11 Minuman Khas Filipina Dengan Kesegaran Sempurna


prita  March 20, 2022  0 Comment

Filipina adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang menawarkan banyak sekali destinasi wisata keren. Negara ini memang cukup menarik untuk dikunjungi karena dianugerahi dengan keindahan alam yang tiada duanya. Tak hanya alam, Filipina juga memiliki banyak kuliner dan minuman khas Filipina yang wajib untuk dicoba.

Dikenal sebagai salah satu negara dengan iklim tropis, matahari memang selalu bersinar sepanjang tahun di negara ini. Tak heran banyak wisatawan yang memilih untuk mengunjungi Filipina untuk menikmati mataharinya yang terik dan hangat. Sambil menikmati hangatnya sinar mentari di Filipina, tak ada salahnya untuk mencicipi salah satu minuman khas Filipina berikut ini.

1. Basi

Basi
dude4food.blogspot.com

Minuman khas Filipina yang pertama wajib untuk kamu coba adalah Basi. Basi merupakan minuman alkohol fermentasi lokal yang bisa kamu temukan di wilayah utama Ilocos dan Kalinga.

Minuman ini terbuat dari tebu dan diproses dalam stoples tanah liat yang disebut dengan Burnay. Hasil fermentasi ini menghasilkan dua jenis basi, yaitu Basing Lalaki yang memiliki kandungan alkohol lebih tinggi dan Basing Babae yang memiliki rasa lebih manis dengan sedikit alkohol.

Gotravelly

Glek: Segarnya Minuman Kekinian Sambil Berbagi Dengan Yang Membutuhkan

Es Pink Pink, Minuman Menyegarkan Yang Ngangeni Dari Kediri

2. Halo Halo

Halo Halo
foodiewish.com

Bisa dibilang jika halo halo ini merupakan minuman khas Filipina yang paling dicari dan wajib banget untuk dicobain. Halo halo ini mirip dengan es campur di Indonesia, yang mana arti dari nama halo halo sendiri adalah aduk-aduk.

Isian dari halo halo ini bermacam-macam, namun yang paling umum digunakan adalah kacang merah, nangka, agar-agar, kolang-kaling, sagu mutiara, ubi, nata de coco, leche flan, es krim dan susu kental manis. Leche flan ini merupakan puding khas Filipina yang rasanya nikmat.

3. Tuba

Tuba
aljazeera.com

Minuman khas Filipina yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Tuba. Tuba merupakan salah satu minuman neralkohol pilihan penduduk Visayas dan Mindanao.

Minuman ini terbuat dari kombinasi getah kelapa dan kulit pohon bakau sehingga membuat minuman ini memiliki warna merah sebagai ciri khasnya. Versi lain adalah anggur kelapa putih yang harus dikonsumsi dalam waktu 2 hari sebelum difermentasi menjadi cuka kelapa. Menariknya, nama dari minuman ini sama dengan salah satu minuman tradisional Meksiko yang terbuat dari fermentasi getah pohon kelapa.

4. Kamias Shake

Kamias Shake
tripzilla.com

Jika kamu ingin mencicipi salah satu minuman khas Filipina yang unik, maka kamu wajib untuk mencicipi Kamias Shake ini. Kamias shake ini meruakan minuman yang terbuat dari buah lokal Filipina, yaitu Kamias yang memiliki rasa manis dan asam.

Buah kamias ini juga dikenal sebagai buah balon udara di Jamaikan dan disebut sebagai pohon mentimun atau pohon sorrel. Biasanya masyarakat Filipina gemar meminum Kamias Shake ini saat makan lechon karena mampu mengurangi lemak makanan Filipina yang lezat ini.

5. Bir

Bir
esquiremag.ph

Minuman khas Filipina yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah bir. Bisa dibilang bir Filipina ini salah satu yang terbaik di dunia karena memiliki cita rasa yang unik.

Menariknya, bir yang diproduksi oleh bisnis bir terkenal San Minguel telah diimpor ke 40 negara di seluruh dunia. Bir ini memang memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi sehingga cukup memabukkan.

6. Buko Pandan

Buko Pandan
flouredframe.com

Dalam Bahasa Tagalog, buko memiliki arti kelapa dan buko pandan ini merupakan minuman yang terbuat dari bahan dasar kelapa muda. Buko Pandan menjadi salah satu minuman khas Filipina yang tak boleh untuk kamu lewatkan begitu saja.

Buko Pandan ini dibuat dari serutan kelapa muda, krim, keju, susu kental manis dan agar-agar. Agar-agar yang digunakan pun berperisa pandan agar terasa lebih nikmat. Minuman ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang segar dan menggugah selera. Tak hanya itu, minuman ini juga memiliki aroma pandan yang menggoda ditambah dengan agar-agar yang kenyal sehingga membuatnya menjadi favorit banyak orang.

7. Sago’t Gulaman

Sago't Gulaman
youtube.com

Minuman khas Filipina berikutnya adalah Sago’t Gulaman. Minuman ini merupakan campuran cincau hitam, bubble tea dan jus buah.

Minuman ini terasa sangat segar apalagi jika disajikan dingin dan diberi tambahan sirup buah, sagu mutiara dan agar-agar sehingga membuat minuman ini terasa semakin menarik. Biasanya, agar-agar dan sagu mutiara ini diberi perisa pisang san jus buah yang digunakan pun tanpa ampas sehingga rasanya sangat nikmat. Rasa jus buah yang cukup populer adalah pisang dan lengkeng.

8. Mais Chon Hielo

Mais Chon Hielo
reddoorz.com

Mais Chon Hielo dikenal sebagai salah satu minuman khas Filipina yang cukup populer. Minuman ini merupakan es jagung manis dan banyak ditemukan di seluruh Filipina.

Nama dari Mais Chon Hielo ini berasal dari Bahasa Spanyol yang memiliki arti jagung dengan es. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari es serut, gula, jagung dan susu. Biasanya ada juga yang mengganti es serut dengan es krim rasa jagung sehingga rasanya semakin nikmat. Biasanya penjual mai chon hielo ini memberikan tambahan selasih dan jeruk agar minuman ini terasa lebih segar.

9. Lambanog

Lambanog
philstar.com

Minuman khas Filipina yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah lambanog. Lambanog ini merupakan salah satu minuman alkohol yang juga dikenal sebagai vodka kelapa.

Minuman ini dibuat dengan cara memfermentasi dan menyuling getah bunga kelapa yang belum dibuka dan menghasilkan minuman keras setidaknya dengan kandungan alkohol 40%. Jika kamu ingin mencicipi lambanog ini, kamu wajib untuk berkunjung ke Provinsi Quezon yang dikenal sebagai tempat produksi minuman ini terbaik di seluruh negeri dan diproduksi secara massal.

10. Tapuy

Tapuy
cheryltiu.com

Tapuy menjadi minuman khas Filipina selanjutnya yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Minuman ini berasal dari wilayah Cordillera dan juga dikenal sebagai anggur beras fermentasi yang juga dianggap sebagai makanan pokok.

Minuman yang juga dikenal sebagai Filipina sake ini dibuat dari beras, ekstrak jahe, akar onuad dan bubod atau fermentasi alami. Tapuy mungkin memiliki cita rasa yang mirip dengan anggur merah manis, namun minuman ini mengandung alkohol yang cukup tinggi, yaitu sekitar 14% sehingga cukup memabukkan.

11. Salabat

Minuman Khas Filipina
angsarap.net

Minuman khas Filipina yang terakhir adalah salabat. Salabat ini merupakan teh dengan campuran jahe yang biasanya dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit karena memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman ini dipercaya bisa menyembuhkan batuk dan influenza.

Itulah tadi daftar minuman khas Filipina yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja saat berlibur kesana. Unik dan sangat beragam kan? Kira-kira minuman mana yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply