10 Tempat Wisata Dekat Kawah Ijen Yang Cakepnya Kebangetan


prita  June 23, 2021  0 Comment

Kawah Ijen dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Jawa Timur. Wisata ini bahkan telah mendunia karena menjadi salah satu tempat di dunia untuk menikmati Blue Fire. Untuk menimati Blue Fire, tentu kamu harus mendaki ke puncaknya dari tengah malam hingga subuh. Setelah melihat keindahan Blue Fire, kamu juga bisa menikmati ragam destinasi wisata lainnya di sekitar Kawah Ijen. Nah, mana sajakah?

Berikut ini adalah destinasi wisata dekat Kawah Ijen yang patut untuk kamu sambangi.

1. Kawah Wurung

 Kawah Wurung
suara.com

Wisata dekat Kawah Ijen yang pertama adalah Kawah Wurung. Kawah Wurung ini berlokasi di Kabupaten Bondowoso dan berjarak sekitar 4 kilometer saja dari Kawah Ijen.

Berkunjung ke Kawah Wurung ini kamu bisa melihat keindahan hamparan bukit teletubbies dan menaiki bukit cinta yang mana dari atas bukit kamu bisa melihat jelas keindahan Kawah Wurung. Kamu yang berkunjung di musim hujan bisa melihat hamparan rumput hijau yang menyegarkan. Namun, pemandangan saat musim kemarau juga tak kalah indah meskipun warna rumputnya berubah kekuningan.

Gotravelly

Pesona Fantasi Dan Instagenic Di Hutan De Djawatan Banyuwangi

Pesona Keindahan Pantai Teluk Ijo Yang Masih Perawan

2. Kawah Ilalang

Kawah Ilalang
dakatour.com

Selain Kawah Wurung, Kawah Ilalang juga menjadi salah satu wisata dekat Kawah Ijen yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Wisata yang berada di Desa Curah Macan ini masih satu lokasi dengan Gunung Ranti dan bisa melewati Kawah Wurung.

Kawah Ilalang ini memang belakangan cukup populer di social media karena keindahannya yang sangat instagramable. Ilalang disini tumbuh subur dan sangat cantik berpadu dengan hijaunya perbukitan yang mengelilinginya. Kawah Ilalang ini memang tidak terlalu ramai karena jalur untuk menuju kesana cukup sulit dan dibutuhkan tenaga ekstra.

3. Kawah Bulan Sabit

 Kawah Bulan Sabit
web.facebook.com

Satu lagi kawah cantik yang menjadi destinasi wisata dekat Kawah Ijen, yaitu Kawah Bulan Sabit. Kawah Bulan Sabit ini juga menjadi salah satu destinasi yang tak kalah indah karena bentuknya yang unik.

Disebut sebagai Kawah Bulan Sabit karena di bagian tengah kawah ini ter4. dapat gundukan yang bentuknya seperti bulan sabit. Kawah ini berada di ketinggian 2.800 meter diatas permukaan laut dan menawarkan pemandangan gugusan gunung yang indah. Dari sini kamu bisa melihat sisi lain dari Kawah Ijen megahnya Gunung Raung dan kota Banyuwangi dari ketinggian.

4. Pemandian Air Panas Blawan

Pemandian Air Panas Blawan
bondowosotourism.com

Wisata dekat Kawah Ijen yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Pemandian Air Panas Blawan. Pemandian air panas ini tentu bisa jadi salah satu destinasi yang pas untuk kamu yang sudah mendaki Kawah Ijen.

Air disini bersuhu hangat yang sangat pas dinikmati saat cuaca dingin. Tak hanya itu, air di pemandian ini juga dipercaya bisa menghilangkan rasa capek dan pegal setelah melalukan pendakian ke Kawah Ijen. Selain itu, masyarakat setempat percaya jika pemandian air panas ini merupakan bekas pemandian Prabu Damarwulan, yaitu seorang tokoh legenda cerita Rakyat Jawa yang hidup pada zaman Kerajaan Majapahit.

5. Air Terjun Blawan

 Air Terjun Blawan
topwisata.info

Masih di kawasan yang sama, wisata dekat Kawah Ijen yang harus kamu kunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Blawan. Air Terjun Blawan ini juga berlokasi di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso.

Air Terjun Blawan ini juga sering dijadikan destinasi wajib setelah wisatawan berkunjung ke Kawah Ijen. Pemandangan di sekitar air terjun ini memang sangat asri dan indah sehingga membuat siapapun jatuh cinta saat pertama melihatnya. Tak hanya itu, air disini bersumber dari Kawah Ijen yang diketahui mengandung belerang tinggi. Selain bisa menikmati keindahan air terjun, disini kamu juga bisa menemukan Tumbuhan Makadamia yang sangat indah.

6. Air Terjun Kali Pait

Air Terjun Kali Pait
pegipegi.com

Destinasi wisata dekat Kawah Ijen yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Air Terjun Kali Pait. Wisata air terjun ini jaraknya paling dekat dengan Kawah Ijen jika dibandingkan dengan wisata lainnya.

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Kali Pait ini memiliki air mengalir yang bersumber dari Air Terjun Blawan sehingga airnya juga mengandung belerang yang sangat tinggi. Tak hanya itu, air terjun ini juga memiliki banyak bebatuan yang menghiasi sehingga tampak sangat indah dan unik.

7. Air Terjun Kampung Anyar

 Air Terjun Kampung Anyar
yukbanyuwangi.co.id

Wisata dekat Kawah Ijen selanjutnya juga masih berupa air terjun, yaitu Air Terjun Kampung Anyar. Air terjun yang berlokasi di Dusun Kampung anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah ini memang tergolong masih baru, meskipun begitu akses untuk menuju kesana sudah sangat bagus.

Menariknya, disini kamu bisa menikmati tiga air terjun sekaligus, yaitu Air Terjun Bidadari, Air Terjun Jagir dan Air Terjun Sumber Pawon. Dari ketiga air terjun tersebut, air terjun yang paling menarik perhatian adalah Air Terjun Sumber Pawon karena alirannya yang menyebar dan sangat indah.

8. Air Terjun Kalibendo

Desa Taman SariAir Terjun Kalibendo
rudinazar.com

Air Terjun Kalibendo juga masuk dalam daftar destinasi wisata dekat Kawah Ijen yang layak untuk kamu kunjungi. Air terjun yang berlokasi di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi ini memiliki ketinggian mencapai 10 meter.

Air terjun ini berada dalam kawasan Agro Wisata Kalibendo yang mana terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh. Lokasi air terjun ini memang berada di kaki Pegunungan Ijen yang pemandangannya sangat asri dan sejuk. Untuk menuju kesana, kamu harus menyusuri jalan setapak dan menyusuri sungai sejauh 500 meter. Meskipun butuh tenaga ekstra untuk menuju kesana, namun pemandangan Air Terjun Kalibendo ini tidak mengecewakan.

9. Desa Taman Sari

Desa Taman Sari
web.facebook.com

Kalau kamu ingin berlibur bersama keluarga di kawasan Kawah Ijen, kamu wajib untuk datang ke Desa Taman Sari. Desa Taman Sari ini merupakan salah satu desa wisata unggulan di Kabupaten Banyuwangi yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Desa Taman Sari ini berlokasi di kaki Gunung Ijen dan terdiri dari beberapa perkampungan, yaitu Kampung Bunga, Kampung Susu dan Kampung Penambang. Desa wisata yang diresmikan pada tahun 2016 ini menawarkan suasana khas Suku Osing yang kental. Di area desa ini kamu akan disuguhi dengan beragam kuliner khas setempat, informasi seputar wisata Banyuwangi dan membeli oleh oleh khas Banyuwangi yang dibuat oleh masyarakat setempat. Tak heran jika Desa Taman Sari ini menjadi salah satu wisata dekat Kawah Ijen yang paling menarik.

10. Taman Gandrung Terakota

Wisata Dekat Kawah Ijen
banyuwangibagus.com

Wisata dekat Kawah Ijen yang terakhir adalah Taman Gandrung Terakota. Taman Gandrung Terakota ini memang belakangan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer karena lokasinya dikelilingi oleh sawah yang hijau dan Gunung Ijen sebagai latarnya.

Disini kamu bisa melihat ratusan patung penari Gandrung yang terbuat dari tembikar. Tari Gandrung memang dikenal sebagai tarian tradisional masyarakat untuk ucapan syukur atas hasil panen yang baik. Pastikan kamu membawa kamera untuk bisa berfoto dengan para ‘penari’ ini ya.



Leave a Reply