat pertemuan. Tak hanya itu, Gedung Merdeka juga menjadi markas pemuda Indonesia untuk menghadapi Jepang yang tidak bersedia menyerahkan kekuasaannya setelah Jepang kalah dari Sekutu.

5. Goa Belanda

Goa Belanda
blog.misteraladin.com

Bangunan bersejarah di Bandung yang satu ini bisa kamu temukan di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda di Dago. Konon pada masa penjajahan Belanda goa ini digunakan sebagai tangki untuk penyimpanan cadangan air di musim kemarau.

Tak hanya itu, Goa Belanda ini juga pernah menjadi Stasiun Radio Belanda saat Perang Dunia II. Saat ini, Goa Belanda ini menjadi lokasi wisata sejarah di Bandung yang cukup populer. Selain itu, wisata ini juga menjadi tempat untuk menguji nyali karena goa ini dianggap sebagai salah satu tempat yang angker di Bandung. Kamu bisa menjelajah goa ini bersama pemandu agar tidak tersesat di dalamnya.

6. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
id.pinterest.com

Bangunan bersejarah di Bandung selanjutnya adalah Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Monumen ini merupakan sebuah museum yang di dalamnya terdapat tujuh buah diorama yang menceritakan sejarah perjuangan Rakyat Jawa Barat sejak jaman kerajaan hingga jaman kemerdekaan.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini pun memiliki ruang perpustakaan dan ruang audiovisual untuk kamu yang ingin lebih dalam mengenal sejarah Jawa Barat. Monumen ini sangat menarik untuk dikunjungi sebagai sarana edukasi dan juga fotografi.

7. Gedung Indonesia Menggugat

Gedung Indonesia Menggugat
myeatandtravelstory.wordpress.com

Gedung Indonesia Menggugat juga menjadi salah satu bangunan bersejarah di Bandung yang tak boleh kamu lewatkan. Bangunan ini konon dibangun sekitar tahun 1907 dan dulunya merupakan rumah warga Belanda sebelum dialih fungsikan sebagai Pengadilan Pemerintah Belanda yang digunakan untuk mengadilu pejuang kemerdekaan, termasuk Soekarno, Maskoen, Sartono hingga Satromolejono.

Nama Indonesia Menggugat pun dikenal sebagai salah satu peristiwa bersejarah dimana saat itu Soekarno diadili dan memberontak melalui pembelaan berjudul “Indonesia Menggugat”. Peristiwa tersebut tentu mengejutkan pemerintan Belanda saat itu dan sampai saat ini dikenal sebagai salah satu peristiwa bersejarah yang selalu dikenang.

Gedung Indonesia Menggugat ini memang telah berusia ratusan tahun namun maish berdiri kokoh hingga saat ini. Setelah beberapa kali mengalami perubahan fungsi, gedung ini sekarang menjadi tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan social, seni atau lainnya.

8. Masjid Raya Bandung

masjid raya bandung
gomuslim.co.id

tempat bersejarah di Bandung berikut ini juga kerap dijadikan sebagai destinasi wisata religi bagi wisatawan Muslim yang datang ke Bandung. Masjid Raya Bandung ini dibangun pada tahun 1810 dan telah direnovasi beberapa kali di abad ke-19, 5 kali dirombak pada abad ke-20 dan terakhir direnovasi di tahun 2001.

Masjid Raya Bandung ini kemudian diresmikan di tahun 2003 oleh Gubernur Jawa Barat saat itu, H.R Nuriana. Masjid ini kemudian dibangun dan didesain ulang dengan diberi alun-alun, yang kemudian namanya dirubah dari Masjid Agung Bandung menjadi Masjid Raya Bandung Jawa Barat.

9. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

museum mandala wangsit siliwangi
myeatandtravelstory.wordpress.com

tempat bersejarah di Bandung yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Museum ini menyimpan berbagai koleksi senjata bersejarah yang pernah digunakan oleh Pasukan Kodam Siliwangi.

Bangunan museum ini dulunya merupakan tempat tinggal perwira Belanda yang kemudian pernah juga digunakan sebagai markas untuk bersembunyi dari Jepang saat Jepang menjajah Indonesia. Bangunan ini kemudian diambil alih oleh Pasukan Siliwangi dan digunakan sebagai markas Divisi Siliwangi setelah Indonesia merdeka.

10. Landmark Convention Center

Landmark Convention Center
dolandolen.com

tempat bersejarah di Bandung yang terakhir adalah Gedung Konvensi Landmark. Gedung ini telah ada sejak tahun 1922 memiliki desain yang sangat khas.

Awalnya gedung ini berfungsi sebagai toko buku dan percetakan Van Dorp, kemudian beralih fungsi sebagai gedung bioskop pada tahun 1970. Saat ini gedung ini difungsikan sebagai gedung serbaguna Landmark Convention Center yang biasa digunakan untuk menggelar berbagai acara.



Leave a Reply