Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Sajian Segar 10 Salad Terkenal Dari Berbagai Negara


prita  March 22, 2020  0 Comment

Saat mendengar kata salad, yang ada dalam pikiran Anda pasti makanan dengan kombinasi sayuran atau buah-buahan dengan saus diatasnya. Komposisi salad tidak hanya berupa sayuran atau buah-buahan, ada juga yang menambahkan daging ayam ataupun daging sapi kedalamnya. Salad tidak hanya sebagai makanan diet, tapi salad juga bisa menjadi makanan utama. Banyak yang beranggapan kalo salad tidak memiliki rasa atau hambar, tapi tidak semua salad rasanya hambar, lho. Contohnya, 10 hidangan salad di berbagai negara ini bisa Anda coba karena memiliki tampilan dan rasa yang berbeda.

1. Gado-gado, Indonesia

gado-gado
resepkoki.id

Salad di berbagai negara memang cukup beragam dan salad yang satu ini memang tak asing lagi di telinga kita karena memang kuliner ini adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang cukup melegenda.

Nama Gado-gado sendiri diartikan sebagai sesuatu yang dicampur. Seperti yang kita ketahui bahwa Gado-gado terbuat dari berbagai jenis bahan, mulai dari potongan tahu, tempe, kentang, jagung manis, kacang panjang, selada danmasih banyak lagi lainnya. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan saus kacang dengan campuran berbagai rempah yang menggugah selera. Tak hanya di Indonesia, gado-gado juga bisa Anda temukan di restoran khas Indonesia di berbagai negara.

2. Larb, Laos

larb laos
slenderkitchen.com

Salad di berbagai negara juga bisa Anda temukan di Laos. Salad di Laos ini dikenal dengan nama Larb yang berarti dagung cincang. Namun jangan salah, meskipun namanya daging cincang, larb          lebih berupa salad daripada daging. Daging yang disajikan bermacam-macam, mulai dari daging       ayam, daging bebek, daging sapi, daging kalkun hingga daging ikan.

Daging kemudian dimasak dan diberi bumbu dengan saus ikan, rempah dan perasan limau. Biasanya larb disajikan bersama dengan sayuran mentah dan sticky rice. Biasanya, sajian ini juga disebut dengan meat salad atau salad daging.

3. Salad Cobb, Amerika Serikat

salad cobb
jessicagavin.com

Jika Anda tertarik untuk menikmati salad dari berbagai negara, jangan sampai untuk melewatkan salad yang satu ini. Salad Cobb sering juga disebut sebagai kuliner khas Amerika. Salad ini bisa dibilang cukup berbeda dengan salad pada umumnya karena terdapat daging ayam yang direbus atau dipanggang di dalamnya. Selain daging ayam, Salad Cobb juga berisi keju Roquefort, vinaigrette anggur merah, lokio, telur, daging bacon, alpukat dan keju.

Konon, salad ini ditemukan tahun 1930 di sebuah restoran bernama Hollywood Brown Derby di Amerika. Kemudian, kuliner ini menjadi hidangan signature di restoran tersebut. Nama Salad Cobb sendiri diambil dari nama pemilik restoran, yaitu Robert Howard Cobb.

4. Salad Mie Ramen, Asia

salad enak di dunia
wowkeren.com

Anda pecinta mie? Salad khas Asia ini sudah pasti mampu menggoyang lidah Anda. Salad Mie Ramen bisa dibilang cukup unik jika dibandingkan dengan salad dari berbagai negara lainnya.

Pasalnya, salad ini menggunakan mie ramen yang kemudian dicampur dengan bahan-bahan segar lainnya seperti wortel, kubis hijau, kubis ungu, almond panggang dan ayam. Bahan-bahan ini kemudian diberi saus dressing dengan cita rasa manis dan tajam khas Asia.

5. Fiambre, Guatemala

fiambre salad
spandango.net

Salad dari berbagai negara yang patut Anda cicipi selanjutnya adalah Fiambre dari Guatemala. Hidangan ini meurpakan kuliner tradisional yang dihidangkan setiap tahun untuk merayakan Hari Orang Mati atau “Day of the Dead”.

Fiambre disajikan dingin dnegan menggunakan sekitar 50 bahan. Bahan-bahan yang biasa digunakan antara lain sosis, bawang merah, acar jagung, buah bit, bunga pacaya, buah zaitun, daging ayam, aneka keju dan kubis Brussel.

6. Nicoise, Perancis

sajian salad dari berbagai negara
macheesmo.com

Bila Anda tertarik untuk mencicipi salad dari berbagai negara, Anda bisa mampir ke Perancis. Tak hanya terkenal dengan croissant, negara yang beribukota Paris ini juga memiliki salad yang tak kalah lezat bernama Nicoise.

Nicoise merupakan sajian yang berasal kota Nice dan juga cukup terkenal di kawasan Mediterania. Sekilas Nicoise terlihat seperti Salad Cobb, hanya saja yang membedakan adalah daging yang digunakan adalah daging ikan tuna. Selain itu, juga ada aneka kacang-kacangan, buah polong, kentang, ikan asin dan kemudian diberi dressing minyak zaitun. Dalam pembuatan Nicoise, kebanyakan bahan yang digunakan adalah sayuran mentah sehingga rasanya masih sangat segar dan baik untuk kesehatan.

7. Dressed Herring, Rusia

dressed herring
desidakaar.com

Salad dari berbagai negara memang selalu memiliki keunikan masing-masing, khususnya Rusia. Disini Anda bisa menemukan salad berlapis yang diberi nama Dressed Herring. Secara tampilan, Dressed Herring cukup unik dan menggugah selera karena disajikan dengan cara berlapis-lapis.

Salad ini terbuat dari berbagai sayuran rebus, seperti kentang, wortel, akar bird dan juga bawang merah. Kemudian juga ada lapisan yang berisi irisan apel, lalu di lapisan terakhir dibuat dengan buah bit yang memberikan tampilan visual berwarna ungu pada salad sehingga tampak menggugah selera. Sebagai garnishnya, disertakan pula telur rebus yang kaya protein.

8. Shieldzini, Jepang

salad jepang
idntimes.com

Dalam perjalanan untuk mencicipi salad dari berbagai negara, taka da salahnya untuk singgah di Jepang dan mencicipi Shieldzini yang merupakan salad ketimun Jepang. Sekilas, tampilan salad ini memang cukup sederhana, namun rasanya tentu sangat menggugah selera.

Shieldzini dibuat dengan menggunakan mentimun segar, gula putih, cuka anggur dan soy sauce yang semuanya sudah disatukan dan menghasilkan rasa yang sangat lezat. Salad ini harus disajikan saat masih segar karena jika tidak, maka mentimun akan layu dan rasanya tidak segar.

9. Israeli Salad, Israel

israeli salad
downshiftology.com

Salad dari berbagai negara memang sangatlah menggiurkan untuk dicoba, apalagi yang satu ini. Di Israel Anda juga bisa menemukan salad yang tak kalah lezat, lho. Israeli Salad juga sering disebut sebagai salad Arab dan merupakan salah satu hidangan nasional paling konvensional di Israel.

Israeli Salad terdiri dari aneka sayuran yang dicincang halus. Seperti mentimun dan tomat, ada juga yang ditambahkan dengan buah alpukat. Salad ini biasanya menjadi salah satu bagian penting dari hidangan sarapan tradisional di Israel.

10. Tuscan Panzanella, Italia

tuscan panzanella
seriouseats.com

Terakhir, salad dari berbagai negara yang bisa Anda cicipi adalah Tuscan Panzanella yang berasal dari Italia. Salad ini juga dikenal dengan nama Panmolle dan terbuat dari irisan roti yang direndam dalam minyak zaitun.

Irisan roti tersebut kemudian dipadukan dengan bawang merah, tomat, cuka dan garam. Roti kubus dalam salad ini memiliki peran penting karena menjadi isian yang cukup mengeyangkan untuk dimakan.

Aneka salad dari berbagai negara diatas tentunya sangat menggiurkan kan? Anda tentu bisa menikmatinya tanpa merasa gagal diet. Jika Anda masih belum bisa berkunjung untuk mencicipi langsung di negaranya, Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah.



Leave a Reply