10 Seni Pertunjukan Tari Tradisional Terbesar di Berbagai Belahan Dunia


Fida  August 27, 2020  0 Comment

Berbagai negara di dunia tentu memiliki hal unik yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Berbagai tempat wisata hingga kuliner lezat menjadi tujuan yang sering diminati wisatawan. Termasuk menyaksikan Pertunjukan Tari Tradisional Terbesar di negara yang kita kunjungi.

Saat datang ke beberapa negara, akan ada sambutan unik yang ditujukan untuk wisatawan yang datang baik tarian, upacara, dan berbagai sambutan lainnya. Berbagai tarian unik tentu akan sangat menarik saat dinikmati. Jika Anda penasaran, berikut Seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara yang wajib ditonton

1. Buchaechum, Korea Selatan

buchaechum
ceritatravel.com

Salah satu seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara adalah Tari Buchaechum yang berasal dari Korea Selatan. Kostum dan tampilan para penari sangat menarik untuk dilihat. Anggota Tari Buchaechum adalah sekelompok wanita yang menggunakan pakaian tradisional Hanbok dengan warna-warna yang terang. Kipas dengan motif bunga peony juga menjadi salah satu atribut khas yang digunakan dalam tarian ini.

Tarian yang satu ini sudah cukup lama ada dan berasal dari ritual kuno ribuan tahun yang lalu. Saat ini, Tari Buchaechum mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat. Tidak heran jika tarian tradisional yang satu ini masih terus lestari dan dikembangkan.

Kuromon Market, Tempat Hunting Kuliner Dan Belanja Souvenir Di Osaka

Jaisalmer City Trip: Mengunjungi Patwon Ki Haveli Yang Unik Nan Menawan

2. Kabuki, Jepang

kabuki
sutekji.com

Tidak hanya berasal dari Korea Selatan, seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara juga berasal dari Jepang yakni Tari Kabuki. Tarian yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Jepang hingga wisatawan asing. Saat pertunjukan Tari Kabuki berlangsung, penonton selalu penuh sesak.

Ada banyak ciri khas yang menjadikan tarian ini mudah dikenali salah satunya adalah gerakan langkah kaki yang sangat lemah lembut. Tidak hanya itu, tarian ini juga mengandung banyak makna salah satunya adalah menyimbolkan emosional manusia seperti menangis, sedih, gembira, dan lain-lain. Para penari menggunakan riasan wajah yang cukup mencolok, hal itu membuat tarian ini semakin unik dan menarik. Tidak heran jika UNESCO menetapkan tarian ini sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.

3. Hula, Amerika Serikat

hula
media.iyaa.com

Tari Hula yang berasal dari Amerika Serikat masuk ke dalam daftar seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara. Tari Hula sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu masih lestari hingga saat ini. Goyangan pinggul menjadi salah satu ciri khas gerakan Tari Hula.

Tarian yang satu ini sangat menarik dan tidak hanya disaksikan oleh penduduk lokal, melainkan juga wisatawan asing. Kostum yang digunakan oleh para penari juga sangat unik dan khas. Seperti tarian pada umumnya, setiap gerakan yang ada pada Tari Hula juga memiliki arti khusus.

4. Tari Khon, Thailand

Khon
youtube.com

Berbicara tentang seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara, Thailand juga memiliki salah satu tarian yakni Tari Khon. Kalau di Indonesia, Tari Khon ini hampir mirip dengan tari topeng. Berbagai gerakan yang diperagakan dalam tari juga memiliki makna salah satunya adalah menggambarkan tentang panasnya peperangan akbar

Banyaknya lapisan kostum hingga atribut yang digunakan oleh penari menjadikan tarian yang satu ini semakin menarik dan sayang untuk dilewatkan. Kelincahan para penari juga menjadikan tarian ini semakin indah saat dinikmati.

5. Samba, Brazil

samba
avasbudaya.blogspot.com

Tari Samba yang berasal dari Brazil juga menjadi salah satu tarian indah dan sayang untuk dilewatkan. Tarian ini memiliki ciri khas yaitu diiringi dengan alat musik gitar dan tabuhan drum. Di Brazil, Tari Samba memiliki lebih dari 7 jenis yang berbeda.

Selain iringan alat musiknya yang khas, Tari Samba juga dikenal sebagai tarian yang sangat seru dan seksi. Para penari akan menggunakan kostum khusus yang di desain penuh warna serta seksi. Tarian yang satu ini merupakan identitas dan budaya yang kuat bagi warga Brazil. Penduduk akan dengan bangga memperagakan tarian yang satu ini.

6. Flamenco, Spanyol

flamenco
antarafoto.com

Seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara yang bisa Anda nikmati salah satunya adalah dari Spanyol. Tari Flamenco menjadi salah satu tarian unik dan menarik yang bisa Anda nikmati saat datang ke Spanyol. Dalam bahasa Spanyol, ‘flamenco’ memiliki arti ‘api’. Hal itu menyimbolkan setiap gerakan dalam tarian ini dilakukan dengan penuh semangat dan bergairah.

Tari Flamenco juga menjadi perpaduan beberapa seni sekaligus seperti seni musik, tari, gitar, dan permainan kaki. Kostum unik yang digunakan oleh wanita yang sedang melakukan tarian ini adalah kostum yang memiliki ekor panjang dan lebar yang hampir mirip dengan gaun pengantin. Baik penduduk lokal maupun wisatawan asing akan dimanjakan dengan indahnya tarian yang satu ini.

7. Apsara, Kamboja

Apsara
dictio.id

Kamboja menjadi salah satu negara yang menawarkan seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara. Tarian yang disuguhkan di Kamboja adalah Tari Apsara. Tarian ini sangat khas dan memiliki banyak hal unik yang membedakan dengan tarian lain. Setiap  penari harus mengenakan kostum khusus yang di desain dengan indah dengan berat sekitar 10 kilogram.

Tarian yang satu ini diakui oleh UNESCO sebagai pusaka budaya non bendawi dunia pada tahun 2003. Gerakan pada tarian ini dikenal sangat elegan dan anggun dengan gerakan tubuh yang sangat halus. Saat menonton pertunjukan seni Tari Apsara, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahannya.

8. Ghoomar, India

ghoomar
clubbytalks.com

Tidak kalah dengan negara lain, India memiliki tarian tradisional yang biasa digelar di Rajasthan. Tarian tradisional ini disebut Tari Ghoomar. Saat menonton pertunjukan tarian ini, pengunjung akan dimanjakan dengan gerakan dan kostum penari yang khas. Penari Ghoomar merupakan sekelompok wanita yang menggunakan Sari atau pakaian khas India.

Pakaian yang digunakan oleh tiap penari memiliki warna yang berbeda-beda. Tidak jarang juga penari mengajak penonton untuk menari bersama. Tarian yang sudah ada sejak lama ini biasa dipertunjukkan pada acara spesial seperti upacara adat hingga penyambutan. Tari Ghoomar menjadi salah satu seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara yang bisa Anda nikmati.

9. Tari Morris, Inggris

Morris Inggris
asaltariandaerah.blogspot.com

Seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara salah satunya adalah Tari Morris yang berasal dari Inggris. Tarian yang satu ini juga diiringi dengan irama musik tradisional. Saat datang ke Inggris, sayang untuk tidak menikmati pertunjukan seni yang satu ini.

Seperti tarian pada umumnya, Tari Morris juga memiliki pakaian dan gerakan yang khas. Kostum yang digunakan adalah pakaian berwarna putih dengan topi khas berhiaskan bunga, dan tidak lupa selempang sebagai pelengkap kostum. Saat menonton pertunjukan tarian ini, anda akan dimanjakan dengan gerakan dan iramanya yang sangat menarik.

10. Tari Zapin, Malaysia

tari zapin
made-blog.com

Tidak kalah dengan negara lainnya, Malaysia juga memiliki Tari Zapin yang masuk ke dalam daftar seni pertunjukan tari tradisional terbesar dari mancanegara. Daerah asal tarian ini adalah Johor, Malaysia.

Dulunya, tarian ini hanya digunakan sebagai tarian hiburan di istana. Namun saat ini Tari Zapin masih sangat lestari kembangkan. Tarian ini biasa dipentaskan di berbagai acara kenegaraan maupun acara lainnya.



Leave a Reply