15 Danau Terindah di Sumatera Segarkan Mata


Fida  August 29, 2022  0 Comment

Sumatera dikenal sebagai salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan banyak kekayaan alam. Tidak jarang Sumatera dikunjungi oleh para wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Sumatera yang bisa kamu datangi. Tempat wisata alam yang populer dan mudah kamu jumpai adalah danau.  Ada cukup banyak rekomendasi danau di Sumatera yang bisa kamu kunjungi. Berbagai danau menyuguhkan keindahan serta keasriannya masing masing. Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi danau tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba saat datang ke Sumatera. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 15 rekomendasi danau di Sumatera yang tidak boleh kamu lewatkan. 

1. Danau Toba

danau toba
sumut.inews.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan Danau Toba bukan? Danau Toba dikenal sebagai salah satu danau di Sumatera yang menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Danau yang satu ini juga dikenal sebagai danau vulkanik terbesar di Indonesia. Tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal, Danau Toba juga menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan mancanegara saat datang ke Sumatera.

Danau Toba terletak di kawasan Provinsi Sumatera Utara. Saat mengunjungi danau ini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan serta suasana alam yang sejuk dan segar. Danau Toba dikenal memiliki luas mencapai 1130 kilometer persegi. Selain memiliki perairan yang luas, Danau Toba juga dikelilingi dengan penghijauan serta perbukitan di sekelilingnya. Oleh karena itu, pengunjung akan dibuat betah saat menghabiskan waktu berlibur di indahnya danau yang satu ini. Danau Toba dapat menjadi destinasi wisata yang bisa kamu tuju saat berada di Provinsi Sumatera Utara.

Gotravelly

One Day Trip Silalahi Sumatera Utara

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

2. Danau Ranau

danau ranau
regional.kompas.com

Selain Danau Toba, kamu juga dapat mengunjungi indahnya salah satu danau di Sumatera yakni Danau Ranau. Danau Ranau dikenal sebagai danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Danau yang satu ini terbentuk akibat gempa besar dan letusan gunung vulkanik.

Danau Ranau menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Letaknya yang berada di perbukitan juga menjadikan kawasan danau ini memiliki suasana yang sejuk. Adanya pulau di tengah Danau Ranau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pulau di tengah danau yang dikenal dengan sebutan Pulau Marisa ini memiliki sumber air panas yang biasa digunakan wisatawan untuk berendam. Saat mengunjungi danau ini, wisatawan juga dapat melihat langsung banyaknya nelayan yang sedang mencari ikan. Danau Ranau menjadi habitat bagi beberapa jenis ikan yang biasa diburu oleh para nelayan seperti ikan mujair, ikan kepor, kepiat, dan juga harongan. Bagaimana, tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi indahnya Danau Ranau?

3. Danau Maninjau

danau maninjau
regional.kompas.com

Ada cukup banyak pilihan destinasi wisata danau di Sumatera yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Danau Maninjau. Danau Maninjau dapat kamu datangi di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau yang terletak di ketinggian mencapai 460 meter di atas permukaan laut ini menawarkan suasana yang sejuk dan segar sehingga membuat pengunjung betah.

Selain datang langsung ke lokasi Danau Maninjau, kamu juga dapat mengamati indahnya danau ini dari kejauhan. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Danau Maninjau adalah dari Kelok 44, tepatnya di kelok 23 – 30. Di tempat tersebut, kamu akan disuguhkan dengan indah dan luasnya danau serta penghijauan di sekelilingnya. Saat datang ke kawasan danau ini, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Selain dikenal sebagai destinasi wisata, Danau Maninjau juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat diantaraya sebagai pembangkit listrik tenaga air hingga sumber air irigasi. Menarik sekali, ya?

4. Danau Singkarak

danau singkarak
regional.kompas.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu danau di Sumatera, kamu dapat mengunjungi indahnya Danau Singkarak. Danau yang datu ini terbentang di antara 2 kabupaten tepatnya Kabupaten Solok dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dengan luas mencapai 107,8 kilometer persegi, Danau Singkarak juga menjadi salah satu danau terluas di Sumatera.

Danau Singkarak menyuguhkan hamparan perairan yang luas dan menakjubkan. Datang dan menikmati pemandangan Danau Singkarak tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Kamu juga dapat menyegarkan pikiran dan melepas penat dengan menikmati indahnya pemandangan danau ini.

Berbeda dengan beberapa danau yang terbentuk dari letusan gunung vulkanik, Danau Singkarak terbentuk dari proses tektonik. Cekungan Danau Singkarak merupakan amblesan dari pergerakan Sesar Sumatera. Karena amblesan tersebut, terbentuklah indahnya danau alami yakni Danau Singkarak. Destinasi wisata di Sumatera Barat ini menjadi salah satu tujuan favorit untuk berlibur bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

5. Danau Aek Natonang

danau aek natonang
tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan wisata danau di atas danau? Sebutan tersebut disematkan kepada salah satu danau di Sumatera yakni Danau Aek Natonang. Sesuai dengan sebutannya, danau yang satu ini memang terletak di atas danau, tepatnya berada di atas Pulau Samosir, Danau Toba. Lokasi tepat dari danau ini berada di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Dengan ketinggian danau mencapai 1300 meter di atas permukaan laut, tidak heran jika Danau Aek Natonang menawarkan suasana yang sejuk dan segar. Pengunjung dapat menyegarkan pikiran sekaligus menenangkan diri dengan mengunjungi indahnya danau yang satu ini. Selain menikmati indahnya perairan yang luas, kamu juga akan dimanjakan dengan indahnya latar pemandangn hutan pinus. Lengkap sekali, ya?

Untuk datang dan menyusuri indahnya kawasan Danau Aek Natonang, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Dengan begitu, pengunjung dapat dengan puas bersantai dan berkeliling di area danau. Saat ingin mengunjungi destinasi wisata berupa danau di Sumatera, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi indahnya Danau Aek Natonang ini.

6. Danau Sidihoni

wisata alam terdekat
medan.tribunnews.com

Selain Danau Aek Nantonang, Danau Sidihoni juga menjadi salah satu danau di Sumatera yang mendapat sebutan danau di atas danau. Danau yang satu ini terletak di Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir. Danau Sidihoni menyuguhkan indahnya pemandangan dengan luas perairan mencapai 5 hektar. Meskipun memiliki luas area yang terbilang cukup kecil jika dibandingkan Danau Toba, tetapi indahnya pemandangan yang disuguhkan oleh Danau Sidihoni sangatlah memanjakan mata.

Danau Sidihoni terbentuk dari tanah di sekelilingnya yang longsor dan akhirnya membentuk cekungan. Area yang menjadi Danau Sidihoni dulunya merupakan rawa dan hutan. Tidak hanya dikenal akan keindahannya, danau yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi warga sekitar.

7. Danau Talang

danau talang
nativeindonesia.com

Destinasi wisata berupa danau di Sumatera yang tidak boleh kamu lewatkan berikutnya adalah Danau Talang. Danau yang satu ini berlokasi di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Suasana alam yang masih sangat asri dan alami menjadikan destinasi wisata alam yang satu ini cocok kamu kunjungi sebagai tempat untuk menenangkan diri.

Selain menawarkan pemandangan indah, pengunjung yang datang ke Danau Talang juga akan dimanjakan dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan. Pengunjung dapat bersantai dan menikmati keindahan alam, berfoto dengan berbagai spot yang disediakan, hingga mencoba sensasi menaiki perahu berkeliling danau. Seru sekali bukan?

Bagi kamu yang hobi berkemah, Danau Talang juga menawakan area perkemahan atau camping ground yang cukup luas. Pengunjung dapat bermalam dan menikmati indahnya pemandangan serta suasana yang ditawarkan oleh Danau Talang. Bagaimana, tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi danau ini?

8. Danau Siombun

danau siombun
startnews.co.id

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu wisata danau di Sumatera, kamu dapat mengunjungi indahnya Danau Siombun. Danau yang satu ini dapat kamu kunjungi di Kelurahan Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan. Danau Siombun juga dikenal sebagai salah satu danau tua karena sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Konon katanya, danau ini terbentuk secara alami. 

Tidak berbeda dengan danau lainnya, Danau Siombun juga memiliki cerita legenda yang beredar di masyarakat. Perairan yang jernih juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Danau Siombun dikenal tidak pernah kering dan memiliki banyak manfaat bagi warga sekitar, salah satunya menjadi sumber daya perairan. Tidak hanya itu, Danau Siombun juga dikenal sebagai habitat bagi beberapa spesies ikan. Menarik sekali, bukan? 

9. Danau Tarusan Kamang

danau tarusan kamang
1001indonesia.net

Salah satu wisata danau di Sumatera yang dikenal indah dan sayang untuk kamu lewatkan adalah Danau Terusan Kamang. Danau yang satu ini dikenal sangat unik karena akan berisi air di musim musim tertentu. Perairan yang mengisi danau ini bukanlah air yang berasal dari mata air atau air hujan, melainkan berasal sari celah celah batu. Unik sekali bukan? Karena keunikannya, tidak sedikit masnyarakat dan wisatawan yang menyebut danau ini dengan sebutan Telaga Ajaib. 

Selain menyuguhkan indahnya perairan, pemandangan danau ini juga semakin lengkap karena adanya gunung dan penghijauan di sekelilingnya. Kamu dapat datang dan menyusuri indahnya Danau Tarusan Kamang di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. 

10. Danau Kembar

danau kembar
nativeindonesia.com

Pernah mendengar sebutan Danau Kembar? Danau Kembar merupakan salah satu destinasi wisata danau di Sumatera yang menarik untuk kamu kunjungi. Sesuai dengan namanya, destinasi yang satu ini memiliki 2 danau yang sering disebut kembar, tetapi sebenarnya berbeda. Danau kembar terdiri dari Danau Diatas dan Danau Dibawah. 

Destinasi wisata yang satu ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan dan dapat dikunjungi di kawasan Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Indahnya pemandangan yang ditawarkan tentu akan membuat pengunjung betah dan enggan pulang. 

11. Danau Kerinci

danau kerinci
regional.kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing bahwa Pulau Sumatera dikenal memiliki banyak destinasi wisata berupa danau indah dan menakjubkan. Salah satu danau di Sumatera yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Danau Kerinci. Sesuai dengan namanya, kamu dapat mengunjungi Danau Kerinci di Kabupaten Kerinci, Jambi. 


Selain dikenal akan keindahannya, danau yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitar, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan air. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu datang dan menghabiskan waktu di kawasan Danau Kerinci. 

12. Danau Kaco

danau kaco
pesonaindonesia.kompas.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke tempat wisata danau di Sumatera, Danau Kaco menjadi destinasi tepat yang bisa kamu datangi. Danau Kaco dikenal memiliki perairan yang sangat bersih dan jernih. Oleh karena itu, tidak jarang hal itu membuat wisatawan penasaran dan ingin mengunjungi destinasi wisata alam yang satu ini. 

Selain memiliki perairan yang jernih, Danau Kaco juga dikelilingi dengan tanaman dan pepohonan sehingga membuat suasana di sekitar danau semakin sejuk dan asri. Kamu dapat mengunjungi indahnya danau ini di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya berada di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci. 

Bagi pecinta foto, tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk kamu kunjungi. Indahnya pemandangan alam yang ditawarkan tentu akan membuat pengunjung betah dan enggan pulang saat berada di Danau Kaco. 

13. Danau Gunung Tujuh

danau gunung tujuh
nativeindonesia.com

Rekomendasi wisata berupa danau di Sumatera berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Danau Gunung Tujuh. Danau yang satu ini dapat dikunjungi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Bukan seperti danau biasa, Danau Gunung Tujuh dikenal sebagai salah satu danau tertinggi di Indonesia karena letaknya yang berada di ketinggian mencapai 1.950 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, tidak heran jika Danau Gunung Tujuh menawarkan udara yang sejuk dan asri. 

Selain dapat menikmati indahnya perairan yang masih sangat alami, pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya pepohonan di sekeliling danau. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin mengeyarkan pikiran dan menenangkan diri. Saat berkunjung ke Sumatera, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan mampir dan menyusuri indahnya Danau Gunung Tujuh. 

14. Danau Laut Tawar

Danau di Sumatera
sumatra.bisnis.com

Ada banyak pilihan destinasi wisata alam berupa danau di Pulau Sumatera yang sayang untuk kamu lewatkan. Danau Laut Tawar menjadi salah satu danau di Sumatera yang populer dan dapat kamu kunjungi di kawasan Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. 

Dengan luas danau mencapai 5.472 hektar, danau ini mampu menarik perhatian wisatawan. Sebutan Danau Laut Tawar berasal dari danau ini yang memiliki luas menyerupai laut, tetapi memiliki air yang tawar atau tidak asin. Pemandangan indah yang ditawarkan tentu sangat memanjakan mata. 

15. Danau Napangga

danau napangga
ksmtour.com

Satu lagi rekomendasi danau di Sumatera yang dikenal indah dan tidak boleh kamu lewatkan yakni Danau Napangga. Danau yang satu ini dikenal indah dan masih sangat alami. Kamu dapat mengunjungi Danau Napangga di Kabupaten Rokan Hilir. 

Saat mengunjungi danau ini, pengunjung akan disuguhkan dengan perairan yang sangat tenang. Oleh karena itu, tidak jarang wisatawan atau warga setempat mencoba sensasi berenang di danau ini. Bagi kamu yang ingin melepas penat, tidak ada salahnya jika kamu datang dan mneyusuri indahnya danau di Sumatera yang satu ini. 

Nah, itulah daftar 15 danau di Sumatera yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan. Saat berkesempatan datang dan menghabiskan waktu berlibur di Sumatera, kira-kira danau manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu datangi?



Leave a Reply