Wisata Edukasi jelajahi 10 Hutan Mangrove di Sumatera


Reni  September 10, 2022  0 Comment

Liburan tidak melulu tentang jalan-jalan yang menyenangkan, tapi juga bisa yang mengandung nilai edukasi seperti berwisata mangrove. Wisata mangrove kini bisa Anda temukan di berbagai kawasan Indonesia, salah satunya di Sumatera. Wisata mangrove di Sumatera memang menjadi tempat yang bernilai edukasi dan asik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga maupun orang tercinta. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke destinasi wisata mangrove di Sumatera, berikut akan diulas beberapa destinasi wisata mangrove yang bisa Anda jelajahi saat berkunjung ke Sumatera.

1. Kampoeng Nipah

kampoeng nipah
liputan6.com

Kampoeng Nipah adalah lokasi ekowisata mangrove berbasis masyarakat pertama di Indonesia. Di Kawasan ini Anda tidak hanya bisa menemukan hutan mangrove, namun juga pengolahan produk berbahan mangrove hingga homestay yang dikelola oleh penduduk setempat. Destinasi wisata mangrove Kampoeng Nipah berlokasi di Desa Sei Nagalawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Untuk fasilitas yang tersedia di Kampoeng Nipah terbilang cukup memadai, mulai dari kantin, pondok, toilet, tempat shalat, area memancing hingga homestay bisa Anda temukan dengan mudah.

Perlu diketahui, sesampai di lokasi wisata ini, Anda akan dipandu langsung oleh guide lokal yang memberikan edukasi tentang mangrove. Mulai dari jeni-jenis mangrove, cara menanam mangrove, manfaat mangrove bagi lingkungan hingga jenis mangrove yang bisa diolah sebagai bahan makanan khas. Beberapa produk olahan mangrove yang berhasil diproduksi di desa ini, yaitu keripik jeruju, dodol, teh teruji hingga sirup. Selain wisata edukasi tentang mangrove, Anda juga bisa bersenang-senang dikawasan ini dengan bermain canoe menyebrangi sungai, mencari kepah laut, berburu kepiting bakau di kolam lumpur hingga melihat sunset.

Gotravelly

Susuri Keasrian Banyu Urip Mangrove Center

Hutan Mangrove, Wisata Anti Mainstream Nusa Lembongan

2. Apar Pariaman

apar pariaman
padang-tribunnews.com

Wisata mangrove memang menjanjikan keindahan alam yang luar biasa menakjubkan dan menenangkan. Berbicara mengenai wisata mangrove yang nyaman dan asri, Anda patut berkunjung ke Apar Pariaman berlokasi di Apar, Kec. Pariaman, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Destinasi wisata mangrove di Sumatera Barat ini memang sangat direkomendasikan bagi Anda, sebab Apar Pariaman berhasil menyuguhkan berbagai keindahan hutan mangrove dengan berbagai jenis flora dan fauna, serta dilengkapi tracking beton sehingga Anda bisa lebih mudah melihat keindahan alam yang ditawarkan Apar Pariaman.

3. Teluk Ba’a

teluk baa
apabuka.com

Mangrove Teluk Ba’a merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Desa Sisarahili Teluk Siabang, Kec. Sawo, Kab. Nias Utara, Sumatera Utara. Teluk Ba’a dengan hamparan mangrove lebih kurang 10 Ha, berhasil menjadi destinasi mangrove pertama di Kepulauan Nias atau lebih tepatnya di Nias Utara. Kawasan Teluk Ba’a pertama kali dibangun pada tahun 2010 yang diperuntukan sebagai lokasi tambatan perahu nelayan. Namun pada tahun 2017, fungsi utama kawasan ini pun di geser menjadi 2 peruntukan, yaitu sebagai labuhan nelayan sekaligus destinasi wisata bahari. Saat itulah dimulainya pembangunan jembatan pedestrian, toko cedera mata hingga pondok apung sebagai tempat wisata. 

Selain itu, pada tahun 2019 spesifikasi wisata ini juga mengalami pergeseran dari wisata bahari menjadi wisata hutan mangrove Teluk Ba’a. Pada tahun tersebut juga mulai dibangun jembatan pedestrian dalam wilayah hutan, fasilitas kamar mandi umum, fasilitas parkir dan lainnya. Nah, jika Anda berkunjung ke destinasi Teluk Ba’a tidak hanya bisa mengetahui sejarah dibangunnya teluk Ba’a, namun juga bisa melihat hamparan keindahan hutan mangrove yang sangat luas.

4. Sicanang

sicanang
medan.tribunnews.com

Ekowisata mangrove Sicanang terletak di Blok 16, Kelurahan Belawang Sicanang, Kec. Medan Belawan, Medan. Wisata Mangrove di Sumatera utara ini memang menjadi destinasi liburan baru bagi warga kota medan yang ingin melihat lingkungan pepohonan bakau atau mangrove. Area hutan bakau 18,9 Hektar ini juga memiliki beberapa jenis pohon mangrove langka. Saat Anda berkunjung ke ekowisata mangrove Sicanang Anda bisa mengikuti sekolah alam, wahana permainan anak-anak, spot selfie, area memancing serta bisa belajar membatik dengan memakai getah mangrove.

5. Tanjung Rejo

tanjungrejo
waspada.co.id

Desa wisata mangrove Tanjung Rejo berlokasi di Desa Tanjung Rejo, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Desa Tanjung Rejo ini memiliki hamparan mangrove yang sangat luas dan berbatasan langsung dengan laut selat malaka. Berkunjung ke kawasan wisata mangrove ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti melihat proses penangkapan kepiting bakau, pembuatan sirup mangrove, proses penanaman pohon bakau, pembuatan selai mangrove hingga pembuatan batik mangrove. Selain itu, Anda juga bisa menemukan track untuk dijadikan tempat selfie bersama teman serta keluarga. Untuk fasilitas yang tersedia juga cukup memadai seperti area parkir, balai pertemuan, jungle tracking, cafetaria, kios souvening, musholla, selfie area, toilet umum, wifi area, tempat makan, spot foto hingga homestay.

6. Perpat

perpat
helpmecovid.com

Wisata mangrove di Sumatera selanjutnya ialah Perpat yang terletak di Pematang Kuala, Kec. TIK. Mengkudu, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Kawasan Perpat yang difungsikan sebagai tempat membudidayakan hutan mangrove ini memang sangat cocok dijadikan destinasi wisata edukasi dan menarik dikunjungi. Terlebih bagi Anda yang suka berswafoto dengan latar belakang alam yang masih asri. Ketika Anda berkunjung ke kawasan Perpat Anda bisa menemukan jembatan di tengah-tengah pepohonan mangrove dan pondok persinggahan. Sehingga sangat cocok dikunjungi jika Anda sedang mencari destinasi wisata keren dengan pemandangan yang indah.

7. Pendidikan Mangrove Ujung Tamiang

pendidikan mangrove ujung tamiang
mongabay.co.id

Tempat wisata pendidikan mangrove ini berlokasi di kawasan Pusung Kapal, Kec. Seuruway, Keb. Aceh Tamiang, Aceh. Tempat wisata alam ini terbilang masih sangat asri dengan keragaman lokal dan sangat cocok untuk menambah pengetahuan tentang alam, khusus hutan bakau. Untuk itu, jangan heran jika dikatakan kawasan mangrove Ujung Tamiang tidak hanya bagus sebagai tempat wisata, namun juga sangat bagus untuk menambah ilmu pengetahuan.

8. Lubuk Kertang

lubuk kertang
rri.co.id

Wisata mangrove Lubuk Kertang berlokasi di desa Lubuk Kertang, Kec. Brandan Bar, Kab. Langkat, Sumatera Utara. Kawasan hutan mangrove yang berdekatan dengan site Pertamina ini memiliki suasana yang cukup asri dan tenang. Sehingga tidak mengherankan jika kawasan ini masih memiliki banyak monyet, kepiting capit sebelah serta lainnya. Selain itu, hutan bakau ini juga memiliki taman kecil dan beberapa spot foto keren. Bahkan Anda juga bisa berkeliling hutan bakau dari atas air dengan menggunakan perahu bermotor. Perlu diketahui, untuk berkunjung ke Lubuk Kertang sebaiknya Anda harus berhati-hati saat berkeliling hutan bakau, sebab kondisi jalannya masih dibuat dari bambu dan kayu.

9. Mangrove Gosong Telaga Selatan

mangrove gosong telaga selatan
aceh.tribunnews.com

Wisata mangrove di Sumatera yang patut Anda kunjungi ekowisata hutan mangrove Gosong Telaga Selatan. Destinasi wisata berlokasi di desa Gosong Telaga Selatan, Kec. Singkil Utara, Kab. Aceh Singkil, Aceh. Kawasan wisata baru yang terletak di pantai cemarah indah ini berbeda dengan kawasan hutan mangrove lainnya. Sebab itu sampai ke Hutan Mangrove Gosong Telaga Selatan, Anda harus menaiki perahu dengan biaya 10 ribu per orang untuk bisa tiba ke lokasi. Saat tiba di lokasi, Anda bisa langsung menikmati keindahan hutan mangrove yang ada di kawasan tersebut.

10. P. Merbau

Mangrove di Sumatera
suarariaupos.com

Pantai mangrove P. Merbau berlokasi di  Paluh Merbau, Desa Tanjung Rejo, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Destinasi mangrove P. Merbau sebenarnya memiliki pemandangan yang sangat indah dan tidak kalah dengan hutan mangrove lainnya. Hanya saja, beberapa kawasan hutan mangrove ini sudah dimanfaatkan sebagai kebun sawit dan area tambak ikan. Sehingga rimbunnya pepohonan mangrove menjadi berkurang. Meskipun begitu, jika Anda suka memancing sambil menikmati keindahan alam, P. Merbau tetap bisa Anda jadikan pilihan terbaik.

Itulah sekilas tentang beberapa tempat wisata mangrove di Sumatera yang cocok dan layak untuk Anda kunjungi. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata mangrove terbaik di kawasan Sumatera.



Leave a Reply