10 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Kepulauan Nias


Reni  July 28, 2022  0 Comment

Kepulauan Nias berada di sebelah Barat pulau Sumatera. Dihuni oleh Mayoritas suku Nias. Kepulauan ini memiliki tempat wisata yang beragam mulai dari rumah adat tradisional, tradisi lompat batu yang sudah mendunia dan tentu saja deretan pulau pulau cantik yang menjadi pusat wisata pantai dan surga menyelam. Ketika berkunjung di pulau seluas sekitar 5.625 Kilometer persegi ini jangan lupa untuk membawa aneka ragam oleh oleh khas kepulauan Nias.

1. Biga

biga
jejakpiknik.com

Biga adalah sejenis jajanan khas Nias yang bisa kamu jadikan oleh oleh. Biga biasa dikenal dengan nama Bika. Rasa legit biga berasal dari madu yang merupakan bahan utamanya. Legitnya pas tidak terlalu neg membuat siapa saja menyukainya.

Gotravelly

One Day Trip Silalahi Sumatera Utara

Nikmati Suasana Cafe Hommy Di Lapau Kurai

2. Garifi Gae Siata

garifi gae siata
kliknusae.com

Selain biga, Garifi Gae Siata makanan ringan khas Nias bisa kamu jadikan oleh oleh khas Nias. Namanya memang cukup unik dan mengundang tanya, kira kira rasa dan bahannya dari apa ya ?

Garifi Gae Siata sebenarnya adalah keripik yang terbuat dari pisang ambon muda. Bukan kripik biasa karena diolah dengan berbagai macam bumbu setelah digoreng. Ada yang diberi rasa madu dan ada yang diberi rasa coklat.

3. Galame Durian

galame durian
jejakpiknik.com

Sebagaimana salah satu daerah di Sumatera, kepulauan Nias juga memiliki oleh oleh yang terbuat dari Durian. Galame atau dodol durian khas kepulauan Nias memiliki citarasa yang berbeda. Rasanya manis dengan tekstur yang kenyal dengan aroma durian yang menggoda selera.

Selain durian, galame di pulau Nias ada juga yang terbuat dari pisang ambon. Teksturnya sedikit berbeda dengan Galame Durian. Yakni tidak terlalu kenyal. Rasanya juga tak semanis galame durian. Jika kamu tidak menyukai Durian, kamu bisa membawa galame pisang sebagai oleh oleh khas Kepulaun Nias.

Galame durian dijual dengan harga sekitar Rp. 85.000. Sedangkan Galame pisang di jual lebih murah yakni Rp. 25.000

4. Tabadu Coffee Robusta

tabadu coffee robusta
bukalapak.com

Kamu pecinta kopi bisa juga teman atau keluarga pecinta kopi wajib membawa Tabadu Coffee Robusta sebagai oleh oleh. Kopi khas kepulaun Nias ini merupakan salah satu kopi jenis robusta dengan rasa khas pahit dengan tekstur yang pekat.

Kopi Tadabu Coffe Robusta ini paling enak dinikmati bersama dengan susu kental manis. Hidangkan selagi panas dan nikmati dengan sepotong biga. Kombinasi yang asyik dinikmati di sore hari.

Tabadu Coffee Robusta dibandrol dengan harga mulai Rp. 40.000 hingga Rp. 100.000 tergantung ukuran kemasan.

5. Hambae Natiti

hambae natiti
sumut.poskota.co.id

Oleh oleh khas Nias selanjutnya yang bisa kamu jadikan oleh oleh adalah Hambae natiti. Sekilas melihat bentuk Hambae natiti bentuknya mirip Abon. Yang membuat hambae natiti berbeda dari abon biasanya adalah bahannya yang terbuat dari campuran daging kepiting dan santan.

Cara membuatnya, pertama tama kepiting direbus hingga matang. Kemudian daging dipisahkan dari cangkangnya. Selanjutnya daging kepiting dicampur dengan kelapa parut. Setelah tercampur rata dimasak hingga mengering seperti abon.

Hambae Natiti ini sebenarnya berasal dari Kepulauan Hinako yang berada kecamatan Sirombu, di sebelah barat kepulauan Nias. Kepiting biasanya melimpah panennya pada bulan Mei, Juni, dan Juli di daerah kepulauan Hinako.

Rasanya sangat gurih. Cocok dijadikan lauk. Teksturnya yang kering seperti abon membuat Hambae natiti cukup tahan lama. Jadi kamu bisa membawanya sebagai oleh oleh juga sebagai stok lauk pauk di rumah.

6. Sambal Bubuk Udang

sambal bubuk usang
tokopedia.com

Untuk  kamu pecinta pedas jangan lupa bawa oleh oleh khas Nias, sambal bubuk udang. Meski namanya sambal tapi tekstur dan penampakannya sangat berbeda dengan sambal yang biasanya. Sambal bubuk udang ini lebih mirip seperti camilan.

Seperti namanya bahan utamanya adalah udang. Cara membuatnya udang di haluskan kemudian dicampur dengan cabai, bumbu dapur, kacang tanah dan juga kentang. Rasanya gurih pedas. Cocok dinikmati dengan nasi hangat. Jika kamu suka, sambal bubuk udang bisa kamu nikmati sebagai camilan. Dijamin dah saking enaknya kamu nggak bakalan berhenti ngunyah ditambah lagi sensasi pedasnya bikin kamu pingin nambah terus.

Untuk mendapatkan sambal bubuk udang kamu hanya bisa membelinya di kota Gunung Sitoli. Belinya di Toko Sambal Bubuk Udang Nias. Harganya cukup bersahabat kok, cukup keluarkan kocek Rp45.000 saja. Dijamin semua pasti suka dengan rasanya.

7. Saku Nisolo

saku nisolo
sumut.poskota.co.id

Oleh oleh khas Nias selanjutnya makanan khas Nias yang dikenal dengan Saku Nisolo. Saku nisolo yang terbuat dari sagu ini dikenal sebagai makanan pokok khas pulau Nias. Saku Nisolo yang dibuat dengan cara digongseng kemudian disiram dengan santan ini bisanya di konsumsi sebagai pengganti nasi di pulau Nias.

Rasanya yang gurih ini biasanya oleh penduduk setempat dimakan begitu saja. Ditambah dengan lauk ikan yang banyak ditemui membuat saku nakolo rasanya semakin enak. Kuliner khas Nias sangat mudah ditemui di pulau Nias. Tunggu apalagi, kalau kesana kamu wajib coba.

8. Gamumu

gamumu
kliknusae.com

Oleh oleh khas Nias yang bisa kamu bawa pulang adalah gamumu. Camilan khas pulau Nias berupa kripik yang terbuat dari talas. Keripik kemudian dibumbui dengan aneka rasa. Mulai rasa gurih hingga rasa pedas.

Untuk kamu para pecinta pedas wajib banget membawa gamumu sebagai camilan di rumah. Rasa pedasnya bikin kamu ketagihan.

9. Kerajinan Khas Nias

kerajinan nias
jejakpiknik.com

Oleh oleh khas Nias yang tidak boleh terlewatkan yakni tentu saja kerajinan kahs Nias. Seperti halnya daerah lain, kepulauan Nias memiliki kerajinan yang unik. Dan cocok dijadikan souvenir. Kerajinan mulai dari patung hingga berbagai aksesoris seperti kalung dan gelang. Kerajinan unik ini kebanyakan terbuat dari bahan kayu dan juga kulit kerang.

Kerajinan lain yang bisa menjadi pilihan untuk oleh oleh adalah anyaman, topi, tembikar, karung dan ornamen ornamen lain untuk hiasan rumah. Kerajinan khas Nias ini sulit diduplikasi karena cara membuatnya rumit.

10. Kain Khas Nias

kain khas nias
aidatenunjepara.com

Rekomendasi oleh oleh khas Kepulauan Nias yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Baru Isito. Sebutan untuk pakaian khas Nias ini cocok untuk diberikan para wanita. Designnya yang sangat cantik dan unik membuat siapa saja bahagia menerimanya.

Yang membuat Kain khas Nias ini unik adalah bahannya. Terbuat dari serat pohon dan rumput yang dipintal. Coraknya dan warnanya cukup bervariasi. Ada warna merah, hitam dan juga warna keemasan. Hal inilah yang membuat kain khas Nias memiliki harga yang lumayan mahal. Konon, pada zaman dahulu kala kain ini hanya dimiliki oleh kaum bangsawan saja.

Itulah tadi deretan oleh oleh khas kepulauan Nias yang bisa kamu bawa pulang untuk teman kantor maupun keluarga di rumah. Harganya nggak bikin dompet menjerit dan tentu berkesan. Untuk mencari oleh oleh tersebut cukup mendatangi beberapa tempat oleh oleh di pusat kota Gunung Sitoli. Atau kalau kamu tidak sempat bisa mencarinya di Bandara Binaka. Sekian informasi kami sampaikan. Terima kasih.



Leave a Reply