10 Sabana Di Atas Gunung Terindah di Indonesia, Keren Abis!


prita  November 11, 2021  0 Comment

Setiap gunung di Indonesia selalu memiliki daya tariknya tersendiri, salah satunya adalah adanya sabana atau padang rumput. Sabana di atas gunung tentu menjadi salah satu pemandangan indah yang bisa menghilangkan rasa Lelah para pendaki selama mendaki. Tak hanya itu, sabana juga sering dijadikan sebagai lokasi berkemah para pendaki sebelum atau setelah mendaki puncak. Nah, kamu yang suka mendaki, coba kunjungi padang rumput di atas gunung berikut ini ya dan bersiap terpukau dengan keindahannya.

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru
wowkeren.com

Sabana di atas gunung di Indonesia yang pertama wajib untuk kamu kunjungi ada di Gunung Semeru. Sabana ini dikenal dengan nama Oro-Oro Ombo dan menawarkan pemandangan yang menawan.

Oro-Oro Ombo ini berada di antara jalur pendakian Ranu Kumbolo dan Kalimati. Oro-oro Ombo sendiri memiliki arti padang rumput yang luas karena sabana ini luasnya tak tanggung-tanggung, yaitu mencapai 100 hektar. Menariknya, padang rumput ini didominasi dengan tumbuhan Verbena Brasiliensis yang memiliki tampilan seperti bunga Lavender.

Gotravelly

Seven Summit Pegunungan Nongkojajar Pasuruan

Gunung Tanggung Nongkojajar – Puncak Mbah Wali Yang Di Keramatkan

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo
befreetour.com

Berada dalam lokasi yang sama, yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Bromo ternyata juga menawarkan sabana di atas gunung yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Padang rumput Gunung Bromo ini Bernama Lembah Jemplang atau yang lebih dikenal dengan nama Bukit Teletubbies.

Berbeda dengan Oro-Oro yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, Lembah Jemplang ini bisa dikunjungi dengan kendaraan. Kamu bisa menuju savana ini dengan menggunakan motor atau mobil jeep. Padang rumput indah ini berada di selatan Gunung Bromo dan dikelilingi dengan tebing-tebing menjulang tinggi serta beberapa bukit-bukit hijau yang kecil. Pemandangan ini tentu mengingatkan kita dengan bukit di rumah Teletubbies, tak heran jika sabana ini dikenal sebagai Bukit Teletubbies.

3. Gunung Argopuro

Gunung Arjuno
lyladventure.net

Sabana di atas gunung yang tak kalah indah berikutnya ada di Gunung Argopuro. Gunung yang dikenal memiliki jalur pendakian terpanjang kedua di Jawa ini juga memiliki padang rumput yang sangat indah Bernama Savana Cikasur.

Padang rumput Cikasur ini bisa kamu temukan jika kamu mendaki melalui jalur Baderan. Keindahan dari sabana ini tentu bisa sedikit mengobati rasa lelahmu selama pendakian. Konon, sabana Cikasur ini dulunya adalah lapangan terbang zaman penjajahan Belanda sebab kamu akan menemukan sisa-sisa pondasi landasan dan bangunan era colonial Belanda disana. Tak hanya Cikasur, Gunung Argopuro ini dikenal memiliki sabana-sabana kecil yang ada di sepanjang jalur pendakiannya. Tak heran jika banyak pendaki yang menyebutnya sebagai Hidden Paradise di Argopuro.

4. Gunung Arjuno

Sabana Di Atas Gunung
phinemo.com

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung yang berada di Jawa Timur yang menawarkan pemandangan indah dengan pengalaman pendakian yang menyenangkan. Gunung ini ternyata juga memiliki sabana di atas gunung yang indah dan wajib untuk kamu kunjungi, khususnya jika kamu pendaki gunung.

Jika kamu ingin melihat indahnya pemandangan sabana Gunung Arjuno ini, kamu bisa memilih jalur pendakian melalui Lawang. Dari Lawang kamu akan menemukan pertigaan setelah pos 2, ambil lajur kiri yang memang membutuhkan waktu agak lama untuk mencapai puncak Arjuno, namun jalurnya cukup landai ditemani dengan pemandangan sabana yang sangat cantik.

5. Gunung Buthak

Gunung Buthak
basri-bachtiar.blogspot.com

Gunung Buthak mungkin terdengar sedikit asing, namun di telinga para pandaki gunung di Jawa Timur gunung ini juga cukup populer dan tak kalah indah. Gunung yang berada di Provinsi Jawa Timur ini berada di dekat Gunung Kawi yang populer sebagai destinasi wisata spiritual.

Tak kalah dengan gunung-gunung lainnya di Jawa Timur, Gunung Buthak ini ternyata memiliki sabana di atas gunung yang tak kalah indah. Untuk menemukan padang rumput ini kamu harus mendaki melalui jalur Panderman atau Prici. Sabana ini sering digunakan sebagai tempat camping para pendaki karena areanya landai dan padang rumput ini berada cukup dekat dengan sumber mata air juga lokasinya yang berada tak jauh dari puncak.

6. Gunung Lawu

Gunung Lawu
journeyofindonesia.com

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa yang cukup menarik untuk didaki. Gunung ini berada di perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Gunung Lawu ini juga memiliki sabana di atas gunung yang terkenal cantik dan bisa kamu temukan jika kamu mendaki gunung melalui jalur Candi Cetho dan padang rumput ini akan kamu temui dalam perjalanan dari pos 5 menuju Pasar Dieng. Padang rumput ini Bernama Bulak Peperangan dan diberi nama demikian konon menurut cerita dulunya sabana ini adalah tempat peperangan antara Kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Brawijaya V dengan Kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah. Bahkan, sejumlah pendaki pun sering mengalami kisah mistis saat berkemah di sabana ini karena mendengar suara peperangan. Dibalik itu semua, sabana ini menawarkan pemandangan hijau yang indah dan membuatmu betah.

7. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
phinemo.com

Sabana di atas gunung yang satu ini dikenal sebagai sabana paling indah di Indonesia, yaitu Sabana Selo di Gunung Merbabu. Tentunya para pendaki setuju jika sabana Selo ini disebut sebagai padang rumput paling indah yang berada di atas gunung di Indonesia.

Untuk mencapai sabana ini kamu harus mendaki melalui jalur Selo, yaitu jalur terindah di Gunung Merbabu. Setibanya di sabana ini kamu akan dibuat terpesona oleh keindahannya karena selain padang rumput yang hijau kamu juga bisa melihat megahnya Gunung Merapi di depan mata. Tak heran jika sabana ini menjati tempat favorit pendaki.

8. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro
idntimes.com

Gunung Sindoro adalah salah satu gunung di Jawa Tengah yang juga menjadi favorit banyak pendaki karena memiliki sabana di atas gunung yang sangat indah. Sabana ini bisa kamu temukan jika mendaki melewati jalur Sigedang.

Jalur ini memang menjadi jalur tercepat untuk menuju puncak Sindoro. Sepanjang pendakian kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kebun the yang indah dan sabana yang luas, tak hanya itu, kamu juga akan melihat langsung Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Slamet dan Gunung Merbabu yang megah di depan mata.

9. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
travel.okezone.com

Tak hanya Jawa Tengah dan Jawa Timur saja yang memiliki sabana di atas gunung yang indah, kamu yang berada di Jawa Barat pun bisa juga menemukannya di Gunung Papandayan. Gunung yang berada di Garut ini memiliki sabana yang indah Bernama Tegal Panjang.

Sabana Tegal Panjang ini memang menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan rumput hijau yang luas membentang berlatarkan perbukitan hijau yang subur. Sabana ini juga menjadi favorit para pendaki saat datang ke Gunung Papandayan ini.

10. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
phinemo.com

Sabana di atas gunung yang terakhir adalah Sabana Sembalun yang berada di Gunung Rinjani. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini memiliki sabana yang indah yang bisa kamu temukan jika kamu mendaki melalui jalur Sembalun.

Jalur Sembalun adalah pintu pendakian menuju puncak Gunung Rinjani dari arah timur. Padang rumput ini terbentang dari 0 kilometer hingga mendekati pos 3 yang kurang lebih jaraknya hingga 6 kilometer. Sabana ini juga dikenal sebagai sabana terindah di Indonesia yang layak untuk kamu kunjungi.



Leave a Reply