15 Oleh Oleh Khas Bengkulu, Mulai Makanan Hingga Kerajinan


Reni  August 6, 2022  0 Comment

Bengkulu merupakan salah propinsi di Sumatera yang terkenal dengan keindahan alamnya.  Mulai dari pantai, danau, air terjun hingga perbukitan menghijau menjadikanya sebagai salah satu destinasi favorit di Sumatera. Setelah menjelajah keelokan alam dan budaya Bengkulu, jangan lewatkan membawa oleh oleh khas Bengkulu.

1. Lempuk durian

lempuk durian
ctzonedehasenbkl.com

Oleh oleh khas Bengkulu yang satu ini memang menjadi incaran wisatawan lokal. Sebagai daerah penghasil durian, saat panen tiba durian sangat melimpah hingga dijadikan berbagai macam hidangan salah satunya lempuk durian.

Pecinta durian pasti menyukai rasanya. Meski diolah dalam bentuk dengan tekstur mirip dodol, rasa durian masih terasa. Rasa manis yang pas membuat siapa saja menyukainya.

Gotravelly

Borong Oleh-Oleh Di Bakpia Telo Yang Lezat Dan Beraneka Camilan Dengan Harga Terjangkau Bisa Kalian Temukan Disini Loh!

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

2. Lemang Tapai

lemang tapai
merdeka.com

Lemang tapai terbuat dai beras ketan yang kemudian dicampur dengan santan dan garam. Campuran dari ketiga adonan tersebut di masak ke dalam bambu yang sudah dilapisi daun pisang. Bambu dibuat masak biasanya berukuran sekitar 40 CM. Bambu selanjutnya dibakar.

Ketika proses pembakaran aromanya sungguh menggoda selera. Ketika matang lemang kemudian dikeluarkan dari bambu. Aroma daun dan bambu membuat siapa saja perutnya langsung lapar.

Lemang yang sudah matang kemudian dipotong potong dan disajikan dengan tapai ketan. Perpaduan rasa gurih dari lemang beserta manis asamnya tapai ketan membuat lidah nggak berhenti ngunyah.

Harga seporsi lemang ketan Rp. 100.000. karena bahannya yang nggak tahan lama, jadi tidak disarankan untuk dibawa sebagai oleh oleh jika rumah kamu sedikit jauh dari wilayah Bengkulu.

3. Kue Perut punai

kue perut punai
bengkulutoday.com

Disebut demikian karena kue oleh oleh khas Bengkulu ini bentuknya mirip dengan perut burung Punai. Bentuknya melingkar dan melilit-lilit. Kue tradisional Bengkulu terbuat dari beras, tepung, gula dan garam.

4. Manisan terong

manisan terong
trippers.id

Terong biasanya identik dengan makanan berat, biasanya dimasak dijadikan kuah santan pedas atau di penyet bersama tempe goreng. Tapi d itangan masyarakat Bengkulu, terong dijadikan manisan.

Cara membuatnya cukup mudah, terong diiris iris kemudian dimasak dengan gula yang masak. Masak hingga semua bagian terong menyerap semua gula.

Rasanya tentu saja manis, mirip seperti kurma. Teksturnya kental. Camilan khas Bengkulu ini cocok dinikmati oleh anak anak hingga dewasa.

Cukup banyak toko oleh oleh yang menjual manisan terong. Satu kemasan manisan terong dihargai Rp. 10.000 saja. Manisan ini tahan hingga berminggu minggu. Jadi aman untuk kamu bawa ke luar kota.

5. Emping Bengkulu

emping bengkulu
shopee.co.id

Emping camilan berbentuk pipih dengan tekstur renyah ini terbuat dari buah melinjo. Emping biasanya dibuat sebagai camilan hari raya. Sebagai penghasil melinjo, emping dibuat langsung oleh penduduk Bengkulu.

Karena proses pembuatan sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang cukup alam jadinya emping dijual sedikit lebih mahal. Meski harganya cukup mahal tapi semua sepadan dengan rasanya yang khas enak, gurih dan renyah.

6. Kopi Bengkulu

kopi bengkulu
shopee.co.id

Sumatera memang terkenal sebagai pulau penghasil kopi dengan kualitas terbaik. Tak jarang, kopi dijadikan salah satu produk oleh oleh khas dari berbagai daerah di Sumatera, salah satunya Bengkulu.

Di Bengkulu kopi di budidayakan dengan cara organik, hal ini membuat kualitas kopi Bengkulu tidak perlu diragukan lagi. Pasti mantap!

Kopi Bengkulu memiliki citarasa khas. Rasanya kuat dengan aroma yang tajam. Rasanya tentu saja nikmat, Jika salah satu teman atau keluargamu pecinta kopi, kamu wajib membawa oleh oleh khas Bengkulu yang satu ini.

7. Sirup Kalamansi

sirup kalamansi
berempat.com

Oleh oleh khas Bengkulu selanjutnya berupa minuman menyegarkan yaitu sirup kalamasi. Sirup ini terbuat dari campuran jeruk kalamasi dan gula. Rasanya manis, asam dan menyegarkan. Enak dinikmati dingin di siang hari.

Karena terbuat dari jeruk, sirup kalamani bagus untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin C. Selain bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga bagus untuk sirkulasi darah dan juga bagus untuk kulit

Sirup Kalamasi dijual dengan harga mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp.50.000 tergantung ukuran botol.

8. Kue Bay Tat

kue bay tat
indozone.id

Salah satu rekomendasi oleh oleh khas Bengkulu selanjutnya kue Bay Tat. Atau biasa dikenal dengan pienya orang Bengkulu.

Kue Bay tat dahulunya disajikan untuk para raja dan bangsawan. Tapi kini semua masyrakat bisa merasakan lezatnya kue bay tat. Dan biasanya disajikan di hari besar keagamaan, kue yang bentuknya mirip pie ini disajikan untuk para tamu.

Kue khas Bengkulu ini terbuat dari adonan tepung kemudian dalamnya diisi dengan selai nanas. Rasanya manis, asam, gurih dengan tekstur yang empuk. Kue Bay tat sangat mudah ditemukan di toko oleh oleh di Bengkulu.

9. Kue Lepek Binti

kue lepek binti
travel.okezone.com

Sekilas jika dilihat oleh oleh khas Bengkulu yang satu ini mirip dengan lemper. Tapi sebenarnya beda banget. Kue Lepek Binti terbuat dari ketan, santan, lengkuas dan daun salam. Semua diaduk kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang dan dimasak hingga matang.

Aroma daun pisang dan daun salam menjadikan camilan khas Bengkulu ini beraroma wangi. Rasanya gurih enak. Sekali mencoba dijamin nggak bakalan berhenti ngunyah.

Kue lepek binti ini biasanya banyak ditemui ketika bulan Ramadhan tiba. Dijadikan salah satu hidangan takjil favorit masyarakat Bengkulu.

10. Kerupuk Gurita

kerupuk gurita
shopee.co.id

Jika selama ini Gurita identik dengan hidangan bakar atau tumis, di tangan kreatif masyrakat Bengkulu gurita dijadikan kerupuk. Bengkulu memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan, jadi tak heran jika ikan diolah menjadi berbagai macam kudapan yang yang enak dan lezat.

Kerupuk gurita sangat mudah ditemukan di toko oleh oleh di di Bengkulu. Ada dua varian rasa yakni pedas dan rasa gurih. Dua duanya patut dicoba.

11. Bolu Koja

Oleh Oleh Khas Bengkulu
netralnews.com

Bolu koja bukan sembarang bolu, lho. Yang membuat camilan ini teras spesial adalah campuran agar agar dalam adonannya. Hal ini membuat bolu lebih lembut dan kenyal. Rasanya manis enak. Kue Bolu ini bisanya disajikan saat pesta atau hajatan.

12. Kue Siput

kue siput
mytrip123.com

Bentuknya yang kecil mirip dengan rumah siput membuat kue khas Bengkulu ini dikenal dengan kue siput. Dalam kue berisi kacang, membuat rasa kue siput lebih enak dan gurih. Bentuknya yang unik pula membuat siapa saja penasaran dengan rasanya.

13. Kue Kembang Goyang

kue kembang goyang
budaya-indonesia.org

Meski kembang goyang ini banyak ditemui di daerah di Indonesia. Tapi kamu wajib banget cobain kue kembang goyang khas Bengkulu. Ada dua varian rasa kue yakni manis dan gurih.

Satu bungkus kembang goyang dihargai Rp. 40.000 hingga Rp. 60.000 tergantung ukuran kemasan.

15. Batik Besurek

batik besurek
dw.com

Batik memang dikenal di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sejarah batik di Indonesia memang beragam, semua bisa dilihat dari berbagai macam corak batik, salah satunya Batik Besurek.

Motif batik Bengkulu beragam mulai dari motif kaligrafi, motif rembulan dan masih banyak motif lainnya

Motif batik Bengkulu yang terkenal adalah motif arab gundul karena memiliki motif seperti huruf arab tapi tanpa arti tulisan yang jelas. Menurut sejarah, motif batik ini dipengaruhi kedatangan pedagang dari India dan Arab ke  tanah air.

Pembuatan batik di Bengkulu masih dilakukan secara tradisional. Masih dengan cara canting atau teknik batik tulis.

16. Kerajinan Kulit Lantung

kerajinan kulit lantung
bengkulu.antaranews.com

Ketrampilan setiap daerah menciptakan karya seni tersendiri, di Bengkulu terdapat kerajinan Kulit Lantung. Kerajinan ini terbuat dari kulit pohon yang ditipiskan atau dilentungkan. Kulit yang tipis dan kering kemudian dikreasikan menjadi berbagai kerajinan seperti tas, keranjang, topi, besek dan masih banyak kerajinan lainnya.



Leave a Reply