10 Menara Tertinggi di Dunia 2022, Tiongkok Paling Banyak


Altesa  July 23, 2022  0 Comment

Peradaban manusia yang kian waktu kian berkembang membuat manusia semakin kreatif dan inovatif dalam berbagai hal, salah satunya dalam merancang dan menciptakan sebuah bangunan. Berbagai bentuk bangunan dengan keunikan kontruksi kini telah marak diberbagai negara. Bangunan-bangunan dengan kontruksi dan bentuk yang unik tentu memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan pada umumnya. Salah satu bentuk bangunan yang kini tengah menjadi tren dan membuat para perancang bersaing ialah bangunan dengan ketinggian tidak wajar. Semakin tinggi bangunan maka dipersepsikan semakin hebat pula sang perancang dan pekerja yang berpartisipasi dalam menciptakan bangunan tersebut. Bangunan dengan ketinggian luarbiasa dan biasanya sengaja dibangun jauh lebih tinggi dari bangunan induknya disebut dengan istilah menara. Menara memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda bagi setiap bangunan. Seperti halnya menara masjid yang kita kenal berfungsi sebagai tempat pengeras suara sehingga setiap adzan berkumandang, suara dari pengeras yang terletak di tempat tinggi (menara) dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Namun kali ini kita bukan ingin membahas keunikan fungsi menara disetiap bangunan, akan tetapi perihal menara-menara tertinggi di dunia. Wah, seberapa tinggi yah kira-kira menara-menara ini? Yuk kita simak. Ini dia 10 menara tertinggi di dunia 2022.

1. Menara Tokyo Sky Tree, Jepang

Menara Tokyo Sky Tree, Jepang
karafuji.co.id

Menara tertinggi di dunia 2022 yang pertama berada di Ibukota Jepang, Tokyo. Nama menara tertinggi di dunia ini ialah Tokyo Sky Tree. Tokyo Sky Tree merupakan menara berbahan utama baja dan dibangun untuk dipergunakan sebagai pemancar jaringan telekomunikasi.  Terbilang bangunan bru karena baru diselesai dibangun pada tahun 2012, ketinggian menara ini mencapai 634 meter. Letaknya sendiri berada di tepian sungai Sumida. Menara yang menjadi bangunan tertinggi di Jepang ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan bagi pengunjung. Ini karena lokasinya yang berada di tengah kota tentu akan menampilkan pemandangan gemerlap lampu perkotaan di malam hari, seakan kamu tengah berdiri diatas langit karena tidak ada bangunan yang nampak lebih tinggi dari menara ini sendiri.

Gotravelly

Menara Pandang Teratai, Tawarkan Keindahan Kota Purwokerto Dari Ketinggian

Dunia Candy, Dunia Penuh Warna Warni Dari Wates, Kediri

2. Canton Tower, China

Canton Tower, China
inhabitat.com

Menara tertinggi kedua di dunia 2022 ialah Canton Tower. Lokasinya ada di Kota Guangzhou Provinsi Guandong, China. Tinggi keseluruhan menara ini ialah 610 meter, namun untuk tinggi menaranya saja yakni 433, 2 meter, ini adalah maksimal ketinggian yang dapat di kunjungi pengunjung.  Dimana dari ketinggian ini pengunjung dapat melihat pemandangan sempurna kota Guangzhou yang dipadati rumah-rumah dan gedung lainnya. Letak menara yang berada di sebelah sungai Pearl juga menambah cantiknya pemandangan dari atas menara. Menara yang satu ini dibuka pada tahun 2009, sehingga pada tahun 2010 menara ini menyandang gelar menara tertinggi di dunia, dan kemudian dikalahkan oleh Tokyo Sky Tower pada pembukaan 2012.

3. CN Tower,  Kanada

CN Tower,  Kanada
travel.detik.com

Menara tertinggi di dunia 2022 selanjutnya ialah CN Tower atau Canadian National Tower. Menara ini berada di negara bagian Amerika tepatnya Kanada di Kota Toronto. Menara dengan ketinggian menapai 553 memiliki fasilitas yang cukup modern meski telah berdiri sejak tahun 1973. Bagi kamu yang tertarik menikmati indahnya pemandangan kota Toronto, kamu dapat menggunakan fasilitas lift super cepat. Dari atas menara ini kamu dapat menyaksikan keindahan kota ditambah lagi pemandangan air terjun terkenal Niagara juga dapat dilihat dari atas menara ini. Menara yang awaknya digunakan sebagai menara komunikasi dan observasi ini kini berubah fungsi menjadi landmark terbesar di Toronto. Sehingga bagi kamu yang sedang berada di Kota Toronto dapat singgah di ikon Toronto yang satu ini yah.

4. Ostankino Tower, Rusia

Ostankino Tower, Rusia
mylittleadventure.se

Selain akan kehebatan negaranya yang dikenal dengan persediaan senjata nuklirnya, Rusia juga menjadi rumah bagi salah satu menara tertinggi di dunia, Ostankino Tower. Letaknya ada di kota Moskow , menara ini memiliki tinggi 540 meter. Dibangun selama kurang lebih empat tahun yakni dari tahun 1963 hingga 1967, perancangnya bernama Nikolai Nikitin. Sama dengan menara-menara sebelumnya, Ostankino Tower juga menjadi tempat observasi dan telekomunikasi.

5. Oriental Pearl Television Tower, Shanghai, Tiongkok

Oriental Pearl Television Tower, Shanghai, Tiongkok
topchinatravel.com

Sedang berlibur ke Shanghai, tidak ada ruginya jika kamu mampir ke tempat yang satu ini, namanya ialah Oriental Pearl Television Tower. Tower ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat observasi, namun juga menjadi hotel dan restoran. Sehingga di kalangan wisatawan, Oriental Pearl Television Tower bukanlah tempat yang asing. Hal itu juga disebabkan oleh lokasi tower yang berada di seberang ikon kota Shanghai lainnya yakni Shanghai Bund. Dengan ketinggian mencapai 468meter, tower ini menyelesaikan pembangunannya pada tahun 1995.

6. Milad Tower, Iran

Menara Tertinggi di Dunia
mappr.co

Kita beralih ke menara tertinggi di dunia 2022 selanjutnya. Bernama Milad Tower, menara ini terletak di Ibukota Iran, Teheran. Tingginya mencapai 435 meter, dan dirancang oleh seorang bernama Dr. Mohammad Reza hafezi, berada di urutan ke-6 menara tertinggi di dunia, Milad Tower berdiri diantara Kota Qarb dan Distrik Gisha.

7. Menara Kuala Lumpur / KL Tower, Malaysia

Menara Kuala Lumpur / KL Tower, Malaysia
klook.com

Pergi ke Negara tetangga, menara tertinggi di dunia selanjutnya ada di Kuala Lumpur, Malaysia. Bernama KL Tower, menara ini berdiri sejak tahun 1996 dan menghabiskan dana sebanyak Rp. 267.5 milyar untuk pembangunannya, tingginya sendiri mencapai 421 meter. Wisatawan termasuk dari Indonesia sangat familiar dengan tempat yang satu ini, karena tidak sedikit dari wisatawan akan menyempatkan mampir untuk hanya sekedar melihat dari dekat KL Tower dan kemudian mengabadikan foto. Untuk kamu yang berencana pergi ke Malaysia, sempatkan mampir kesini juga ya.

8. Tianjin Radio & TV Tower,  Tiongkok

Tianjin Radio & TV Tower,  Tiongkok
topchinatravel.com

Sesuai dnegan namanya, Tianjin Radio & TV Tower ini merupakan menara yang berfungsi sebagai pusat telekomunikasi dan observasi. Berlokasi di kota Tianjin, Tiongkok, tinggi Tianjin Radio & TV Tower yakni 415.1 meter. Pembangunannya menghabiskan dana sebesar 45 juta dolar amerika atau setara dnegan Rp. 674.8 milyar. Menara tertinggi di dunia ini berdiri dari tahun 1991 dan masih berdiri dengan kokoh  hingga sekarang.

9. Central Radio & TV Tower, Tiongkok

Central Radio & TV Tower, Tiongkok
triphobo.com

Tiongkok mungkin layak disebut sebagai rumah bagi menara-menara tertinggi di dunia, selain Oriental Pearl Television Tower dan Tianjin Radio & TV Tower, satu lagi menara tinggi yang patut kita singgung dlaam 10 menara tertinggi di dunia , yaitu Central Radio & TV Tower. Berlokasi di Ibukota Tiongkok yaitu kota Beijing, tinggi tower satu ini yaitu 410.5 meter.

10. Henan Province Radio & Television Tower, Tiongkok

Henan Province Radio & Television Tower, Tiongkok
alamy.com

Masih berada di Tiongkok, menara tertinggi di dunia yang terakhir ialah Henan Province Radio & Television Tower atau yang biasa di sebut sebagai Tower of Fortune. Lokasi tepatnya ada di Kota Zhongyuan, tower ini memiliki ketinggian yang mencapai 388 meter menjualang ke langit Tiongkok. Bahan dasar menara ini menggunakan baja dimana pembangunannya rampung pada tahun 2011.

Nah, itu dia 10 menara tertinggi di dunia yang patut kamu ketahui. Selain sebagai referensi destinasi wisata untuk kamu yang akan berlibur, mungkin artikel ini juga dapat menjadi penambah wawasan bagi kamu ya, so, jangan bosan membaca artikel serupa di GoTravelly. See u.



Leave a Reply